Ketahui Cara Beli JR Pass Sebelum Traveling ke Jepang

Sebelum bepergian ke Jepang, sangat disarankan untuk mengetahui cara beli JR Pass terlebih dahulu. Khususnya bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan lintas prefektur, misalnya antara Tokyo, Osaka, dan Kyoto.

Japan Rail Pass merupakan sebuah tiket yang dapat digunakan untuk menaiki moda transportasi di dalam naungan Japan Railways Group. Mulai dari bus, kereta, hingga kapal bagi para wisatawan luar negeri.

Keunikan dari tiket satu ini ialah dikhususkan bagi para wisatawan mancanegara saja, termasuk dari Indonesia. Sedangkan bagi masyarakat Jepang, tidak diperkenankan untuk menggunakan program ini.

Jepang memang menjadi salah satu destinasi favorit sebab menawarkan keindahan alam beserta keunikan budayanya. Di Indonesia sendiri sangat banyak penggemar negara yang terkenal dengan anime dan manga tersebut.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Cara Beli JR Pass, Begini Panduannya

Bagi Anda yang termasuk ingin berkunjung ke sana, manfaatkan adanya program tiket JR. Para pengunjung asing dengan rencana kunjungan kurang dari tiga bulan, bisa menggunakan penawaran tersebut.

Cara untuk mendapatkannya sendiri bisa melalui agen travel luar negeri maupun distributor online, seperti JavaMifi. Cara beli JR Pass di melalui situs JavaMifi cukup sederhana, yakni mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Sebelumnya, Anda perlu memenuhi persyaratan terlebih dahulu, yakni wisatawan asing dengan visa turis

2. Kemudian, masuklah ke situs shop.javamifi.com pada bagian produk Japan Rail Pass

3. Gulirkan ke bawah sampai menemukan opsi “Beli di WhatsApp” karena pembeliannya nanti akan dihubungkan ke admin WhatsApp

4. Jika berhasil masuk ke WhatsApp, sekarang Anda dapat mengikuti prosedur pembeliannya dengan bimbingan admin

5. Proses pembelian melalui JavaMifi sangatlah cepat, yakni hanya 1 hari kerja dan Anda tinggal menunggu pengiriman

Selain JR Pass, JavaMifi juga memiliki produk lainnya, seperti eSIM Traveling dan Global WiFi. eSIM Traveling merupakan suatu SIM card digital pertama di Indonesia sebagai solusi internetan di luar negeri.

eSIM Traveling dapat digunakan secara langsung tanpa memerlukan SIM card fisik dengan harga sekitar Rp69.000 saat diskon. Proses pembeliannya juga sangat mudah seperti cara beli JR Pass melalui JavaMifi.

Sementara itu, Global WiFi merupakan produk JavaMifi guna memfasilitasi internet Anda selama berlibur ke Negeri Sakura dan lainnya. Dengan begitu, internetan menjadi lebih mudah menggunakan Global WiFI.

Menggunakan Japan Rail Pass, Apa Keuntungannya?

Cara beli JR Pass tidak hanya gampang, tetapi juga memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Setidaknya terdapat lima keuntungan yang menjadi alasan mengapa harus memiliki tiket satu ini.

1. Efisiensi Biaya

Keuntungan pertamanya adalah dapat mengefisiensi biaya selama berlibur, apalagi liburan ke luar negeri. Bagaimana tidak, pengguna bisa naik kereta api dan kereta cepat untuk menjelajahi Negeri Matahari Terbit tanpa batas.

Tidak hanya itu, harga beli tiketnya juga sangat terjangkau kalau melalui JavaMifi. Bahkan, para pembeli akan memperoleh banyak diskon sehingga makin menekan bujet liburan ke luar negeri.

2. Mudah Digunakan

Cara beli JR Pass memang mudah, begitu juga dengan penggunaannya karena tidak memerlukan proses panjang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir atau takut kalau memang tertarik untuk membeli produk ini.

3. Fleksibilitas

Keuntungan berikutnya ialah mengenai fleksibilitas dalam menyusun rencana perjalanan selama di Jepang. Pengguna dipersilakan membuat itinerary sebanyak mungkin dan kapan saja dalam durasi yang dipilih.

Pengguna juga tidak diharuskan membeli tiket sebelumnya sehingga memudahkannya ketika terjadi perubahan. Berbeda kalau harus membeli tiket, lalu batal, tentu akan menambah pengeluaran selama berlibur.

4. Kemudahan Akses

Para pengguna JR Pass memiliki kemudahan dalam mengakses jaringan kereta api terbesar di Jepang. Dengan demikian, Anda berkesempatan menjelajahi wisata populer hingga daerah terpencil selama di sana.

Bahkan, para pengguna dapat mengakses kereta lokal Japan Rail secara lebih mudah. Jika tidak memilikinya, Anda tidak bisa mengakses kereta lokal tersebut menggunakan tiket biasa.

5. Akses Kereta Cepat

Keuntungan lainnya ialah memiliki akses kereta cepat tercepat di dunia, yakni shinkansen. Kereta tersebut menghubungkan sejumlah kota utama di Jepang dan waktu perjalanannya jauh lebih cepat.

Menggunakan JR Pass, Begini Caranya

Setelah memahami cara beli JR Pass, tentu Anda juga perlu mengetahui panduan menggunakannya. Apalagi caranya memang tidak sekadar tap di gate elektronik selayaknya IC card biasanya.

Sesampainya di Jepang, Anda perlu menukarkan exchange order for a Japan rail melalui bagian sales office. Tempat penukaran tersebut tersebar di seluruh Negeri Matahari Terbit sehingga ada banyak pilihannya.

Berbeda dengan cara beli JR Pass, exchange order for a Japan rail harus dilakukan secara langsung. Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini sudah disajikan panduan lengkapnya.

1. Mendatangi Sales Office

Seperti sudah disinggung sebelumnya, penukaran bukti pembelian dengan tiket harus dilakukan melalui sales office. Anda perlu memastikan bahwa sales office tersebut adalah yang ditunjuk oleh Japan Railways.

Untuk memastikannya, caranya ialah mengunjungi situs resmi dari Japan Rail Pass. Pada situs tersebut, akan ditunjukkan sales office mana saja yang melayani penukaran bukti pembelian menjadi tiket.

Sales office-nya sendiri biasanya terdapat di stasiun serta bandara sehingga bisa disesuaikan dengan rencana perjalanan. Salah satu contoh tempatnya ialah JR East Travel Service Center di Bandara Haneda Terminal Internasional.

2. Siapkan Paspor

Kalau sudah sampai di sales office, serahkan exchange order sekaligus paspor agar bisa diproses oleh petugas. Paspor sendiri diperlukan dalam memvalidasi data apakah sesuai dengan exchange order atau tidak.

Penukaran exchange order memang sedikit berbeda dengan cara beli JR Pass yang bisa secara online. Walaupun demikian, jangan khawatir karena petugasnya sangat ramah serta mampu berbahasa Inggris.

3. Isi Formulir

Setelah menukarkan dokumen, sekarang petugas akan meminta Anda untuk mengisi formulir seputar data diri. Mulai dari nama, kebangsaan, kontak di Jepang, berapa lama akan tinggal, dan di mana tempat menginapnya.

4. Tentukan Masa Aktif

Selain mengisi formulir, petugas juga akan bertanya kapan Japan Rail Pass-nya ingin diaktifkan. Pemilik dapat menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan, misalnya dimulai beberapa hari ke depan saat memulai perjalanan.

5. Tunjukkan ke Petugas

Kalau sudah memperoleh tiket hasil penukaran tadi, sekarang Anda bisa menggunakannya. Jika tidak memesan kursi saat menaiki shinkansen, Anda cukup menunjukkan tiketnya ke petugas gate stasiun.

Akan tetapi, penumpang tanpa memesan kursi hanya dapat duduk di area gerbong unreserved seat. Kalau ingin memesan kursi, caranya sama mudahnya dengan cara beli JR Pass, tetapi tidak online.

• Bawalah tiketnya menuju Japan Rail Ticket Office yang ada di stasiun

• Selanjutnya, tunjukkan tiketnya kepada tugas sekaligus menyampaikan tanggal keberangkatan beserta rute perjalanan sesuai keinginan

• Nantinya petugas akan mencarikan kereta sesuai jadwal beserta rute tersebut, lalu memesan tempat duduk untuk Anda

• Setelah berhasil memesan kereta, petugas akan memberikan reserved seat ticket untuk digunakan ketika menaiki kereta

Mengeksplorasi keindahan Jepang dengan bujet lebih hemat pastinya diinginkan banyak orang. Maka dari itu, pahami cara beli JR Pass sekaligus cara menggunakannya supaya perjalanan di Jepang menjadi lebih menyenangkan.

Itinerary, Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *