Jangan Percaya HOAX, Berikut Klarifikasi WHO Tentang Virus Corona

Banyaknya simpang siur mengenai berita tentang COVID-19, untuk menangkal misinformasi ini ada klarifikasi WHO tentang Virus Corona yang tersebar di publik.

Wabah virus corona yang masih terjadi di seluruh dunia menyebabkan ada banyaknya informasi yang tersebar terkait dengan penularan virus ini. Namun, tidak semua informasi tersebut benar. Bahkan, tidak sedikit yang justru menciptakan kekhawatiran.

Berikut informasi terkait klarifikasi WHO tentang Virus Corona.

 

Mandi Air Panas Tidak Mencegah Covid-19

Mandi dengan air panas tidak akan mencegah mu dari Covid-19. Suhu tubuh normal tetap berkisar antara 36,5 derajat celsius hingga 37 derajat celsius terlepas dari pada suhu berapa kamu mandi.  Sebenarnya, mandi dengan air panas terutama yang sangat panas justru dapat menjadi berbahaya. Sebab, air yang sangat panas justru dapat membakar tubuh.

 

Virus corona tidak ditularkan melalui gigitan nyamuk

Hingga kini, belum ada bukti yang menjelaskan bahwa virus corona baru ini dapat ditularkan melalui nyamuk. Virus corona baru ini merupakan jenis virus pernapasan yang penyebaran utamanya melalui tetesan yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

 

Cuaca Panas & Salju

Cuaca panas dan salju tidak bisa membunuh Virus Corona. Tidak ada alasan untuk mempercayai informasi bahwa cuaca dingin dapat membunuh virus corona baru ini atau pun penyakit lain. Suhu tubuh manusia normal berkisar antara 36,5 derajat celsius hingga 37 derajat celsius terlepas dari suhu atau cuaca di luar.

Thermal scanner (Pendeteksi Suhu)

Alat pendeteksi suhu panas tubuh tidak menjamin mampu mendeteksi Virus Corona. Jika orang yang terinfeksi sudah mengalami demam, alat ini cukup berguna. Namun, interval waktu seseorang terinfeksi hingga terjadi demam adalah 2 hingga 10 hari.

Antibiotik

Antibiotik tidak bekerja melawan virus, tetapi hanya bakteri. Covid-19 disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, antibiotik tidak seharusnya digunakan sebagai pencegahan atau pengobatan penyakit ini.

 

Bawang Putih

Makanan sehat yang memiliki beberapa karakter antimikrobial. Namun, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa memakan bawang putih dapat membantu orang dari virus corona baru ini.

 

Alkohol

Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh kalian dengan maksud membunuh Virus Corona. Yang harus dicatat, alkohol dan klorin mungkin berguna untuk mendisinfeksi permukaan, tetapi harus digunakan sesuai dengan rekomendasi yang tepat.

Untuk itu globers jangan mudah percaya akan berita simpang siur atau hoax yang sudah tersebar di publik. Semoga dengan informasi ini kalian bisa tetap aware dan menjaga kesehatan ya. Stay safe !

Jangan lupa, untuk terus mengecek blog JavaMifi untuk aneka informasi seru seputar traveling lainnya dan untuk informasi lebih lanjut soal JavaMifi, bisa dibuka di situs JavaMifi. Have a safe flight Globers

 

News, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *