10 Restoran Makanan Halal Wajib Dicoba di Thailand

Memang kurang lengkap jika tidak melakukan wisata kuliner Thailand, apalagi ada banyak hidangan yang bisa dicicip. Untuk masyarakat muslim, menemukan makanan halal merupakan hal wajib ketika pergi ke suatu tempat.

Jika Anda berencana pergi ke Bangkok, Thailand, maka sebaiknya temukan kuliner halal yang dapat dipilih. Ada banyak jenis menu makanan yang bisa dijumpai di sana dan dari beragam restoran tentunya.

Sebaiknya sebelum berangkat ke Thailand, sempatkan untuk melakukan browsing dan mencari di internet tempat makan halal di Bangkok. Apalagi negeri gajah putih ini memang sebagian besar penduduknya beragama budha.

Namun tenang saja, karena ada banyak menu makanan halal dan restoran yang memberikan hidangan muslim friendly. Perhatikan dengan baik ketika memilih tempat makan agar dapat mengetahui bahan makannya juga.

Restoran Halal untuk Wisata Kuliner Thailand

Negeri gajah putih ini memang mayoritas masyarakatnya tidak beragama muslim seperti di Indonesia. Itulah mengapa tidak sedikit orang yang merasa ragu bisa menemukan makanan halal di sana.

Namun kenyataannya masih ada banyak menu makanan yang memakai bahan baku halal seperti seafood, buah, atau ayam. Ada beberapa menu yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke Thailand.

Salah satunya ialah tom yum berupa sup yang berasal dari rempah-rempah dan isinya ialah beragam jenis seafood. Selain itu ada pula mango sticky rice, dibuat menggunakan beras ketan, mangga, dan santan.

Ketika melakukan wisata kuliner Thailand, pad thai juga menu halal yang wajib untuk dicoba. Pad thai ini ialah mie siram kuah asam dan dilengkapi dengan ayam atau seafood.

Menu som tam salad menggunakan pepaya mentah dan diiris tipis sebagai bahan utamanya. Kuliner yang berbahan dasar ikan atau ayam dengan rasa sedikit pedas tersebut disebut Tod man pla.

Selain makanan berat, ada juga camilan yang memakai bahan dasar kelapa ditambah tepung gula pasir, garam, dan gula aren. Camilan halal khas Thailand ini disebut sebagai kanom krok.

Bukan hanya makanan saja, ada pula minuman halal yang bisa Anda coba yakni thai tea. Untuk Anda jika ingin mendatangi restoran dengan menu-menu halal, maka beberapa tempat berikut dapat dicoba:

1.  Sinthorn Steak House

Restoran halal pertama sebagai tempat wisata kuliner Thailand ini sangat direkomendasikan. Apalagi jika makanan favoritnya ialah steak, sebab di sini ada banyak varian steik yang bisa dicoba.

Namun tenang saja karena masih ada banyak menu halal lain yang dapat dipesan di restoran ini. Misalnya daging kambing porsi besar, pencuci mulut seperti roti, hingga daging panggang buffet.

Tidak hanya dijadikan tempat kuliner saja, namun Anda juga dapat berbelanja di dalamnya. lokasinya di Ramkhamhaeng Road, Khwaeng Hua Mak, Khet Bang Kapi, Krung Thep Maha Nakhon, Bangkok, Thailand.

2.  Yusuf Pochana

Beda dengan tempat kuliner sebelumnya, restoran satu ini sebagai hidangan utamanya memberikan menu khas dari negara Arab. Beberapa menu khas negeri Timur ini dapat dicoba para pengunjung.

Misalnya nasi biryani, sup daging sapi, sampai roti isi ikan juga ada. Tempat wisata kuliner Thailand halal tersebut memang sangat cocok untuk Anda gunakan ketika makan siang.

Jika tertarik langsung saja datangi alamatnya di Chorakhe Bua, Lat Phrao, Bangkok, Thailand. Nikmati kuliner halal khas Timur Tengah di negeri gajah putih.

3.  Usman Thai Muslim Food

Apabila Anda sedang berjalan-jalan dan berbelanja di sekitar Sukhumvit tapi perut sudah lapar, maka resto ini dapat dijadikan pilihan tepat. Seperti namanya, tempatnya menyediakan makanan halal di Bangkok.

Restorannya sendiri memang terlihat sederhana, namun bisa membuat pengunjung merasakan sensasi makan di rumah. Tentunya wisata kuliner Thailand muslim friendly ini memberikan banyak menu dan makanan khasnya.

Semua bahan sudah diubah menjadi halal, misalnya sup tom yum yang dibuat menggunakan kepiting. Ikan sea bass goreng, salad pepaya, dan mango sticky rice merupakan paling wajib dicoba.

4.  Yana Restaurant

Jika Anda pernah berkunjung ke Bangkok, maka tentu tahu MBK center yang merupakan pusat perbelanjaan populer. Di dalamnya ada tempat makan yang memberikan menu halal kepada pelanggannya.

Sebagai tempat wisata kuliner Thailand yang halal, Yana Restoran juga jadi titik kumpul wisatawan muslim di sana. Menu makanan yang diberikan juga beraneka macam, mulai western sampai makanan thai modern.

Menu seperti nasi goreng udang pedas, ikan goreng asam manis, tumis daging sapi, ayam goreng, tomyum, dan lainnya. Untuk menu menu fusion sendiri seperti burger, bakso daging, serta lainnya.

5.  Busaba Halal Restoran

Salah satu kota pusat perpaduan makanan antarnegara, Bangkok punya banyak menu halal untuk dicoba. Menu ala cina roasted duck yang halal dapat ditemukan di Busaba.

Sebagai salah satu lokasi wisata kuliner Thailand muslim, restorannya memberikan menu bebek halal termasuk mie bebek. Meskipun lokasinya terlihat cukup terpencil dan lumayan jauh yakni ada di Dusit.

Namun rasa bebek panggang disajikan sangat enak dan itulah mengapa banyak orang berkunjung ke restonya. Ada menu lain seperti tom yum atau mie telur dengan bebek yang dapat dinikmati.

6.  Al Saray Soonvijai

Untuk Anda yang ingin mengonsumsi makanan halal khas Lebanon atau India di Bangkok, maka resto ini jadi pilihannya. Dari sibuknya jalan soi Soonvijau, Anda dapat menemukan restoran Al Saray.

Tempat wisata kuliner Thailand ini akan membawa pengunjung menikmati suasana khas Timur Tengah nan mewah dan elegan. Bahkan aroma wewangiannya juga membuat wisatawan jadi lebih rileks.

Menu Lebanon yang dapat dipesan seperti mezze platter, shish tawouk, kebab, dan lainnya. Untuk menu ala India sendiri ada lamb masala, chicken curry, butter chicken, serta banyak lagi lainnya.

7.  Fat Lamb

Ingin menikmati makanan lezat halal dengan bahan utama daging domba di Bangkok, maka Fat Lamb ini pilihannya. Didirikan oleh Chef Yakup, koki terkenal lulusan Kendal College Chicago, USA.

Chef-nya senang membawa konsep makanan yang unik dan memasukkan unsur khas Mediterania ala Amerika. Tentu lidah pengunjung akan dimanjakan dengan hidangan sehat ala Mediterania dan diolah secara Amerika modern.

Menu unggulan ketika wisata kuliner Thailand halal di sini ialah turkish lamb manti, burger, fettuccine lamb ragu, dan lainnya. Ada pula aneka salad yang menyehatkan, misalnya beef roll salad.

8.  Phayathai Kitchen

Rumah makan yang murah namun halal dengan cita rasa khas masakan rumahan bisa Anda dapatkan di resto ini. Tempat makannya yang sederhana ini sangat cocok bagi para backpacker.

Ada banyak menu makanan thai misalnya tom yum, salad pepaya, serta ikan goreng. Untuk Anda jika pertama kali datang ke Thailand, maka harus coba seafood tom yum-nya.

Sensasi seafood yang lembut digabungkan dengan rasa asam menyegarkan. Tentunya akan kurang lengkap apabila tidak ada minuman yang segar seperti iced thai tea atau chayen.

9.  Samat Muslim Food

Tempat menemukan wisata kuliner Thailand yang halal lain dan harus dikunjungi umat muslim ada di Pratunam Bangkok. Sebagian besar orang mungkin hanya akan berjalan melewatinya saja tanpa saja keberadaannya.

Namun lokasinya sebenarnya sangat strategis karena ada diseberang pasar Pratunam dan hanya 3 menit saja berjalan kaki dari stasiun ARL Ratvhaprapop. Ada banyak hidangan halal yang disajikan.

Jika Anda datang dengan rombongan besar, maka baiknya pesan ikan utuh misalnya seabass tumis atau kukus. Tom yam merupakan makanan khas yang baiknya jangan sampai dilewatkan.

10.  Saman Islam

Beristirahat sebentar dan menikmati hidangan halal di tengah ramainya pasar Chatuchak. Lokasinya yang ada tepat di jantung pasar weekend terbesar di Bangkok ini jadi lokasi terbaik mengisi perut.

Resto ini juga hanya buka di akhir pekan saja, namun meskipun demikian turis selalu memadati tempatnya. Karena menu yang diberikan juga lezat dan menjadi lokasi wisata kuliner Thailand halal tepat.

Menu favorit di Saman sendiri ialah mie daging sapi disiram kuah kaldu gurih dan fishcake sebagai pelengkapnya. Tentunya tom yum segar, salad pepaya, mango sticky rice, dan ayam goreng jadi pilihan lain.

Jika Anda berkunjung ke tempat baru atau negara orang, tentu memerlukan smartphone dan jaringan internet. Karena kedua hal tersebut akan mempermudah seseorang ketika akan mengakses atau mencari sesuatu via internet.

Membeli kuota untuk mengakses internet di luar negeri pasti memerlukan biaya lebih besar dan boros. Untuk itu ada wifi portabel yang dapat dipakai banyak hal bahkan ke luar negeri.

Tentu supaya perjalanan tetap menyenangkan dan lancar, akses internet tanpa gangguan diperlukan. Anda bisa menggunakan wifi portabel dari JavaMifi. Di mana dapat dihubungkan ke dalam 5 device sekaligus.

Tidak ada batasan kuota dan bisa dipakai di lebih dari 200 negara, termasuk Thailand. Apabila sedang berada di daerah yang kurang bagus sinyalnya, JavaMifi akan berganti ke operator dengan sinyal terkuat dan memiliki layanan CS 24 jam.

Sebelum melakukan liburan, apalagi ke luar negeri, tentunya banyak hal perlu dipersiapkan termasuk jaringan internet. Sehingga ketika wisata kuliner Thailand halal bisa dilakukan dengan nyaman, apalagi jika tidak tahu tempatnya.

 

 

 

 

Thailand, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *