Tips Anti Jet Lag Ketika Traveling

Tips anti jet lag sebetulnya cukup mudah bahkan bisa Anda cegah sebelum terjadi, mayoritas orang yang bepergian ke negara dengan zona waktu berbeda akan merasakannya. Tentu saja hal ini wajar terjadi, karena tubuh kita membutuhkan waktu beradaptasi dengan waktu.

Karena pada dasarnya setiap orang memiliki jam biologis masing-masing, jika biasanya Anda tidur pada pukul 10 malam di Indonesia maka zona waktunya akan berbeda lagi saat berada di negara lain, yang memungkinkan Anda baru merasa mengantuk di pagi atau siang hari.

Kami menyediakan beberapa tips anti jet lag yang biasanya kondisi ini membuat Anda merasa tersiksa karena sulit fokus dalam mengerjakan sesuatu. Dengan mengikuti saran dan tips yang kami berikan, pasti Anda dapat mengatasi gangguan ini.

Tips Anti Jet Lag Ketika akan Traveling

Travelling tentu saja menjadi waktu menyenangkan dan ditunggu-tunggu, Anda bisa melakukan hal apa saja dimana saja. Banyak orang memutuskan untuk travelling ke luar negeri, karena ingin mendapat suasana berbeda dan tentunya mengunjungi tempat baru.

1.      Pilih Penerbangan di Malam Hari

Tips anti jet lag pertama ialah memilih penerbangan di malam hari sehingga selama di perjalanan bisa beristirahat dan sampai di tujuan di pagi atau siang hari. Hitung kembali waktu perjalanan dengan perbedaan waktu yang ada, sehingga tips ini bisa diterapkan.

Pastikan jika selama di perjalanan Anda beristirahat dengan baik, gunakan penutup telinga atau penutup mata untuk menjaga agar tidur dapat nyenyak. Jadi saat sudah sampai di lokasi tujuan, tubuh bisa kembali segar dan dapat mengeksplor banyak tempat.

2.      Tetap Aktif saat di Penerbangan

Tips anti jet lag ini berlaku apabila Anda menjalani penerbangan di pagi atau siang hari, atau jika jarak antar negara tidak begitu jauh. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menghabiskan waktu, sehingga tanpa terasa pesawat sudah sampai di lokasi, dan bisa beristirahat secukupnya.

3.      Hindari Mengonsumsi Alkohol dan Kafein

Tips anti jet lag juga bisa diatasi dengan tidak mengonsumsi alkohol atau kafein, kedua jenis minuman tidak disarankan untuk Anda minum saat pergi dalam perjalanan jauh. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, mengingat kelembapan udara di pesawat rendah.

Selain itu kafein juga tidak dianjurkan karena bisa membuat Anda sulit tidur, tentu hal ini akan memperparah kondisi. Maka dari itu lebih baik mengonsumsi air mineral atau jus, yang akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan segar saat sampai di tempat tujuan.

Bagaimana Jet Lag Bisa Terjadi? Berikut Penyebabnya?

Pada dasarnya jet lag terjadi karena tubuh kita sudah lama beradaptasi dengan jam biologis, lalu tiba-tiba jam biologis tersebut berubah sehingga tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Namun ada pula beberapa penyebab lainnya, yang menimbulkan gejala ini bisa terjadi.

1.      Jumlah Zona yang Dilewati

Salah satu penyebab jet lag dapat terjadi adalah karena jumlah zona waktu yang dilewati, seperti yang telah kami sampaikan bahwa zona waktu adalah penyebab utamanya. Maka dari itu tips anti jet lag, Anda perlu mengatur waktu tidur dengan baik.

Apalagi jika perubahan waktu dari suatu tempat ke tempat lain sangat jauh, misalnya Indonesia dengan Amerika yang perbedaan waktunya 11 jam. Tubuh tentu membutuhkan waktu untuk bisa menyesuaikan, dan mau tidak mau Anda harus menerapkan waktu tidur sesuai zona waktu.

2.      Perubahan Tekanan Udara Pesawat

Tekanan udara pesawat ternyata bisa menyebabkan kondisi ini terjadi, terutama saat pesawat baru saja lepas landas atau take off. Terdapat perbedaan tekanan, yang terkadang berpengaruh juga pada telinga Anda sehingga menyebabkan berdengung dan mengganggu istirahat.

3.      Sering Bepergian dengan Pesawat Terbang

Bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat terkadang kondisi ini seringkali terjadi, dan tentu saja Anda perlu mengetahui tips anti jet lag. Berpindahnya lokasi dengan zona waktu berbeda-beda, membuat tubuh membutuhkan waktu beradaptasi lebih lama.

Apalagi jika bekerja sebagai pilot, pramugari atau pramugara, tentu saja perlu cermat dalam menyisihkan waktu dalam beristirahat. Terkadang jet lag sering dianggap sebagai dampak dari kelelahan, padahal rasa mengantuk tersebut wajar karena perubahan waktu berbeda.

4.      Usia Lanjut

Bagi orang yang sudah berusia lanjut, akan lebih sulit mengelola jam istirahat saat mengalami jet lag. Sebab semakin tua usia kita, maka semakin sulit bagi tubuh menyesuaikan irama biologis tubuh, apalagi kaum usia lanjut cenderung lebih mudah mengantuk diluar dari jam tidurnya.

Apa yang Orang Cenderung Alami saat Jet Lag Menyerang?

Mungkin bagi Anda yang belum pernah merasakan gejala ini sebelumnya akan bingung, karena menganggap bahwa gejala ini mirip dengan insomnia atau gejala sulit tidur. Padahal kondisi itu cukup berbeda, dan berikut gejala yang sering penderitanya alami.

1.      Perubahan Mood

Perubahaan mood memang wajar terjadi, ditambah Anda sedang merasa ngantuk namun harus tetap beraktivitas. Bisa jadi ini adalah salah satu gejalanya, untuk dapat mengatasi Jet Lag yaitu dengan berusaha mengontrol emosi dan mengedepankan kepentingan setiap orang.

Perubahan mood tentu tidak hanya mengganggu diri sendiri namun bisa juga orang disekitar, apabila Anda sedang dalam urusan pekerjaan, maka gejala ini bisa membuat Anda terlihat tidak professional, dan pastinya membuat orang disekeliling merasa tidak nyaman.

2.      Sulit Berkonsentrasi

Saat sedang merasa kelelahan dan mengantuk, otak memang lebih sulit dalam berpikir dan fokus dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini umum terjadi dan cara untuk mengatasinya adalah, cobalah untuk mengonsumsi minuman segar untuk menghilangkan rasa kantuk.

3.      Mual dan Sakit Kepala

Jika tips anti jet lag tidak bisa dilakukan karena timbulnya gejala mual dan sakit kepala, kami sarankan agar beristirahat terlebih dulu dan jangan memaksakan diri. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas, namun gejala tersebut tidak bisa dihiraukan begitu saja.

4.      Mudah Lupa

Kondisi sulit konsentrasi juga bisa berdampak dengan kemampuan mengingat, beberapa orang yang pernah mengalami jet lag ternyata menjadi lebih sering lupa. Melupakan beberapa hal tentu akan membuat aktivitas terganggu, tapi lama kelamaan gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Pada dasarnya jet lag memang bisa berdampak pada kondisi kesehatan Anda, sebab kembali lagi pada tubuh yang membutuhkan waktu beradaptasi. Bahkan sebagian orang juga mengalami gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut hingga sembelit.

Berikut Cara Mengatasi Jet Lag agar Bisa Segera Pulih

Untuk bisa segera pulih dari jet lag, ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar dapat lebih fokus dalam menjalani aktivitas.

1.      Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Salah satu cara mengatasi kondisi ini adalah mengonsumsi makanan yang tepat, jika bepergian ke arah Timur, sebaiknya mengonsumsi makanan berkarbo tinggi agar lebih cepat tidur saat tiba. Jika bepergian ke arah Barat, makan makanan tinggi protein untuk tetap terjaga selama di jalan.

Untuk tips anti jet lag, sebaiknya jangan terlalu banyak roti yang kaya akan protein namun bisa menimbulkan perut kembung dan bergas. Mungkin tips ini bisa diterapkan saat bepergian jarak jauh, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai pilot atau pramugari.

2.      Pastikan Tubuh Terpapar Sinar Matahari

Sesampainya di lokasi tujuan, sebaiknya biarkan tubuh terpapar sinar matahari karena bisa mengurangi pelepasan hormon Melatonin, yang menimbulkan rasa mengantuk. Dengan begitu Anda tidak akan mudah mengantuk di pagi atau siang hari, dan bisa tidur nyenyak di malam hari.

3.      Mengonsumsi Obat

Mengonsumsi obat memang disarankan apabila gejala ini tidak kunjung hilang, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan obat yang tepat. Jangan asal saat memilih obat, apalagi obat-obatan yang membutuhkan surat dokter.

Tips anti jet lag ini bisa diterapkan, biasanya dokter akan meresepkan obat tidur untuk membuat Anda kembali memiliki waktu biologis yang sesuai dengan waktu setempat, dengan begitu waktu tidur di malam hari akan kembali seperti semula.

4.      Terapi Cahaya

Anda juga bisa memanfaatkan cara alami tanpa mengonsumsi obat-obatan, yaitu dengan terapi cahaya. Bisa menggunakan paparan sinar matahari langsung atau memancarkan sinar UV, jadi tubuh bisa kembali memiliki jam tidur yang normal.

Mengatasi Jet Lag Jangan Dibawa Stress

Aktivitas akan terasa sangat terganggu apabila kita memiliki waktu istirahat yang kurang, awalnya ingin menikmati travelling namun semuanya menjadi terganggu akibat jet lag. Namun jika Anda bisa menerapkan cara mengatasinya dengan baik, maka gejala tersebut bisa dihindari.

Saat berkunjung ke luar negeri, biasanya biaya paket internet akan lebih mahal dan tentu mengeluarkan biaya lebih besar. Bayangkan saja berapa total biaya pada setiap smartphone yang harus dikeluarkan, hanya agar smartphone Anda terhubung dengan jaringan internet.

Setelah Anda mengetahui tips anti jet lag, jangan sampai Anda tidak tau bagaimana cara menghemat biaya internet saat sedang berlibur bersama. Kami sarankan agar Anda memakai JavaMifi, Wifi yang bisa menghubungkan 5 device sekaligus dan membuat biaya jauh lebih hemat.

Selain itu pengguna akan mendapatkan true unlimited kuota, tidak ada batasan kuota sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika kuota habis tiba-tiba saat asik mengunggah foto. JavaMifi juga bisa digunakan hampir di 200 lebih negara, tinggal sebutkan saja negara yang akan Anda datangi.

Jika mengalami masalah dalam menggunakan JavaMifi, maka Anda bisa menghubungi kami yang akan selalu tersedia selama 24 jam, sehingga perbedaan waktu tidak menjadi masalah. JavaMifi juga menyediakan layanan untuk bisa mengubah ke operator yang paling kuat di daerah Anda.

Kini Anda tidak perlu risau dengan urusan internet, serta telah memahami tips anti jet lag dengan cara tepat.

 

 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *