Menjelajah Pasar Terapung Thailand: Wisata Pasar Penuh Warna

Jika Anda ingin berwisata seru dan unik, maka menjelajah pasar terapung Thailand merupakan pilihan terbaiknya. Lokasinya berada di sepanjang sungai serta kanal yang menjadi penghubung kota-kota misalnya Pattaya, Bangkok, serta Phuket.

Floating market sendiri menjadi salah satu daya tarik para wisatawan yang datang berkunjung ke negeri Gajah Putih ini. Apalagi nantinya Anda tidak hanya bisa membeli oleh-oleh khas saja.

Nantinya di sana Anda juga dapat mencicipi banyak kuliner lezat yang tidak ditemukan di daerah lain. Floating market sendiri merupakan sebuah pasar apung yang lokasinya ada di sungai-sungai atau kanal air.

Bukan hanya di Indonesia saja yang mempunyai pasar apung, di Thailand juga ada banyak spot floating market. Bahkan banyak wisatawan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Serunya Menjelajah Pasar Terapung Thailand

Floating market di Thailand juga memberikan tawaran beragam pengalaman seru berbelanja dan kuliner yang pastinya berbeda dengan lainnya. Ketika berkunjung ke sana, maka Anda akan langsung disambut deretan perahu tradisional.

Tentunya perahu-perahu tersebut dipenuhi dengan beragam jenis minuman, makanan, souvenir, serta pakaian. Dalam perahunya, ada pedagang yang sangat ramah serta siap memanjakan siapapun pengunjungnya dengan menawarkan barang dagangannya.

Bahkan nantinya Anda juga dapat menyantap hidangan lokal misalnya tom yum, mie kare, serta pad thai. Tentunya dilengkapi dengan beragam jenis minuman segar seperti jus buah dan air kelapa.

Bukan hanya itu saja, nantinya ketika menjelajah pasar terapung Thailand, Anda juga bisa membeli banyak barang. Misalnya pakaian tradisional, sepatu, tas, serta aksesoris unik yang tidak ada di tempat lain.

Ketika berada di floating market, pastinya jangan lupa untuk menawar harganya, sebab itu merupakan budaya yang ada di sana. Bukan hanya berbelanja makanan saja, tapi banyak hal menarik di dalamnya.

Di pasar apung, Anda bisa mendapat pengalaman seru dan menyenangkan seperti menikmati pemandangan sekitar serta naik perahu tradisional. Ada banyak pedagang yang menjajakan barang dagangannya di atas perahu.

Pertunjukan hiburan seperti tari tradisional juga ada di floating market, tentunya itu menjadi semakin seru. Pasar apung Thailand memang tidak hanya mampu menarik perhatian wisatawan domestik saja, melainkan mancanegara.

Floating Market Terbaik Thailand, Damnoen Saduak

Anda bisa menjelajah pasar terapung Thailand Damnoen Saduak yang merupakan salah satu tempat paling ikonik. Lokasinya berada sekitar 100 km barat daya Bangkok, para pengunjung akan menikmati pengalaman unik dan seru.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di floating market ini, seperti berbelanja di atas perahu. Pengunjung dapat merasakan pengalaman berbelanja unik di atas perahu dan dipenuhi barang dagangan.

Damnoen Saduak juga menjadi tempat sempurna untuk menikmati makanan lokal. Ada banyak hidangan lezat yang bisa dicicipi wisatawan dan jangan sampai melewatkan kuliner makanan laut segar dengan menikmati pemandangan sekitar.

Naik perahu tradisional juga menjadi pengalaman menarik bagi wisatawan karena tidak bisa ditemukan di tempat lain. Rasakan sensasi mengarungi sungai sambil melihat keseharian masyarakat sekitar serta bangunan unik sepanjang kanal.

Ketika menjelajah pasar terapung Thailand ini, maka turis juga bisa berkunjung ke tempat bersejarah. Ini sangat cocok untuk Anda yang suka wisata sejarah, misalnya kuil tua Wat Amphawan Chetiyaram.

Di sana wisatawan juga dapat berinteraksi dengan penduduk sekitar dan ini jadi hal terbaik. Karena nantinya bisa belajar bagaimana kebudayaan serta kehidupan sehari-hari masyarakatnya, jadi jangan ragu berbicara dengan penduduk lokal.

Ketika berkunjung ke Damnoen Saduak, maka pastikan bisa mengatur waktu dengan baik. Sehingga nantinya semua kegiatan menarik di sana dapat dinikmati dan tidak terburu-buru karena harus pergi ke tempat lain.

Jangan Lupa ke Floating Market Amphawa

Berlibur ke Thailand, Anda bisa berkunjung ke Amphawa yakni pasar apung di sungai Mae Klong, Samut Songkhram. Jam bukanya tiap Jumat sampai Minggu dan menjadi yang salah satu terbesar.

Apabila dilihat dari bagaimana sejarahnya, area tersebut memang sudah ada sejak abad 17 saat kerajaan Ayuttahaya. Saat menjelajah pasar terapung Thailand ini, masyarakat lebih mengenalnya sebagai surga kuliner tradisional.

Sebab ada banyak jenis jajanan tradisional dijajakan di sana, sehingga membuat daerahnya tidak pernah sepi pengunjung. Uniknya lagi, penjual di sana juga menjajakan makanannya dari atas perahu.

Beragam seafood lezat segar dimasak menggunakan bumbu serta rempah khas Thailand jadi menu andalannya. Para pengunjung bisa menikmati kuai tiao ruea atau sup mie yang disajikan menggunakan ikan atau udang.

Sup ini sangat pas dinikmati sambil melihat pemandangan sekitar, biasanya kuai tiao ruea juga disajikan menggunakan bubuk cabai, kacang tanah, dan bawang goreng. Sehingga menciptakan rasa gurih nan khas.

Ketika menjelajah pasar terapung Thailand, Anda juga dapat menikmati som tam yakni salad pepaya yang populer. Jika di Indonesia ini mirip asinan atau rujak buah, bedanya jika som tam ini ditambah sayuran.

Di Amphawa floating market, roti bakar juga sangat populer dan tentunya berbeda dengan biasanya. Karena sebelum dibakar, rotinya dimasukkan ke campuran susu, gula, dan telur, setelah itu baru dibakar.

Sate Buaya  di Pasar Apung Pattaya

Negeri gajah putih memang sangat terkenal pasar apungnya, di sana para pedagang menjual barangnya di atas perahu. Pattaya floating market merupakan terbesar dan terbaik di Thailand.

Lokasinya sekitar 10 km dari pusat Pattaya dan Anda bisa menjangkaunya dengan gampang menggunakan transportasi umum. Pattaya sendiri lebih berani menjadikan pasarnya sebagai tempat berbelanja pengunjung.

Saat menjelajah pasar terapung Thailand ini, Anda bisa menemukan banyak barang kerajinan dan makanan khasnya. Pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk dipakai berkeliling area pasar apungnya.

Jika Damnoek Saduang dibuat agar dapat menarik wisatawan supaya menghasilkan uang, di Pattaya ini berbeda karena lebih orisinil. Pasar apung ini dibagi jadi 4 bagian, yakni utara, timur, barat, dan selatan.

Pasar apung Pattaya juga sudah lama jadi pusat atraksi wisata, apalagi saat malam hari menawarkan pertunjukkan. Sehingga membuat suasana jadi semakin hidup walaupun tampilannya tampai seperti perkampungan tradisional.

Lengkapnya barang yang dijajakan juga membuat banyak pengunjung tertarik membeli souvenir atau hadiah untuk temannya di rumah. Berkunjung ke pasar Pattaya, traveller dapat menikmati sensasi perjalanan di atas air.

Ketika menjelajah pasar terapung Thailand, barang yang dijajakan juga bisa ditawar sepuasnya sebelum membeli. Dari banyaknya kuliner di Pattaya floating market, sate buaya merupakan makanan terunik di sana.

Berdasarkan pengalaman pengunjung, sate buaya ini rasanya gurih tapi dagingnya agak alot. Namun tidak perlu khawatir, umat muslim masih bisa menikmati banyak hidangan halal lain di pasar apung.

Tips Berbelanja di Klong Hae Floating

Pasar apung di Hatyai memang cukup populer karena merupakan satu-satunya di Thailand Selatan. Tiap hari jumat sampai minggu selalu ramai pengunjung.

Jam operasional pasar apung ini mulai jam 2 sore sampai 9 malam, jadi pastikan datang ketika buka. Apabila ingin ke Klong Hae, maka ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti berikut:

1.  Tomyam dan kerabu maggie

Ketika berkunjung ke hatyai floating market ini, maka bisa mencoba kerabu maggi serta tomyam yang rasanya sangat lezat. Pasti sekali mencoba Anda akan langsung jatuh cinta karena memang enak.

2.  Es krim kelapa

Meskipun banyak penjual es krim kelapa di Thailand, namun Hatyai punya rasa yang berbeda dengan lainnya. Jika Anda pecinta es krim, maka wajib mencoba kuliner menyegarkan satu ini.

3.  Datang setelah jam 4 sore

Tips menjelajah pasar terapung Thailand hatyai ini selanjutnya ialah sebaiknya datang setelah jam 4 sore saja. Sebab cuaca di sana sangat panas, jadi apabila datang lebih awal akan kurang nyaman berjalan-jalannya.

4.  Hindari weekend

Karena Hatyai sangat ramai, maka sebaiknya hindari datang ketika weekend karena nanti di sana akan sangat sesak dan ramai pengunjung. Jadi Anda nanti kesulitan ketika ingin membeli barang karena ramai.

5.  Air kelapa

Uniknya pedagang es kelapa di sini karena dijual dalam bambu dan gelas dari tanah. Tentu hal tersebut sangat unik dan berbeda dengan tempat lain.

6.  Sunset

Menikmati sunset di sekitar pasar apung merupakan hal terbaik yang harus Anda lakukan. Karena matahari tenggelam di sana sangat cantik dan dapat dibandingkan dengan sunset di pantai.

7.  Perhatikan sekeliling

Ketika berkunjung ke Hatyai, karena ramai baiknya selalu berhati-hati. Selalu perhatikan sekitar agar tidak terjadi hal buruk apapun itu.

Pasar Apung Terbaru, Kwan Riam

Dari banyaknya tempat wisata, menjelajah pasar terapung Thailand merupakan hal favorit wisatawan. Tidak heran jika ada banyak floating market di sana dan ada pula yang terbaru seperti Kwan Riam ini.

Berdiri mulai tahun 2012, pasar tersebut dinamai berdasarkan karakter utama dogeng Thailand populer. Di mana menceritakan tentang sepasang kekasih yang nasibnya sial.

Lokasinya bersebelahan dengan Kuil Wat Bang Peng Tai dan itu menjadi pembeda dengan pasar apung lainnya. Masyarakat mulai memadati tepian sungai sejak pukul 7.30 pagi dan memberikan makanan serta uang kepada biksu.

Pasar tersebut punya kios dan toko di kedua sisi kanal, serta ada jembatan penghubung kedua pasar sebagai tempat populer untuk berfoto. Anda bisa menjelajah pasar terapung Thailand untuk menikmati kuliner.

Ketika berlibur supaya perjalanan terasa menyenangkan, tentunya akses internet sangat diperlukan. Terutama untuk Anda yang suka membuat konten sosial media.

Untuk lebih praktisnya, maka bisa memanfaatkan wifi portabel dari JavaMifi yang dapat terhubung sampai 5 device dan memiliki fitur network optimization yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja jaringan internet di tempat tertentu. Selain itu juga, Javamifi sudah bisa connect lebih dari 200 negara . Menggunakan JavaMifi, Anda bisa mendapatkan layanan CS 24 jam dan sangat membantu apabila mengalami masalah. Kegiatan menjelajah pasar terapung Thailand jadi terasa menyenangkan apabila tidak ada kendala internet.

 

 

 

 

 

Thailand, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *