Cari Tahu Lebih Lanjut tentang Perbedaan MiFi & WiFi! Jangan Sampai Keliru Ya!
banner 468x60

Perkembangan zaman yang semakin canggih membuat masyarakat hidup lebih mudah dan praktis. Dengan adanya internet dewasa ini, komunikasi perseorangan, kelompok dan bisnis bisa semakin berkembang.

Sebagai masyarakat yang hidup di era digital, kamu pasti memakai internet untuk kemudahan aktivitas sehari-hari. Bila kamu pakai internet kuota sebelumnya, maka perlu mengetahui perbedaan MiFi dan WiFi sebelum pasang di rumah.

banner 336x280

Pengertian MiFi dan WiFi 

Secara definisi, MiFi (mobile WiFi) adalah perangkat portabel yang berfungsi sebagai router nirkabel atau perangkat yang mengirimkan data internet yang terhubung menggunakan jaringan seluler seperti 3G,4G, 5G dan lain-lain. MiFi menyediakan koneksi internet melalui jaringan seluler dan membagikannya dengan perangkat lain melalui sinyal WiFi. Hal ini memungkinkan MiFi menyediakan konektivitas internet di tempat-tempat yang tidak memiliki infrastruktur WiFi.

Untuk menggunakan MiFi, kamu hanya memerlukan perangkat MiFi itu sendiri serta kartu SIM yang berisi paket internet dari penyedia layanan seluler. MiFi dapat digunakan di mana saja selama ada sinyal seluler, sehingga MiFi cocok untuk pengguna internet yang sedang bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

Sedangkan WiFi (Wireless Fidelity) adalah teknologi jaringan internet nirkabel yang dapat menghubungkan perangkat seperti komputer, smartphone, tablet, dan perangkat yang dapat menerima sinyal WiFi untuk terhubung ke internet atau jaringan lokal tanpa menggunakan kabel. WiFi dapat menghubungkan jaringan lokal (LAN) yang terhubung ke internet melalui router atau titik acces (access point). Untuk menggunakan WiFi, kamu membutuhkan sebuah router WiFi yang terhubung ke sumber internet seperti model kabel atau DSL. Namun, WiFi memiliki jangkauan yang terbatas sekitar 30-100 di dalam ruangan tergantung pada penghalang dan kekuatan sinyal.

Kelebihan dan kekurangan MiFi

Menggunakan MiFi memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

javamifi yang mudah dikembalikan

Kelebihan MiFi

  • Mudah untuk Dibawa

MiFi merupakan perangkat portabel yang dapat dibawa ke mana saja sehingga sangat cocok untuk orang yang sering bepergian yang membutuhkan koneksi internet

  • Jaringan yang Mandiri

Selama ada sinyal seluler, kamu dapat menikmati koneksi internet di mana saja, termasuk tempat-tempat yang tidak memiliki infrastruktur WiFi tetap

  • Bisa Tethering

Perangkat MiFi dapat memberikan koneksi internet ke beberapa perangkat seperti laptop, smartphone, table, dan perangkat elektronik lainnya.

  • Mudah Digunakan

Perangkat MiFi dapat digunakan tanpa pengaturan yang rumit. Kamu cukup memasukan kartu SIM dan menyalakan perangkat MiFi. Setelah itu, internet sudah bisa digunakan.

  • Tidak Memerlukan Perangkat Tambahan

Perangkat MiFi tidak memerlukan koneksi kabel atau infrastruktur lainnya selain jaringan seluler itu sendiri, sehingga membuatnya mandiri dan fleksibel.

  • Memiliki Keamanan Password

Perangkat MiFi pada umumnya memiliki fitur keamanan bawaan seperti enkripsi WPA2 untuk melindungi koneksi internet dari akses yang tidak sah.

Kekurangan MiFi

Meski memiliki beberapa kelebihan yang mumpuni, MiFi tidak luput juga dari beberapa kekurangan yang dimilikinya. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki MiFi.

  • Biaya Data yang Mahal

Pemakaian MiFi tergantung pada paket data seluler yang digunakan, sehingga biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal jika kamu menggunakan banyak data atau berbagai koneksi internet dengan perangkat lain.

  • Bergantung pada Baterai

Perangkat MiFi menggunakan sumber listrik yang berasal dari baterai, sehingga memerlukan isi ulang daya secara berkala. Pemakaian baterai bisa menjadi kendala jika kamu terus-menerus menggunakan perangkat MiFi sepanjang hari.

  • Bergantung pada Sinyal Seluler

Koneksi internet melalui MiFi tergantung pada kekuatan sinyal seluler. Oleh karena itu, jika kamu mengunjungi sebuah daerah yang memiliki sinyal seluler yang lemah, maka akan berdampak pada kecepatan internet dan menyebabkan penggunaan internet menjadi tidak stabil.

  • Memiliki Batasan Pengguna

Beberapa perangkat MiFi memiliki batasan jumlah perangkat yang bisa terhubung secara bersamaan. Biasanya, sebuah perangkat MiFi menghubungkan 5 sampai 10 perangkat.

  • Keterbatasan Jaringan

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, perangkat MiFi bergantung pada jaringan seluler, sehingga jika kamu berada di area tanpa jangkauan sinyal seluler yang baik, maka perangkat MiFi tidak akan berfungsi secara optimal.

  • Biaya Perangkat

MiFi merupakan perangkat tambahan yang perlu dibeli atau disewa yang memiliki biaya awal yang lebih tinggi dibandingkan hanya menggunakan smartphone sebagai hotspot.

Kelebihan WiFi

Seperti halnya dengan MiFi, WiFi juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki WiFi.

  • Kecepatan Internet yang Mumpuni

WiFi dapat menawarkan kecepatan internet yang tinggi dibandingkan dengan MiFi. Berkat kecepatan internetnya yang cepat, WiFi dapat digunakan untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan data yang internet yang besar seperti streaming video, gaming, maupun transfer data.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Setelah perangkat WiFi diinstal, pengguna dapat menikmati akses internet tanpa biaya tambahan per usernya. Tidak seperti MiFi atau paket data seluler yang bisa menyebabkan biaya yang membengkak.

  • Konektivitas yang Stabil

WiFi dapat berfungsi secara maksimal jika berada di area dengan infrastruktur yang baik. Dengan begitu, WiFi dapat memberikan koneksi yang lebih stabil dan konsisten dibandingkan dengan jaringan seluler.

  • Kemampuan Multi-Perangkat

WiFi dapat mendukung banyak perangkat yang terhubung secara bersamaan tanpa penurunan kinerja yang signifikan. Oleh karena itu, penggunaan jaringan WiFi sangat cocok dan lebih sering digunakan di rumah atau kantor yang memiliki banyak pengguna dan perangkat.

  • Mudah Digunakan

Cukup masukan kata sandi, kamu dapat terhubung kembali ke jaringan WiFi secara otomatis di masa mendatang.

  • Keamanan

Sama seperti MiFi, WiFi juga memiliki prosedur keamanan berupa kata sandi sehingga hanya dapat digunakan oleh pengguna yang mengetahui kata sandi WiFi tersebut.

Kekurangan WiFi

Selain memiliki beberapa kelebihan, WiFi juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut merupakan beberapa kekurangan yang dimiliki WiFi.

  • Jangkauan yang Terbatas

WiFi memiliki jangkauan terbatas, biasanya sekitar 30-100 meter di dalam ruangan tergantung pada penghalang, seperti dinding dan furniture

  • Gangguan Sinyal

Sinyal WiFi dapat terganggu oleh perangkat lain yang menggunakan frekuensi radio yang sama, seperti microwave, telepon nirkabel, dan perangkat bluetooth

  • Risiko Keamanan

Meski memiliki protokol keamanan, WiFi tetap rentah terhadap serangan jika tidak dikonfigurasi dengan benar. Terutama jaringan WiFi publik yang rentan terhadap serangan siber

  • Biaya Pemasangan yang Mahal

Memasang jaringan WiFi yang kuat dan kencang bisa menimbulkan biaya yang mahal, terutama di area besar yang memerlukan beberapa titik akses dan peralatan jaringan tambahan

  • Bergantung pada ISP

WiFi memerlukan koneksi internet yang stabil dari penyedia layanan internet atau ISP. Jika koneksi internet ISP terganggu, maka koneksi internet WiFi juga tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya

  • Manajemen Jaringan yang Rumit

Jaringan WiFi yang besar memerlukan manajemen dan pemeliharaan yang baik untuk memastikan kinerja optimal sehingga memerlukan pengetahuan teknis yang mumpuni

Untuk kamu yang sedang mencari provider global internet yang bisa dibawa ke mana saja, dengan kuota unlimited, serta ketahanan baterai yang mumpuni, gunakan Global WiFi. Global WiFi merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. Global WiFi dapat menjangkau lebih dari 200 negara. Selain itu, kelebihan dari Global WiFi yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi internet dengan teman kamu. Ditambah, Global WiFi memiliki kuota internet yang unlimited dan sinyal yang kuat sehingga kamu tidak terganggu dengan notif kuota internet habis atau sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global WiFi ini yaitu cara penggunaannya yang mudah. Cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect.

Buat kamu yang sedang mencari modem internet dalam negeri dengan kuota yang besar dan koneksi yang stabil, gunakan Mobile WiFi Indonesia. Dengan harga Rp.199.000, kamu bisa menikmati kuota internet hingga 30 GB yang bisa dipakai untuk pemakaian rumah atau untuk bekerja yang mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

Nah, apakah kamu sudah menentukan mau perangkat MiFi atau WiFi untuk konektivitas internet harian? 

Dengan memahami perbedaan MiFi dan WiFi, kamu bisa memilih mana yang terbaik dalam mendukung kebutuhan internet masing-masing.

banner 336x280
Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *