14 Makanan Khas Jepang Populer yang Cocok dengan Lidah Lokal

Makanan khas Jepang menjadi populer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Banyak sekali menu khas negeri Sakura tersebut yang biasa disajikan pada restoran khas Jepang.

Cita rasa makanan Jepang yang cukup berbeda dengan makanan Indonesia membuat banyak masyarakat yang menyukainya. Tetapi tidak sedikit yang tidak menyukainya karena tidak cocok dengan lidah lokal.

Ingin mencoba makanan khas negeri Sakura tetapi yang lebih melokal, Anda bisa mencoba beberapa daftar makanan berikut ini.

Rekomendasi Makanan Khas Jepang Cocok dengan Lidah Lokal

Makanan Jepang jadi salah satu makanan luar negeri yang cukup banyak ditemukan di Indonesia. Walaupun tidak semua bisa cocok dengan lidah lokal, berikut ini daftar makanan khas Jepang populer yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

1. Mochi

Mochi merupakan salah satu dessert atau makanan pencuci mulut asal Jepang yang biasanya dibuat dari tepung beras ketan. Kemudian akan dibentuk menjadi bundar dan agak pipih, biasanya di Jepang mochi dijadikan salah satu hidangan tradisional yang hadir pada acara tradisional.

Banyak orang yang suka mochi karena teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis. Selain itu saat ini sudah banyak inovasi yang dilakukan dari kue tradisional asal Jepang ini dari mulai menggunakan isi coklat, buah segar hingga es krim.

2. Takoyaki

Takoyaki adalah salah satu makanan khas Jepang yang biasa ditemui sebagai jajanan street food. Takoyaki sendiri merupakan olahan adonan tepung yang diisikan gurita panggang. Bentuknya bulat seperti bola pingpong tidak hanya menggunakan gurita tetapi Takoyaki juga menyediakan berbagai toping lainnya seperti keju, daun bawang, nori dan serutan ikan.

Cita rasa Takoyaki yang gurih sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia sehingga jadi makanan khas yang banyak diburu saat ini.

3. Ramen

Ingin makanan yang mengenyangkan Anda bisa mencoba ramen, hidangan yang sering dilihat pada serial kartun Jepang atau anime sebagai kedai pinggir jalan ini juga bisa jadi alternatifnya.

Biasanya ramen ini memiliki kuah kaldu yang terbuat dari kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu sayuran hingga kaldu babi. Menggunakan mie berukuran medium, ramen biasa disajikan dengan tambahan berbagai macam toping tergantung dengan selera.

4. Onigiri

Sama seperti negara asia lainnya, makanan pokok masyarakat Jepang juga adalah nasi. Salah satu makanan khas Jepang berbahan dasar nasi ini dinamakan onigiri, berbeda dengan sushi onigiri ini merupakan nasi kepal yang akan dibungkus dengan lembaran nori.

Biasanya di dalam nasi kepalnya tersebut diisikan dengan berbagai toping sesuai selera dari mulai ikan terbang, mentaiko, salmon, mayonnaise dan juga daun bawang. Onigiri yang dijual pada toko biasanya menggunakan kemasan yang unik dan tidak bisa buka secara asal.

Sangat cocok dikonsumsi sebagai sarapan atau untuk Anda yang ingin mengganjal perut saat dalam perjalanan.

5. Udon

Hidangan khas Jepang lainnya yang wajib untuk dicoba dan pastinya akan cocok pada lidah orang Indonesia adalah udon. Udon merupakan mie dengan ukuran yang lebih besar dan teksturnya lebih kenyal dibandingkan dengan mie pada ramen.

Biasanya udon akan dihidangkan dengan kuah yang tidak berbeda dengan ramen, tapi saat ini sudah banyak inovasi hidangan udon lainnya. Seperti contohnya, curry udon, dan masih banyak lagi.

6. Dorayaki

Untuk pecinta anime atau animasi Jepang Doraemon pastinya tidak akan asing dengan makanan pencuci mulut lainnya yaitu Dorayaki. Makanan khas Jepang ini memiliki bentuk pipih dan bulat seperti pancake dengan isian kacang merah.

Tapi jika Anda tidak terlalu suka dengan isian kacang merah, tenang saja saat ini sudah banyak modifikasi dorayaki dengan menggunakan isian lebih beragam dari mulai coklat, strawberry dan masih banyak lagi.

7. Sushi

Sushi jadi salah satu makanan khas Jepang yang memiliki banyak penggemarnya di Indonesia. Hampir semua restoran Jepang di Indonesia menjual sushi. Sushi sendiri merupakan hidangan nasi yang sudah dibumbui dengan cuka Jepang.

Setelah itu nasi ini akan disajikan dengan hidangan laut seperti ikan tuna dan salmon yang masih mentah. Tetapi karena tidak semua masyarakat Indonesia tidak menyukai hidangan ikan mentah banyak restoran Jepang di Indonesia menyediakan sushi dengan ikan yang sudah matang.

8. Miso soup

Miso soup atau sup miso ini terbuat dari kaldu dashi atau dikenal juga sebagai miso yang membuatnya memiliki cita rasa gulih dan umami. Penyajiannya biasanya miso soup disajikan menggunakan tahu sutra yang lembut, rumput laut dan juga wakame.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan toping lainnya seperti sayur sayuran hijau seperti bayam, sawi dan lainnya sesuai dengan selera.

9. Yakitori

Yakitori merupakan makanan khas Jepang seperti satai khas Jepang. Biasanya menggunakan daging ayam yang ditusuk-tusuk dan dibakai. Berbeda dengan sate ayam di Indonesia yang disajikan dengan saus kacang.

Bumbu untuk marinasi ayam pada yakitori juga berbeda karena menggunakan garam, cuka berasa, kecap asin, mirin dan juga terakhir menggunakan gula. Di Jepang sendiri yakitori terdiri atas berbagai jenis selain ayam, seperti daun bawang, bakso ayam, daun bawang dan masih banyak lagi.

10. Chawan Mushi

Chawan mushi jadi makanan khas Jepang selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan. Walaupun Namanya belum terlalu dikenal oleh telinga masyarakat Indonesia tetapi dipastikan cita rasa chawan mushi akan cocok dengan lidah lokal.

Chawan mushi ini merupakan hidangan telur kukus yang dimasak menggunakan wadah tanah liat. Teksturnya sangat lembut dan juga gurih atau umami. Biasanya akan disajikan dengan tambahan toping daun bawang, udang kukus hingga bonito flakes.

11. Okonomiyaki

Okonomiyaki biasanya disebut juga sebagai panekuk khas Jepang, hidangan ini biasanya terbuat dari tepung terigu dengan kaldu dashi yang dicampur dengan sayuran kol, telur ayam dan protein seperti makanan laut, dan lainnya.

Biasanya dimasak menggunakan minyak, berbeda dengan gorengan yang ada di Indonesia okonomiyaki dibuat berbentuk pancake dengan sedikit minyak. Biasanya disajikan dengan saus gurih dan umami, terbuat dari brown sauce, kecap inggris, madu dan kecap asin.

12. Tempura

Tempura adalah sebutan untuk gorengan yang dibalut dengan adonan tepung cair. Biasanya menggunakan berbagai bahan seperti ubi, bawang bombai, daging ayam, udang, dan masih banyak lagi.

13. Tonkatsu

Tonkatsu sebenarnya adalah potongan daging babi yang ditutupi dengan tepung roti yang krispi dan digoreng. Tetapi di Indonesia mayoritas beragama islam dan tidak bisa makan daging babi membuat banyak restoran Jepang menggantinya dengan dagi ayam dan sapi.

Tonkatsu disajikan dengan saus teriyaki atau saus curry, atau masyarakat Indonesia juga biasanya memakannya dengan saus sambal atau mayones.

14. Shabu shabu

Shabu shabu makanan khas Jepang terakhir yang tidak boleh terlewatkan, berisi irisan tipis daging, tahu, jamur dan berbagai macam sayuran. Shabu-shabu biasanya akan menggunakan panic khusus yang terdiri atas dua jenis kuah yang berbeda.

Ada tiga jenis bumbu rebusan yang biasanya dipakai seperti spicy miso, kara miso atau juga dashi stock. Ketiganya akan sangat cocok sekali dengan lidah lokal yang sangat suka dengan rasa gurih dan umami yang nikmat.

Memiliki rencana liburan ke Jepang atau ingin mencoba makanan luar negeri yang unik tetapi tetap cocok di lidah Anda, makanan khas Jepang tidak akan mengecewakan dan segera nikmati kelezatannya.

Itinerary, Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *