12 Oleh Oleh Khas Lampung Kekinian Wajib Beli Sebelum Pulang

Saat pergi liburan ke Lampung biasanya Anda akan membeli oleh oleh khas Lampung untuk dijadikan sebagai buah tangan pada orang terdekat, kerabat atau rekan kerja.

Setiap daerah pastinya memiliki keistimewaan dan ciri khasnya masing-masing termasuk juga Lampung. Kota yang dijuluki sebagai Kota Pisang ini miliki banyak sekali oleh-oleh khasnya sendiri.

Sedang berlibur ke Lampung atau akan berencana berkunjung kesana, harus tahu oleh oleh khas kota Lampung yang kekinian dan wajib untuk dibeli sebelum pulang.

12 Oleh Oleh Khas Lampung Kekinian Wajib Dibeli

Lampung dikenal sebagai kota pisang karena daerah ini memiliki banyak sekali olahan dari buah pisang yang khas. Olahan ini biasanya akan dijadikan sebagai oleh-oleh setiap pelancong yang berkunjung kesana.

Selain oleh-oleh kuliner masih banyak lagi oleh oleh khas lampung kekinian yang wajib dibeli sebelum pulang Kembali ke kota asal berikut ini.

1. Kopi Durian

Penyuka kopi sekaligus penyuka buah durian pasti akan termanjakan lidahnya saat mencicipi kopi durian khas lampung ini. Kopi yang ditambahkan dengan ekstrak durian ini
salah satu oleh oleh kekinian yang baru dikembangkan.

Memanfaatkan teknologi yang mutakhir dan inovatif, kopi durian menjadi salah satu oleh oleh khas lampung yang banyak diburu oleh banyak wisatawan. Biji kopi yang digunakan untuk kopi ini biasanya robusta dicampurkan dengan ekstra buah durian yang manis menciptakan aroma kopi tajam dengan wangi durian yang tercampur.

2. Kopi Lampung

Masih berkaitan dengan kopi, bagi Anda yang tidak ingin mencoba rasa unik bisa memilih kopi lampung sebagai oleh-olehnya. Pulau Sumatera sendiri dikenal dengan banyaknya kebun kopi dengan kualitas biji kopi terbaik.

Beberapa kopi yang terkenal berasal dari pulau sumatera adalah Kopi Aceh, Kopi Medan hingga yang terakhir adalah kopi lampung. Setiap daerah memiliki rasa biji kopi yang berbeda-beda.

Kopi lampung sendiri mengandung kadar kafein yang tinggi pada setiap kemasannya biasanya dijual dalam ukuran 500gr dengan harga Rp 50.000.

3. Pempek Khas Lampung

Pempek biasanya dikenal sebagai kuliner khas dari Palembang, banyak yang mengira pempek lampung memiliki kesamaan dengan yang ada di Palembang. Tapi jangan keliru lagi karena pempek dari dua daerah ini memiliki perbedaannya.

Perbedaannya terletak dari bahan pembuatan pempek itu sendiri, jika dari Palembang biasanya menggunakan ikan Belida sedangkan pempek lampung menggunakan ikan tenggiri.

Perbedaan lainnya dari oleh oleh khas lampung ini terletak pada cukanya yang lebih pekat dibandingkan dengan Palembang. Jadi tidak heran setelah mencicipi pempek khas Lampung banyak yang lebih menyukainya karena rasanya lebih tajam dan juga nikmat.

4. Kain tapis

Tidak hanya khas dengan oleh oleh makanannya, kain tapis juga bisa jadi oleh oleh dari lampung. Kain ini merupakan kain tenun dengan warna dominasi emas dan juga perak, biasanya akan menampilkan berbagai macam pola mengenai flora dan fauna.

Tetapi tidak hanya flora dan fauna, Anda juga bisa menemukan beberapa kain tapis menggambarkan motif keluarga bangsawan yang tinggal di Lampung pada saat itu. Sebenarnya kain ini bisanya digunakan untuk acara pemberian gelar adat, menyambut tamu, perkawinan dan masih banyak lagi.

Tetapi saat ini seiring berjalannya waktu kain tapis bisa digunakan oleh siapa saja dan membelinya dengan harga mulai dari 7 juta hingga ratusan juta. Harga yang mahal ini disebabkan karena setiap kain dibuat secara manual.

5. Baso Sony

Sebenarnya di Lampung banyak sekali penjual bakso, tetapi bakso sony menjadi istimewa dan terkenal sekali di lampung karena cita rasanya yang begitu unik berbeda dengan baso lain.

Setiap penikmat baso pasti akan langsung merasakan perbedaan bakso sony dengan yang lain karena bahan yang digunakan bakso sony untuk membuatnya hanya daging urat pilihan dari sapi yang sudah halal.

Anda bisa membeli oleh oleh khas lampung bakso sony ini secara kiloan dan dalam keadaan beku. Setiap 1 kilogram bakso sony akan berisi sekitar 50 pcs dengan harga Rp 85000.

6. Lempuk Durian

Di pulau jawa lempuk sendiri sama dengan dodol atau jenang karena proses pembuatannya saa. Lempuk durian jadi salah satu yang popular dan banyak di bawa pulang sebagai oleh oleh lampung.

Saat pembuatannya daging durian dipisah dengan bijinya dan langsung dicampurkan dengan gula pada kuali untuk mulai dimasak. Cita rasanya cukup unik dengan aroma durian yang kuat, rasa manis dan legit bercampur jadi satu.

Lempuk durian dijual dengan harga sekitar RP 35000 sampai dengan Rp 40000 per 200 gramnya.

7. Browkis

Dikenal sebagai Kota Pisang karena banyak sekali oleh oleh berbahan dasar pisang, tetapi tidak hanya menggunakan daging buahnya saja. Tetapi kulit pisangnya juga dapat di jadikan oleh oleh khas lampung yang enak dan unik.

Browkis atau brownis kulit pisang merupakan inovasi yang unik dan tidak boleh dilewatkan untuk di coba. Walaupun terbuat dari kulit pisang rasa kue browkis ini tidak berbeda dengan brownis pada umumnya.

8. Bejak Enjak

Kuliner selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah bejak enjak, kaya dengan serta dan karbohidrat karena terbuat dari campuran gula, pisang raja dan juga ketan putih. Cara pembuatannya dibuat dengan dikukus dan dibungkus menggunakan daun pisang.

9. Manisan Lampung

Manisan jadi oleh oleh khas lampung yang tidak boleh dilewatkan, karena ada banyak sekali jenis manisan buah yang diproses melalui pengawetan lalu direndam dalam air gula beberapa hari.

Biasanya manisan lampung yang tersedia terdiri atas manisan salak, manga, papaya, kedondong dan masih banyak lagi. Tidak perlu takut harganya akan mahal karena biasanya dijual sekitar Rp 35000 per 500 gram dan bisa tahan hingga dua minggu pada suhu ruang.

10. Lapis Legit

Lapis legit khas lampung tidak boleh ketinggalan jadi oleh oleh khas lampung yang harus dibawa pulang. lapis legit di lampung juga sering disebut sebagai spekuk, merupakan kue warisan Belanda yang dibanderol dengan harga cukup mahal.

Walaupun termasuk oleh oleh yang cukup mahal, rasanya tidak akan mengecewakan pecinta makanan manis atau kue. Rasanya dan teksturnya lembut karena terbuat dari sekitar 21 butir telur dalam setiap adonannya.

11. Sambal Lampung

Sambal Lampung berbeda dengan sambal di kota lain, sambal di lampung terdiri dari bermacam-macam jenis. Dari mulai sambal goreng udang, sambal bawang lampung, sambal ikan peda, sambal tempoyak dan seruit dan masih banyak sambal lainnya yang tidak boleh dilewatkan.

Tetapi jika Anda memilih sambal tempoyak dan seruit ingat untuk memakannya segera karena kedua jenis sambal ini tidak menggunakan pengawet. Sambal tempoyak terbuat dari fermentasi buah durian yang dicampur cabai.

Sedangkan seruit menggunakan bahan dasar ikan sungai seperti ikan baung, ikan belide dan masih banyak lagi.

12. Kemplang

Kemplang ini sebenarnya sama dengan emplang asal Palembang, merupakan kerupuk ikan oleh oleh khas Lampung. Bahan dasarnya adalah ikan tenggiri, yang membuatnya unik proses penggorengannya tidak memakai minyak sama sekali.

Warga di sana menggoreng kemplang menggunakan pasir panas, biasanya satu kemasan berukuran besar dihargai sekitar Rp 25000 saja.

Masih banyak pilihan lainnya yang bisa dipilih sebagai oleh oleh khas lampung kekinian yang tidak boleh kelewatan untuk dibeli sebagai buah tangan untuk orang terdekat
dan teman.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *