11 Persiapan Umroh yang Harus Diperhatikan Calon Jamaah

Sudahkah Anda tahu apa saja persiapan saat umroh yang perlu diperhatikan oleh calon jamaah? Ketika hendak melaksanakan ibadah di tanah suci, tentu ada beragam hal yang perlu dipersiapkan agar ibadahnya berjalan lancar.

Persiapannya termasuk dari segi fisik, mental sampai keuangan. Jadi, bukan sekedar menyiapkan tubuh yang sehat untuk berangkat ke tanah suci.

Umroh sendiri termasuk salah satu ibadah di agama Islam yang memberikan berbagai keutamaan. Mulai dari menghapus dosa, mengabulkan doa, memperoleh ketenangan hati hingga meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Persiapan yang Wajib Diperhatikan

Mengingat umroh mempunyai banyak keutamaan, tentu perlu dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai ibadah tidak lancar hanya karena persiapannya kurang maksimal. Oleh karenanya, simak beberapa persiapan sebelum umroh berikut ini.

1.      Dokumen Administrasi

Persiapan saat umroh yang sama sekali tidak boleh dilewatkan ialah dokumen administrasi. Dokumen administrasi ini umumnya meliputi kartu identitas, paspor hingga visa.

Terkait kepengurusan visa, umumnya diproses oleh kedutaan besar Arab Saudi bersama travel umroh. Jadi, Anda dapat mengikuti proses kepengurusan visa dari pihak travel.

Kelengkapan dokumen administrasi mungkin saja berubah atau bertambah dari waktu ke waktu mengikuti peraturan pemerintah. Jadi, pastikan mendapat informasi dokumen administrasi dari pihak travel.

Terkait dokumen administrasi ini sama sekali jangan disepelekan, karena Anda akan terbang dan menginap di negara lain. Jadi, pastikan menyiapkannya dengan benar dan lengkap sehingga ibadah bisa terasa lebih tenang serta nyaman.

2.      Memelihara Kesehatan

Persiapan saat umroh berikutnya ialah memelihara kesehatan. Beberapa waktu sebelum tanggal keberangkatan ke Arab Saudi, pastikan sudah mulai memelihara kesehatan.

Misalnya saja dengan mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup, minum air putih, rutin berolahraga dan lainnya. Hindari hal-hal yang mengganggu kesehatan seperti mengonsumsi junk food, begadang tanpa alasan jelas dan lainnya.

Memelihara kesehatan diperlukan sejak beberapa waktu sebelum keberangkatan karena rangkaian ibadah umroh sangat memerlukan kekuatan fisik. Misalnya saja tawaf (mengelilingi ka’bah) dan sa’i (berlari-lari kecil sejak Shafa hingga Marwah).

Tawaf bukan sekedar mengelilingi Ka’bah satu kali, melainkan sampai 7 kali putaran. Kira-kira jarak tempuhnya 200 meter untuk satu kali putaran. Jadi, 7 putarannya bisa sampai 1.400 meter.

Sementara Sa’i mengharuskan jamaah untuk berlari-lari kecil mulai dari Shafa sampai Mawah sebanyak 7 kali putaran. Jarak antara kedua bukit tersebut kira-kira 450 meter. Jadi, jika memutarinya sampai 7 kali, kira-kira bisa sampai 3,15 KM.

Selain itu, pasti Anda juga ingin melaksanakan ibadah tambahan lain untuk memperkaya pahala. Jadi, sudah dipastikan memerlukan tubuh sehat dan bugar supaya semua rangkaian ibadah bisa dilakukan tanpa kelelahan.

Persiapan saat umroh berupa memelihara kesehatan tubuh juga sangat diperlukan karena kondisi cuaca di Arab Saudi dan Indonesia sangat berbeda. Seperti yang Anda tahu, perbedaan cuaca harus dihadapi dengan tubuh sehat agar tidak mudah sakit.

3.      Mempelajari Aturan di Arab Saudi

Sebenarnya setiap negara mempunyai aturan masing-masing. Misalnya Indonesia dan Singapura tentu punya peraturan tersendiri. Jadi, begitu juga dengan Arab Saudi.

Arab Saudi yang merupakan negara dengan Kota Suci Makkah tentu mempunyai sejumlah peraturan. Peraturan tersebut menggunakan nilai-nilai agama Islam.

Beberapa aturannya ialah menggunakan pakaian sopan, tidak bermesraan dengan pasangan di depan umum dan tidak mengucapkan kata kasar. Tidak boleh juga meminum alkohol. Apabila melanggar aturannya, ada hukuman khusus, misalnya saja denda.

Oleh karenanya, setiap jamaah umroh wajib mengikuti peraturan tersebut. Jangan sampai melanggar suatu aturan di Kota Makkah apabila ingin ibadah berjalan lancar.

Sebagai persiapan saat umroh, aturan di Arab Saudi dapat dipelajari melalui beragam sumber. Misalnya saja bertanya ke orang-orang yang pernah umroh, mencari informasi melalui internet hingga bertanya pada pihak travel.

4.      Mempelajari Musim di Arab Saudi

Selain mempelajari tentang aturan yang ada di Arab Saudi, Anda juga perlu mempelajari mengenai musim. Sebenarnya musimnya terbagi menjadi musim panas dan musim ingin. Akan tetapi, musim di sana terasa sangat berbeda dengan Indonesia.

Misalnya saja suhu atau temperatur udara ketika musim panas di Arab Saudi sangat berbeda dengan Indonesia. Oleh karenanya, coba cari tahu seperti apa cuaca di sana agar bisa mempersiapkan diri.

5.      Mempelajari Budaya Masyarakat Arab Saudi

Setiap negara sudah pasti mempunyai budaya atau kebiasaan masyarakat tersendiri. Begitu juga kebiasaan masyarakat di Arab Saudi yang sangat berbeda dengan Indonesia. Jadi, salah satu persiapan saat umroh ialah mempelajari kebiasaan masyarakat di Tanah Suci.

Misalnya saja tatkala azan berkumandang, seluruh orang pasti akan segera meninggalkan aktivitas maupun pekerjaannya. Lalu, bergegas beribadah secara berjamaah di masjid.

Jadi, jangan heran ketika para pedagang di pasar meninggalkan barang dagangannya tatkala mendengar suara azan. Jangan memaksa pedagang untuk melayani pembelian Anda jika sudah terdengar panggilan shalat.

Kebiasaan lain masyarakat Arab Saudi ialah bersuara keras ketika mengekspresikan kekuatan maupun ketulusan. Akan tetap, jangan menganggap mereka mudah marah. Hanya kebiasaan saja bersuara keras.

Lalu, untuk jamaah perempuan jangan tersenyum ketika hendak menunjukkan kesopanan seperti saat di Indonesia. Karena, di Arab Saudi justru dianggap menggoda.

6.      Memilih Agen Travel Berkualitas dan Terpercaya

Persiapan saat umroh yang tidak kalah penting ialah memilih agen travel berkualitas dan terpercaya. Karena, pasti Anda akan memerlukan travel untuk bisa berangkat dan beribadah ke Tanah Suci.

Pernahkah Anda melihat berita yang membahas mengenai penipuan agen travel? Banyak korbannya yang gagal berangkat ke Tanah Suci padahal sudah membayar biaya umroh ke agen travel.

Oleh karenanya, penting untuk memilih agen travel berkualitas dan terpercaya. Jangan tertipu agen travel yang memberikan harga terlalu murah karena bisa saja itu penipuan.

7.      Menyiapkan Perlengkapan Pribadi

Mengingat Anda harus menginap selama beberapa hari di Arab Saudi untuk beribadah, tentu perlu menyiapkan sejumlah perlengkapan pribadi. Persiapan saat umroh ini perlu dilakukan secara cermat sesuai keperluan masing-masing orang.

Misalnya saja jika perempuan, maka perlu membawa perlengkapan khusus perempuan. misalnya saja pembalut atau pantyliner untuk berjaga-jaga jika mengalami keputihan atau masalah kewanitaan lain.

Misalnya lagi jika laki-laki, mungkin akan memerlukan peralatan yang bisa dipakai untuk bercukur. Jadi, perlengkapan pribadi untuk perempuan dan laki-laki ada beberapa perbedaan.

Sementara persiapan saat umroh untuk perlengkapan pribadi secara umum biasanya berupa perlengkapan ibadah, obat-obatan, peralatan mandi, produk perawatan wajah dan lain lain. Pastikan membawa perlengkapan yang benar-benar diperlukan.

Supaya lebih mudah menyiapkan perlengkapan pribadi, coba buat daftar barang-barang yang hendak dibawa. Sehingga nantinya tidak akan ada barang yang tertinggal di rumah.

8.      Aksesori Tambahan

Selain perlengkapan penting, ada baiknya Anda juga menyiapkan aksesoris tambahan yang mungkin nantinya akan diperlukan. Misalnya saja masker untuk melindungi dari virus atau debu.

Bisa juga menyiapkan kacamata untuk berjaga-jaga ketika di Arab Saudi merasa sinar matahari terlalu menyilaukan. Kacamata juga dapat melindungi dari debu yang beterbangan.

9.   Manasik

Manasik termasuk persiapan saat umroh yang begitu penting. Tatkala manasik, Anda akan memperoleh pelajaran mengenai ibadah umroh, misalnya terkait syarat wajib, tata cara, rukun, larangan dan lain-lain.

Akan lebih baik untuk mengikuti manasik daripada mempelajari umroh hanya dari buku. Karena, manasik akan memberikan penjelasan yang lebih detail.

10.   Menyiapkan Biaya

Biaya termasuk persiapan saat umroh yang pasti penting. Anda harus menyiapkannya sejak sebelum mendaftar umroh sampai selesainya ibadah tersebut.

Pertama-tama harus menyiapkan uang untuk mendaftar ke agen travel. Lalu, menyiapkan uang saku untuk beribadah di Tanah Suci. Terkadang juga perlu menyiapkan dana khusus untuk membeli oleh-oleh.

Jika memang belum punya dana sekarang ini, bisa memulai untuk menabung. Sangat tidak disarankan menggunakan dana hutang untuk berangkat ke Tanah Suci.

11.   Peralatan Elektronik

Persiapan saat umroh juga termasuk peralatan elektronik seperti smartphone, powerbank hingga charger. Lalu, jangan lupa bawa juga adaptor karena tipe stop kontak di Indonesia dengan Arab Saudi cukup berbeda.

Smartphone akan sangat membantu ketika tersesat. Membantu juga saat perlu berkomunikasi dengan rombongan jamaah maupun keluarga di rumah.

Lalu, smartphone akan membantu mengabadikan momen selama umroh di Tanah Suci. Akan tetapi, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak tanpa mengganggu ibadah.

Ada lagi hal yang tidak kalah penting dalam persiapan saat umroh yakni kartu SIM dan provider internet. Di Tanah Suci, pasti Anda akan memerlukan keduanya untuk berkomunikasi maupun melakukan kepentingan lain.

 

Menggunakan Provider Internet dari JavaMifi

Anda bisa menggunakan eSIM JavaMifi dari kami ketika umroh. Bahkan, cocok juga jika digunakan bagi solo traveler. eSIM juga bisa tethering, tinggal scan langsung connect. Jadi tidak perlu ribet gonta ganti kartu.

Kami menyediakan layanan customer support 24 jam jadi boleh menghubungi kami kapan saja ketika mengalami kendala. Tersedia juga network optimization, jadi apabila di daerah yang sinyalnya kurang bagus, JavaMifi akan switch ke operator yang paling kuat di daerah tersebut.

Selain eSIM yang bisa dibawa pada saat umroh, terdapat juga Global WIFI yang bisa menemani selama ibadah Umroh. Gunakan saja WIFI dari JavaMifi untuk koneksi internet.

Keunggulannya adalah connect up to 5 devices (bisa terkoneksi sampai 5 devices), true unlimited (tanpa batasan kuota), connect di 200+ negara dan CS 24 jam (customer support kami support 24 jam).

Tersedia juga network optimization, jadi apabila di daerah yang sinyalnya kurang bagus, JavaMifi akan switch ke operator yang paling kuat di daerah tersebut.

Jadi, apabila hendak berangkat umroh, pastikan untuk menyiapkan eSIM dan Global WIFI dari JavaMifi. Nikmati berbagai keunggulannya yang memudahkan komunikasi dan akses internet selama di Tanah Suci.

Umroh termasuk salah satu ibadah dalam agama Islam yang dilaksanakan di Tanah Suci. Mengingat tempat pelaksanaannya ada di luar negeri, jamaah perlu melakukan persiapan saat umroh seperti dalam penjelasan di atas agar ibadahnya berjalan lancar.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *