Selain Pempek, Ini 14 Makanan Khas Palembang Terkenal Lezat

Makanan khas Palembang biasanya identik dengan pempek, tapi selain kudapan tersebut Palembang memiliki kelezatan kuliner lainnya yang harus dicoba saat Anda berkunjung kesana.

Wisata kuliner di Palembang menjadi salah satu daya tarik tersendiri saat berkunjung ke kota tertua di Indonesia ini. Menyimpan beragam pesonanya, membuat kota ini tidak akan habis untuk bisa dijelajahi.

Sudah sering memakan pempek khas Palembang dan ingin mencicipi makanan lainnya, berikut ini makanan khas dari Palembang yang terkenal lezat seperti pempek.

14 Makanan Khas Palembang Terkenal Lezat

Pempek merupakan makanan yang bisa disebut sebagai kebanggaan orang Palembang. Tetapi saat berkunjung ke Palembang selain mencicipi Pempek, Anda juga harus mencicipi makanan khas lainnya yang terkenal kelezatannya yang menggugah selera berikut ini.

1. Model

Hidangan pertama yang direkomendasikan adalah model, ini merupakan hidangan khas Palembang yang menggunakan kuah kaldu udang sebagai pelengkapnya. Adonan model digoreng sampai kering dengan isian tahu.

Lalu akan disajikan dengan kuah kaldu udangnya yang nikmat, adonan model biasanya menggunakan bahan utama ikan tenggiri yang dipadukan dengan tahu china yang lembut. Rasanya akan terasa gurih, dengan tekstur garing dan segar.

2. Burgo

Jika diperhatikan burgo ini tampilannya sangat mirip dengan kwetiau, biasanya terbuat dari tepung beras dan sagu sehingga teksturnya akan kenyal setelah dimasak seperti dadar gulung yang tipis.

Setelah digulung dan diiris, burgo akan disajikan dengan kuah santan dengan cita rasa yang gurih dengan suwiran ikan atau tambahan toping lainnya. Burgo tidak boleh dilewatkan untuk dicoba oleh para wisatawan yang berkunjungi ke Palembang.

3. Mie celor

Pecinta mie tidak boleh lewatkan untuk mencicipi makanan khas Palembang satu ini. Mie celor ini memiliki keunikannya sendiri karena terdapat kuah yang dibuat dengan kaldu ebi. Biasanya dalam satu porsi mie celor akan terdiri mie, kuah santan dengan kaldu ebi, telur , kucai, daging udang, tauge.

Mie yang digunakan untuk hidangan ini adalah mie telur, namun yang uniknya setiap tempat produksi mie telur di Palembang memiliki cita rasa khasnya masing-masing sehingga tidak akan Anda temukan di luar Palembang.

4. Sambal tempoyak

Pernah dengar sambal tempoyak, makanan khas ini merupakan sambal yang dibuat dari fermentasi durian. Cita rasanya asam, manis pedas ditambah dengan adanya aroma durian.

Cara membuat sambal tempoyak sebenarnya cukup mudah, Anda bisa menumis daging durian terlebih dahulu dengan cabai dan juga bawang. Setelah itu kami bisa menikmatinya dengan makanan khas Palembang lainnya atau berbagai menu ikan tawar.

5. Tekwan

Selain terkenal dengan pempek, banyak orang juga mengetahui Palembang dikenal dengan hidangan Tekwan. Tekwan sendiri merupakan hidangan seperti baksonya orang Palembang dan menggunakan bumbu hampir sama dengan pempek.

Jika Anda suka dengan pempek, Anda tidak akan bisa menolak jika dihidangkan tekwan ini. Kuahnya menggunakan kaldu udang yang terasa gurih dan juga pasti lezat. Adonan tekwan biasanya lebih mirip dengan bakso ikan yang dikukus bukan direbus.

Biasanya disajikan dengan beberapa pelengkap lainnya seperti mie bihun, seledri, bawang daun, bengkuang, dan jamur kuping.

6. Celimpungan

Makanan khas Palembang satu ini dinamakan celimpungan, biasanya akan selalu ada pada hari-hari besar seperti hari raya Lebaran. Bahan dasarnya sebenarnya sama seperti pempek dan tekwan menggunakan ikan dan juga tepung sagu.

Yang jadi pembedanya adalah bentuknya yang lebih besar dibandingkan dengan tekwan. Jika tekwan menggunakan kaldu udang bening, berbeda dengan celimpungan yang menggunakan kuah kali kuning yang gurih. Makanan khas ini tidak akan bisa ditolak oleh lidah Anda pada saat mencicipinya.

7. Pindang patin

Makanan khas Palembang yang jadi primadona selanjutnya adalah pindang patin. Ini merupakan kuliner yang disajikan dengan kuah santan dengan rempah-rempah khasnya. Kuliner ini memiliki cita rasa yang pedas, manis, dan juga asam yang membuatnya sangat segar.

Pindang patin biasanya disajikan dalam keadaan masih hangat dan disantap dengan nasi putih dan juga sambal tempoyak. Pada saat berkunjung ke Palembang pastikan Anda mencicipi hidangan yang hanya akan ditemukan di Palembang ini.

8. Malbi

Palembang dikenal dengan banyaknya hidangan berbahan dasar ikan, tapi malbi berbeda karena menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Tampilannya sebenarnya akan mirip dengan semur daging biasanya.

Tapi jika Anda sudah mencicipinya, barulah akan merasakan perbedaannya. Rasa rempah khas Palembang dan juga tambahakan cita rasa asam membuat Malbi bisa dinikmati oleh semua lidah orang Indonesia.

9. Kue 8 jam

Kue 8 jam ini memang pembuatannya harus dilakukan selama 8 jam. Kue dengan proses pembuatan yang cukup lama ini jika dicicipi akan terasa kenyal, lembut dan juga manis yang khas.

Kue 8 jam akan sering dijumpai pada saat hari-hari besar seperti lebaran atau acara hajatan disana. Bagi pecinta makanan manis tidak boleh melewatkan untuk mencicipi kue 8 jam khas Palembang ini.

10. Es kacang merah

Ingin sesuatu yang segar dan dingin, es kacang merah jadi makanan khas Palembang selanjutnya yang harus dinikmati. Biasanya es kacang merah bisa disandingkan dengan
pempek.

Es kacang merah khas Palembang ini memiliki cita rasa yang manis ditambah lagi dengan kacang merah yang lembut dan enak disatukan dengan es serut.

11. Maksoba

Makanan manis lainnya yang berasal dari Palembang ini dinamakan sebagai maksoba. Makanan khas Palembang ini memiliki tekstur seperti kue berlapis, lembut dan juga sangat manis.

Maksoba dibuat dari telur bebek dan menggunakan krimmer kental manis sehingga cita rasanya manis dan juga lembuat. Tidak perlu khawatir walaupun ini dibuat dari telur bebek, Anda tidak akan merasakan amis telur sama sekali dan sangat lezat.

12. Martabak har

Palembang memiliki martabak khasnya sendiri dinaman martabak har. Yang membedakan martabak har dengan martabak telur biasanya adalah bumbu-bumbu dan saus yang digunakan saat dihidangkan.

Makanan khas Palembang ini disajikan dengan kuah cuka asam seperti kuah pempek dan juga kari kental yang nikmat dan gurih. Inilah yang membuat martabak har jadi sangat unik dan berbeda dengan martabak telur pada biasanya.

13. Lenggang

Lenggang adalah hidangan yang mirip dengan pempek, tetapi yang membedakannya adalah cara memasaknya. Lenggang biasanya akan dimasak dengan cara membungkusnya menggunakan daun pisang lalu dibakar.

Setelah itu lenggang akan disajikan dengan kuan cuko yang kental. Cara memakannya, lenggang akan dicocol terlebih dahulu pada sambal cuko yang memiliki cita rasa asam yang khas.

14. Laksan

Pernah dengar dengan makanan khas Palembang Bernama Laksan ini, hidangan ini biasanya akan banyak ditemui pada pagi hari karena sangat cocok dijadikan sebagai sarapan. Laksan dibuat menggunakan tepung sagu dan juga ikan dengan cita rasa mirip dengan pempek.

Namun yang membedakannya terlihat dari kuah laksan yang bersantan seperti kuah lontong karir yang berwarna merah dan juga girung. Adonan sagu dan ikannya dibentuk pipih mirip dengan pempek sangat mengeyangkan untuk dijadikan sebagai sarapan di pagi hari.

Setelah mengetahui berbagai rekomendasi makanan khas. Anda pastinya sudah menentukan pilihan akan mencicipi makanan khas palembang yang mana dulu untuk kunjungan nanti ke Palembang.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *