7 Kiat Mempersiapkan Travel Budget untuk Liburan

Traveling tidak hanya bisa dilakukan oleh orang-orang berduit saja, tetapi kamu yang ingin liburan seru tanpa menguras biaya juga bisa melakukannya. Tidak harus punya uang banyak agar bisa traveling keliling dunia, kamu bisa mulai merencanakan menjadi solo backpacker. Pastikan saja kamu sudah menyiapkan travel budget sesuai kemampuan dan aktif berburu promo liburan menarik, ya!

Selama kamu tahu cara mengatur dan mempersiapkan travel budget murah, maka liburan lokal atau internasional tidak menjadi masalah. Tinggal siapkan agenda menyusun keuangan agar rencana liburan bisa berjalan lancar. Tidak ada cerita uang kamu menipis, anggaran membengkak atau risiko hutang menumpuk setelah selesai liburan, lho! Sebenarnya, bagaimana cara mengatur rencana anggaran liburan ini?

 

Tips Mempersiapkan Travel Budget Sejak Awal

Liburan kamu bisa berjalan lancar bila persiapan dilakukan secara matang jauh-jauh hari. Kamu wajib menyusun rencana anggaran yang menjadi bagian penting dari liburan kali ini. Baik liburan lokal atau liburan ke luar negeri, kamu harus melakukan perencanaan dengan baik. Berikut tips mempersiapkan travel budget yang bisa kamu lakukan sejak awal :

1.Menentukan rencana liburan dengan baik

Buat susunan rencana liburan dengan baik mulai penentuan tanggal liburan yang paling relevan dengan kebutuhan. Bila ingin hemat biaya liburan, sebaiknya kamu tidak memilih masa peak season, misalnya akhir tahun. Kondisi negara tujuan juga berpengaruh dengan rencana liburan yang kamu buat, misalnya Negara Jepang ramai dikunjungi pada musim semi bulan April-Mei. Tidak hanya destinasi luar negeri saja, destinasi lokal juga memiliki prinsip yang sama.

2.Menentukan destinasi wisata tujuan

Tentukan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi mulai destinasi wisata yang gratis, tempat wisata yang mematok tiket atau destinasi yang benar-benar worth it. Pemilihan destinasi wisata yang mematok harga tiket mahal sangat berpengaruh dengan rencana anggaran liburan kamu, lho! Bisa jadi travel budget lebih besar sebab kamu merencanakan masuk ke tempat wisata yang mematok tarif mahal.

3.Tentukan akomodasi transportasi

Akomodasi transportasi berupa tiket pesawat pulang pergi yang promo sangat membantu menghemat biaya. Kamu harus rajin mengikuti website maskapai penerbangan yang memberikan penawaran promo tiket tersebut. Harga tiket pesawat bisa sangat murah hingga ratusan ribu rupiah saja, meskipun kamu harus naik pesawat kelas ekonomi. Kalau ingin liburan dengan harga yang miring, kenapa tidak mencoba kesempatan ini?

Di tempat tujuan, akomodasi transportasi umum lebih murah asal kamu tahu memanfaatkan fasilitas publik tersebut. Misalnya kamu beli tiket terusan naik MTR atau Rail Pass di Jepang atau negara tujuan lain sesuai rekomendasi bepergian ala traveler berpengalaman lain.

4.Tentukan akomodasi penginapan

Mau menginap di hotel bintang kelas 3 keatas dengan biaya menginap per malam yang lebih mahal atau menginap di hostel yang lebih terjangkau, sesuaikan saja dengan rencana anggaran liburan. Akomodasi penginapan yang menawarkan diskon atau promo menarik harus kamu manfaatkan dengan baik, ya! Pastikan saja kamu memilih akomodasi penginapan yang murah, aman dan nyaman agar liburan lebih seru dan menyenangkan.

5.Buat rincian biaya makan, biaya darurat dan oleh-oleh

Jangan lupa membuat pos pengeluaran dengan baik atau kalkulasi rencana anggaran untuk biaya makan, biaya darurat atau pembatasan beli oleh-oleh di tempat wisata. Bila ingin lebih menghemat, jangan lupa untuk membawa makanan atau camilan dari rumah dalam kondisi tertentu. Makan street food yang lebih terjangkau selama liburan bisa menjadi solusi hemat traveling di mana saja, kok.

Biaya darurat harus ada untuk mengantisipasi pengeluaran ekstra yang tidak terduga selama berada di tempat wisata, ya! Punya uang tunai juga bisa menjadi pilihan untuk kebutuhan tertentu, wajib pula mengisi e-wallet, dan kartu kredit dengan limit terbatas.

6.Mencari informasi promo tiket dan diskon liburan lain

Travel budget tidak akan membengkak asal kamu memiliki konsistensi dalam mengeluarkan uang selama liburan. Asal kamu tahu cara mencari informasi promo tiket maskapai, diskon penginapan, diskon liburan pada musim tertentu, dan lain-lain, maka kamu bisa menghemat anggaran lebih besar.

Mencari informasi tempat makan murah, rekomendasi tempat wisata gratis tanpa tiket atau berbagai informasi traveling yang bermanfaat dalam menekan anggaran liburan kamu, kenapa tidak?

7.Memiliki dana cadangan dan asuransi perjalanan

Dana cadangan sangat penting sebab tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama kamu berlibur. Apalagi kamu yang berencana libur ke luar negeri, maka wajib punya tabungan lain. Jangan lupa untuk memiliki asuransi perjalanan yang bisa menekan risiko wisata seperti sakit selama traveling, bagasi hilang, kecelakaan, dan lain-lain.

Mulai Menabung Travel Budget dan Mencicil Keperluan Mulai Sekarang!

Dengan beberapa tips mempersiapkan travel budget di atas, kamu bisa mencoba melakukan perencanaan mulai sekarang. Tinggal tentukan destinasi wisata tujuan yang sudah lama kamu dambakan, kemudian kumpulkan uang untuk memulai rencana traveling tersebut. Tidak harus langsung mengeluarkan banyak uang untuk perjalanan wisata, kamu bisa mulai mencicil lebih dulu.

Kamu bisa membuat anggaran tabungan sekian persen dari gaji, bisa berburu tiket atau diskon menarik, mengajukan visa jauh hari, mulai mencicil beli mata uang asing, beli perlengkapan traveling, dan lain-lain. Dengan adanya keinginan menabung dan mencicil keperluan ini, tidak terasa travel budget kamu bisa terencana dengan baik. Kamu hanya perlu mengumpulkan uang untuk kebutuhan liburan dasar seperti beli tiket, akomodasi, biaya makan, dan beli oleh-oleh.

Yuk, persiapkan travel budget kamu mulai sekarang sesuai dengan rencana liburan! Bila kamu ingin liburan ke luar negeri dengan biaya terjangkau pun, kamu bisa mewujudkannya dengan baik. Mau liburan ala solo backpacker atau ikut open trip yang lebih praktis, sesuaikan saja dengan rencana dan selera kamu, ya!

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *