Selain Rendang, Ini 12 Oleh Oleh Khas Padang yang Terkenal

Oleh oleh khas padang yang sering dicari oleh para wisatawan adalah rendang. Makanan olahan daging ini menjadi primadona dan jadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Padang.

Padang memang dikenal dengan kulinernya yang sangat khas dan membuat semua orang menjadi candu. Ingin membeli oleh oleh untuk orang-orang saat pulang dari kunjungan di Padang.

Tidak tahu akan membeli apa, ada banyak sekali pilihan buah tangan khas padang yang terkenal lainnya selain rendang.

12 Oleh Oleh Khas Padang yang Terkenal untuk Dibawa Pulang

Setiap selesai berkunjung ke sebauh daerah Anda pastinya akan membeli oleh oleh untuk dibawa pulang. Salah satu daerah yang miliki banyak sekali pilihan oleh oleh khas adalah Padang.

Selain terkenal dengan rendang dan hidangan nasi padangnya, masih banyak oleh oleh khas padang yang terkenal dan wajib dibawa pulang.

1. Rendang telur kering

Rendang daging pastinya sudah sangat sering ditemukan bahkan sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia. Tetapi pernahkah Anda mendengar tentang rendang telur kering, berbeda dengan rendang daging yang biasanya dijadikan sebagai lauk dari nasi.

Rendang telur kering adalah telur yang dimasang dengan bumbu rendang yang mirip dengan keripik. Cita rasa rendang akan Anda rasakan di kawinkan keripik bisa dijadikan keripik atau pendamping makanan.

Biasanya rendang telur kering di jual dengan harga Rp 34.000 sampai dengan Rp 70.000 tergantung dengan ukurannya.

2. Roti randang

Olahan yang berbeda dari rendang lainnya bisa Anda jadikan oleh oleh khas padang untuk kerabat di kota asal adalah roti randang. Beda dengan rendang pada biasanya yang digunakan untuk lauk nasi.

Rendangnya dimasak untuk dijadikan sebagai isian rotinya, jadi dibuat tidak terlalu berminyak atau kesat. Jenis isiannya juga bermacam-macam dari mulai daging sapi, daging ayam dan juga kacang merah. Biasanya harganya sekitar RP 6000 saja.

3. Dendeng daun singkong

Suka dengan dendeng daging, anda tidak boleh lewatkan dengan dendeng daun singkong ini. Oleh oleh khas padang yang unik ini tidak boleh dilewatkan untuk dicoba dan dibawa pulang sebagai buah tangan.

Selain cita rasa yang unik dan enak, dendeng daun singkong juga akan lebih banyak banyak manfaatnya karena tidak akan menimbulkan kolestrol seperti memakan dendeng daging sapi.

Harganya sekitar RP 10.000 sampai dengan Rp 20.000 dapat disesuaikan dengan ukuran dan juga tempat Anda membelinya.

4. Mukena kerancang

Selain membeli makanan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, anda juga bisa membelikan barang untuk dijadikan cendera mata atau kenang-kenangan telah berkunjung ke Padang.

Salah satu cendera mata yang direkomendasikan adalah mukena kerancang. Kerancang sendiri merupakan seni menyulam yang khas di Sumatera Barat dengan membentuk kain dengan lubang-lubang beraneka ragam.

Pembuatan mukena kerancang sebagai oleh oleh khas padang biasanya membutuhkan waktu 12 hari hingga paling lama adalah 2 bulan tergantung kesulitan motif yang dibuat.
Sehingga tidak heran mukena kerancang dijual dengan harga yang relative mahal dari mual Rp 400.000 sampai dengan Rp 2 jutaan.

5. Kaus Bukittinggi atau gadang

Merasa mukena kerancang terlalu mahal, anda juga bisa membeli oleh oleh selain makanan yang lebih murah seperti kaus Bukittinggi atau gadang. Memilih kaus sebagai cendera mata juga bisa jadi alternatif lainnya.

Biasanya Anda bisa menemui toko-toko yang menjual kaus Bukittinggi dan khas padang lainnya di berbagai pusat grosir, sentral dan juga pasar raya.

6. Keripik Sanjai Balado

Suka dengan oleh oleh yang pedas, Anda tidak boleh lewatkan untuk membeli oleh oleh khas padang keripik sanjai balado. Kata sanjai sendiri berasal dari sebuah nama jalan di desa manggis ganting sanjai yang jadi asal usul pertama kali keripik ini dibuat.

Bumbu balado yang dipakai untuk membumbui keripik juga sangat khas dengan menggunakan barang merah, bawang putih, gula dan juga cabai. Tapi jika anda tidak ingin makanan yang pedas, keripik sanjai juga menyediakan varian rasa lainnya tanpa bumbu balado.

7. Kerupuk jangek

Jangek sendiri merupakan sebutan orang padang untuk kerupuk kulit. Kerupuk kulit khas padang ini biasanya terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang direbus terlebih dahulu lalu dibakar agar bisa menghilangkan bulutnya.

Biasanya kerupuk jangek akan tersedia dalam beberapa varian rasa dari mulai balado, pedas manis dan juga original. Anda bisa memilih variannya sesuai dengan favoritnya masing-masing.

Ingin memilih kerupuk jangek sebagai oleh oleh khas padang, bisa ditemukan saat Anda berkunjung ke toko pusat oleh oleh disana.

8. Keripik balado Shirley

Makanan ringan lainnya yang cocok dijadikan buah tangan setelah berkunjung di padang adalah keripik balado Shirley. Keripik balado Shirley merupakan salah satu tempat yang cukup melegenda dan dikenal dengan keripik balado yang terbaik.

Berlokasi di jalan gereja nomer 35, padang barat, tidak hanya menyediakan keripik saja tempat oleh oleh ini juga menyediakan makanan ringan lainnya seperti opak, keripik sanjai dan masih banyak lagi.

Untuk Anda yang ingin dapatkan oleh oleh padang yang dijamin rasa dan kualitasnya bisa segera kunjungi keripik balado Shirley yang buka dari mulai 07.30 sampai dengan 19.00.

9. Kopi khas padang

Penyuka kopi tidak boleh lewatkan kopi khas padang, seperti yang diketahui pulau Sumatera dikenal dengan melimpahnya biji kopi. Termasuk juga di Padang, tidak hanya membeli biji kopinya saja, sebelum pulang Anda juga bisa mampir untuk mengelilingi kebun kopinya.

10. Karak kaliang

Pernah mendengan oleh oleh khas padang karak kaliang, makanan ini merupakan kerupuk dengan bahan dasar ubi kayu yang bentuknya seperti angka delapan. Cara membuatnya pertama ubi kayunya di kupas terlebih dahulu, lalu cuci hingga bersih.

Setelah itu parut ubinya untuk bisa dijadikan tepung ubi. Cita rasanya gurih karena ditambahkan garam dan bawang putih. Anda tidak akan kecewa memilih karak kaliang sebagai buah tangannya.

11. Bolu batik

Ada yang unik di padang dan jarang ditemukan di daerah lain yaitu bolu batik. Sebenarnya bolu batik ini adalah bolu gulung dengan motif batik di bagian luarnya. Keterampilan dan ketelitian yang membuat oleh oleh ini jadi sangat istimewa.

Tidak heran satu bolu batik dihargai sekitar Rp 60.000, harga yang mahal ini tentu saja sepadan dengan kerumitan pembuatnya membuat pola batik dan juga kualitas bolunya yang lembut dan enak.

12. Rendang suwir ayam

Terakhir, oleh oleh khas padang selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah rendang suwir ayam. Khususnya jika Anda tidak terlalu menyukai olahan daging, tetapi suka dengan bumbu rendangnya olahan ini bisa jadi alternatif terbaiknya.

Umumnya rendang suwir ayam ini memiliki tekstur yang cukup kering dan mirip dengan abon. Tetapi berbeda dengan abon, rendang suwir ini memiliki ayam-ayam yang besar berbeda. Bisa dikonsumsi sebagai lauk atau pelengkap saat makan makanan lainnya.

Biasanya rendang suwir ayam ini dijual sebesar RP 50.000 dan bisa ditemukan pada setiap toko oleh oleh padang.

Jadi tidak perlu lagi kebingungan jika berencana untuk membeli oleh oleh dari Padang. Pastikan saja oleh oleh khas padang yang Anda pilih sesuai dengan budget yang sudah disiapkan untuk membelinya.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *