11 Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Umroh

Anda tentu membutuhkan tips menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah umroh. Karena ini adalah salah satu rangkaian ibadah yang membutuhkan fisik prima agar mampu menyelesaikan sampai tuntas.

Apalagi iklim di Arab Saudi jelas sangat berbeda dengan Indonesia yang membuat para jamaah sulit membiasakan diri. Perbedaan iklim tersebut bisa jadi salah satu masalah yang membuat ketahanan tubuh menurun.

Ternyata ada beberapa panduan yang dapat Anda ikuti sehingga ketahanan tubuh dapat terjaga selama beribadah di tanah suci. Disini kami sudah menyiapkan beberapa poin penting untuk diikuti.

Sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan kesehatan karena sudah melakukan ikhtiar terbaik. Apa saja kuncinya agar tetap sehat selama beribadah di tanah suci, langsung saja simak beberapa tips berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Umroh

Dengan menerapkan beberapa tips berikut ini tentu saja Anda dapat beribadah secara lebih khusyu. Jika tubuh sehat tentu bisa mengikuti rangkaian peribadatan secara optimal untuk mendekatkan diri kepada tuhan.

1.  Konsultasi dengan Dokter

Sebelum berangkat haji atau umroh sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter atau tim kesehatan. Tujuannya untuk memeriksa bagaimana kondisi tubuh sepenuhnya apakah siap atau tidak jika hendak digunakan umroh.

Ini adalah tips menjaga kesehatan agar nanti ketika melangsungkan peribadatan tubuh tetap prima. Jika sudah bersiap sebelum berangkat tentu potensi adanya gangguan kesehatan selama di tanah suci dapat dimitigasi.

Dengan berkonsultasi lebih dulu, Anda juga bisa tahu bagaimana persiapan fisioterapi terbaik. Sehingga saat melakukan rangkaian peribadatan tubuh nanti tidak cepat lelah dan mampu mengikuti secara optimal.

2.  Vaksinasi

Jangan lupa sebelum pergi ke tanah suci harus melakukan beberapa vaksin terlebih dulu. Mulai dari meningitis, influenza, sampai Covid 19 agar tubuh semakin tahan ketika nanti terpapar oleh banyak orang.

Ini merupakan salah satu tips menjaga kesehatan wajib yang sudah menjadi protokol sebelum keberangkatan. Jadi jamaah umroh saat melakukan ibadah atau setelah pulang dari tanah suci tidak menjadi carrier penyakit berbahaya.

Ingat, disana nanti Anda akan bertemu dengan ribuan orang sehingga potensi tertular penyakit jelas ada. Sehingga vaksinasi jadi salah satu langkah mitigasi terbaik agar tubuh tetap sehat baik selama menjalankan atau setelah pulang nanti.

3.  Makan Makanan yang Sehat

Selama perjalanan umroh tentunya penyelenggara sudah menyediakan makanan yang sehat. Sehingga para jamaah tidak perlu lagi harus membawa bahan makanan sendiri dari rumah untuk disantap saat beribadah.

Salah satu tips menjaga kesehatan selama berada di tanah suci adalah teliti dulu sebelum membeli makanan di tempat lain. Jika Anda berjalan-jalan keluar area kompleks masjidil haram tentu dapat menemukan penjual.

Jangan sembarangan membeli makanan apabila Anda tidak tahu bagaimana dampaknya bagi tubuh. Lebih baik makan-makanan yang sudah disediakan oleh penyelenggara umrah, itu sudah terjamin kesehatannya.

4.  Minumlah Air yang Aman dan Jelas Sumbernya

Meskipun pemerintah Arab sudah menyediakan banyak sumber air untuk minum para jamaah namun jangan sembarangan minum. Lebih baik membawa sendiri air minum dari hotel agar aman dan jelas sumbernya.

Karena ternyata masih saja banyak jamaah umroh sembarangan mencari sumber air ketika haus saat beribadah. Ingat, pastikan kejelasan airnya sebelum meminumnya agar aman untuk tubuh.

Ini adalah tips menjaga kesehatan yang sering dianggap sebelah mata oleh para jamaah. Padahal air adalah salah satu kunci penting bagi tubuh untuk tetap sehat dan mampu beribadah secara prima.

5.  Gunakan Pakaian yang Tepat Saat Beristirahat

Setelah selesai melangsungkan rangkaian ibadah dan waktunya istirahat jangan lupa ganti pakaian yang tepat. Malam di kota Mekah bisa sangat dingin sehingga sering membuat tubuh jamaah dari Indonesia kurang nyaman.

Perbedaan cuaca signifikan ini dapat berdampak pada ketahanan tubuh selama beribadah. Jadi jangan pernah lupa untuk mengganti pakaian yang hangat dan nyaman saat melakukan istirahat.

Sebagai tips menjaga kesehatan ketika melangsungkan umroh pastikan Anda membawa pakaian hangat dan nyaman. Ini berfungsi untuk menjaga tubuh dari cuaca ekstrem ketika melangsungkan proses peribadatan.

6.  Jangan Lupa untuk Menjaga Kebersihan Pribadi

Meskipun Anda datang ke tanah suci untuk beribadah namun jangan sampai lupa dengan kebersihan pribadi. Mandi secara teratur apabila rangkaian ibadahnya sudah selesai atau masuk waktu istirahat.

Jangan lupa menggunakan sabun untuk menjaga kebersihan tubuh setelah aktivitas sehari-hari. Bawa juga hand sanitiser untuk membersihkan tangan agar tidak terkontaminasi dengan bahan berbahaya.

Dengan menerapkan tips menjaga kesehatan tersebut tentu saja Anda bisa beribadah secara nyaman. Tubuh akan tetap prima sehingga mampu menjalankan seluruh rangkaian ibadahnya sampai selesai.

7.  Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Umroh adalah rangkaian ibadah yang berat dan membutuhkan waktu cukup lama. Tanpa konsumsi vitamin dan suplemen tepat tentu saja fisik akan sulit melakukan recovery apalagi iklimnya saja sudah berbeda.

Oleh sebab itu selalu bawa vitamin dan suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh selama prosesi peribadatan. Jika kecukupan vitamin dan mineral optimal tentu daya tahannya juga akan jadi lebih kuat.

Sehingga usahakan melakukan tips menjaga kesehatan ini agar tubuh tetap prima saat beribadah. Apalagi jika Anda picky eater tentu akan sulit memenuhi kecukupan vitamin dan mineral bagi tubuh.

8.  Istirahat yang Cukup

Boleh saja mendedikasikan waktu penuh untuk beribadah selama berada di tanah suci. Namun jangan sampai lupa sebagai seorang manusia Anda juga butuh waktu istirahat untuk mengembalikan performa.

Jadi tips menjaga kesehatan paling penting yang tidak boleh dianggap sebelah mata adalah istirahat cukup. Ketika rangkaian peribadatan sudah selesai alokasikan waktu beristirahat agar recovery tubuh terjadi.

Terutama saat malam hari karena secara alami proses recovery terjadi pada waktu tersebut. Sehingga Anda perlu menghindari begadang di malam hari karena mampu memperburuk recovery.

9.  Patuhi Aturan Kesehatan

Jangan lupa juga patuhi aturan kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah negara Arab Saudi. Berbagai pencegahan penyakit menular seperti meningitis maupun Covid 19 pasti ada protokol wajibnya.

Ini merupakan tips menjaga kesehatan yang menjadi salah satu acuan paling penting selama prosesi peribadatan. Pemerintah Arab Saudi sudah menerapkan berbagai metode paling efektif agar kesehatan jemaah terjaga.

Jika Anda mematuhi aturan kesehatan tersebut tentu saja kondisi tubuh akan tetap terjaga. Terutama saat menghadapi kondisi darurat, selalu ikuti bagaimana protokol yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi.

10.  Siapkan Obat-Obatan Penting

Siapkan juga obat-obatan penting terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan secara spesifik. Obat-obatan yang telah diresepkan juga perlu dibawa agar tetap dapat dikonsumsi secara teratur.

Mulai dari obat-obatan penyakit spesifik, vitamin, dan mineral harus tetap Anda konsumsi secara rutin. Pastikan bahwa jumlahnya cukup agar selama prosesi peribadatan tidak kehabisan obat-obatan.

Ini merupakan tips menjaga kesehatan yang penting agar kesehatan tetap terjaga selama ada di Arab Saudi. Pastikan rutinitas obat-obatan tidak terganggu meskipun Anda sedang melangsungkan ibadah.

11.  Makan dengan Bijak

Terkadang setelah melakukan aktivitas yang cukup padat seharian seseorang bisa kalap saat waktu makan. Ingat untuk tetap makan dengan bijak sehingga tidak membuat perut bekerja terlalu keras.

Makan bijak memang termasuk tips menjaga kesehatan selama berada di tanah suci. Karena banyak orang Indonesia sering kalap karena kelelahan setelah mengetahui bagaimana rangkaian peribadatannya.

Jadwal kegiatan Anda nanti disana akan sangat padat dan makan mungkin jadi salah satu pelampiasan paling mudah. Ingat untuk menjaga nafsu agar tidak sampai kalap yang justru berujung pada degradasi kondisi fisik.

Menjaga Jaringan Internet Stabil Selama Umroh dengan JavaMifi

Selain menjaga kesehatan Anda juga perlu mengupayakan kenyamanan selama berada di tanah suci. Salah satunya adalah menjaga koneksi internet tetap on agar komunikasi dengan regu atau keluarga tetap terjaga.

Salah satu solusi agar jamaah tetap bisa dapat jaringan internet stabil adalah menggunakan JavaMifi. Kami merupakan perusahaan penyedia jaringan internet yang mampu mengcover lebih dari 200 negara di dunia.

Untuk menjaga kenyamanan selama beribadah Anda bisa menggunakan Global WIFI dari JavaMifi. Ini adalah salah satu layanan yang memungkinkan interkoneksi internet sampai lima device sekaligus jadi sangat cocok untuk perjalanan rombongan.

Apabila ingin lebih personal Anda juga bisa menggunakan eSIM agar tidak perlu ganti kartu. Cukup scan eSIM maka Anda sudah bisa tersambung dengan internet bahkan melakukan tethering dengan gadget lainnya.

JavaMifi memberikan dukungan 24/7 customer service bagi para pengguna sehingga Anda tidak perlu khawatir gangguan. Ada fitur network optimization yang mampu secara otomatis mengubah koneksi ke provider terbaik apabila Anda sedang susah jaringan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan jaringan internet selama berada di luar negeri. 

Jika umroh badan sehat dan jaringan internet lancar tentu akan semakin nyaman. Anda juga bisa browsing tips menjaga kesehatan selama umroh ketika menggunakan koneksi internet lancar dari JavaMifi.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *