Mau Liburan Ke Luar Negeri? Kamu Wajib Tahu Macam Bentuk Stop Kontak di Dunia
banner 468x60

Apakah dalam waktu dekat ini Globers hendak liburan ke luar negeri? Sebelum terbang ke luar negeri, ada baiknya mempersiapkan hal-hal sering luput dari perhatian. Salah satu hal yang sering luput dari perhatian ketika mempersiapkan liburan ke luar negeri yakni colokan stop kontak.

Seperti yang sudah diketahui, stop kontak negara-negara di seluruh dunia berbeda-beda satu sama lain. Jadi, sebelum kamu liburan ke luar negeri, kamu harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam jenis bentuk stop kontak di dunia. Mau liburan ke luar negeri? Kamu wajib tahu macam bentuk stop kontak di dunia.

banner 336x280

Stop Kontak Tipe A

stop kontak di dunia

Stop kontak tipe A memiliki dua lempeng yang bersebelahan. Stop kontak ini memiliki tegangan 100-127V. Stop kontak tipe A digunakan di negara Bangladesh, Kamboja, China, Jepang, Myanmar, Filipina, Taiwan, Thailand, Maladewa, dan Vietnam untuk negara di benua Asia. 

Sedangkan negara lain yang menggunakan stop kontak A yaitu Bahamas, Barbados, Bermuda, Kanada, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Jamaika, Meksiko, Peru, Puerto Rico, Trinidad & Tobago, Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Stop Kontak Tipe B

stopkontak tipe B

Stop kontak tipe B memiliki bentuk dua lempeng yang saling berdekatan sebagai konektor yang memiliki bentuk U di bagian bawah. Stop kontak ini memiliki tegangan dan ukuran yang berbeda-beda di setiap negara mulai dari 100-200V. 

Terdapat 17 negara yang menggunakan jenis stop kontak model. Untuk wilayah Asia terdapat Jepang, Thailand, Taiwan, dan Filipina.

Stop Kontak Tipe C

stop kontak tipe C

Stop kontak tipe C memiliki bentuk berupa dua kaki koneksi silinder yang dikenal dengan Europlug. Stop kontak tipe C ini memiliki dua pin berdiameter 4 milimeter yang mirip dengan stop kontak colokan tipe A. Tengahnya berukuran 19 mm dengan jarak antar pin di dasarnya terpisah dengan jarak 18,6 mm dan ujungnya 17,5 mm.

Selain di Indonesia, stop kontak tipe C ini juga digunakan di Argentina, Bangladesh, China, Chili, Maroko, Paraguay, dan negara lainnya di Eropa, kecuali Irlandia, Siprus, dan Malta. Stop kontak tipe memiliki tegangan yang beragam, mulai dari 110V, 127V, 220V, sampai 230V.

Stop Kontak Tipe D

stop kontak tipe D

Stop kontak tipe D memiliki tiga koneksi bulat yang berbentuk bulat dengan pola membentuk segitiga. Stop kontak tipe D ini memiliki tegangan listrik 220V dan 240V. Negara-negara yang mengadopsi jenis stop kontak tipe D ini yaitu Bangladesh, Bhutan, Hong Kong, Makau, Maladewa, Monako, Myanmar, sampai Sri Lanka.

Stop Kontak Tipe E

stop kontak tipe E

Stop kontak Tipe E memiliki dua koneksi berbentuk bulat yang berukuran 14 mm dengan diameter 4,8 mm. Stop kontak tipe E ini memiliki tegangan 220V dan 230V. Stop kontak tipe E ini banyak digunakan di Prancis, Belgia, Polandia, Slovakia, Republik ceko, Denmark, Etiopia, Israel, sampai Maroko.

Stop Kontak Tipe F

stop kontak tipe F

Stop kontak tipe F memiliki bentuk bulat dan terdapat dua klip landasan di sisi steker. Stop kontak tipe F ini disebut juga schuko steker atau schutzkontakt yang artinya “stop kontak perlindungan.” Stop kontak tipe F ini memiliki tegangan 220-240V. Stop kontak tipe F digunakan di wilayah Eropa (selain Britania Raya dan Israel), Rusia, Bhutan, Mesir, Etiopia, Makau, Peru, Rusia, Korea Selatan, Vietnam Thailand, Turki, dan Uruguay.

Stop Kontak Tipe G

stop kontak tipe G

Stop kontak tipe G memiliki bentuk persegi panjang yang berpola segitiga sama kaki. Stop kontak tipe G ini memiliki pin netral dengan ukuran panjang 17,7 mm, dan pin pendek dengan ukuran 6,35 mm. Stop kontak tipe G memiliki tegangan 220V, 230V, dan 240V. Stop kontak ini digunakan di negara-negara Eropa, Irlandia, Malta, Malaysia, dan Singapura.

Stop Kontak Tipe H

stop kontak tipe H

Stop kontak tipe H memiliki bentuk tiga garpu bulat yang membentuk segitiga dengan ukuran panjang sebesar 19 mm. Jarak antara satu koneksi pin dengan koneksi lainnya yaitu 19 mm. Stop kontak tipe H ini hanya dapat ditemukan di Israel, Palestina, dan Thailand.

Stop Kontak Tipe I

stop kontak tipe I

Stop kontak tipe I memiliki dua koneksi dengan bentuk V terbalik dengan kemiringan 30 derajat, dan terdapat pin di tengah sebagai grounding. Stop kontak tipe I dapat ditemukan sejumlah negara seperti Argentina, Australia, China, Fiji, Myanmar, Selandia Baru, dan Uruguay.

Stop Kontak Tipe J

stop kontak tipe J

Stop kontak tipe J memiliki bentuk seperti stop kontak tipe C dan sama-sama memiliki tiga koneksi. Stop kontak tipe J memiliki bentuk kemiringan 30 derajat. Kedua pin yang sejajar ini berfungsi sebagai pin fasa dan netral. Sedangkan satu pin di tengah berfungsi sebagai grounding. Stop kontak tipe J ini banyak digunakan di beberapa negara saja seperti Maladewa, Swiss, dan Liechtenstein.

Stop Kontak Tipe K

stop kontak di dunia

Stop kontak tipe K memiliki beberapa tipe, tipe pertama dengan 10 ampere dengan diameter lingkaran 4 mm dan panjang konektornya sebesar 19 mm. Tipe kedua dengan 20 ampere dengan diameter lingkaran 4,8 mm dan panjang konektor sebesar 19 mm. Antara koneksi atau pin terdapat jarak sebesar 19. Stop kontak tipe ini digunakan di negara Brazil dan Afrika Selatan.

Stop Kontak Tipe L

stop kontak tipe L

Stop kontak tipe L memiliki bentuk tiga garpu bulat yang ditempatkan di dalam satu garis lurus pada jenis stop kontak tipe L. Stop kontak tipe L digunakan di negara seperti Chili, Kuba, Etiopia, Italia, Maladewa, San Marino, dan Uruguay. Soket listrik tipe L juga digunakan di Canary Island, Libya, Suriah, dan beberapa negara lainnya.

Stop Kontak Tipe M

stop kontak di dunia

Stop kontak tipe M memiliki bentuk seperti stop kontak tipe A dengan tiga garpu konektor bulat yang berbentuk segitiga. Bedanya, pin ketiga berada di atas dua konektor lainnya. Stop kontak ini memiliki tegangan 15 ampere. Negara-negara yang menggunakan stop kontak tipe M yakni Bhutan, India, Israel, Makau, Nepal, Singapura, Sri Lanka, dan Afrika. Stop kontak tipe M ini juga digunakan di Uni Emirat Arab untuk peralatan berat, sedangkan di Inggris digunakan untuk instalasi teater.

Stop Kontak Tipe N

stop kontak di dunia

Stop kontak tipe N memiliki dua varian. 10 ampere dengan diameter lingkaran 44 mm dan panjang konektornya sebesar 19 mm. Di antara satu koneksi atau pin dengan koneksi lain terpisah jarak sebesar 19 mm. Selain digunakan secara eksklusif di Brazil dan Afrika Selatan, stop kontak tipe N ini juga digunakan di beberapa negara bagian di Brazil seperti Sao Paulo, Goias, Espirito Santo, Parana, dan Bahia.

Stop Kontak Tipe O

stop kontak di dunia

Stop kontak terakhir yaitu stop kontak tipe O yang memiliki dua pin dan satu pin dasar yang bulat. Antara satu koneksi dengan konektor lainnya terpisah dengan jarak 19 mm dengan panjang 10 mm. Stop kontak tipe O ini hanya digunakan eksklusif di Thailand.

Saat pergi ke luar negeri, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan unlimited. Maka dari itu gunakan Global Wifi by JavaMifi

Global Wifi by JavaMifi merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. Global Wifi by JavaMifi dapat menjangkau lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi by JavaMifi yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi internet dengan teman maupun keluarga kamu. Ditambah, Global Wifi by JavaMifi memiliki kuota internet unlimited. Dengan jaminan 100% connect guarantee, kamu tidak terganggu dengan notif sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global Wifi by JavaMifi yaitu cara penggunaannya yang mudah. cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect. Jika kamu mengalami kendala, CS Support akan siap siaga melayani selama 24 jam. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir soal jenis kontak yang berbeda-beda karena di dalam pouch Global Wifi sudah disediakan konektor universal.

Untuk cara yang lebih simpel, gunakan e-SIM Traveling by JavaMifi. e-SIM Traveling by JavaMifi merupakan kartu SIM digital yang memiliki kecepatan internet yang stabil tanpa memasukan kartu SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling by JavaMifi yaitu bisa tethering hingga 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet.

Jika masih bingung cara penggunaan eSIM kamu bisa membaca artikel cara penggunaan e-SIM di Android dan iOS  serta kamu juga bisa melihat 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

banner 336x280
Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *