Ingin Liburan di Masa Pandemi? Yuk, Cek Kamus Traveling Berikut!

Bagi kamu yang berencana liburan ke luar negeri di masa pandemi, pastinya tahu dengan pemberlakuan beberapa peraturan di setiap negara. Banyak peraturan baru yang dibuat oleh masing-masing negara. Tentunya, hal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Nah, karena banyaknya peraturan atau kebijakan baru terkait liburan ke luar negeri, ada banyak istilah traveling pula yang muncul. Beberapa di antaranya mungkin masih asing bagi kamu. Untuk itu, mari simak kamus traveling berikut supaya tidak salah paham.

Istilah Baru yang Perlu Diketahui Saat Traveling di Masa Pandemi

1. Lockdown

Istilah Lockdown merupakan istilah masa pandemi yang pertama kali muncul. Tindakan ini dilakukan dengan mencegah dan membatasi pergerakan orang-orang dalam suatu wilayah. Salah satunya termasuk menutup akses keluar dan masuk wilayah tersebut.

2. Travel Bubble

Travel Bubble diterapkan ketika dua negara atau lebih yang sudah berhasil mengendalikan virus Covid-19 sepakat untuk membuat koridor perjalanan wisata. Koridor perjalanan ini akan memudahkan turis yang tinggal di dalamnya untuk bepergian dengan bebas.

3. Vaccinated Travel Framework (VTF)

Kamus traveling pertama yaitu Vaccinated Travel Framework atau VTF. Vaccinated Travel Framework merupakan aturan baru yang diterapkan di Singapura sejak 31 Maret 2022. Semua wisatawan yang sudah divaksinasi lengkap langsung diizinkan untuk memasuki negara ini.

4. Vaccinated Travel Lane (VTL)

Kamus traveling yang berikutnya ialah VTL atau Vaccinated Travel Lane. VTL ini merupakan jalur khusus yang disediakan untuk wisatawan yang hendak memasuki suatu negara. Pastinya turis yang berhak masuk haruslah sudah menerima dosis lengkap vaksinasi. 

5. Visa on Arrival

Visa on Arrival ini merupakan visa yang dikeluarkan untuk wisatawan ketika mereka tiba di negara tersebut. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan visa yang berbeda ketika kamu tiba di negara tujuan kamu.

6. Pre-Departure Test (PDT)

Pre-Departure Test merupakan tes yang harus dilakukan wisatawan saat hendak pergi ke negara tujuannya. Saat ini tes Covid-19 yang digunakan untuk PDT ialah tes PCR dan Rapid Antigen. Nah, sebagian besar tes dilakukan satu hari hingga 3 hari sebelum terbang. 

7. On Arrival Test

On Arrival Test atau Tes saat kedatangan merupakan tes yang dilakukan ketika wisatawan baru tiba di negara tujuan. Wisatawan wajib melakukan tes RT-PCR COVID-19 lagi saat kedatangannya. Ini menjadi salah satu persyaratan untuk memasuki negara tersebut. 

8. Health Declaration

Kamus traveling yang satu ini berisi informasi mengenai status riwayat kesehatan seorang wisatawan. Jika di Indonesia dikenal dengan aplikasi Peduli Lindungi. Nah, nantinya hal tersebut akan menjadi bukti pendukung bahwa mereka dinyatakan negatif COVID-19 atau tidak. 

9. Quarantine-Free

Quarantine-Free atau bebas karantina merupakan kebijakan bebas karantina Covid-19. Nah, kebijakan ini berlaku bagi wisatawan yang datang dari negara lain ke negara tujuan sudah menerima vaksinasi. Terutama bagi yang sudah menerima vaksin dosis lengkap. 

10. Fully Vaccinated

Saat ini, untuk bisa bepergian ke luar negeri dengan bebas diwajibkan untuk vaksinasi Lengkap atau istilahnya Fully Vaccinated. Wisatawan dikatakan Fully Vaccinated apabila sudah divaksin lengkap. Seperti halnya telah vaksin dosis 1 dan 2 ataupun vaksin Booster. 

11. Vaccinated Certificate

Vaccinated Certificate atau sertifikat vaksin merupakan tanda bukti khusus bahwa seseorang telah melakukan vaksinasi Covid-19. Sertifikat vaksin ini berisikan data diri pribadi seseorang. Maka dari itu, pastikan bahwa data diri kamu di sertifikat vaksin tersebut benar ya. 

12. Travel Insurance

Salah satu elemen yang cukup penting untuk kamu miliki bila sering bepergian dengan jarak jauh ialah Travel Insurance. Travel Insurance ini merupakan asuransi yang memberikan perlindungan dari risiko yang mungkin terjadi pada orang tersebut saat bepergian jauh. Travel insurance menjadi syarat masuk di negara seperti Singapura untuk jaga-jaga biaya perawatan jika kamu terkena Covid-19 di sana.

13. Contact Tracing

Kamus traveling satu ini merupakan suatu proses identifikasi, evaluasi, serta manajemen sekelompok orang yang telah terpapar virus Covid-19. Contact Tracing ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran virus corona tersebut.

14. Self-Quarantine

Self-Quarantine yaitu kegiatan mengkarantina diri sendiri yang dilakukan dalam kurun waktu 14 hari. Kegiatan ini dilakukan untuk mengidentifikasi seseorang dari paparan virus Covid-19. Tentunya, Self-Quarantine ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

15. Social Distancing

Istilah Social Distancing pastinya sudah umum didengar banyak orang. Kegiatan ini dilakukan untuk menghindari tempat umum, menjauhi kerumunan, dan menjaga jarak 2 meter dari orang lain. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko terjadinya kontak langsung dengan sesama. 

16. Self-Isolation

Isolasi mandiri ini merupakan upaya untuk memisahkan seseorang yang sudah positif Covid-19 dengan orang yang masih sehat. Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran virus tersebut ke orang lain. Berbeda dengan Self-Quarantine, tindakan ini membutuhkan arahan dari dokter.

17. Entry Travel Pass

Kamus traveling yang satu ini  berkaitan dengan dokumen yang dikeluarkan untuk wisatawan dari negara asing yang akan datang ke negara lain. Biasanya Entry Travel Pass digunakan untuk tujuan perjalanan penting yang memerlukan visa atau izin imigrasi di dalamnya.

18. Non-Essential Travel

Nah, kamus traveling yang satu ini pasti masih asing bagi masyarakat umum. Non-Essential travel merupakan adanya pembatasan dan larangan wisatawan melakukan perjalanan tidak penting. Sebab, negara tujuan tersebut masih berisiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19.

19. Sanitagging

Sanitagging adalah upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi lingkungan agar bersih dan sehat. Adanya tindakan ini diharapkan dapat membantu mencegah munculnya penyakit lain selain corona. Salah satu tindakan umumnya adalah rajin mencuci tangan.

20. Immunity/Health Passport

Kamus traveling terakhir yang perlu kamu tahu adalah Health Passport. Health Passport ialah sebuah paspor yang merekam semua riwayat kesehatan orang tersebut. Pasport ini wajib dimiliki jika kamu tidak ingin melalui proses cek kesehatan yang panjang.

Cukup banyak kan istilah traveling yang muncul saat pandemi ini? Nah, supaya gak bingung pahami kamus traveling di atas ya. Selamat berlibur!

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *