Wajib Baca! Ini Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Perkembangan zaman dan teknologi membawa kita semakin dekat dengan media sosial. Platform ini berubah menjadi media untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Sampai sekarang media sosial terus memberikan pengaruh yang kuat bagi masyarakat. Namun dibalik keseruan mengaksesnya, ada beberapa dampak media sosial yang sangat penting untuk kita pahami baik dari sisi positif maupun negatif.

Dampak Positif Media Sosial

Media sosial sebenarnya memberikan begitu banyak manfaat bagi kita. Bentuk kecanggihan teknologi yang satu ini seolah membuat komunikasi dan akses informasi jadi semakin mudah. Berikut ini adalah beberapa dampak positif yang diberikan oleh media sosial bagi para penggunanya:

  • Bisa Berkomunikasi dengan Banyak Orang

komunikasi

Melalui media sosial, Anda bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Bahkan Anda bisa menemukan teman-teman lama yang mungkin sudah tak pernah saling bertemu lagi. Anda bisa menyapa mereka, melihat kehidupan mereka sekarang, dan berkomunikasi lewat fitur chat yang tersedia. Bisa dikatakan bahwa media sosial menjadi sarana menjalin silaturahmi di era digital seperti sekarang.

Selain bisa menjaga silaturahmi dengan teman-teman lama, media sosial juga akan membuat Anda bertemu dengan banyak teman baru. Ada banyak orang sesama pengguna media sosial yang bisa Anda temui. Anda bisa berkenalan dan saling berkomunikasi lewat media tersebut. Ini akan menjadi cara yang efektif untuk membangun relasi lebih luas lagi. 

  • Akses Informasi Sangat Up to Date

akses informasi
akses informasi

Kita semua tahu bahwa media sosial saat ini menjadi salah satu sumber informasi yang sangat up to date. Melalui media sosial saja kita bisa mendapatkan berita dari berbagai penjuru dunia. Beritanya juga sangat update sehingga dengan mengakses media sosial, kita tak akan ketinggalan informasi apapun. 

Banyak sekali akun-akun berita yang beredar di media sosial saat ini. Akun-akun tersebut akan mengunggah berbagai jenis berita terbaru. Biasanya mereka juga akan menyertakan backlink ke artikel yang membahas berita tersebut. Jadi memang tak sulit sama sekali untuk mengikuti berita dari berbagai wilayah saat ini, cukup melalui aplikasi media sosial. 

  • Memberi Kemudahan Berbelanja

online shopping
online shopping

Media sosial sekarang juga banyak dimanfaatkan untuk berjualan online. Banyak bisnis online yang merintis dan berkembang di media sosial. Anda bisa berbelanja banyak jenis barang lewat media sosial. Saat membutuhkan sesuatu, Anda bisa langsung search jenis barang di media sosial dan pasti akan keluar banyak pilihan toko online yang menjual barang tersebut. 

  • Menambah Pengetahuan

pengetahuan
pengetahuan

Dampak positif berikutnya yang diberikan oleh media sosial adalah bisa menambah pengetahuan. Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial memang sarana yang sangat efektif untuk saling berbagi ilmu. Sekarang banyak influencer yang memanfaatkan media sosial dalam berbagi ilmu sesuai bidang masing-masing. Jadi memang wawasan bisa terbuka lebih luas lagi melalui media sosial. 

  • Memperluas Pandangan terhadap Dunia

war
war

Media sosial akan memperluas pandangan Anda terhadap dunia. Anda akan mengenal lebih banyak orang dari berbagai negara. Anda juga bisa mengetahui seperti apa situasi yang terjadi di belahan dunia lain. Media sosial akan membuat Anda mengenal kehidupan ini lebih luas lagi tanpa harus bepergian kemana-mana. 

Dampak Negatif Media Sosial

Ternyata dampak media sosial juga bisa mengarah ke hal-hal yang sifatnya negatif. Itulah mengapa sangat penting untuk bijak mengakses media sosial agar bisa merasakan semua manfaatnya dan terhindar dari dampak negatifnya. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari media sosial:

  • Meningkatkan Risiko Insecure

Insecure
Insecure

Dampak negatif yang pertama, media sosial bisa meningkatkan risiko insecure pada diri seseorang. Saat ini banyak orang memamerkan kelebihan mereka di media sosial. Mulai dari pamer harta, kecantikan, kekuasaan, karier yang bagus keluarga yang lengkap, dan lain sebagainya. Semua ini bisa memicu rasa insecure atau minder pada diri seseorang. 

Sebenarnya perlu dipahami bahwa setiap orang punya kehidupan masing-masing. Jika orang lain berbagi kebahagiannya di media sosial maka Anda pasti juga punya kebahagiaan sendiri yang bisa dibagikan. Jika sudah mulai insecure dengan diri sendiri, cobalah untuk beristirahat dari media sosial sementara waktu. 

  • Memicu Overthinking

Overthinking
Overthinking

Banyak informasi yang kita terima dari media sosial akan memicu overthinking. Misalnya, ada teman yang punya karier bagus dan sudah menikah. Sedangkan Anda masih kesulitan mencari kerja dan belum ada rencana menikah. Kondisi orang lain yang tak sesuai dengan kondisi kita bisa memicu overthinking. 

Overthinking biasa disepelekan padahal bisa memicu stres yang lebih parah. Orang yang overthinking akan dibuat pusing sendiri dengan pemikirannya. Semua informasi yang diperoleh dari media sosial justru akan membuat overthinking semakin kuat hingga akhirnya tak punya cukup waktu beristirahat. 

  • Menurunkan Produktivitas

Produktivitas
Produktivitas

Media sosial memang menjadi platform yang seru untuk dikunjungi. Scrolling timeline media sosial seolah tak ada habisnya. Selalu saja ada hal-hal menarik yang ditemui selama scrolling. Akibatnya, Anda akan terus scroll ke bawah dan menjelajahi media sosial lebih luas lagi. Hal tersebut bisa menurunkan produktivitas masyarakat. 

  • Meningkatkan Stres karena Doom Scrolling

Dampak negatif lainnya dari media sosial adalah munculnya stres akibat doom scrolling. Doom Scrolling ini merupakan aktivitas dimana seseorang akan terus melakukan pencarian untuk berita-berita buruk. Doom Scrolling ini sulit dikendalikan karena memang sifat manusia ingin menggali lebih dalam sebuah berita. Namun sebaiknya dikurangi secara bertahap karena doom scrolling cukup berbahaya.

Dampak media sosial dari sisi positif dan negatif ini layak dipertimbangkan. Sah-sah saja sebenarnya untuk memiliki media sosial. Namun pastikan bahwa media sosial tersebut akan digunakan secara bijak. Jika dirasa sudah terlalu banyak arus informasi yang masuk maka berhentilah sejenak. 

News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *