Tips Perjalanan Hemat Budget untuk Rencana Traveling ke Luar Negeri

Memilih melakukan perjalanan hemat budget menjadi pilihan menarik bagi sebagian besar orang. Apalagi bisa menikmati traveling tapi tidak menggunakan banyak orang. Artinya tetap terasa menyenangkan tapi tidak membebani dompet

Jika melihat data, menjelang akhir tahun banyak orang melakukan perjalanan mudik ataupun liburan. Apabila Anda sering melakukannya, wahib mengetahui tips hematnya. Terutama supaya bisa merancang budget traveling lebih murah.

Sementara itu jika memutuskan traveling ke luar negeri, butuh persiapan lebih banyak. Tidak lain karena membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Termasuk dalam urusan budget hotel, transportasi, uang saku dan sebagainya.

Mempelajari bagaimana caranya perjalanan hemat budget tidak sesulit yang Anda bayangkan. Liburan tidak selamanya harus mengeluarkan biaya tinggi dan terkesan mewah. Melainkan bisa mengaturnya dengan mudah dengan perencanaan.

Traveling luar negeri menjadi impian banyak orang karena mampu mencari suasana baru. Bahkan menikmati sensasi yang tidak ditemukan dari negara sendiri. Artinya dapat mencari pengalaman baru yang menyenangkan dalam perjalanan.

Liburan yang Anda lakukan menjadi bentuk refreshing dari rasa penat sampai pressure kerja. Ketegangan terhadap otot dan otak bisa disembuhkan. Tentunya merasakan relaks sehingga semakin baik menikmati hidup ke depannya.

Tips Rencana Perjalanan Hemat Budget Dalam Liburan ke Luar Negeri

liburan ke luar negeri

Mahalnya biaya menjadi alasan kenapa masyarakat kesulitan untuk melakukan liburan internasional Padahal sebenarnya dapat melakukannya dengan on budget sehingga murah. Bahkan walaupun memilih negara jauh tetap minim biayanya.

1.  Riset Destinasi Wisata

Tips pertama melakukan traveling hemat biaya ke luar negeri yakni riset destinasi wisata. Pastinya membutuhkan riset mendalam sebelum perjalanan. Jika ingin menuju suatu negara, harus mengetahui lebih dalam semua destinasinya.

Pada perjalanan hemat budget, wisatawan harus mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu negara. Tentu mampu membantu memahami gambaran rencana travel yang dilakukan. Begitu juga berhubungan dengan berapa jumlah biayanya.

Selain itu umumnya mengetahui tarif transportasi atau biaya masuk suatu wisata. Setiap negara tentu memiliki rate berbeda untuk wisata dan kebutuhan lainnya. Walaupun termasuk informasi umum tapi membantu perjalanan nyaman.

Melakukan riset juga penting supaya mengetahui keamanan negara saat ini. Begitu juga dengan mengetahui informasi kemacetan lalu lintas. Jadi, mampu memastikan destinasi wisata yang dikunjungi nyaman dari awal hingga akhir.

2.      Siapkan Dana Liburan

Menyiapkan dana liburan dengan baik disarankan karena menjadi salah satu langkah awal. Tentunya berguna supaya tidak menjadi gangguan pada arus kas keuangan. Artinya harus menyiapkan dari jauh hari sebagai tabungan.

Rencana keberangkatan perjalanan hemat budget biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan. Tidak menutup kemungkinan menabung beberapa tahun untuk ke luar negeri. Usahakan menggunakan uang dari anggaran yang telah disiapkan.

Jadi, jangan sampai memaksakan mengeluarkan budget jauh lebih banyak. Kalau ingin menambahkan sekalipun bukan masalah tapi tidak boleh berlebihan. Selain itu harus menghindari berangkat mendadak supaya dana liburan telah siap.

3.      Jangan Datang Saat Musim Liburan

Tidak datang saat musim liburan atau high season tentu banyak orang pahami. Apalagi musim ini sebenarnya banyak wisatawan datang. Wajar apabila harga barang maupun jasa perjalanan memiliki biaya lebih tinggi.

Untuk perjalanan hemat budget, disarankan memilih low season karena murah. Pengeluaran pada kebutuhan mahal seperti pesawat dan akomodasi pasi berhasil. Alokasi uang bisa dimanfaatkan pada keperluan lain di luar negeri.

Misalnya belanja lebih banyak oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Belum lagi datang saat low season juga membantu perjalanan terasa nyaman. Tentu tidak sesak karena hanya sedikit turis datang sehingga sangat leluasa.

Perbedaannya begitu besar apabila membandingkan high season di mana banyak orang berdesakan. Kalau ingin merencanakan dengan tepat, pastikan menyiapkan dari jauh hari. Tujuannya supaya biaya pada setiap kebutuhan masih terjangkau.

4.      Mengetahui Prioritas Kebutuhan

Selalu mengetahui prioritas kebutuhan menjadi alasan kenapa Anda sukses dalam traveling. Penting Anda ketahui kalau hal ini membuat rencana semakin ringan. Terutama bisa mencicil dari prioritas yang dinilai paling penting.

Contohnya pada perjalanan hemat budget membutuhkan biaya besar pada tiket pesawat. Artinya harus menyediakan budget untuk pembelian tiket maskapai dulu. Apabila sudah terpenuhi, kemudian dapat menyiapkan pada kebutuhan lain.

Misalnya melanjutkan dengan mengumpulkan biaya hotel, akomodasi dan lainnya. Pastinya penting Anda lakukan sehingga kesulitan pengaturan dana tidak terjadi. Belum lagi efektif menghalau masalah boros yang bisa saja hadir.

5.      Makan di Restoran Lokal

Memilih makan di restoran lokal dibandingkan tempat makan berbintang menjadi pilihan. Saat menuju negara lain tentu akan menemukan banyak restoran mewah. Bahkan menarik perhatian untuk mengeluarkan banyak uang makan disana.

Tapi Anda sedang mengikuti perjalanan hemat budget sehingga biaya makan tidak boleh berlebihan. Pastikan mencari restoran lokal di luar tempat wisata. Hal ini menjadi siasat menemukan harga murah sesuai budget.

Restoran lokal tidak kalah menarik karena menyediakan banyak makanan khas negara kunjungan. Tapi tetap memiliki rasa otentik sehingga tetap terhubung dengan destinasi wisata. Anda juga tetap dapat belajar kekayaan kulinernya.

6.      Cari Teman Berlibur

Demi mencari liburan murah ke luar negeri, disarankan tidak melakukannya hanya sendirian. Melainkan boleh cari teman berlibur sehingga bisa patungan untuk beberapa kebutuhan. Tentunya semakin low budget karena ditanggung bersama.

Umumnya perjalanan hemat budget yang dilakukan bersama lebih murah dengan menginap bersama. Bahkan bisa memilih yang kapasitasnya digunakan banyak orang. Belum lagi sering terdapat paket rombongan sehingga hemat pengeluaran.

Sebenarnya cara ini dapat dilakukan apabila ingin liburan bersama keluarga atau teman. Tapi jika tidak, dapat mencari orang yang ingin melakukan perjalanan serupa. Teman liburan mendorong biaya murah terjaga.

7.      Cari Hostel untuk Menginap

Penginapan terbilang sebagai kebutuhan utama yang penting Anda siapkan. Tapi dibandingkan menginap pada hotel berbintang, bisa cari hostel saja. Terutama karena dapat menjadi obsi low budget tapi tetap nyaman.

Penting diketahui hostel memegang peran penting dalam perjalanan hemat budget. Tidak lain karena terdapat hingga 20 tempat tidur dalam satu kamar. Mungkin akan bertemu orang asing, tapi tetap memiliki privasi.

Umumnya bisa digunakan untuk perjalanan bersama keluarga atau teman. Tentunya tidak mengeluarkan banyak biaya apabila membandingkan hotel yang cukup mahal. Belum lagi umumnya hostel memiliki lounge sehingga bisa dipakai berbincang.

8.      Cek Berkala Tiket Pesawat

Bagi wisatawan menuju negara apapun harus mengecek berkala tiket pesawat yang akan digunakan. Apalagi tidak menutup kemungkinan tiba-tiba muncul suatu promo. Pastinya terdapat potongan harga besar dalam perjalanan hemat budget.

Karena seringkali tidak menyadari, pastikan agar senantiasa mengecek berbagai tempat penjualan tiket. Terutama untuk menemukan mana harga termurah. Belum lagi seringkali terdapat kenaikan atau penurunan yang tidak sulit terprediksi.

Penting diketahui biaya untuk tiket pesawat dapat memakan budget tinggi. Inilah alasannya harus mencari yang termurah sehingga tidak membebani rencana. Budget juga dapat dimanfaatkan dengan baik bagi keperluan liburan lainnya.

9.      Kunjungi Destinasi Baru

Tips penting lainnya dalam perjalanan hemat budget adalah mengunjungi destinasi baru. Saat ini banyak negara terus membangun banyak tempat wisata terbaru. Pastinya belum banyak dikenali atau dikunjungi walau telah berdiri.

Inilah alasannya Anda bisa menjadikannya sebagai destinasi kunjungan menarik. Terlebih karena masih baru artinya biayanya hemat dari tiket dan perjalanan. Apalagi jika terdapat harga promosi sehingga menarik dikunjungi segera.

Apabila membandingkan dengan wisata yang sudah lama ada tentu harganya cukup berbeda. Umumnya wisata lama harganya normal bahkan tidak disertai promosi. Artinya harus memanfaatkan destinasi baru sebagai daftar wisata kunjungan.

10.  Selalu Menawar Saat Belanja

Berusaha menawar saat belanja menjadi alasan menghemat dana saat liburan berhasil. Kalau mengunjungi negara lain ada keinginan membeli barang. Terlebih jika Anda ditawari berbagai produk khas dan lokal negara tersebut.

Tapi disini sedang melakukan perjalanan hemat budget sehingga tidak boleh langsung membeli. Melainkan harus bisa menawarnya sehingga tidak terlalu tinggi. Apalagi harga bagi wisatawan seringkali lebih tinggi dari orang lain.

Artinya jika tanpa menawar kemungkinan harganya overpriced hingga 10 kali lipatnya. Hal ini dapat terjadi baik pada pasar tradisional maupun tempat lainnya. Kalau perlu ketahui harga lokal sehingga tidak ditipu.

11.  Utamakanlah Jalur Darat

Memutuskan mengutamakan jalur darat menjadi pilihan penting sebagai transportasi utama. Apalagi jika Anda ingin melakukan perjalanan dari satu destinasi ke lainnya. Begitu juga perjalanan dari satu kota ke kota lainnya.

Disini Anda ingin memaksimalkan perjalanan hemat budget sehingga perlu menghindari transportasi lain. Terlebih jika sudah sampai pada negara tujuan. Mungkin menggunakan transportasi darat lebih lama, tapi artinya hemat.

Selain itu bisa merasakan sensasi berbeda karena mencoba transportasi darat negara lain. Baik menggunakan mobil, bus, kereta maupun transportasi sejenis. Jadi, menjadi kesempatan berharga karena dapat mencoba transportasi berbeda.

12.  Pakai Angkutan Umum

Mempertimbangkan transportasi umum saat perjalanan hemat budget harus Anda manfaatkan dengan baik. Terlebih pakai angkutan umum cocok bagi traveling pribadi. Pengeluaran tidak akan mahal dibandingkan taksi dan sejenisnya.

Sebenarnya angkutan umum juga membuat pengalaman perjalanan lebih menyenangkan. Anda dapat mengambil gambar dari berbagai jalan yang dilewati. Tentu cukup menarik karena bisa menjalani kegiatan seperti masyarakat lokal.

Contohnya jika Anda mengunjungi negara seperti Korea Selatan atau Jepang. Pastinya terdapat angkutan umum modern dan memiliki harga terjangkau. Jadi, akan membantu efektivitas biaya karena tidak harus menyewa kendaraan pribadi.

13.  Manfaatkan WiFi dalam Perjalanan

Setiap perjalanan hemat budget berpeluang murah kalau memanfaatkan WiFi. Bisa dibilang kalau kebutuhan komunikasi menjadi penting saat traveling. Apalagi ke luar negeri di mana biaya internetnya bisa jauh lebih mahal.

Meski begitu bisa mengantisipasinya dengan menggunakan WiFi. Penting Anda ketahui mobile sim card lokal dari negara tujuan itu tidak murah. Belum lagi sayang apabila hanya dipakai untuk beberapa hari saja.

Pada setiap destinasi wisata yang dikunjungi bisa mencari WiFi. Bahkan membawa sendiri WiFi portable yang dapat dibeli atau dirental dengan mudah. Keperluan untuk internet terpenuhi sehingga bisa update media sosial.

Dalam perjalanan ke luar negeri, sebenarnya disarankan agar menggunakan JavaMifi. Terutama menyediakan modem WiFi tanpa batasan kuota bagi pengguna. Kami merasakan betul fungsinya karena bisa konek bahkan hingga 5 devices.

Saat menuju wilayah dengan jaringan kurang baik bukan masalah. Apalagi mampu switch ke operator terkuat dan paling stabil pada daerah tersebut. Terlebih bisa dipakai lebih dari 200 negara di dunia.

Jika memiliki masalah atau ingin meminta bantuan, dapat langsung menghubungi customer service 24 jam. Jadi, kami merasa puas dengan menggunakan JavaMifi sangat membantu perjalanan hemat budget kami dengan sukses dan terlaksana baik.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *