7 Pemandian Air Panas Bandung yang Cocok untuk Liburan

Tidak hanya selalu tentang kuliner dan wisata sejarah, pemandian air panas Bandung juga menarik untuk dibahas. Bandung masih menjadi destinasi wisata nomor satu untuk menghabiskan waktu liburan.

Wisata alam bisa jadi solusi terbaik untuk menikmati waktu liburan. Dengan hawa sejuk, menikmati pemandian air panas di Bandung akan menenangkan pikiran Anda dari rutinitas yang padat.

Tidak ada salahnya berkunjung ke pemandian air panas jika berencana liburan di Bandung. Tempat tersebut cocok bagi Anda yang ingin menikmati waktu sendiri, bersama teman, atau keluarga.

Daftar Pemandian Air Panas Bandung, Apa Saja?

Ada banyak pilihan tempat destinasi wisata pemandian yang cocok untuk menyegarkan pikiran terutama yang ada di Bandung, Jawa Barat ini. Berikut ini adalah 7 pemandian air panas Bandung yang bisa Anda pilih sebagai destinasi tujuan wisata Anda bersama orang tercinta:

1. Pemandian Air Panas Cibolang

Tempat wisata ini terletak di kecamatan Pangalengan. Diperlukan waktu perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Bandung. Jika Anda kebetulan mengunjungi kecamatan Pangalengan, tidak ada salahnya untuk mampir melepas penat di tempat wisata ini.

Tempat wisata ini sudah ada sejak tahun 1985 dan berlokasi tepat di Desa Wanasuka. Ada beberapa jenis kolam di Pemandian Air Panas Cibolang yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Biaya masuk ke pemandian ini tidak mahal, hanya mulai dari 10 ribu per orang. Tidak hanya bisa menikmati panasnya air di tempat ini, Anda juga bisa mencoba destinasi wisata lainnya.

Di sini juga fasilitas restoran dan penginapan yang bisa Anda nikmati. Selain itu, wisata alam yang berada di sekitar tempat ini juga tidak kalah menarik untuk dieksplor seperti Hutan Pinus Rahong dan Kebun Teh Malabar.

2. Pemandian Air Panas Ciwalini

Dari Pangalengan, sekarang kita beralih ke Ciwidey. Sekitar wilayah ini, ada pemandian air panas Bandung yang selalu ramai oleh wisatawan. Tempat itu adalah Pemandian Air Panas Ciwalini.

Berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, tempat wisata ini sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga. Bagaimana tidak? Selain menikmati air dari sumbernya langsung, Terdapat juga fasilitas lain seperti terapi ikan, penyewaan ATV, hingga flying fox.

Tarif tiket masuk untuk menikmati serunya liburan di tempat ini masih terjangkau. Mulai dari 20 ribu per orang, Anda sudah mendapatkan tiket masuk dan bisa menikmati tempat wisata andalan Bandung ini.

3. Kawah Rengganis Cibuni

Pemandian air panas Bandung Kawah Rengganis Cibuni adalah salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Bandung. Terbentuknya Kawah Rengganis Cibuni disebabkan oleh letusan dari Gunung Sunda.

Sekarang, kawah ini menjadi destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam menarik. Di kawasan ini, ada pemandian air panas yang bisa Anda nikmati.

Terletak di tengah perkebunan teh, suasananya sejuk, dan menenangkan. Jika Anda ingin menyegarkan pikiran, tempat ini sangatlah cocok. Tempat ini berlokasi di Kecamatan Rancabali Anda bisa mengunjunginya setiap hari dari jam 8-16 WIB.

Destinasi wisata ini sudah bisa dinikmati dengan biaya sebesar 5 ribu rupiah per orang. Harganya sangat terjangkau dan tidak akan membuat Anda kecewa.

4. Maribaya Hot Spring Resort

Pemandian air panas Bandung Maribaya Hot Spring Resort adalah destinasi wisata yang bersahabat untuk keluarga. Anda bisa menikmati suasana sejuk sambil ditemani air hangat dari pemandian ini.

Maribaya Hot Spring Resort menyuguhkan banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Fasilitasnya yang bisa dicoba adalah beberapa kolam, Playground untuk anak-anak, Glamping, Hobbit Houses, Animal Feeding, dan Skybridge. Cukup banyak, bukan?

Selain itu, tempat ini adalah pemandian air panas Bandung yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Lokasi destinasi wisata ini berada di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat.

5. Gracia Hot Spring

Gracia Hot Spring adalah pemandian air panas yang menyediakan kolam khusus untuk anak-anak dan orang dewasa. Sehingga, Anda tidak perlu risau saat mengajak si buah hati.

Terletak di Desa Cikodang, Ciater, Gracia Hot Spring juga menyuguhkan fasilitas seperti ruang mandi, spa, hingga resort untuk menginap. Pilihan tempat liburan yang bagus bersama keluarga.

Pemandian air panas Bandung di Gracia Hot Spring berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Kandungan sulfur/belerang di dalam air panas tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Harga tiket masuk Gracia Hot Spring berbeda tergantung waktu berkunjung. Anda bisa membayar sebesar 60 ribu saat weekdays dan 75 ribu saat weekend.

6. Pemandian Air Panas Saguling

Pemandian Air Panas Saguling adalah tempat pemandian yang terletak di Cipatat, Bandung Barat. Tempat wisata ini masih terbilang sangat sederhana dan suasananya masih sangat asri.

Nuansa alami semakin terasa dengan keberadaan sungai-sungai kecil di sekitar Pemandian Air Panas Saguling. Pemandian air panas Bandung impian bagi Anda yang ingin refreshing dari segala rutinitas.

Cukup dengan 10 ribu saja, Anda sudah bisa bersantai sejenak sambil menikmati hangatnya air di pemandian ini. Di sini, terdapat fasilitas berupa kamar sederhana berisi bak yang hanya cukup ditempati dua orang.

Anda tidak hanya bisa menikmati destinasi pemandian di tempat wisata ini. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata lainnya yang jaraknya tidak terlalu jauh seperti Sanghyang Kenit, Sanghyang Heuleut, dan Curug Cipanas. Cukup menarik, bukan?

7. Cipanas Nagrak Parongpong

Di daftar terakhir pemandian air panas Bandung yang bisa Anda kunjungi ada Cipanas Nagrak Parongpong. Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Cipanas Nagrak Parongpong bisa dikatakan sebagai destinasi yang belum terlalu populer. Namun, pengalaman yang akan Anda dapatkan saat berkunjung ke tempat ini tidak akan mengecewakan.

Terdapat air terjun mini yang merupakan sumber air panas di Cipanas Nagrak Parongpong. Sumber air panas tersebut kabarnya berasal dari Gunung Tangkuban Perahu.

Suasananya tenang dan hening menjadi nilai tambah tersendiri bagi Anda yang tidak terlalu suka keramaian. Destinasi wisata pemandian ini juga cukup ramah anak. Pasalnya, kedalaman kolam di tempat ini tidak terlalu dalam.

Tersedia fasilitas berupa tikar dan gubuk yang bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat setelah menikmati destinasi pemandian di Cipanas Nagrak Parongpong. Anda cukup menyiapkan 5 ribu rupiah saja untuk bisa menikmati tempat wisata ini.

Sudah rahasia umum jika Bandung menawarkan sejuta hal untuk dieksplor. Dari kuliner, pendidikan, wisata sejarah, hingga wisata alamnya menjadi favorit bagi banyak orang.

Wisata alam tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan liburan ke mal atau tempat ramai lainnya. Wisata alam bisa menawarkan pengalaman dan kesan yang berbeda untuk Anda.

Jika sudah bosan dengan liburan yang itu-itu saja dan jenuh dengan keramaian, Anda membutuhkan tempat liburan tenang, asri dan jauh dari keramaian. Tempat pemandian air panas Bandung bisa menjadi pilihan bijak, bagaimana apakah Anda tertarik untuk berkunjung di sana?

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *