7 Tempat Bersejarah di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Liburan tidak melulu soal refreshing dan senang-senang, tapi kamu juga bisa sambil belajar terkait sejarah masa lalu yang pernah dibuat oleh nenek moyang. Wisata dengan mengunjungi tempat bersejarah di dunia kini juga tidak hanya ditujukan untuk kalangan tertentu, karena sudah banyak paket tour yang menggabungkan perjalanan wisata sejarah dengan sentuhan modern sehingga lebih menarik bagi generasi muda.

 

Nah, untuk memudahkan kamu dalam memilih lokasi wisata sejarah, di artikel kali ini sudah kami siapkan daftar 7 tempat bersejarah di dunia yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata. Penasaran dengan isi pembahasannya? Yuk, langsung saja kita simak bersama-sama di bawah ini!

7 Tempat Bersejarah di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak tempat bersejarah di dunia yang bisa kamu pilih untuk didatangi. Namun, jika kamu punya budget dan kesempatan untuk keliling dunia, setidaknya kamu harus mengunjungi salah satu dari tempat berikut ini.

1.Piramida Giza di Mesir

Tempat bersejarah pertama yang masuk dalam daftar rekomendasi kali ini adalah Piramida Agung Giza yang berada di Mesir. Sebagai informasi, Piramida yang notabene merupakan makam raja atau firaun ini sudah lama menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia versi UNESCO. Jadi, kamu tidak perlu ragu akan nilai sejarah serta pengalaman yang bisa didapatkan dengan berkunjung ke tempat ini.

 

Jika kamu tertarik untuk berkunjung, tiket masuk ke Piramida Giza sendiri dijual hanya dua kali sehari, yakni pada pukul 08.00 dan 13.00 waktu setempat. Sementara jika kamu tidak kebagian jadwal pembelian tiket, bisa datang di hari berikutnya atau mengunjungi piramida lain yang tidak jauh dari lokasi.

2.Taj Mahal di India

Di bangun pada era 1600-an, Taj Mahal adalah salah satu tempat bersejarah di dunia yang proses pembangunannya didasari oleh cinta. Ya, bangunan Taj Mahal hadir sebagai bukti cinta dari Kaisar Mughal kepada istrinya bernama Mumtaz Mahal yang tidak lekang oleh waktu.

 

Sama seperti Piramida Giza, kemewahan dan bukti sejarah dari bangunan Taj Mahal juga membuat UNESCO menobatkannya sebagai salah satu dari keajaiban dunia. 

3.Stonehenge di Inggris

Jika kamu tertarik dengan teori konspirasi dan mistis maka Stonehenge menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Tempat bersejarah yang lokasinya berada di Inggris tersebut sampai sekarang masih menyisakan misteri terkait fungsi, asal usul, dan cara membangunnya.

 

Berdasarkan hasil penelitian dari para ahli, terdapat satu fakta menarik bahwa material batu yang digunakan untuk membentuk pilar-pilar bangunan tersebut berasal dari Wales. Bahkan dengan teknologi modern seperti sekarang, para peneliti masih belum bisa menemukan teori bagaimana batu-batu tersebut bisa sampai ke Salisbury, daerah lokasi Stonehenge berada.

 

Perlu diketahui, saat ini pengunjung ataupun wisatawan sudah tidak bisa lagi masuk kedalam area lingkaran batu-batu Stonehenge. Akan tetapi, walaupun lokasi tersebut kini sudah dipagari kamu masih bisa berjalan-jalan di sekitar situs untuk mendapatkan suasana pra sejarah yang sudah ribuan tahun lalu terjadi.

4.Colosseum di Italia

Colosseum merupakan salah satu bukti otentik dari kepiawaian para arsitektur di masa lampau. Bangunan bersejarah yang ada di Roma, Italia tersebut kini menjadi tempat ikonik yang menceritakan kemasyhuran bangsa Romawi ribuan tahun lalu.

 

Berdasarkan perkiraan, pada zaman dahulu Colosseum yang kerap digunakan sebagai arena pertunjukan bisa menampung hingga 5 ribu orang. Adapun beberapa contoh atraksi yang biasa digelar di sini antara lain meliputi, pertunjukan gladiator, pertarungan hewan buas, acara kekaisaran, hingga eksekusi terhadap pelaku kejahatan.

 

Kendati sudah dibangun sejak zaman Romawi, sampai detik ini Colosseum masih bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata bersejarah dunia.

5.Tembok Besar China (The Great Wall) di China

The Great Wall of China atau Tembok besar China adalah salah satu keajaiban dunia yang struktur bangunannya bisa dilihat dari luar angkasa. Bangunan yang memiliki fungsi untuk kepentingan militer tersebut punya panjang hingga ribuan kilometer membentang dari seluruh wilayah di dataran Tiongkok.

 

Proses pembangunan Tembok Besar China sendiri memakan waktu sangat lama, yakni mencapai 2,000 tahun sebelum akhirnya dinyatakan selesai pada tahun 1644. Bagi kamu yang belum tahu, material yang digunakan sebagai perekat batuan Tembok Besar China dipercaya tidak menggunakan semen seperti bangunan pada umumnya. Melainkan dengan bahan telur serta tepung beras.

 

6.Patung Liberty di Amerika Serikat

Siapa sih yang tidak tahu dengan patung Liberty. Bangunan bersejarah yang ada di Amerika Serikat tersebut menjadi ikon dunia karena dianggap mencerminkan kehidupan baru bagi para pendatang.

 

Asal usul dari Patung Liberty sendiri sebenarnya merupakan hadiah dari Perancis untuk memperingati 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat. Maka dari itu, tidak heran jika selain ada di dekat Pulau Ellis Amerika Serikat, patung ini juga bisa ditemukan di Perancis.

 

7.Menara Eiffel di Perancis

Bicara soal tempat bersejarah tentu tidak bisa dilepaskan dari Menara Eiffel. Bangunan yang pertama kali diresmikan pada tahun 1889 tersebut sampai sekarang menjadi salah satu ikon kota Paris yang bisa menarik jutaan wisatawan dari seluruh dunia.

 

Perlu diketahui, Menara Eiffel dibangun menggunakan 18,083 potongan besi yang saling terkait dengan desain yang sangat modern. Jadi, tidak heran jika keindahannya dijadikan sebagai simbol romantis bagi banyak pasangan.

 

Itulah 7 tempat bersejarah di dunia yang bisa dijadikan sebagai lokasi liburan. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen serta segala perlengkapan traveling yang dibutuhkan ya!

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *