6 Larangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Traveling ke Australia

Tahukan Anda mengenai adanya larangan saat ke Australia? Negara Kanguru ini menjadi salah satu destinasi wisata paling diminati turis sedunia. Namun sebelum memutuskan untuk mengemas koper sebaiknya memahami peraturannya.

Sama seperti negara lain, Australia memiliki beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh masyarakatnya maupun turis. Hal ini tentunya berkaitan dengan keamanan negara setempat sekaligus individunya.

Sebagai orang yang ingin berlibur dengan nyaman, tentunya Anda harus mengenali seperti apa negara yang akan dikunjungi. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai peraturan Negara Kanguru.

Larangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Traveling ke Australia

Australia memang menawarkan banyak tempat indah untuk liburan sendiri maupun bersama keluarga. Tentunya didukung oleh keamanan dari negara tersebut, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa larangan ini agar liburan nyaman.

1.      Tidak Boleh Merokok Sembarangan

Tidak seperti negara barat lain, Australia memberlakukan regulasi mengenai rokok. Anda tidak bisa merokok dalam jarak 3 meter dari pintu masuk kafe atau resto mana saja.

Selain ada banyaknya tempat yang bebas asap rokok, larangan saat ke Australia selanjutnya adalah tidak membuang punting rokok sembarangan. Misalnya, membuang puntungnya ke luar jendela mobil.

2.      Larangan Bersepeda Tanpa Helm

Baik pengendara sepeda dewasa maupun anak-anak tidak boleh berkendara sepeda tanpa menggunakan helm. Jika melakukannya, Anda akan dikenai denda secara langsung oleh pihak kepolisian jalanan.

3.      Dilarang Menyela Antrean

Hal ini sebetulnya bisa diterapkan di negara mana saja termasuk Indonesia. menyela antrean panjang dianggap sebagai perilaku tidak sopan, Ini berlaku di pusat perbelanjaan, transportasi umum, di pub, dan lainnya.

4.      Dilarang Mendaki Uluru

Umumnya Uluru merupakan tempat keramat bagi suku Aborigin sehingga turis diminta untuk menghormati budaya, keinginan serta kesepakatan tidak mendakinya. Per tanggal 26 Oktober 2019, pendakian Uluru sudah ditutup secara permanen.

5.      Dilarang Meludah Sembarangan

Larangan saat ke Australia selanjutnya adalah tidak menyebarkan virus dengan cara meludah sembarangan. Selain meludah, tidak boleh bersin di dekat orang lain, setidaknya bersinlah menggunakan tisu atau siku Anda.

6.      Larangan Memberi Tip

Negara Kanguru memiliki kebijakan upah minimum yang adil kepada para stafnya, namun jika Anda ingin memberikan tip atas dasar pelayanan tentunya tidak dilarang. Hanya saja, sebagian besar tidak memberikan tipnya.

 

Patuhi Peraturan yang Ada di Australia

Sebagai turis, tentunya Anda ingin liburan tenang dan berjalan lancar. Jadi disamping memahami beberapa benda yang tidak diperkenankan serta larangan saat ke Australia, patuhi beberapa penjelasan aturan berikut ini.

1.      Regulasi Lalu Lintas

Pertama, aturan lalu lintasnya jauh lebih ketat daripada Amerika Serikat. Di negara ini bila melebihi batas kecepatan 1km/jam akan tertangkap kemungkinan dikenai denda hingga kehilangan poin dari izin mengemudi.

Secara umum, pejalan kaki akan berjalan di sebelah kiri trotoar dan jika naik escalator, sebaiknya berdiri di sisi sebelah kiri. Sisakan bagian kanan untuk orang lain apabila mereka ingin mendahului.

2.      Jangan Menyentuh Koala

Salah satu hewan kebanggaan negara ini adalah koala. Namun pemerintah New South Wales (NSW) mengeluarkan peraturan resmi berupa larangan saat ke Australia bagi seluruh masyarakat untuk tidak menyentuh koala sembarangan.

3.      Perhatikan Bendera Saat Berenang

Terdapat bendera merah dan kuning di pantai guna memberitahu pengunjung bahwa area tersebut aman, pemasangan bendera tersebut dilakukan oleh penjaga pantainya. Pantai-pantainya memiliki arus kuat sehingga bendera akan berganti sepanjang hari.

4.      Hindari Berkendara di Malam Hari

Sebisa mungkin hindari berkendara di malam hari, hal ini tidak menjadi larangan saat ke Australia. Tetapi pada malam hari, hewan liar jauh lebih aktif bahkan hingga turun ke jalanan.

5.      Hormati Suku Aborigin

Salah satu cara bersikap sopan pada warga lokal adalah dengan tidak mengolok suku Aborigin. Meski tidak memahami budaya mereka, pahami bahwa ada banyak kenyataan pahit yang pernah mereka hadapi.

Panduan Travelling Aman di Australia

Dengan adanya larangan saat ke Australia tidak menjadikan para turis enggan mendatanginya. Keindahan pantai, keberagaman hewan, hingga budaya yang menarik menjadikan Australia sebagai destinasi liburan terbaik.

Jika Anda belum pernah mengunjungi negara Kanguru tersebut, sebaiknya menyimak panduan travelling aman yang tepat berikut ini. Supaya perjalanan liburan tetap nyaman, berkesan, dan menyenangkan

1.      Mengetahui Waktu Berangkat yang Tepat

Perlu diketahui Australia memiliki empat musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Bila ingin nyaman berlibur sebaiknya kenali dulu musim-musimnya dan jangan lupa memperhatikan musim puncak.

2.      Perhatikan Durasi Liburan

Dalam hal ini, menyewa travel agen profesional bisa menjadi alternatif terbaik bahkan guide-nya akan memberitahu apa saja larangan saat ke Australia. Kehadiran travel agen dapat meningkatkan efisiensi liburan.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi Anda menghitung durasi liburan sebab ada kaitannya dengan pekerjaan, sekolah, kuliah, atau kesibukan lain. Idealnya, Anda melakukan perjalanan tujuh sampai 14 hari.

3.      List Destinasi Terbaik Lebih Dulu

Sebagai orang yang belum pernah berkunjung ke negara ini pasti ingin menjelajah semua tempat. Namun Anda juga bisa mengikuti 10 daftar tempat wisata paling ikonik berikut ini:

·   Great Barrier Reef dan Hutan Hujan Daintree.

·   Pantai di Sydney.

·   Uluru (Batu Ayres).

·   Great Ocean Road di Melbourne.

·   Margaret River di Perth.

·   Pulau Kanguru di bagian selatan.

·   Kakadu National Park.

·   Hobart di Tasmania.

·   Gold Coast.

·   Byron Day di New South Wales Utara.

Pengalaman Wisata di Australia Meski Ada Beberapa Larangan

Setelah memahami berbagai larangan saat ke Australia disertai panduannya, tidak menutup kemungkinan Anda membutuhkan testimoni berwisata dengan lancar. Berikut ini pembahasan mengenai pengalaman wisata tanpa melanggar aturan setempat.

1.      Berjemur Bersama Kanguru

Kegiatan ini dapat dilakukan di Pantai Lucky Bay, Cape Le Grand National Park. Ada sejumlah kanguru dan ikan pari meramaikan hamparan pasir putih. Tetapi jangan sampai menyentuh hewan secara sembarangan.

2.      Mengunjungi Cradle Mountain

Gunung Cradle memiliki hewan berkantung besar yaitu si pemakan daging terkenal, Tasmanian devil. Tempat ini merupakan cagar alam pelestarian yang menawarkan tur siang maupun malam hari.

3.      Sejarah di First Nations

First Nation terletak di Red Centre, yaitu jantung spiritual Australia. Tempat ini kaya akan budaya Aborigin dan 36 formasi berbentuk kubah sebagai tempat sakral suku Anangu.

Pemandu akan memberikan Anda pengalaman mengikuti suku Aborigin untuk menyelami kehidupan tradisonal mereka. Pada bulan tertentu, turis bahkan bisa makan malam di bawah taburan bintang.

4.      Berenang Bersama Satwa Laut Unik

Ada salah satu larangan saat ke Australia adalah berenang sendirian di pantai liar. Justru di Queensland Anda bisa mendapatkan pengalaman berenang bersama hiu, paus, penyu, hingga singa laut secara aman.

5.      Menaiki Balon Udara di Canberra

Anda bisa menikmati pemandangan kota dari udara untuk merasakan keseruan liburan berupa lahan rimbun, danau Burley Griffin, arsitektur, monument, patung, hingga Parliament House melalui balon udara.

6.      Memanjat Jembatan Harbour

Bagi Anda yang menyukai wisata ekstrim, bisa mencoba memanjat Jembatan Harbour di Sydney. Pemandangan yang bisa dilihat adalah Sydney seperti gedung pencakar laingit, kapal feri, laut, bahkan Opera House.

 

Ingin berlibur ke negara Australia tetapi masih bingung dengan koneksi WiFi? Solusinya ada di JavaMiFi. Kami bisa membantu Anda tetap terkoneksi sampai 5 device tanpa batasan kuota.

Jaringan Global WiiFi bisa connect hingga 200 lebih negara dengan keunggulan dapat switch connection ke jaringan paling bagus ketika sinyal daerah kurang kuat. Bila mengalami kendala, customer support kami support 24jam.

Selain itu, tersedia eSIM andalan para solo traveler. Keunggulan eSIM Anda tetap bisa tethering, langsung connect tanpa harus ganti kartu, dan langsung tersambung ke jaringan paling kuat saat sinyal melemah.

Liburan akan terasa sangat menyenangkan bila dapat mengakses internet dengan mudah bersama JavaMiFi. Jangan khawatirkan larangan saat ke Australia, segera gunakan JavaMiFi untuk koneksi lebih baik.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *