Mau Traveling ke Hagia Sophia? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Negara Turki Ini!

Mau Traveling ke Hagia Sophia? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Negara Turki Ini!
Turki merupakan salah satu negara unik yang terletak di dua belahan benua yang berbeda. Negara yang memiliki destinasi wisata menarik ini berada di Benua Asia dan Eropa. Kalau kamu ingin menikmati jejak sejarah Islam pun, tidak ada salahnya menikmati liburan ke Turki. Jangan lupa beli oleh-oleh negara Turki saat kamu pulang nanti, ya!

7 Rekomendasi Oleh-oleh Negara Turki yang Wajib Dibeli

Bicara soal destinasi liburan di Turki, maka kamu pasti tidak asing dengan ikon wisata dari negeri ini. Misalnya seperti museum Hagia Sophia yang pernah menjadi gereja dan masjid dalam sejarah Turki, Blue Mosque yang indah, Topkapi Palace yang terkenal, atau sekadar menikmati keindahan sejarah, budaya, dan kuliner khas Turki.
Jangan heran bila Turki juga sering masuk dalam destinasi wisata Timur Tengah yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing, salah satunya Indonesia. Ada banyak paket liburan ke Turki saja atau paket umroh sekaligus tour ke Turki atau negara Arab lain. Selain liburan, kamu pasti ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga, saudara atau rekan di rumah, bukan?

Bila kamu akan mengunjungi Turki dalam waktu dekat, sebaiknya simak beberapa rekomendasi oleh-oleh negara Turki yang wajib dibeli sebagai berikut :

1.Nazar Bonjuk

Nazar bonjuk atau dikenal dengan nama Turkish Blue Eyes merupakan salah satu suvenir paling laris di Turki. Ya, bentuk benda yang bisa dipakai sebagai gantungan kunci atau acap dipasang di mobil, rumah atau pohon ini memiliki arti tersendiri. Nazar bonjuk yang memiliki bentuk mata dengan warna kebiruan dianggap sebagai penolak bala.

Jenis suvenir khas Turki yang bisa kamu berikan untuk orang-orang terdekat sebagai oleh-oleh. Toh, harga Turkish Blue Eyes sangat murah meriah hanya berkisar 5-10 ribuan rupiah saja. Siapkan mata uang lira dan kemampuan negosiasi dengan pedagang di Grand Bazaar akan membuat kamu untung beli oleh-oleh ini.

2.Karpet

Membeli karpet asal Turki langsung sangat direkomendasikan sebab kamu bisa memilih ragam karpet berkualitas. Karpet Anatolia yang dikenal memiliki kualitas paling bagus menjadi pilihan dengan harga lebih mahal. Sajadah salat bisa dibanderol sekitar 600 TL atau lebih dari satu juta rupiah, tapi kualitas karpet asli Turki memang bagus dengan pewarna nabati yang berasal dari tanaman dan hewan dan pewarna kimia.

3.Keramik Turki

Keramik Turki atau dikenal dengan nama Ubin Iznik bisa kamu bawa pulang meski harus membayar biaya lebih mahal. Pasalnya, ubin Turki ini memiliki keindahan yang tidak akan ditemukan pada keramik lain. Ya, warna merah dan pirus akan langsung membius mata kamu yang tengah mencari suvenir terbaik khas Turki.
Belilah keramik khas Turki yang pernah mengalami masa kejayaan pada zaman Kekaisaran Ottoman ini di Grand Bazaar. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh terbaik yang dilukis tangan dengan harga cukup mahal sekitar 500 ribuan per produk yang ditawarkan. Oleh-oleh khas Turki yang limited edition, kapan lagi bisa mendapatkannya?

4.Lampu hias

Kalau berkunjung ke deretan toko di Grand Bazaar atau Spice Bazaar, kamu pasti bingung mau beli yang mana. Ada pilihan oleh-oleh Turki menarik berupa lampu hias yang sangat unik di sana. Kamu bisa membeli lampu hias paling kecil dengan harga yang lebih murah sekitar 100 TL saja.

5.Turkish Delight

Mau beli oleh-oleh khas dari Turki seperti karpet, keramik atau lampu hias yang cenderung lebih mahal, boleh-boleh saja. Namun, backpacker yang ingin irit ongkos saat liburan bisa membelikan Turkish Delight untuk keluarga di rumah. Ya, kuliner enak yang bisa dibawa pulang ini memiliki harga yang relatif lebih terjangkau.
Kamu bisa membeli aneka jajanan manis yang dibandrol harga sekitar 100 ribu rupiah per 500 gram. Beli beberapa kudapan yang mengandung kacang-kacangan dengan variasi rasa lemon, mint, kayu manis, mawar, dan lain-lain ini, ya! Bagikan untuk saudara atau teman sejawat kamu untuk mencicipi kudapan yang dilapisi tepung gula ini.

6.Kopi khas Turki

Indonesia memang negara penghasil kopi yang memiliki citarasa enak di dunia, tetapi kamu wajib mencoba kopi Turki sesekali. Beli oleh-oleh kopi Turki yang sebenarnya diimpor dari kopi arabika Brazil. Aroma spesial dan rasa yang ringan bisa kamu bedakan dengan kopi di negeri sendiri. Coba saja beli beberapa kemasan setengah ons yang dibandrol harga 10 ribuan saja.

7.Fez dan scarf

Turki juga dikenal sebagai negara yang menjadi kunci perdagangan dunia sejak lama. Kamu bisa membeli aneka rempah-rempah di Spice Bazaar seperti safron, lada, cabai, dan pala. Kalau kamu tidak ingin beli produk yang mudah ditemukan di Indonesia, maka cobalah membeli topi khas Turki. Kamu yang suka menonton drama Turki, maka tidak asing dengan pemakaian topi atau fez Turki yang unik. Harga fez mulai 20-50 ribu rupiah yang cocok diberikan pada kakek, ayah, saudara, atau teman laki-laki di kantor.

Bagi kamu yang memakai hijab, maka bisa membeli scarf asli Turki yang memiliki material lembut dengan jahitan rapi di sekelilingnya. Harga scarf yang acap dipakai cewek-cewek Turki cukup murah sekitar 50 ribuan saja.

Tentu masih ada banyak rekomendasi oleh-oleh negara Turki yang bisa kamu bawa pulang ke Indonesia, misalnya baklava. Nikmati liburan seru kamu di Turki dengan mengabadikan semua memori di tempat wisata bersejarah atau memandangi keindahan Jembatan Bosphorus yang terkenal sembari minum kopi atau teh apel Turki. Yuk, agendakan liburan kamu bersama orang terkasih di Istanbul sekarang juga!

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *