Rekomendasi Makanan Khas Perancis yang Wajib Kamu Coba 

Sebagai negara maju di dunia, Perancis memiliki ibukota bernama Paris yang menjadi salah satu kota romantis di dunia. Alhasil, tidak heran bila banyak pasangan yang ingin bulan madu dan menikmati keindahan kota yang mendapat julukan The City of Love ini. 

Selain terkenal akan keindahan kota dan tata letak bangunannya. Perancis juga memiliki banyak harta karun berupa sajian kuliner yang unik dan menggugah selera, lho! Beberapa rekomendasi makanan khas Perancis berikut ini bisa dijadikan sebagai pelipur lara bila kamu belum punya kesempatan terbang ke Paris.

7 Makanan Khas Perancis yang Menggugah Selera

Saat menikmati makan malam di restoran dengan penyajian menu western atau restoran khusus Perancis, kamu bisa mencoba ragam menu yang menggugah selera. Bila Ingin menikmati makanan yang benar-benar nikmat ala Perancis, maka berikut rekomendasi makanan yang bisa dipesan bersama pasangan atau keluarga:

  • Escargot

Escargot
Escargot

Menu makanan pertama yang harus kamu cicipi adalah escargot. Ya, menu yang sangat populer di Perancis bahkan di berbagai belahan dunia ini terbuat dari daging bekicot atau siput. Kelezatan escargot berasal dari tekstur kenyal dari daging bekicot dipadukan dengan butter, bawang putih dan penyedap rasa. Tidak heran kalau escargot dibandrol harga cukup mahal di restoran mewah Perancis di Indonesia. 

Kalau berkunjung ke restoran Perancis asli yang menawarkan menu escargot pun, harga enam bekicot yang sudah dimasak menjadi escargot bisa mencapai 300 ribu rupiah, lho! 

Kalau kamu suka menu makanan yang unik dan menantang, maka tidak ada salahnya mencoba citarasa escargot, ya! Toh, escargot dianggap memiliki kandungan gizi, protein dan asam amino cukup tinggi untuk mendukung kesehatan.

  • Ratatouille

Ratatouille
Ratatouille

Makanan khas Perancis yang rugi bila tidak dicoba adalah ratatouille. Sebenarnya, sejarah makanan ini dianggap sebagai makanan  khas petani pada musim panas waktu itu. Sayur-sayuran akan dibumbui, dipanggang dan dikonsumsi bersama roti, nasi atau kentang dengan variasi bumbu yang enak. 

Meski dianggap sebagai makanan rakyat miskin dulu, kini ratatouille merupakan salah satu penutup makanan favorit banyak orang. 

  • Coq Au Vin

Coq Au Vin
Coq Au Vin

Tidak perlu ke Perancis kalau hanya ingin menikmati makanan utama ini sebab kamu bisa mencobanya di restoran Perancis di Indonesia. Coq Au Vin sendiri merupakan menu ayam yang dimasak dengan wine lokal Perancis, lardon, jamur, dan bawang putih. Biasanya menu makanan ini dikonsumsi dengan pasta, kentang rebus, nasi, atau tambahan menu lain sesuai selera saja. 

Soal harga, tentu kamu harus merogoh kocek agak dalam sebab proses memasak Coq Au Vin lama untuk menghasilkan bumbu yang meresap ke dalam daging ayam. Meskipun demikian, harga yang perlu dibayar sebanding dengan citarasa makanan Perancis ini. 

  • Foie Gras

Foie Gras - makanan khas perancis by andynug
Foie Gras – makanan khas perancis

Dikenal sebagai makanan khas yang telah ada sejak abad pertengahan di Perancis, foie gras memiliki citarasa yang sangat lezat. Hal ini dikarenakan bahan utama makanan yang memiliki sejarah tua di Eropa terbuat dari hati angsa. 

Lemak dalam hati angsa membuat citarasa semakin kaya, kemudian proses memasak yang dipadukan dengan bumbu khas membuat foie gras memiliki harga yang sangat mahal. Satu porsi foie gras bisa dibanderol lebih dari 500 ribu rupiah, lho! 

  • Soupe A L’oignon

Soupe A L'oignon
Soupe A L’oignon

Merupakan jenis makanan yang terbuat dari bahan kaldu sapi, kemudian ditambahkan bumbu bawang putih, keju parut dan  daging ayam. Citarasa makanan khas berbentuk sup ini memiliki tekstur kental dan gurih. Tidak heran bila semangkuk sup khas Perancis cocok dijadikan menu sarapan dengan tambahan garlic bread yang lezat. Menikmati pemandangan kota Paris sambil sarapan soupe a l’oignon, kenapa tidak? Kalau tidak bisa ke Paris, cukup nikmati seporsi sup khas Perancis di restoran Perancis yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, ya!

  • Boeuf Bourguignon

Boeuf Bourguignon
Boeuf Bourguignon

Jenis makanan khas dari Perancis berikutnya yang perlu kamu coba adalah boeuf bourguignon. Makanan ini terbuat dari bahan utama daging sapi yang memiliki bumbu khas atau memiliki penampakan yang hampir sama dengan rendang khas Indonesia. Namun, kamu harus tahu bahwa makanan yang berasal dari daerah Burgundy, Perancis ini terbuat dari daging tenderloin yang sangat empuk dan minim kandungan lemak.

Metode memasak memakai red wine, kemudian dicampur dengan bumbu bawang putih, bawang bombay, bouquet garni, pearl union, dan jamur pada proses akhir memasak makanan khas Perancis ini. Sebagai makanan dengan citarasa paling lezat di dunia, boeuf bourguignon merupakan salah satu menu mahal di restoran mewah Perancis. 

  • Crème Brulee

Untuk hidangan penutup, kamu bisa memilih menu creme brulee yang terbuat dari bahan susu, vanilla dan buah-buahan segar. Menu yang dimasak pakai oven ini terkenal dengan citarasa yang manis dan segar. 

 

Selain berbagai hidangan di atas, sebenarnya masih ada makanan khas perancis lain yang juga tidak kalah istimewa. Untuk hidangan penutup misalnya, kamu bisa pesan crepes yang renyah, croissant dengan isian bervariasi sesuai selera atau baguette yang cukup terkenal. 

Nah, apakah kamu punya rencana dinner istimewa bersama pasangan di restoran bintang lima di Jakarta? Atau justru punya agenda bulan madu ke Perancis? Jangan lupa untuk mencicipi menu lokal Perancis yang mendunia dengan citarasa istimewa di atas, ya!

Cullinary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *