Rekomendasi Liburan ke Luar Negeri Bagi Pemula Solo Travelling

Sebagai solo traveler pemula, pasti membutuhkan rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula yang aman serta nyaman. Sebab tidak semua negara ramah bagi orang yang baru pertama kali ke luar negeri.

Keamanan serta kenyamanan harus menjadi faktor utama yang masuk ke dalam list ketika akan bepergian ke luar negeri. Indikator keamanan bisa dilihat dari tingkat kejahatan yang minim.

Sementara kenyamanan bisa dilihat dari bagaimana sistem transportasi, kondisi cuaca, akses wisata, hingga hal-hal yang sekiranya tidak menyulitkan saat melakukan perjalanan. Berikut ini penjelasan negara yang solo travelling friendly.

Rekomendasi Liburan ke Luar Negeri Bagi Pemula yang Solo Traveling

Ada berbagai alasan ketika ingin melakukan perjalanan seorang diri. Namun harus memiliki bekal cukup dan tanggap memahami situasi. Selain itu, memahami budaya setempat sebelum berangkat juga diperlukan demi keamanan pribadi.

Berdasarkan penelitian juga menyatakan kehidupan malam suatu daerah berpengaruh tinggi dalam melakukan perjalanan seorang diri. Artinya, indikator keamanan suatu negara dinyatakan dilihat ketika melakukan perjalanan solo pada malam hari.

Namun bila Anda merupakan salah satu yang baru ingin melakukan perjalanan solo ke luar negeri, sebaiknya memperhatikan rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula berikut agar pengalaman traveling semakin memorable.

1. Singapura

Negara yang luasnya tidak lebih dari Jakarta ini menjadi pilihan karena ketertibannya. Kesadaran masyarakat akan tata krama dan aturan hukum sangat tinggi, sehingga kejahatan bisa terminimalisir dengan baik.

Karena negaranya kecil, Anda bisa mengeksplore Singapura dengan maksimal. Sebagai traveler pemula tentunya tidak perlu pusing dengan urusan birokrasi. Singapura merupakan salah satu negara bebas visa untuk turis Indonesia.

Rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula pertama ini bisa menjadi permulaan yang baik karena dekat Indonesia. Beberapa maskapai penerbangan kerap memberlakukan promo perjalanan Indonesia-Singapura.

Promo tersebut bisa dimanfaatkan bila ingin berlibur ke luar Indonesia dengan harga murah. Beberapa destinasi wisatanya juga menarik untuk dijelajahi sendirian. Misalnya Gardens by The Bay atau Marina Bay Sands.

Dari segi sistem transportasinya terorganisir baik sehingga aman bagi wisatawan. Untuk mencapai tempat wisata bisa menggunakan MRT. Namun tersedia pilihan layanan ojek online seperti Grab.

Sehingga keamanan serta kenyamanan Singapura sangat menjadi rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula. terbukti sudah banyak turis dari luar negeri merasa puas mengunjungi Singapura karena negaranya ramah bagi turis asing.

2. Thailand

Thailand menjadi rekomendasi negara selanjutnya karena salah satunya memiliki harga affordable bagi kantong turis pemula. Jadi selain Singapura, maskapai penerbangan sering menampilkan diskon penerbangan ke Thailand.

Selain itu, di Thailand sendiri harga akomodasinya masih bisa dikatakan relatif murah. Tersedia banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan turis Indonesia, dengan begitu melakukan perjalanan seorang diri tidak terlalu cemas.

Penginapannya juga bisa menyesuaikan budget Anda. Rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula tentang penginapan di Thailand, bisa memilih guesthouse atau hotel di Chiang Mai karena murah dan aman.

Thailand juga dikenal memilki wisata kuliner khas dengan harga terjangkau serta cocok bagi lidah Indonesia. Anda bisa mencoba pad thai, amngo sticky rice, tom yum, atau makanan khas lezat lainnya.

Jika ingin berkunjung ke lokasi wisatanya, biaya tiket masuk juga murah. Kemudian banyak turis berdatangan karena keunikan budayanya, meskipun melakukan perjalanan seorang diri bila ada turis lain bisa saling menjaga.

Thailand menjadi rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula yang memiliki budget terbatas. Tips supaya aman berwisata di Thailand seorang diri, jangan pernah meninggalkan barang bawaan dan usahakan selalu waspada.

3. Vietnam

Beralih ke Vietnam, karena masih satu benua membuat harga penerbangan Indonesia-Vietnam lebih murah. Dari segi cita rasa makanan tidak jauh-jauh dengan Indonesia, jadi tidak perlu khawatir akan rasa masakannya.

Tapi, biasanya traveler akan membawa bumbu tambahan atau bawa makanan ringan seperti mie. Anda bisa membawa sambal atau kecap khas daerah sendiri supaya bisa menambah rasa enak pada makanan.

Wisata di Vietnam yang bisa Anda nikmati antara lain adalah Halong Bay, yaitu gugusan pulau dengan batu karang besar. Pengunjung bisa melakukan tur menggunakan kano di sekitar Halong Bay.

Rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula di Vietnam selanjutnya adalah Hanoi. Ibu kota Vietnam ini menawarkan wisata sejarah seperti Kuil Literatur, Jalan Bersejarah Hanoi atau Museum Sejarah Nasional.

Tingkat kejahatan di Vietnam relatif rendah sehingga bisa menjaga para turis dari marabahaya. Akomodasi dan penginapannya juga memiliki harga terjangkau, namun kualitas fasilitasnya sangat memadai.

Tetap berhati-hati di tengah keramaian apalagi jika Anda adalah turis pemula. jangan menggunakan pakaian atau membawa barang mencolok, serta jaga terus barang pribadi dalam pengawasan Anda.

4. Arab Saudi

Arab Saudi bisa menjadi rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula bila ingin melangsungkan wisata religi. Disamping itu, ada banyak tempat di Arab Saudi yang memberikan manfaat seperti situs bersejarah.

Mempelajari situs bersejarah akan semakin meningkatkan keimanan, khususnya bagi pengunjung muslim. Akan tetapi, Arab juga memperbolehkan wisatawan asing non muslim berkunjung dalam wisata bersejarah.

Karena memiliki tingkat masyarakat religius yang tinggi, Arab Saudi bisa dikatakan sebagai negara teraman untuk melakukan solo traveling. Minat masyarakat untuk berbuat jahat sangat rendah karena tunduk pada syariat agama.

Dalam hal keamanan, pemerintah Arab Saudi memberlakukan sistem kebijakan ketat pada sektor pariwisata. Infrastruktur yang dibangun juga sudah modern sehingga nyaman bagi turis asing dalam menjelajahi wisata.

Selain itu, Arab Saudi memiliki serangkaian festival menarik seperti Festival Musim Dingin pada bulan Januari dan Februari, kemudian Festival Riyadh pada bulan Desember, dan Festival Bunga di bulan April-Mei.

Perlu diingat bahwa Arab Saudi merupakan negara mayoritas muslim, sebaiknya gunakan pakaian sopan demi menghormati penduduk lokal. Pelajari dulu aturan yang berlaku serta bagaimana budaya di Arab agar mudah bersosialisasi.

5. Australia

Australia menjadi rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula karena memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Banyak sekali tempat wisata alam yang indah seperti Blue Mountains, Uluru dan Great Barrier Reef.

Terutama bila ingin melihat seperti apa kanguru dan koala sebagai ikon negara Australia. Binatang tersebut menjadi daya tarik para wisatawan asing untuk mengunjungi negara Australia.

Bila ingin merasakan budaya barat, benua yang paling dekat Indonesia adalah Australia. Dari sisi birokrasi, Australia menawarkan kemudahan aksesibilitas pengajuan visa, serta banyak maskapai penerbangan langsung tanpa transit.

Sistem keamanan Australia sangat kuat sehingga solo traveler bisa merasa aman. Baik kepolisian, pengadilan, bahkan penjara bergerak cepat dalam menangani kejahatan. Australia juga terbuka pada budaya lain termasuk Asia.

Hal tersebut menjadi penting terutama dalam menciptakan lingkungan inklusif serta toleran, agar semua orang bisa merasa diterima. Anda bisa merasa sangat nyaman karena udara Australia sangat bersih.

Transportasi umumnya sudah canggih, infrastruktur jalan raya juga memadai untuk menempuh perjalanan jalan kaki sehingga sangat nyaman bagi turis. Bila ingin mengunjungi pantai, Australia memiliki beberapa pantai untuk kegiatan surfing.

Pemula, pastikan memahami situasi negara yang akan dikunjungi ketika memutuskan melakukan solo traveling. Beberapa rekomendasi liburan ke luar negeri bagi pemula di atas terbukti aman dan nyaman apalagi baru pertama kali.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *