Perjalanan Bersama Hewan Peliharaan Panduan Lengkap

Bagi sebagian orang meninggalkan peliharaan di rumah saat bepergian tidak bisa dilakukan sehingga melakukan perjalanan bersama hewan peliharaan.

Sebenarnya, tidak masalah apabila ingin bepergian bersama binatang kesayangan, tapi harus memerhatikan beberapa hal. Karena peliharaan, seperti kucing, anjing, atau kelinci bisa mengalami stress apabila dibawa berkendara jauh.

Hal tersebut terjadi, karena hewan akan banyak diletakkan dalam kurungan atau keranjang sehingga ruang gerak terbatas. Hal ini dapat memicu stress dan bisa mengakibatkan kesayangan Anda sakit.

Oleh sebab itu, ketika bepergian dengan hewan harus mempersiapkannya dengan baik dan harus memastikan dulu kondisi binatang kesayangan siap untuk ikut berkendara jarak jauh.

Tips Perjalanan Bersama Hewan Peliharaan Tetap Menyenangkan

Perjalanan bersama hewan peliharaan

Bagi yang tidak bisa meninggalkan binatang kesayangan di rumah saat liburan, mudik, ataupun melakukan naik kendaraan jarak jauh dengan tujuan lainnya, dapat membawa hewan peliharaan bepergian.

Namun, sebelumnya pastikan untuk melakukan tips berikut ini:

1. Lakukan Pemeriksaan di Dokter Sebelum Berangkat

Perjalanan bersama hewan peliharaan akan menjadi menyenangkan apabila Anda memastikan bahwa binatang yang akan dibawa sudah dinyatakan siap bepergian oleh dokter. Jadi, pastikan untuk membawanya untuk pemeriksaan terlebih dahulu.

Dokter bisa menyarankan pemberian makanan atau vitamin tertentu selama saat berkendara atau sebelum maupun sesudahnya. Jika dinyatakan tidak bisa melakukan perjalanan jarak jauh, maka jangan memaksa membawa binatang kesayangan bepergian.

2. Letakkan dalam Kandang Selama dalam Kendaraan

Perjalanan bersama hewan peliharaan akan terasa lebih nyaman apabila diletakkan ke dalam kandangnya selama bepergian. Terutama jika menggunakan kendaraan umum, pastikan binatang kesayangan berada dalam tempat aman agar tidak stress.

Bertemu dengan banyak orang akan membuat binatang kesayangan Anda stress, bahkan ada kemungkinan mengamuk. Jadi, lebih aman menyimpannya di kandang. Selain menghindari stress, juga agar tidak mengganggu penumpang lain.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, juga lebih baik menggunakan kandang hewan selama ada di kendaraan. Karena lebih aman dibandingkan membawanya menggunakan tali dan menempatkannya di kursi mobil.

3. Jangan Letakkan Mainan dalam Kandang

Untuk memastikan perjalanan bersama hewan peliharaan tetap nyaman tanpa menyebabkannya stress, pastikan untuk tidak mengisi kandang dengan mainan. Sebagian pemilik menyangka mainan akan membuat peliharaan merasa tenang.

Jika di rumah, Anda tentu boleh mengisi kandang dengan mainan. Namun, selama berkendara justru hal ini akan memicu stress pada hewan. Lebih baik pemilik yang berinteraksi langsung dengan peliharaannya, seperti memberi makan atau mengajak bermain.

4. Dokumen Harus Dipersiapkan

Perjalanan bersama hewan peliharaan sama halnya mengajak anak bepergian, harus siap berbagai dokumen, terutama jika menggunakan transportasi umum. Karena akan ditanya mengenai dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan.

Misalnya, surat vaksinasi lengkap, bahkan kepemilikan agar tidak disangka membawa lari peliharaan milik orang lain. Siapkan semua dokumen tersebut dan simpan dalam tas sehingga mudah dikeluarkan apabila diminta.

5. Pastikan Selalu Terhidrasi

Sama seperti manusia, binatang juga membutuhkan minum apalagi ketika berkendara jauh. Jadi, jika melakukan perjalanan bersama hewan peliharaan pastikan memberinya minum secara berkala.

Isi wadah air dalam kandang secara berkala, pastikan kesayangan Anda tidak kekurangan air apalagi sampai dehidrasi. Jika perlu, berhentilah sejenak untuk beristirahat dan membawa peliharaan keluar sehingga lebih nyaman memberinya minum atau makan.

Bukan hanya minum, pastikan juga memberi makanan yang cukup selama berkendara. Bawa banyak makanan dari rumah, dan pilih makanan kesukaan hewan peliharaan. Biasanya, makanan ini akan membuat mereka tetap sibuk sehingga tidak stress saat bepergian.

Bawa lebih banyak makanan dan minuman, terutama makanan basah. Pastikan jumlahnya 2x dari kebutuhan peliharaan Anda biasanya. Hal ini untuk berjaga-jaga agar tidak kehabisan di tengah jalan. Karena mungkin akan susah menemukan tempat jual makanan binatang peliharaan.

6. Ajak Bermain

Perjalanan bersama hewan peliharaan tidak akan terasa membosankan apabila Anda mengajaknya bermain. Misalnya kucing, bisa diajak bermain menangkap makanan sehingga ada kesibukan dan membantunya melupakan stress karena berkendara jauh.

Beberapa kali berhenti untuk mengajak binatang peliharaan bermain juga perlu dilakukan. Sempatkan mengajaknya bermain, bisa dengan mengeluarkan dari kandang atau tetap mengamankannya dalam kandang.

Waktu istirahat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai waktu buang air kecil. Jadi, bukan pemiliknya saja yang membutuhkan waktu ke toilet, tapi peliharaannya juga sama. Jangan lupa bawa perlengkapan untuk membersihkan dan membuang kotorannya.

7. Jangan Biarkan Sendirian

Perjalanan bersama hewan peliharaan sama seperti Anda memiliki teman seperjalanan, jangan sampai membuatnya bosan dan merasa terabaikan dengan meninggalkannya sendiri. Karena perjalanan yang jauh, traveller mungkin akan bosan dan mencari cara mengisi waktu.

Sebagai contoh bermain dengan handphone, apabila selama naik kendaraan terus melakukan ini dan mengabaikan keberadaan teman seperjalanan, maka hewan peliharaan akan merasa diabaikan dan bosan. Stres akan lebih mudah muncul dan membuatnya jadi rewel.

Jadi, gunakan sebagian waktu untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan selama berkendara. Beri makan, ajak bermain, atau sekadar mengajaknya bicara. Terutama saat cuaca panas, pastikan selalu memerhatikan kondisi tubuh dan makanannya.

8. Buat Perjalanan Seperti di Rumah

Perjalanan bersama hewan peliharaan tetap akan menyenangkan hingga sampai ke tujuan apabila Anda bisa menciptakan kondisi seperti rumah saat bepergian. Caranya dengan mengemasi barang-barang yang akrab bagi binatang kesayangan.

Misalnya, mangkuk makan dan minum, selimut, atau tempat tidur, serta mainan. Sebagai pemilik juga harus memerhatikan kenyamanan diri sendiri. Ketika bepergian, pastikan tetap dapat berkomunikasi dengan baik, termasuk punya akses internet yang bagus.

Agar bisa terus terkoneksi dengan internet untuk mendapatkan hiburan maupun informasi terkini, selama perjalanan gunakan JavaMifi. Dengan layanan multioperator bisa tetap internetan di mana saja berada.

Jika pemilik nyaman selama perjalanan, maka akan membuat hewan kesayangan ikut merasa nyaman. Sehingga perjalanan jauh tetap santai dan selamat hingga tujuan tanpa masalah berarti.

9. Waspadai Mabuk Perjalanan

Kunci utama dalam perjalanan bersama hewan peliharaan adalah memastikan kenyamanan Anda maupun si hewan kesayangan. Salah satunya, memastikan tidak mabuk perjalanan. Sama seperti manusia, anjing, kucing atau kelinci juga bisa mabuk perjalanan.

Inilah pentingnya untuk membawa ke dokter terlebih dahulu sebelum berangkat agar bisa mendapatkan resep mabuk perjalanan. Sebab tidak bisa diberikan obat yang sama seperti pada manusia. Harus resep obat dengan dosis sesuai dengan hewannya, tidak sembarangan.

10. Latih Bepergian

Sebelum melakukan perjalanan bersama hewan peliharaan dengan jarak jauh, ada baiknya melakukan latihan bepergian jarak dekat terlebih dahulu. Karena hewan cenderung gelisah saat berkendara dengan mobil atau kendaraan lainnya, jadi perlu dibiasakan.

Sebagai contoh membawa kucing atau anjing berkendara dengan perjalanan jarak dekat, mulanya 15 menit, lalu meningkat jadi 30 menit, dan terus ditambahkan hingga jarak perjalanan terjauh yang ingin dilakukan.

Sebagai contoh, ingin membawa hewan peliharaan mudik dengan perjalanan 18 jam dengan kendaraan pribadi, maka mulai ajak untuk perjalanan pendek setidaknya 1-2 bulan sebelumnya agar terbiasa.

Buatlah pengalaman berkendara dengan mobil maupun kendaraan umum merupakan hal positif bagi hewan. Pelatihan seperti ini, bukan hanya bermanfaat bagi hewannya saja tapi juga untuk pemilik sehingga lebih siap menghadapi berbagai kendala saat bepergian bersama hewan kesayangan.

Selalu nyaman saat bepergian kuncinya adalah tetap bisa berkomunikasi dengan baik. Tetap dapat akses internet untuk mendapatkan hiburan, berkomunikasi, hingga mendapatkan informasi terkini merupakan hal wajib.

Nah, agar koneksi internet selama bepergian tetap bagus, gunakan JavaMifi. Dengan teknologi multioperator, tetap bisa terkoneksi meskipun melakukan perjalanan bersama hewan peliharaan hingga pelosok Indonesia maupun ke luar negeri.

Tips & Trick, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *