Tips Backpacker ke Hongkong untuk Traveler Pemula

Hongkong merupakan salah satu destinasi favorit bagi para backpacker dari Indonesia. Jarak yang tidak terlalu jauh, biaya hidup yang relatif murah, serta fasilitas memadai menjadi beberapa alasan kenapa negara yang ada di sebelah utara Khatulistiwa tersebut selalu ramai dikunjungi.

Berikut ini merupakan beberapa tips backpacker ke Hongkong bagi traveler pemula yang bisa kamu gunakan sebagai referensi jika tertarik untuk pergi kesana.

Tips Backpacker ke Hongkong untuk Traveler Pemula

1.Mencari Promo Tiket Pesawat

Backpacker selama ini identik dengan liburan sederhana tanpa menghabiskan banyak biaya. Jadi, jika kamu ingin lebih hemat jangan lupa untuk berburu tiket pesawat murah yang biasa diberikan oleh maskapai penerbangan.

 

Seperti kita ketahui, tiket merupakan salah satu variabel biaya paling mahal ketika kita melakukan perjalanan, sehingga jika kita bisa mendapatkan harga promo maka budget yang dibutuhkan tidak akan terlalu besar.

 

Untuk bisa mendapatkan tiket promo sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan memilih jadwal penerbangan di hari biasa (bukan weekend), memilih maskapai penerbangan tertentu, hingga melakukan pencarian harga tiket pada jam-jam longgar seperti tengah malam. 

 

2.Membuat Itinerary

menyusun travel budget by andynug (1) (2) (1)
menyusun travel budget by andynug

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting yakni kamu harus membuat itinerary atau jadwal perjalanan. Meskipun aktivitas backpacking identik dengan perjalanan yang tidak terjadwal, namun kamu tetap harus memiliki rencana yang matang untuk memprediksi pengeluaran serta lama waktu perjalanan.

 

Lantas, bagaimana cara membuat itinerary yang baik dan benar? Kamu tidak perlu khawatir, karena pada artikel sebelumnya kami telah membuat contoh itinerary liburan di Hongkong selama 4 hari 3 malam. Kamu bisa membacanya di sini.

 

3.Tidak Perlu Mengurus Visa

Tahukah kamu jika Hongkong merupakan salah satu negara yang memberikan kebijakan bebas Visa untuk warga negara Indonesia? Ya, kebijakan tersebut sampai sekarang masih berlaku sehingga jika kamu ingin liburan dengan durasi dibawah 30 hari tidak harus mengurus Visa ke bagian imigrasi.

 

Sebagai backpacker, hal ini tentu menjadi kabar baik, karena sedikit banyak bisa menghemat biaya pengurusan Visa dan menggunakan budget tersebut untuk keperluan lain, seperti oleh-oleh atau membeli paket internet.

 

4.Membawa Barang Sesuai Keperluan

Ingat, tujuan kamu ke Hongkong adalah untuk liburan bukan pindah rumah. Jadi, sebaiknya bawa barang seperlunya saja. Gunakan informasi dari itinerary yang sudah dibuat sebelumnya untuk memperkirakan kebutuhan baju dan perlengkapan lainnya. Upayakan barang-barang bawaan tersebut bisa muat dalam satu tas besar sehingga kamu tidak perlu menitipkannya ke bagasi.

 

5.Menukar Mata Uang 

Memiliki mata uang yang sesuai dengan negara tujuan adalah salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan ketika kamu melakukan traveling secara Internasional. Di Hongkong sendiri menggunakan mata uang Dollar Hong Kong (HKD). Kursnya sendiri untuk 1 HKD sekitar Rp 1.880.

 

Untuk mendapatkan nilai tukar yang lebih tinggi, kamu bisa mengunjungi money changer atau jasa penukaran mata uang asing yang ada di Indonesia. Karena jika menukarnya ketika sudah berada di Hongkong nilai tukarnya bisa lebih rendah.

 

6.Mencari Penginapan yang Sesuai Budget

Ada banyak opsi penginapan yang bisa dipilih ketika kamu backpacker ke Hongkong. Mulai dari kamar sederhana, hotel, hingga villa. Tips dari kami, pilihlah penginapan yang sesuai budget dan kebutuhan. Untuk backpacker sendiri biasanya memilih hotel dengan kamar sederhana dengan tarif rata-rata sekitar Rp300 ribu sampai Rp500 ribu per malam.

 

Dengan harga tersebut, minimal kamu sudah mendapatkan bed yang nyaman, kamar mandi, serta suasana yang nyaman ala fasilitas hotel bintang 3 di Indonesia.  

 

7.Selektif Dalam Mengkonsumsi Makanan

Tips berikutnya yakni soal makanan. Apa artinya melakukan perjalanan ke negara lain jika kita tidak sempat mencicipi kuliner lokal, bukan begitu? 

 

Namun, bagi kamu yang memeluk agama Islam harus ekstra hati-hati dalam memilih jenis hidangan. Pasalnya, ada banyak menu di Hongkong yang menggunakan bahan-bahan tidak halal dalam proses pembuatannya.Jika kamu merasa ragu-ragu, kamu bisa menanyakan hal ini ke penjualnya langsung. 

 

Sebagai informasi, beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan makanan halal di Hongkong sendiri ada di kawasan Masjid Ammar atau Chungking Mansion.

 

8.Pasang Aplikasi Kamus Online

Untuk mempermudah dalam berinteraksi dengan warga lokal, tidak ada salahnya jika kamu juga memasang aplikasi kamus online di smartphone. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa mayoritas warga Hongkong kurang fasih menggunakan bahasa Inggris dan lebih banyak memakai bahasa Mandarin. 

 

Kehadiran aplikasi kamus online tentu bisa meminimalisir terjadinya salah paham jika kamu mencoba untuk menawar barang atau memesan makanan di restoran.

 

9.Siapkan Akses Internet

rekomendasi wifi portable
rekomendasi wifi portable

Terakhir dan yang juga tidak kalah penting adalah menyiapkan akses internet. Di era digital seperti sekarang, akses internet sangat vital karena menjadi sarana komunikasi serta hiburan. Agar aktivitas backpacking lebih lancar, kamu bisa menyiapkan layanan WiFi portable dari Javamifi yang memiliki ketahanan baterai hingga 7 jam. 

 

Selain itu, perangkat WiFi portable ini juga ringan dan mudah dibawa bepergian. Kamu bisa memasukkannya ke saku celana, jaket, atau ransel untuk mengakomodir kebutuhan akses internet selama melakukan perjalanan keliling Hongkong. Sangat menarik, bukan?

 

Nah, itulah tips backpacker ke Hongkong yang bisa kamu jadikan sebagai panduan. Sebagai traveler pemula, sebaiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk berangkat. Karena ketika tiba di lokasi tujuan, biasanya ada banyak hal yang harus diketahui.

 

Semoga perjalananmu menyenangkan ya!

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *