14 Tips Nyaman Penerbangan untuk Jamaah Umroh Selama di Pesawat

Para calon jamaah umroh perlu tahu apa saja tips nyaman penerbangan sehingga tujuh sampai delapan jam di pesawat bisa tetap bugar. Penerbangan yang panjang tentu akan membuat tubuh kurang nyaman.

Apalagi jika Anda tidak terbiasa melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi pesawat. Menjaga kenyamanan adalah salah satu kunci sehingga setelah sampai di Jeddah recovery fisik tidak terlalu lama.

Artinya ketika sampai maka Anda sudah siap melakukan ibadah secara khusyu selama berada di tanah suci. Salah satu kunci ibadah yang khusyu tentu saja kondisi tubuh fit karena umroh prosesnya cukup panjang.

Disini Kami sudah menghimpun beberapa tips paling mudah untuk diterapkan para jemaah. Bahkan bagi yang belum pernah naik pesawat sama sekali bisa tetap merasa nyaman dan tubuhnya tetap bugar.

Tips Nyaman Penerbangan untuk Jamaah Umroh

Apa saja kira-kira tips paling sederhana untuk menjaga kenyamanan selama penerbangan dari Jakarta menuju Jeddah. Simak beberapa poin berikut agar Anda dapat menerapkannya secara langsung.

1.  Pakaian yang Nyaman

Agar tetap merasakan kenyamanan selama terbang dari Jakarta menuju Jeddah pastikan menggunakan pakaian nyaman. Pakai baju yang ringan, longgar, dan memiliki sirkulasi udara bagus untuk tubuh.

Ini merupakan tips nyaman penerbangan yang perlu Anda terapkan agar nantinya mudah beristirahat selama berada di pesawat. Karena ketika menggunakan pakaian kurang nyaman tentu akan sulit beristirahat.

Apabila tidak terbiasa terkena AC penumpang dapat menggunakan syal agar tetap nyaman. Hal kecil seperti ini bisa jadi salah satu kunci penting agar durasi penerbangannya tidak terlalu terasa.

2.  Bawa Barang Penting

Pastikan membawa barang-barang penting dalam tas kabin misalnya obat-obatan pribadi, baju ganti, atau perlengkapan pribadi. Ini akan membuat penumpang merasa lebih siap ketika terjadi keterlambatan.

Berbagai keperluan pribadi juga dapat Anda gunakan secara langsung apabila dibawa di bagasi. Penumpang boleh membawa gawai untuk kebutuhan entertainment agar tidak merasa bosan.

Ini jelas tips nyaman penerbangan yang dapat Anda terapkan karena durasinya memang cukup lama. Apalagi jika sulit beristirahat tentu mengoperasikan gawai dapat membantu Anda membunuh waktu.

3.  Kaos Kaki Kompresi

Ini adalah cara paling ampuh terutama bagi jamaah berusia senja agar tetap santai selama perjalanan. Kaos kaki kompresi bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko pembengkakan kaki selama perjalanan dari Jakarta ke Jeddah.

Apalagi nantinya Anda akan duduk selama delapan Jam tentu akan kurang nyaman untuk kondisi kaki. Kaos kaki ini bisa jadi salah satu senjata ampuh guna mencegah kesemutan selama menunggu perjalanannya.

Jadi tips nyaman penerbangan ini dapat menyelamatkan penumpang berusia senja selama perjalanan. Jika kaki nyaman maka kegiatan umroh jelas tidak akan terganggu akibat lamanya perjalanan dari Jakarta menuju Jeddah.

4.  Rutin Menggerakkan Kaki

Selama penerbangan jika memungkinkan penumpang sangat direkomendasikan untuk berjalan-jalan sebentar di kabin pesawat. Ini sangat berguna untuk menjaga sirkulasi darah tetap optimal dan menghindari kesemutan.

Menjaga peredaran darah dengan tips nyaman penerbangan ini jelas cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. Penumpang juga dapat melakukan beberapa gerakan sederhana seperti menggerakkan kaki atau meluruskan jari-jari kaki.

Meskipun sering dianggap sepele namun kegiatan sederhana tersebut terbukti ampuh. Sehingga tidak peduli berapa lama perjalanannya kondisi tubuh bagian bawah akan tetap prima saat sampai di bandara nanti.

5.  Minum Air Putih Yang Cukup

Minum air putih secukupnya adalah salah satu metode hidrasi paling sederhana di perjalanan panjang. Dengan mencukupi kebutuhan hidrasi maka tubuh dapat melakukan oksidasi secara maksimal.

Ini juga bisa membantu memperlancar peredaran darah dan menjaga performa jantung. Saat berada di ketinggian memang kita harus benar-benar memperhatikan kecukupan tubuh agar kondisinya tetap prima.

Terutama jantung dan peredaran darah karena penerbangan dari Jakarta menuju Jeddah itu cukup lama. Selama delapan jam Anda perlu menjaga kondisi tubuh dan beristirahat agar ketika sampai tanah suci dalam kondisi sehat.

6.  Hindari Minuman Mengandung Kafein

Apabila ingin beristirahat secara nyaman selama perjalanan berlangsung hindari minum minuman mengandung kafein. Karena minum minuman mengandung kafein akan meningkatkan kewaspadaan dan adrenalin.

Ketika hormon adrenalin naik maka tubuh akan sulit ketika diajak untuk beristirahat. Jadi selama perjalanan Anda kemungkinan tidak bisa tidur dan itu akan sangat melelahkan ketika sampai di tempat tujuan.

Jadi ingat tips nyaman penerbangan ini apabila Anda memang ingin beristirahat selama durasi perjalanan. Lebih baik menghabiskan waktu beristirahat selama di pesawat agar sampai tujuan nanti tubuh terasa lebih bugar.

7.  Mendengarkan Musik atau Menonton Film

Sekarang penumpang memang boleh mengoperasikan gawai ketika berada di dalam kabin pesawat. Hal tersebut tentu bisa jadi salah satu sumber entertainment berharga guna membunuh waktu perjalanan.

Anda dapat mendengarkan musik atau menonton film selama proses perjalanannya berlangsung. Dengan menikmati hiburan waktu akan terasa lebih pendek sehingga penumpang tidak merasa bosan berada di dalam kabin.

Ini memang tips nyaman penerbangan yang dapat diimplementasikan oleh siapa saja secara mudah. Bahkan maskapai biasanya juga menyediakan film agar dapat ditonton oleh para penumpang secara mudah.

8.  Santai dan Istirahat

Cobalah untuk tidur atau beristirahat selama penerbangannya berlangsung terutama jika memiliki zona waktu signifikan seperti dari Indonesia ke Arab Saudi. Perbedaan zona waktu dapat menimbulkan disorientasi dan itu terasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu para jamaah umroh sangat disarankan untuk menghabiskan waktu bersantai selama perjalanannya berlangsung. Ini dapat mengurangi efek disorientasi waktu yang terjadi akibat perbedaan zona waktu.

Jadi tips nyaman penerbangan ini memiliki tujuan spesifik untuk menjaga agar tidak terjadi disorientasi. Karena ketika disorientasi terjadi dapat berpotensi memicu terjadinya serangan panik saat pesawatnya sudah sampai di tempat tujuan.

9.  Gunakan Masker Mata dan Penutup Telinga

Salah satu cara agar mudah tertidur selama perjalanannya berlangsung adalah dengan mengenakan masker mata dan penutup telinga. Dengan membatasi dua indera tersebut maka tubuh akan jadi lebih cepat terlelap.

Ini merupakan tips nyaman penerbangan yang penting diterapkan jika Anda memang susah tidur di dalam kendaraan. Dengan mengurangi gangguan kebisingan dan juga cahaya Anda bisa lebih mudah beristirahat.

Ingat bahwa kunci utama tubuh tetap bugar saat sampai di tempat tujuan adalah dengan bersantai. Jika Anda bisa bersantai secara optimal atau bahkan terlelap maka perjalanannya juga menjadi semakin tidak terasa.

10.  Perawatan Kesehatan Pribadi

Bagi para jamaah berusia senja sebaiknya selalu siap sedia membawa perlengkapan perawatan kesehatan pribadi. Misalnya pereda nyeri, sampai antasida jika memang membutuhkannya.

Ini adalah tips yang spesifik digunakan untuk berjaga dari situasi darurat personal penumpang. Karena ketika sudah berusia senja tentu degradasi pada aspek kesehatan pasti jelas terjadi.

Sehingga langkah mitigasi seperti menyiapkan obat-obatan sendiri jelas perlu dilakukan. Jangan anggap remeh meskipun kebutuhan kesehatannya sepele karena mungkin maskapai tidak memiliki obat untuk kondisi darurat.

11.  Bawa Bantal Leher

Tidak semua orang Indonesia sering melakukan perjalanan jauh yang lebih dari delapan jam. Ketika tidak terbiasa dengan perjalanan panjang tentu beristirahat di dalam sarana transportasi jadi semakin sulit.

Salah satu tips nyaman penerbangan yang bisa Anda gunakan adalah membawa bantal leher sendiri. Bantal leher dapat menjadi salah satu penyelamat apabila ingin mudah terlelap selama perjalanannya berlangsung.

Adanya dukungan pada tulang leher jelas akan membuat tidur lebih nyenyak meskipun posisinya duduk. Sehingga saat bangun nanti Anda tidak akan merasakan pegal pada bagian leher karena sudah ditopang oleh bantal.

12.  Perbanyak Membaca Doa

Salah satu selingan yang dapat Anda lakukan untuk membunuh waktu selama perjalanannya berlangsung adalah membaca doa. Bisa menghafal doa yang akan digunakan untuk beribadah umroh atau doa lainnya.

Ini bisa jadi salah satu tips nyaman penerbangan karena membaca doa dapat menenangkan hati. Terutama bagi mereka yang tidak terbiasa atau bahkan takut dengan sarana transportasi udara.

Dengan membaca doa kondisi psikologi akan menjadi lebih tenang sehingga Anda bisa beristirahat juga. Selain itu ketika dalam perjalanan banyak membaca doa tentu Anda bisa dapat banyak pahala.

13.  Pertimbangkan Pilihan Makanan

Jangan sampai lupa untuk memilih makanan atau camilan yang diberikan oleh maskapai penerbangan. Anda boleh menjadi picky eater untuk menjaga kondisi perut tetap kondusif selama penerbangannya berlangsung.

Bahkan beberapa maskapai ada yang memberikan kelonggaran bagi penumpang untuk bisa memilih complimentary sendiri. Jika memungkinkan makanlah makanan yang memang sudah familiar dikonsumsi.

Apalagi jika Anda memang memiliki diet tertentu seperti vegetarian agar memperhatikan makanannya secara lebih selektif. Orang dengan diet tertentu lebih sensitif terhadap makanan dibandingkan omnivora.

14.  Menghabiskan Waktu dengan Menikmati Sarana Entertainment

Salah satu tips nyaman penerbangan paling ampuh memang menghabiskan waktu untuk menikmati sarana entertainment. Tentu saja apabila pesawat mengizinkan penggunaan gawai bagi para penumpangnya.

Agar tetap terhubung dengan internet salah satu solusi paling mudah digunakan adalah memakai layanan dari JavaMifi. Kami merupakan perusahaan penyedia jaringan internet yang mengcover lebih dari 200 negara di dunia.

JavaMifi sudah menerapkan teknologi network optimization yang bisa menjaga kualitas sinyal. Jadi ketika Anda berada di daerah susah sinyal maka Global WIFI atau eSIM dari Javamifi akan langsung menyesuaikan menggunakan provider terbaik.

Sehingga para pengguna akan tetap bisa stay on tanpa perlu khawatir terjadi gangguan koneksi. Jika ada gangguan baik device, koneksi, atau paket, customer service JavaMifi siap membantu Anda 24/7.

Perjalanan umroh bersama keluarga akan semakin nyaman menggunakan Global WIFI dari JavaMifi. Karena Global WIFI bisa digunakan untuk lima device secara langsung tanpa ada batasan kuota penggunaan internet.

Jika Anda umroh sendiri sangat direkomendasikan menggunakan eSIM karena pemakaiannya paling mudah. Tinggal scan langsung bisa konek ke smartphone, bahkan dapat digunakan untuk tethering dengan gadget lainnya.

Jangan biarkan interkoneksi Anda terganggu selama melakukan ibadah umroh di tanah suci. Salah satu tips nyaman penerbangan adalah selalu menjaga sambungan internet agar tetap stay on menggunakan layanan dari JavaMifi.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *