Perbedaan MiFi dan WiFi beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan zaman yang semakin canggih membuat masyarakat hidup lebih mudah dan praktis. Dengan adanya internet dewasa ini, komunikasi perseorangan, kelompok dan bisnis bisa semakin berkembang. Sebagai masyarakat yang hidup di era digital, kamu pasti memakai internet untuk kemudahan aktivitas sehari-hari. Bila kamu pakai internet kuota sebelumnya, maka perlu mengetahui perbedaan MiFi dan WiFi sebelum pasang di rumah.

Pengertian MiFi dan WiFi serta Perbedaannya 

MiFi kepanjangan dari kata My WiFi yang berarti sebuah brand yang diklaim Novatel Wireless atau perusahaan operator selular, tapi ada pula pengamat yang mengatakan bahwa MiFi merupakan singkatan dari Mini WiFi Router. Sedangkan WiFi kependekan dari Wireless Fidelity atau jaringan internet tanpa kabel yang banyak ditemukan di perumahan, perkantoran dan area umum lain. 

Perbedaan MiFi dan WiFi dirangkum sebagai berikut :

  • Perangkat yang dipakai 

MiFi memakai modem yang dilengkapi baterai portable untuk memudahkan akses internet sama seperti WiFi, sedangkan WiFi merupakan jaringan nirkabel. 

  • Jaringan 

Bila MiFi memanfaatkan data dari penyedia data atau operator seluler, maka WiFi merupakan router sementara yang biasanya menghasilkan data dengan biaya bulanan tertentu.

  • Komponen 

MiFi merupakan gabungan dari modem dan router WiFi sedangkan WiFi hanya perangkat router yang mampu menghasilkan konektivitas data. 

Kelebihan dan kekurangan MiFi dan WiFi

Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan MiFi dan WiFi yang bisa kamu jadikan referensi sebelum pasang di rumah atau kantor yaitu:

javamifi yang mudah dikembalikan

  • Keunggulan dan kekurangan MiFi

MiFi memiliki deretan keunggulan yang menarik dibandingkan WiFi mencakup berikut :

  • Kepraktisan

Bentuk yang sangat simpel dan mudah dibawa ke mana-mana membuat MiFi sangat cocok dibawa traveling.

  • Kemampuan menerima dan mengirimkan sinyal yang baik

Kelebihan modem MiFi yang bisa kamu bawa ke mana-mana tentu mampu menerima dan mengirimkan sinyal maksimal sesuai dengan jaringan operator selular. Tentu setiap merek MiFi menawarkan kelebihan yang relevan dengan kebutuhan, misalnya daya tangkap konektivitas dan jumlah user yang bisa memakai data tersebut. Tentu kamu yang membawa ponsel atau laptop ke mana saja, bakal lebih mudah akses internet yang tidak terjangkau WiFI.

  • Tidak memakai listrik

Hal ini dikarenakan perangkat MiFi tidak butuh akses listrik selama pemakaian, asal baterai modem kamu dalam kondisi penuh. 

  • Bisa hemat baterai ponsel atau laptop

Kamu yang harus bepergian atau bekerja di luar rumah perlu modem MiFi untuk menghemat baterai ponsel atau laptop. 

Selain memiliki beberapa keunggulan, tentu modem MiFi tetap memiliki kekurangan yaitu :

  • Daya baterai cepat habis 

Bila dipakai untuk banyak perangkat yang tethering, maka daya baterai modem MiFi bisa cepat habis. Biasanya daya baterai MiFi hanya bertahan 4-5 jam tergantung spesifikasi merek yang kamu beli. 

  • Tidak memiliki fitur fast charging 

Tidak seperti ponsel yang kekinian, pengecasan daya MiFi bisa berlangsung lebih lama tanpa adanya fitur fast charging.

  • Harga

Memang harga modem MiFi lebih mahal, apalagi pemakaian data yang tidak bisa unlimited.

  • Kelebihan dan kekurangan WiFi

Memasang WiFi di rumah, kantor atau tempat bisnis bisa menjadi ide jitu dalam memakai konektivitas data kapan saja. Sebelum kamu menghubungi penyedia router WiFi, berikut kelebihan dan kekurangan WiFi yang perlu diketahui lebih dulu.

Kelebihan dari pemakaian WiFi yang bisa kamu pertimbangkan di rumah atau kantor yaitu :

  • Mudah terkoneksi

Kamu bisa lebih mudah memakai data dari WiFi yang terpasang di rumah atau tempat lain sebab ada banyak tempat umum yang menyediakan fasilitas WiFi. Dengan sekali klik saja, kamu langsung terhubung dengan jaringan WiFi di tempat tersebut.

  • Penggunaan listrik kecil 

Lebih sedikit perangkat yang digunakan membuat pemakaian daya listrik juga terbilang kecil dibandingkan MiFi yang memiliki baterai dan perlu pengisian daya berkala. 

  • Unlimited data

Hal ini membuat banyak orang lebih suka memakai WiFi di mana saja sebab bisa mengakses data lebih banyak. 

Kekurangan pemakaian WiFi yang perlu diperhatikan yaitu :

  • Keamanan 

Bila memakai WiFi di rumah, maka kamu bisa bernapas lebih lega. Namun, pemakaian akses WiFi di tempat umum yang bebas sangat memiliki risiko keamanan data pribadi.

  • Bandwidth

Jaringan WiFi sangat tidak cocok dipakai untuk aktivitas transfer data dalam ukuran besar. Ketidakstabilan jaringan dan akses yang terpengaruhi intervensi pihak lain membuat kamu harus bersabar saat mengunduh atau mengunggah data. 

  • Sinyal 

Hal ini dikarenakan ada pembatasan jarak pada pemakaian WiFi sehingga kamu tidak bisa mengakses internet karena terhalang jarak maksimal. Kamu harus selalu berada di dekat sumber sinyal agar bisa menikmati konektivitas tanpa batas ini. 

Nah, apakah kamu sudah menentukan mau perangkat MiFi atau WiFi untuk konektivitas internet harian? Dengan memahami perbedaan MiFi dan WiFi, kamu bisa memilih mana yang terbaik dalam mendukung kebutuhan internet masing-masing. 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *