10 Rekomendasi Kuliner Bangkok Bercitarasa Khas dan Unik

Kumpulkan rekomendasi kuliner Bangkok sebelum mulai liburan. Ini penting, terutama bagi yang muslim untuk menghindari makanan non-halal. Bagi traveler pemula juga sangat bermanfaat supaya tidak over budget untuk kebutuhan konsumsi selama liburan.

Lebih dari itu, pastinya Anda sebagai wisatawan ingin mencicipi makanan khas setempat yang ramah di lidah maupun kantong. Sebab sudah jadi rahasia umum bahwa banyak tempat wisata dimana para penjual makanannya menaikkan harga secara tidak wajar bagi wisatawan mancanegara.

Sementara itu, selera masyarakat suatu Negara tidak sama dengan Negara lain. Jika sampai salah memilih menu, bisa-bisa justru Anda tidak berselera makan karena kurang cocok. Maka perlu mencari tahu dulu seperti apa karakteristik kuliner Negara tujuan wisata supaya mudah menentukan apa yang akan dibeli.

10 Rekomendasi Kuliner Bangkok Bercitarasa Khas

Bangkok bukan hanya terkenal dengan Tom Yam saja. Ada banyak menu makanan yang bukan hanya sebagai pengisi perut saja namun juga aktivitas wisata kuliner menarik untuk dilakukan. Berikut ini 10 makanan terbaik di Bangkok yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang akan berlibur ke sana.

1. Nai Mong Hoy Tod

Hoy Tod pada dasarnya menu makanan asli dari Tiongkok, namun dibawa para imigran Tiongkok ke Thailand sejak berabad lalu. Makanan kaki lima khas Thailand mirip telur dadar, bedanya, Hoy Tod diisi dengan tiram lokal.

Setipe dengan Fuyunghai yang diisi dengan daging kepiting. Tidak banyak bumbu seperti rempah-rempahan yang digunakan. Cita Rasanya gurih dengan aroma khas telur dan seafood. Dan menu ini bisa dengan mudah ditemui di warung kaki lima dengan harga murah.

2. Pad Thai

Rekomendasi kuliner Bangkok kedua adalah Pad Thai. Menu ini sudah banyak ditemukan juga di tanah air sebab popularitasnya di media sosial. Pad Thai merupakan makanan sejenis mie siram, dimasak dengan udang kering, kuah asam, gula aren ditambah taburan kacang dan daun bawang.

Di Negara asalnya menu ini sudah mengalami sedikit modifikasi, salah satunya mengganti udang kering dengan daging ayam. Tujuannya supaya bisa dinikmati semua orang, sebab ada juga yang alergi terhadap seafood.

3. Tom Yam

Tom Yam adalah menu wajib yang selalu masuk dalam rekomendasi kuliner Bangkok. Meski di Indonesia sudah banyak yang menjualnya, namun rasa otentiknya hanya bisa ditemui di Thailand.

Sup kuah asam pedas diisi udang, cumi-cumi, ikan dan berbagai sayuran segar. Resep aslinya menggunakan bumbu berempah asal Thailand sendiri sehingga dari aroma hingga rasanya khas, tidak bisa dibandingkan dengan tempat lain.

Citarasa pedas asam membuat semangat kembali saat Anda mulai jenuh dan lelah terhadap aktivitas. Selain itu juga isian dalam sup kaya akan protein dan vitamin, menghasilkan stamina kembali.

4. Guay Teow Rhua

Rekomendasi kuliner Bangkok ini mungkin sedikit asing sebab namanya sulit dilafalkan. Guay Teow Rhua dalam bahasa Indonesia berarti Mie Perahu. Disebut demikian karena makanan khas Bangkok satu ini dulunya dijajakan para pedagang di atas perahu mereka.

Semakin zaman berkembang Guat Teow Rhua banyak dijual di berbagai sudut jalanan Bangkok. Mie kuah berisi daging sapi, ayam atau babi, tauge dan daun bawang ini biasanya disajikan dalam mangkok kecil. Umumnya pembeli tidak akan cukup hanya dengan 1 mangkok saja.

5. Khao Pad Poo

Khao Pad Poo merupakan rekomendasi kuliner Bangkok mengenyangkan perut. Penampilannya mirip nasi goreng pada umumnya. Namun menu satu ini dimasak menggunakan campuran bunga melati.

Selain bunga melati sebagai penambah aroma, nasi goreng ini juga dicampur dengan kepiting dan telur yang dimasak bersama saus ikan khas Thailand. Pada akhir waktu memasak dan akan disajikan nasi goreng ini diberi sedikit perasan jeruk nipis.

Menu yang termasuk makanan berat ini bisa dengan mudah Anda jumpai di warung kaki lima. Seperti membeli nasi goreng di Indonesia, namun hanya berbeda dari segi rasa serta aromanya.

6. Khanom Krok

Bukan hanya makanan berat, rekomendasi kuliner Bangkok ini juga membahas dessert. Makanan berciri khas manis ini menjadi santapan ringan yang banyak dijual di pedagang kaki lima.

Khanom Krok merupakan kue bulat kecil terbuat dari campuran terigu dan santan. Disajikan dengan taburan bawang goreng renyah pada bagian atasnya. Sekilas memang terasa kurang sinkron antara kue dengan bawang goreng, namun nyatanya menghasilkan rasa unik dan enak.

7. Som Tam

Rekomendasi kuliner Bangkok selanjutnya berbentuk salad. Som Tam adalah makanan ringan khas Thailand terbuat dari pepaya muda dicampur saus ikan, bumbu kacang, bawang putih, cabai, serta lemon dan tomat sebagai rasa segar.

Makanan khas satu ini paling cocok dinikmati siang hari sebab bercitarasa segar. Sering dijadikan sebagai cemilan, karena isian di dalamnya cocok untuk yang sedang menjalani diet. Cocok juga bagi yang ingin makan banyak namun tetap sehat rendah lemak.

8. Serangga Goreng

Rekomendasi kuliner Bangkok satu ini adalah wisata hits yang banyak diulas melalui channel Youtube maupun sosial media. Serangga goreng banyak terdapat di warung kaki lima atau boot di berbagai jalanan Bangkok, Thailand.

Terutama jika Anda berkunjung ke pasar malam, akan sangat mudah menemukan penjual serangga goreng di atas nampan-nampan besar. Kuliner ekstrim ini wajib Anda coba salah satunya.

Ragam serangga yang umumnya tersedia adalah Non Mai (ulat kayu), Non Pai (ulat bambu), Tak Ga Tan (belalang), dan paling ekstrim yaitu kecoa. Dari tampilannya sangat mengkilap dan terlihat renyah, silakan coba bagi yang penasaran.

9. Cha Yen

Rekomendasi kuliner Bangkok satu ini adalah jenis minuman. Sebagai pelengkap eksplorasi makanan dan cemilan, tentu harus melengkapinya dengan minim. Cha Yen merupakan minuman berbahan dasar teh bercampur krimer.

Cha Yen menggunakan teh hitam dengan biji asam dan adas bintang, sehingga menghasilkan citarasa unik. Meski terbuat dari teh hitam, tapi warna yang dihasilkan bukan hitam melainkan orange karena bercampur dengan rempah-rempah dan susu.

Di Indonesia sendiri minuman berbahan dasar teh seperti ini banyak dimodifikasi. Menggunakan label “teh ala Thailand”, terbukti laris manis sebab campuran berbagai bahan lainnya menghasilkan citarasa unik.

10. Kha Niew Ma Muang

Sebagai penutup, Toped punya rekomendasi makanan khas Bangkok yang menyegarkan, Toppers. Ada Khao Niew Ma Muang, mangga segar yang dimakan bersama ketan dan krim santan manis.

Kebayangkan gimana rasanya? Ya, segar dan manis. Cocok sekali dijadikan untuk mengganjal perut yang kosong. Mangga ketan dapat ditemukan dengan mudah di gerobak kaki lima atau beberapa-restoran di Bangkok, khususnya ketika musim mangga.

Itulah 10 makanan khas Bangkok Thailand yang wajib kamu coba, Toppers. Jadi langsung liburan ke Thailand supaya tidak mau menyesal. Tapi sebelum berlibur, pastikan mempersiapkan semua hal sebelum memilih rekomendasi kuliner Bangkok Toppers.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *