8 Tujuan Wisata Terkenal di Papua Barat Cocok untuk Healing

Untuk Anda yang ingin liburan, tujuan wisata terkenal di Papua Barat ini bisa menjadi salah satu pilihan. Karena di Papua Barat banyak destinasi wisata yang begitu memesona, serta belum diketahui oleh banyak orang.

Tempat wisata ini tentu sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan suasana liburan di tempat baru, serta gemar dengan hal-hal yang sifatnya natural. Jika bicara tentang destinasi wisata di Papua, banyak orang langsung memikirkan Raja Ampat.

Memang keindahan Raja Ampat sudah mendunia, hanya saja masih banyak tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang keindahannya tidak kalah dengan Raja Ampat. Jadi, ketika berkunjung ke Papua Barat, Anda bisa mengunjungi tempat wisata lainnya.

Kaum muda saat ini semakin peduli terhadap kebutuhan akan liburan. Orang-orang sekarang menyebutnya sebagai healing, karena dengan berlibur, tidak hanya perasaan gembira yang didapatkan, tetapi juga semangat baru untuk bekerja. Meski sedang sibuk bekerja, selalu sempatkan untuk berlibur.

Tujuan Wisata Terkenal di Papua Barat yang Sangat Layak Dikunjungi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Papua Barat memiliki banyak sekali tempat wisata baru yang belum terekspos atau belum banyak diketahui wisatawan. Jika Anda berkunjung ke Papua Barat, tempat wisata berikut bisa menjadi pilihan, karena keindahan alamnya akan memuaskan Anda.

1. Danau Framu

Danau Framu merupakan destinasi wisata di Papua Barat yang sangat layak untuk Anda kunjungi, karena danau ini sangat terkenal dengan kejernihan airnya. Air di Danau Framu belum tercemar oleh limbah atau sampah apa pun, sehingga Anda bisa melihat permukaan bawah danau berkat air yang jernih.

Danau ini berada di daerah Framu, Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Tujuan wisata terkenal di Papua Barat juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, sehingga bagi Anda yang suka dengan ketenangan, bisa bersantai di sekitar danau.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Jika Anda hobi menyelam dan ingin melihat keindahan bawah laut, maka Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Karena Teluk Cendrawasih ini merupakan Taman Nasional Laut terluas di Indonesia.

Gugusan pulaunya menghadirkan banyak tempat-tempat menarik, seperti mangrove, hutan tropis, dan terumbu karang yang masih terawat akan memanjakan mata Anda. Selain itu, Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini juga memiliki banyak biota laut yang sangat disukai para penyelam.

Lokasi Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini dapat ditempuh kurang dari 5 jam dari Manokwari, Ibu Kota Papua Barat. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa menyaksikan lumba-lumba, hiu, hingga paus biru yang sering berenang di Teluk Cendrawasih.

3. Gunung Botak

Bagi Anda yang senang dengan aktivitas hiking, tujuan wisata terkenal di Papua Barat juga menyediakan tempat hiking yang sangat memesona. Jika gunung – gunung pada umumnya memiliki pemandangan bebukitan, maka gunung di Papua menghadirkan pemandangan laut.

Gunung Botak merupakan salah satu tempat hiking yang sangat direkomendasikan, karena menyajikan pemandangan laut yang begitu indah. Gunung Botak ini terletak di Distrik Momi, Waren, Papua Barat.

Di tempat ini banyak orang melakukan camping, karena aksesnya yang relative mudah. Selain itu, di dekat Gunung Botak terdapat juga danau yang sering dijadikan masyarakat sebagai tempat memancing.

4. Pantai Bakaro

Kebanyakan tujuan wisata terkenal di Papua Barat menyajikan pemandangan pantai yang sangat indah, bahkan banyak juga yang belum terjamah oleh manusia. Jika Anda merindukan suasana pantai yang masih asri serta tidak banyak dipenuhi oleh wisatawan, Pantai Bakoro merupakan pilihan terbaik.

Pantai Bakoro ini berlokasi di Sunsweni, Manokwari Barat, Papua Barat. Anda akan dimanjakan oleh pasir putih yang berkilau, serta air laut yang sangat jernih. Jika Anda menyukai sunset, Pantai Bakoro merupakan tempat sempurna memburu sunset.

Panati Bakoro juga memiliki banyak spot-spot untuk memancing, sehingga Anda bisa melakukan banyak aktivitas di pantai tersebut. Ikan hasil tangkapan bisa dibawa ke warung terdekat untuk diolah menjadi makanan kesukaan Anda.

5. Situs Purbakala Tapurarang

Tujuan wisata terkenal di Papua Barat sangat beragam, bahkan ada juga tempat wisata yang menyajikan edukasi dan pembelajaran. Jika Anda ingin berwisata sekaligus menambah pengetahuan baru, Situs Perubakala Tapurarang menjadi tempat wajib ketika berkunjung ke Papua Barat.

Situs Purbakala Tapurarang ini merupakan situs peninggalan budaya dari zaman prasejarah. Tempat wisata yang satu ini terletak di Kokas, Fak-Fak, papua Barat. Di tempat ini Anda bisa menemukan banyak lukisan kuno seperti telapak tangan yang dibuat dari darah.

Situs Perubakala Tapurarang ini juga dikelilingi oleh hutan bakau yang dilestarikan, sehingga banyak flora dan fauna yang bisa Anda jumpai. Bagi Anda penggemar fotografi, sangat cocok untuk berburu foto flora dan fauna di Situs Purbakala Tapurarang ini.

6. Pegunungan Arfak

Pengunungan Arfak juga menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang layak untuk Anda kunjungi. Pegunungan Arfak sebenarnya nama daerah, tepatnya nama sebuah kabupaten di Papua Barat. Daerah tersebut dinamai Pegunungan Arfak karena memang daerahnya berada di area perbukitan.

Hal yang menarik di Pegunungan Arfak adalah terdapat dua danau yang sangat indah, yakni Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji. Kedua danau tersebut belum banyak diketahui oleh wisatawan, sehingga kelestariannya masih sangat terjaga, serta airnya juga sangat sejuk.

Di tengah danau, terdapat juga pasir putih, yang dapat dijadikan sebagai tempat bermain ataupun tempat bersantai. Di Pengunungan Arfak juga masih banyak rumah – rumah tradisional yang menjadi tempat tinggal masyarakat local.

7. Gunung Meja

Jika Anda ingin mengunjungi destinasi wisata yang tidak jauh dari area perkotaan, Gunung Meja merupakan tujuan wisata terkenal di Papua Barat. Disebut gunung meja, karena ketika dilihat dari kejauhan, pengunungan ini memang terlihat menyerupai meja.

Hutan Wisata Gunung Meja ini juga lokasinya masih dekat dengan ibu Kota Manokwari, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di Gunung Meja, mulai dari hiking, piknik, camping, dan yang lainnya.

Menariknya lagi, di Gunung Meja juga masih terdapat banyak flora dan fauna yang terlindungi dengan baik. Jika beruntung, Anda bahkan bisa menemukan flora dan fauna yang sudah masuk kategori langka.

8. Teluk Doreri

Tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang juga layak masuk daftar kunjungan ketika berwisata ke Papua adalah Teluk Doreri. Teluk Doreri ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat indah, sehingga banyak dituju orang untuk melakukan aktivitas diving.

Bahkan di Teluk Doreri ini terdapat kapal-kapal sisa perang dunia II yang sudah karam, sehingga sambil menyelam, Anda juga bisa belajar tentang sejarah. Tempat wisata ini terletak di daerah Wosi, Mankowari Barat, Papua Barat.

Berwisata ke Papua memang tidak pernah mengecewakan, karena begitu banyak tempat wisata menarik yang belum terjamah oleh wisatawan. Beberapa tujuan wisata terkenal di Papua Barat yang telah disebutkan di atas bisa dimasukkan ke daftar kunjungan Anda ketika berada di Papua Barat.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *