Makanan Kolumbia Paling Enak, Pecinta Kuliner Wajib Coba

Membahas tentang makanan Kolumbia sebagai negara yang tidak terkenal dengan kulinernya. Ternyata menjadi daya tarik tersendiri karena ada banyak jenis makanan enak yang bisa dicoba selama berlibur ke Kolumbia.

Sebagai negara yang memiliki aneka ragam budaya menyebabkan ada banyak budaya baru di negara ini. Kebudayaan yang beragam seperti tradisi, berbagai perayaan, sajian dan banyak lainnya.

Bagi pecinta kuliner sangat wajib untuk mengunjungi Kolumbia yang terkenal dengan olahan makanan tradisional khas sana. Anda akan disuguhkan aneka makanan lezat dan tidak ditemui di negara lainnya, jadikan negara ini sebagai negara tujuan yang akan dikunjungi.

makanan Kolumbia

Makanan Tradisional Khas Kolumbia Terkenal Kelezatannya

Penasaran dengan apa saja sajian tradisional yang khas dari Kolumbia, silahkan simak beberapa rekomendasi makanan untuk dicoba jika berlibur ke sana.

1. Ajiaco

Mungkin Anda pernah mendengar tentang Ajiaco yang merupakan sebuah sup asli dari Kolumbia. Sebagai salah satu makanan Kolumbia populer terutama di ibukota Bogota juga bisa ditemukan di negara lainnya seperti Peru dan Kuba.

Sup ini teruat dari bahan utama ayam dipadukan dengan bahan lain seperti jagung, kentang dan juga bumbu khusus. Bumbu tersebut terbuat dari tanaman Galinsoga Parviflora sehingga rasa dari sup ini memiliki rasa khas dan semakin unik untuk dicoba.

Meskipun banyak ditemukan di Kolumbia ternyata sup ini tidak diketahui secara pasti darimana asalnya, sehingga masih menjadi perdebatan sampai saat ini.

2. Changua

Selain Ajiaco masih ada sup lainnya yang sangat populer yaitu Changua dan direkomendasikan untuk para wisatawan. Sup Changua ini terkenal di area pegunungan khususnya daerah Boyaca, pegunungan Andes Kolombia, Bogota dan Cundinamarca.

Changua merupakan makanan Kolumbia yang terbuat dari bahan susu, rebusan telur dimasak secara khusus dan air. Agar memberikan rasa berbeda dengan kebanyakan sup pada umumnya akan ditambahkan keju sehingga semakin nikmat.

Saat ini berbagai tambahan pada Changua juga menarik untuk dicoba seperti tambahan ayam, roti dan launnya. Biasanya Changua sangat cocok dimakan pada saat pagi hari dan direkomendasikan untuk dijadikan sebagai menu sarapan.

3. Arepa

Arepa adalah salah satu makanan Kolumbia yang direkomendasikan dan sangat populer di negara tersebut. Arepa merupakan sajian roti yang terbuat dari bahan utama tepung jagung atau tapioka dan dijadikan sebagai makanan sehari-hari masyarakat lokal.

Roti ini kerap kali disajikan dengan beberapa bahan tambahan lain seperti susu kental manis, keju, daging sapi, daging ayam, olahan makanan lain dan alpukat.

Arepa sendiri termasuk sebagai makanan kuno yang sudah ada sejak jaman dulu dan diturunkan dari masa ke masa. Bahkan sejak dari masyarakat asli Indian sampai akhir masa penjajahan Spanyol dan diwariskan sampai sekarang.

4. Cazuela de Mariscos

Satu lag makanan Kolumbia yang direkomendasikan untuk Anda coba yaitu Cazuela de Mariscos. Kuliner ini terbuat dari bahan utama seafood dan sangat populer di negara tersebut sebagai makanan favorit warga lokal.

Kolombia menjadi salah satu negara penghasil olahan laut terbesar terbuat dari udang, kerang, santan, lobster, cumi-cumi, cream, pasta tomat, bawang bombay dan bumbu rahasia.

Sudah menjadi rahasia umum kalau seafood segar sangat nikmat dipadukan dengan berbagai bumbu khusus. Tidak heran jika Cazuela de Mariscos sangat banyak dicari oleh para pecinta kuliner baik masyarakat sekitar maupun para wisatawan asing.

5. Empanada

Makanan Kolumbia yang khas dan diolah secara tradisional berbahan dasar tepung jagung berwarna kuning. Biasanya dimasak dengan cara digoreng dengan isian daging bisa daging sapi, daging babi, daging ayam bahkan ada juga berbagai campuran daging.

Biasanya didalam isian tersebut ditambahkan keju dan kentang yang sudah dimasak sebelumnya. Agar semakin nikmat bisa dimakan bersama saos pedas agar menambahkan rasa pedas yang nikmat.

6. Sancocho

Kolumbia menjadi negara yang menawarkan aneka jenis sup dengan berbagai isian berbeda menarik untuk dicoba. Sup sangat nikmat dinikmati untuk sarapan di berbagai cuaca apalagi pada musim dingin sesuai musim di Kolumbia.

Sancocho banyak dicari para wisatawan dari negara lain sebagai makanan Kolumbia paling populer. Sacocho juga hidangan sup yang terbuat dari bahan pisang raja hijau, jagung rebus, arracha atau umbu, ayam, kentang kreol, alpukat dan juga nasi.

Jangan lupa sebelum Anda pulang coba terlebih dahulu resep masakan khas negara tersebut yang terkenal paling enak.

7. Fritanga

Apakah beberapa rekomendasi makanan Kolumbia diatas sudah Anda coba semua? Jangan khawatir karena masih ada rekomendasi lain yaitu Fritanga terbuat dari bahan daging sapi, sosis, kentang dan pisang raja.

Menariknya ada banyak restoran menyajikan menu ini dan bisa dimakan bersama-sama karena porsinya cukup melimpah. Karena Fritanga tidak memiliki resep khusus maka bisa menambahkan bahan-bahan sesuai keinginan.

Ada juga Fritanga yang menggunakan bahan daging seperti daging ayam dan daging babi diolah secara digoreng. Ditambahkan bumbu khusus seperti peterseli cincang, chimichurri dan juga saus tomat berwarna hijau.

Menjadi hidangan sederhana yang sering disiapkan untuk akhir pekan sehingga cocok untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman-teman. Nikmati Fritanga bersama dengan bir atau air panela tradisional untuk sensasi berbeda.

8. Rondon

Rondon memiliki kisah tersendiri yang pada jaman dulu harus dimasak kemudian hanya bisa dikonsumsi oleh para pria saja. Hal ini disebabkan karena Rondon memiliki manfaat untuk meningkatkan kejantanan kaum adam.

Rondon juga termasuk ke dalam salah satu sup terkenal yang terbuat dari kombinasi bekicot dan fillet ikan. Disajikan dengan tambahan pisang raja matang dan juga yucca menawarkan cita rasa sedikit unik.

Semua bahan tersebut dimasak menjadi satu dengan tambahan santan serta merica sehingga memberikan rasa hangat. Persiapan dari pembuatan sajian ini adalah dengan melunakkan setiap bahannya agar bisa tercampur sempurna menjadi sebuah sup.

Ada versi Rondon khusus sebagai makanan Kolumbia yaitu dengan menggunakan daging babi pada restoran tertentu. Jadi bagi Anda yang non muslim silahkan cek terlebih dahulu jenis daging apa digunakan agar tidak salah menentukan pilihan.

9. Tamal

Tamal sebenarnya sangat mudah ditemukan di berbagai negara Amerika salah satunya yaitu Kolumbia. Tamal atau Tamale terbuat dari adonan jagung dengan isian bervariasi seperti buncis, telur, daging, ayam, bacon dan lainnya).

Cara menyajikannya yaitu dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang kemudian direbus terlebih dahulu. Namun ada pula yang menyajikan dengan cara dipanggang menggunakan api kecil sehingga menghasilkan rasa sangat istimewa.

Tamal menjadi makanan Kolumbia sumber energi terbaik yang bisa dikonsumsi para wisatawan agar lebih bersemangat menjelajah berbagai objek wisata.

10. Bandeja Paisa

Makanan asli tidak boleh dilewatkan lainnya yaitu Bandeja Paisa yang tidak kalah populer dengan makanan-makanan lainnya. Bandeja Paisa disajikan dalam satu loyang besar berisi kacang merah, telur, nasi, daging sapi, daging babi, alpukat, lemon, sosis dan hogao.

Bandeja Paisa berasal dari campuran antara budaya asli dengan kolonial Spanyol dan juga pendatang pada abad ke 19. Jadi tidak heran jika perpaduan dalam satu nampan tersebut sangat beragam dengan ukuran porsi besar.

Nikmati liburan keluar negeri dengan lebih nyaman dengan menggunakan produk Javamifi untuk kemudahan akses internet. Apapun informasi tentang makanan Kolumbia, objek wisata dan informasi lain akan semakin mudah didapatkan.

Cullinary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *