Rekomendasi Hardware dan Software untuk Kerja Remote

Di zaman teknologi yang semakin canggih, bekerja jarak jauh atau remote working semakin mudah untuk dilakukan. Banyak hardware dan software yang mendukung Anda untuk bisa menyelesaikan pekerjaan secara remote. Tentu saja Anda harus cermat memilih jenis hardware dan software untuk kerja remote yang tepat agar bisa membantu pekerjaan berjalan lancar. 

Hardware untuk Menunjang Remote Working

Mari mulai dulu dari pilihan hardware untuk bekerja secara remote. Ada banyak hardware atau perangkat keras yang saat ini bisa mendukung untuk bekerja jarak jauh. Berikut adalah beberapa jenis perangkat keras yang direkomendasikan:

  • PC (Personal Computer)

personal computer
personal computer

Pertama ada PC atau personal computer. Jelas sekali bahwa jenis hardware ini akan Anda butuhkan jika harus bekerja secara remote. Pilihlah jenis PC yang spesifikasinya paling sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Selain itu pastikan PC ini juga punya performa yang baik agar Anda bisa menyelesaikan semua tugas pekerjaan secara lancar. 

  • Laptop

cara mendapat uang dari internet by andynug - andynugroho.com

Jika PC dirasa kurang praktis maka Anda bisa menggunakan laptop. Tipe laptop saat ini semakin beragam. Pilihlah tipe laptop sesuai kebutuhan pekerjaan. Selain itu perhatikan pula fleksibilitas laptop. Saat ini ada banyak tipe laptop yang fleksibel bisa diubah menjadi tablet untuk kemudahan pemakaian. Jangan lupa sesuaikan juga dengan bujet yang Anda miliki. 

  • Perangkat Peripheral

printer
printer

Anda juga akan membutuhkan perangkat peripheral yang mendukung. Ini merupakan perangkat tambahan yang bisa mengoptimalkan pekerjaan Anda. Misalnya saja mouse, keyboard, mikrofon eksternal, scanner, drawing pad, dan lain sebagainya. Ambil jenis peripheral yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

  • Smartphone

jualan via Toko Online

Semua orang pasti setuju kalau smartphone sangat dibutuhkan oleh pekerja remote. Pilihlah tipe smartphone yang spesifikasinya memadai. Tak ada salahnya untuk membeli smartphone dengan tipe yang bagus jika memang bisa mendukung pekerjaan Anda secara optimal. 

  • Koneksi Internet

Salah satu kebutuhan utama bagi para pekerja remote adalah koneksi internet. Inilah yang akan menghubungkan Anda dengan rekan kerja maupun atasan. Dengan adanya koneksi internet maka pekerjaan remote bisa berjalan secara efektif. Pastikan koneksi internet yang dipakai lancar dan tidak mudah down.

Software untuk Menunjang Kerja Remote

Setelah melengkapi kebutuhan hardware, Anda butuh software pendukung yang memadai. Ada banyak pilihan software yang kini bisa digunakan untuk bekerja secara remote. Berikut adalah rekomendasi software untuk kerja remote yang dapat Anda gunakan:

  • Microsoft Office

Pertama kamu pasti akan membutuhkan Microsoft Office. Sepertinya semua jenis profesi remote akan membutuhkan software yang satu ini. 

Di sini kamu bisa mengakses pembuatan dokumen, tabel, juga slide presentasi. Sangat relevan dengan kebutuhan para pekerja. Pastikan untuk memakai Microsoft Office yang tipe asli agar tidak mudah terblokir.

Namun, Microsoft Office versi asli butuh biaya dalam pemakaiannya. Jika sulit untuk menggunakan Microsoft Office versi asli maka bisa diganti dengan alternatif software lainnya. 

Saat ini ada beberapa pilihan software pengganti Microsoft Office yang bisa diandalkan seperti WPS Office, FreeOffice, juga Google Workspace.

  • Aplikasi Zoom

Berikutnya ada Zoom yang popularitasnya meningkat setelah pandemi COVID-19 karena sebagian besar pekerja bekerja secara online. 

Melalui Zoom, Anda bisa mengadakan meeting online dan berkomunikasi dengan rekan kerja maupun atasan. Namun Zoom ini bukan satu-satunya aplikasi komunikasi jarak jauh yang dapat Anda andalkan. 

Ada pilihan lain jika Zoom tidak bekerja dengan baik. Anda bisa memakai Google Meet untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau atasan. 

Pilih saja mana yang dirasa fiturnya paling lengkap dan mudah digunakan. Tak ada salahnya untuk menginstal keduanya agar bisa dipakai secara bergantian.

  • Aplikasi To Do List

Para pekerja remote juga sangat direkomendasikan untuk menginstal aplikasi to do list. Ini merupakan aplikasi yang mempermudah Anda untuk menuliskan agenda secara digital. 

Tak perlu memakai kertas lagi, Anda bisa menuliskan list pekerjaan harian secara digital sehingga lebih mudah untuk diakses. Dengan adanya aplikasi ini, jauh lebih mudah untuk menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu. 

  • Google Drive

Berikutnya ada Google Drive yang sudah sangat populer di kalangan pekerja maupun pelajar. Sebenarnya Google Drive ini sudah secara otomatis dapat Anda gunakan jika Anda memanfaatkan Google. 

Di sini Anda bisa berbagi dokumen dan mengedit dokumen tersebut bersama dengan rekan kerja. 

Melalui Google Drive, Anda bisa lebih mudah membagi dokumen pekerjaan. Pengumpulan dokumen pekerjaan juga jauh lebih efektif. 

Diskusi melalui sebuah dokumen sangat memungkinkan untuk dilakukan karena pengguna bisa meninggalkan komentar di dokumen-dokumen Google Drive tersebut. 

  • Software Profesi Spesifik

Berikutnya Anda pasti akan membutuhkan software yang spesifik bisa mendukung pekerjaan Anda. 

Setiap pekerjaan sebenarnya butuh software yang berbeda-beda. Misalnya saja untuk desainer grafis, tentu dibutuhkan software pendukung seperti Corel, Photoshop, Canva, dan lain sebagainya. Lain dengan software yang mungkin dibutuhkan oleh penulis. 

Carilah software yang sekiranya bisa mendukung pekerjaan Anda secara optimal. Tak ada salahnya untuk bertanya dengan rekan kerja di bidang yang sama, software apa yang mereka gunakan. 

Pastikan software ini menawarkan fitur yang lengkap dan mudah digunakan sehingga pemakaiannya jauh lebih lancar. Software yang dipilih juga harus stabil dan bisa bekerja secara lancar kapanpun dibutuhkan. 

Itulah tadi rekomendasi hardware dan software untuk kerja remote. Pastikan Anda merasa nyaman bekerja remote dengan adanya hardware dan software pilihan yang tepat. 

Setelah memenuhi kebutuhan tersebut, Anda juga harus menyediakan ruang kerja yang nyaman selama bekerja remote. Pastikan lingkungan kerja mendukung dan bisa membantu Anda lebih produktif. 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *