Rekomendasi Minuman & Makanan Khas Bali dengan Rasa Unik

Selain terkenal karena keindahannya, Pulau Dewata juga terkenal dengan kulinernya minuman & makanan khas Bali memang wajib dicicipi oleh wisatawan. Oleh karena itu, jika Anda sedang berkunjung, jangan lewatkan untuk menikmati kuliner khas Bali.

Minuman khas Bali mempunyai rasa unik sehingga sangat menarik untuk dicoba. Belum lagi cuaca di sana memang cenderung panas sangat cocok untuk menikmati minuman segar khas.

Untuk Anda yang penasaran apa saja minuman dan makanan menarik di Bali, simak ulasan berikut ini.

11 Daftar Minuman & Makanan Khas Bali

Seperti yang disampaikan sebelumnya, jika cuaca di Bali cenderung panas. Tidak heran jika kebanyakan minuman disajikan pun dalam keadaan dingin. Berikut beberapa rekomendasi minuman serta makanan khas Pulau Dewata yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Es Kuwut

Es Kuwut merupakan salah satu minuman sangat populer di Bali. Jika dilihat secara sekilas, Es satu ini terbilang menyerupai es campur atau es teler.

Es ini terbuat dari berbagai buah segar, misalkan blewah dan kelapa. Tentunya dengan daging buah serta air kelapa segar akan membuat minuman ini lebih menggoda.

Bahkan tidak sedikit pula pengunjung menambahkan perasan jeruk nipis demi menambah rasa asam.

Tidak perlu khawatir, untuk menemukan es kuwut tidaklah sulit, hampir semua restoran atau pedagang kaki lima menjual minuman & makanan khas Bali menjajakan minuman ini.

2. Es Loloh Cemcem

Es Loloh Cemcem pada dasarnya tergolong minuman jamu. Walaupun begitu, berbeda dengan jamu pada umumnya, es loloh cemcem sedikit unik karena rasa manis, pedas, dan asin yang tercampur menjadi satu.

Es Loloh Cemcem juga memiliki banyak khasiat. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan daun cemcem yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan hingga baik untuk menyusui.

Sayangnya, es loloh cemcem sudah jarang ditemukan. Namun, Anda bisa menikmatinya di Desa Penglipuran yang memang merupakan daerah asal minuman satu ini.

3. Es Daluman

Minuman & makanan khas Bali selanjut Es daluman. Es daluman termasuk ke dalam daftar minuman wajib dinikmati jika Anda sedang berwisata di Pulau Dewata. Es ini juga dikenal sebagai es cincau.

Es daluman dinikmati dengan siraman gula merah, kuah santan serta es batu, sehingga membuatnya istimewa. Karena terbuat dari es cincau, tidak heran jika terkenal dapat menyehatkan.

Selain itu, ada begitu banyak restoran serta tempat makan yang menyajikan es daluman. Sehingga tidak sulit bagi Anda untuk mencarinya.

4. Es Bir

Walaupun bernama Bir, akan tetapi tidak perlu khawatir karena pada minuman ini tidak mengandung alkohol. Bahkan bisa Anda nikmati kapan saja, termasuk di siang hari.

Memiliki cita rasa asin, manis serta menyegarkan. Sebagai salah satu minuman & makanan khas Bali es ini terbuat dari kelapa muda yang ditambahkan perasan jeruk nipis.

Menariknya, untuk Anda yang tertarik mencicipinya, tidak perlu khawatir karena es bir sangat mudah ditemukan di Bali.

5. Es Kolak Ancruk

Terkenal dengan nama unik, Kolak Ancruk merupakan khas Singaraja yang menyegarkan. Terbuat dari ancruk, bubur sumsum, agar-agar, kolang kaling, kolak, sirup dan santan.

Ancur sendiri sama dengan jenang grendul dari Jawa. Adapun bahan dasarnya terbuat dari tepung tekan yang kemudian dicampur air panas. Setelahnya dibentuk menjadi bulatan.

Es kolak Ancruk sangat cocok jika dinikmati ketika sedang bersantai bersama dengan keluarga atau teman.

6. Es Tambring

Minuman & makanan khas Bali selanjutnya adalah Es Tambring, di mana terbuat dari es kelapa muda dicampur dengan gula jawa, bagian putih telur ayam, juga asam jawa.

Mungkin bagi sebagian orang, campuran dari bahan di atas terdengar aneh. Akan tetapi rasa minuman ini sangat istimewa dan menyegarkan.

7. Sate Lilit

Bukan rahasia lagi jika hampir setiap kota di Indonesia memiliki sate dengan rasa unik dan khas. Begitu pula dengan pulau Dewata di mana terkenal dengan sate lilit.

Makanan khas Bali tersebut terbuat dari ikan atau daging ayam yang digiling. Kemudian dicampur dengan kelapa parut lalu dililit pada batang bambu atau batang sereh.

Sebagai minuman & makanan khas Bali, Sate lilit sangat nikmat jika disantap dengan nasi campur Bali. Walaupun begitu banyak pedagang yang menjual secara terpisah dengan saus sambal sebagai cocolan.

8. Serombotan

Jika Anda salah satu orang yang sangat menyukai sayur-sayuran, maka makanan satu ini tidak boleh dilewatkan.

Serombotan adalah makanan yang menyajikan campuran sayuran seperti bayam, kacang panjang, kangkung, terong, buncis, pare, dan tauge.

Sayuran-sayuran tersebut kemudian dicampur dengan bumbu yang disebut Kalas. Di mana bumbu tersebut berisi santan dengan campuran kunyit, bawang merah dan bawang putih, lengkuas, kencur, dan ketumbar.

Terakhir bumbu Kalas tersebut dicampur lagi dengan bumbu kacang serta bumbu pedas.

9. Rujak Buleleng

Minuman & makanan khas Bali yang tidak boleh Anda lewatkan yakni Rujak Buleleng. Hampir sama dengan rujak secara umum, makanan satu ini terdiri dari beragam buah-buahan yang dipotong kemudian dicampur dalam satu wadah.

Buah yang sudah di dalam wadah selanjutnya dilumuri bumbu rujak secara merata. Untuk Anda pecinta pedas, sangat direkomendasikan menikmati rujak satu ini karena rujak buleleng memiliki rasa segar nan pedas.

Meskipun mirip rujak secara umum, tapi bumbu atau sambal rujak buleleng sangat berbeda. Adapun bahan yang digunakan seperti gula aren, terasi, cuka, garam, cabai dan pisang batu.

Pisang batu merupakan bahan yang membuatnya berbeda dengan rujak lainnya. Adapun tujuan ditambahkannya, karena dapat memberi rasa sepat setelah semua bumbu bersatu.

10. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo merupakan minuman & makanan khas Bali yang terkenal. Hampir sama dengan nasi kucing, tapi kuliner satu ini memiliki rasa lebih gurih dan pedas.

Menariknya, makanan ini disajikan dengan dikemas menggunakan daun pisang dengan porsi kecil. Satu porsi biasanya disajikan bersama daging, sambal goreng tempe, mie. Bahkan tidak jarang pula sate lilit.

Jika Anda mencari makanan dengan harga terjangkau, maka nasi jinggo salah satunya. Karena memiliki porsi mini, tidak jarang dijual dengan harga yang lumayan murah.

11. Tipat Cantok

Minuman & makanan khas Bali, Tipat Cantok hampir sama dengan ketupat campur Jawa. Bahkan untuk komposisi sendiri hampir mirip dengan ketoprak atau gado-gado.

Untuk bumbunya, terbuat dari kacang tanah, bawang putih, gula merah, garam, cabai, kencur, dan jeruk limau. Meskipun hampir sama dengan makanan lainnya, tapi tambahan jeruk limau dan kencur membuat rasanya sedikit unik.

Tidak jarang pula divariasikan dengan terasi udang, sehingga memiliki rasa makanan laut. Tidak heran jika Tipat Cantok banyak diminati turis.

Pulau Bali merupakan destinasi wisata yang bisa dikatakan paling populer di Indonesia. Tidak sedikit wisatawan asing yang menjadikan Bali sebagai tujuan wisata, sehingga tidak pernah sepi pengunjung.

Bali juga terkenal dengan warisan budaya yang hingga saat ini masih dijaga. Hal ini pun turut menjadi daya tarik wisatawan, tidak terkecuali kulinernya.

Untuk Anda yang sedang berkunjung di Pulau Dewata, rekomendasi minuman & makanan khas Bali di atas sangat direkomendasikan.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *