12 Daftar Maldives Indonesia yang Menawan untuk Wisata

Maldives merupakan kepulauan dengan keindahan laut luar biasa, namun sebagai sesama negara kepulauan Maldives Indonesia juga tidak kalah indahnya. Sayangnya, sebagai destinasi wisata internasional, memang Indonesia tidak seterkenal kepulauan yang berada di Sri Lanka tersebut.

Karena beberapa daerah masih memiliki akses cukup sulit untuk dituju. Namun, untuk keindahan pantai, laut, terumbu karang, hingga pasir putihnya tentu tidak kalah jauh. Maka, sebagai wisatawan lokal, wajib sekali untuk berkeliling nusantara terlebih dulu untuk menikmati Maldives rasa lokal.

Daftar Maldives Indonesia yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Selain terkenal dengan pasir putihnya yang membentang, Maldive juga menyediakan berbagai macam resort terapung mewah.

Kemudahan inilah yang membuat wisatawan dari berbagai daerah berkunjung. Berikut ini daftar Maldives Indonesia yang tidak kalah indah dan mewah dan patut dikunjungi.

1. Raja Ampat

Peringkat pertama jatuh di Raja Ampat sebagai Maldives lokalnya Indonesia. Tidak heran karena setiap sudutnya memiliki keindahan tidak terkira. Terdapat hamparan pulau yang sebenarnya gugusan karang dengan sangat rapi.

Selain itu, ketika menyelam ke bawahnya, akan terlihat berbagai macam terumbu karang Indah seperti surga. Alam lautnya ini masih sangat terjaga sehingga banyak juga biota laut yang indah.

2. Pulau Leebong

Setelah jauh di Timur, kita akan menuju Maldives Indonesia di bagian barat, tepatnya di Bangka Belitung dan dekat pulau Belitung. Pulau ini memiliki luas mencapai 37 hektar dan dikelola oleh pihak swasta.

Tidak kalah dengan Raja Ampat, pulau ini memiliki keindahan alam cukup memesona. Terkenal dengan pasir putih dan hembusan anginnya cukup sejuk dan cocok untuk berkeliling pantai.

3. Pulau Kepayang

Masih di area Belitung, ternyata ada juga Maldives Indonesia dengan keindahan serupa seperti Pulau Leebong, yaitu Pulau Kepayang. Tempat ini sama-sama memiliki pasir putih menawan dan lembut ketika menyentuh kaki.

Selain itu, ditemukan pula pemandangan bebatuan granit besar serta cocok dijadikan area berfoto.

Selain itu, ada juga aktivitas snorkeling dan diving seperti di dua tempat sebelumnya. Airnya jernih sehingga kita bisa menikmati pemandangan dasar laut dengan mudah.

Jaraknya sendiri tidak jauh dengan Pantai Tanjung Kelayang sehingga bisa menjelajahi dunia laut lebih leluasa.

4. Kepulauan Derawan

Maldives Indonesia selanjutnya adalah Kepulauan Derawan. Kali ini kita akan menyebrang sebentar ke bagian Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur, Kabupaten Berau.

Kepulauan ini dikelilingi dengan laut jernih seperti kaca sehingga kita bisa snorkeling dan diving untuk menikmati surga bawah lautnya. Lalu, di sini kita juga bisa melihat proses penyu langka bertelur.

Ini karena Kepulauan Derawan telah dijadikan pusat konservasi penyu. Sehingga kita dengan mudah mengetahui bagaimana proses penyu dari mulai bertelur sampai kembali ke lautan.

5. Kepulauan Kei

Selain Derawan, kita juga punya kepulauan lain yang tidak kalah hebatnya, yaitu Kepulauan Kei. terletak di wilayah timur Indonesia, tepatnya di Maluku Tenggara, kepulauan Kei menjadi salah satu Maldives lokal.

Bisa dibilang tempat ini belum banyak tersentuh manusia sehingga menjanjikan keindahan alam natural. Sangat cocok bagi yang ingin berwisata alam dengan suasana tenang dan nyaman.

Salah satu hal yang patut dicoba ketika berkunjung ke sini adalah berjalan di atas pasir putih sepanjang 2,5 meter. Sehingga kita akan merasakan sensasi seolah membelah lautan.

Selain itu, kita juga akan menemukan pemandangan mengenai faunanya, yaitu proses migrasi burung pelikan paruh kuning dari Australia singgah ke tempat ini.

6. Pulau Bawah

Masih kurang tempat Maldives Indonesia untuk dikunjungi? Kita bisa kembali lagi ke Kepulauan Riau yang menyediakan Pulau Bawah dengan pasir putih cantiknya. Bahkan, di sini kita bisa melihat hiu di sekitaran hutan bakau.

Namun, hiu yang akan dilihat ini sedikit berbeda karena mereka hanyalah anak–anak hiu yang kebetulan singgah.

Karena belum banyak wisatawan berkunjung, tempat ini akan cocok bagi yang ingin tempat tenang dengan pemandangan masih asri. Bahkan, kita juga bisa menemukan 3 laguna sekaligus di sini.

7. Pulau Sombori

Setelah puas dengan ujung barat Indonesia, kali ini kita akan ke Sulawesi Tengah. Salah satu harta karun tersembunyi di sini adalah Pulau Sombori dengan julukannya sebagai “Little Raja Ampat”.

Mengapa demikian? Karena tempat ini memiliki kemiripan dengan Raja Ampat berupa gugusan pulau kecilnya dan laut berwarna biru. Bahkan, ia juga memiliki tebing dipenuhi pepohonan hijau.

8. Pantai Ora

Setelah ke Sulawesi, kita kembali ke Maluku Tengah. Tempat ini ternyata menyimpan Maldives Indonesia yang sudah mendunia, yaitu Pantai Ora.

Seperti wilayah Maldives lokal lainnya, tempat ini menyediakan alam cantik tak terkira. Pasir putihnya sangat lembut di kaki dan memiliki air jernih sehingga terumbu karangnya terlihat dengan mata telanjang.

Tempat ini sangat cocok apabila digunakan untuk snorkeling dan diving demi menikmati surga bawah lautnya.

9. Pulo Cinta

Kembali ke Sulawesi, tepatnya di Gorontalo, ada Maldives Indonesia bernama Pulo Cinta. Namanya cukup romantis apabila kita berkunjung ke sini bersama pasangan. Namanya sendiri diambil dari bentuknya yang seperti lambang hati apabila dilihat dari atas.

Lalu, ada juga legenda untuk daerah ini, yaitu kisah cinta terlarang antara pangeran Gorontalo dengan putri pedagang Belanda yang cantik. Dikatakan, bahwa mereka sampai ke pulau ini untuk menjalin kasih.

Sekarang ini sudah ada fasilitas resort yang bisa digunakan ketika ingin menginap di pulau ini. Bahkan, resortnya sudah mirip di Maldives sehingga kita tidak perlu jauh-jauh ke Sri Lanka untuk menikmati pemandangan laut dengan resort mewah.

10. Kepulauan Karimunjawa

Setelah ke Gorontalo, selanjutnya kita akan melipir ke Jawa Tengah, tepatnya di dekat Kabupaten Jepara. Bagi Pulau Jawa, Kepulauan Karimunjawa bisa dijadikan tempat wisata Maldives Indonesia terdekat.

Ini karena Karimunjawa memiliki 27 gugus pulau dan terbentuk secara alami dari terumbu karang.

Selain gugus pulaunya yang indah, Karimunjawa juga sudah ditetapkan sebagai Taman Nasional dengan konservasi hutan mangrovenya. Sehingga cocok bagi yang melakukan aktivitas tracking maupun belajar mengenai pemeliharaan mangrove.

11. Pulau Tegal Mas

Tempat terakhir sebagai rekomendasi Maldives lokal, yaitu Pulau Tegal Mas. Letaknya sendiri ada di Kabupaten Pesawaran, Lampung dengan bentuk resortnya yang mengapung. Sedikit banyak, tempat ini mirip dengan Pulo Cinta.

Karena dekat dengan Lampung, objek wisata sangat mudah dijangkau oleh warga di ujung selatan Pulau Sumatera ini. Bahkan, waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pulau Tegal Mas hanya 15 menit apabila menggunakan perahu motor dari Pantai Sari Ringgung.

12. Pulau Saronde

Jauh-jauh ke Lampung, kita kembali ke Gorontalo Utara, tepatnya di Pulau Saronde yang tercatat sebagai wilayah tidak berpenghuni. Meski demikian, pesona alam yang ditawarkan cukup memikat.

Kita bisa melakukan snorkeling dan diving, bahkan juga ski air. Lalu, dilanjutkan dengan berjemur di atas pasir putih hingga menunggu pemandangan matahari terbenam.

Selain itu, di sini juga ada Festival Saronde yang terkenal setiap bulan September yang semakin menarik wisatawan untuk berkunjung ke Maldives Indonesia satu ini.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *