Tips Liburan Keluarga ke Luar Negeri Agar Lancar

Susunlah tips liburan keluarga ke luar negeri jika tahun ini ingin terlaksana. Berlibur satu keluarga ke negara lain memang impian banyak orang, tapi terkadang persiapan yang banyak, membuat beberapa diantaranya mengurungkan niatnya.

Terlebih lagi jika jumlah anaknya banyak dan beberapa diantaranya masih kecil-kecil, perlu kesabaran, kesiapan matang, dan jangan terburu-buru. Sebenarnya jika Anda sudah berniat, berlibur keluarga ke negara lain bisa terwujud.

Melihat banyaknya orang Indonesia yang sukses membawa keluarganya berlibur ke negara lain, itu bisa Anda tiru. Dari pada hanya berandai-andai, lakukan tips liburan keluarga ke luar negeri berikut ini. Siapa tahu berhasil dilakukan.

8 Tips Liburan Keluarga ke Luar Negeri untuk Pertama Kali

Bagi Anda yang sudah memiliki planning lama berlibur satu keluarga ke suatu negara tertentu, mungkin tips liburan keluarga ke luar negeri berikut akan sangat membantu. Terutama bagi yang baru pertama kali melakukannya.

Berlibur hanya dengan pasangan, sangat berbeda sekali jika Anda sudah memiliki anak dan membawanya untuk berlibur. Segalanya harus diperhatikan agar anak-anak juga nyaman.

Selain anak-anak nyaman, mereka juga harus aman. Karena ketika di negara lain, hal berbahaya mungkin akan terjadi. Maka dari itu, Anda sebagai orang dewasa dan berperan sebagai orang tua, wajib mempersiapkan segalanya dengan baik.

Jika baru pertama kali membawa satu keluarga ke luar negeri, ada baiknya pilih negara yang dekat dari Indonesia dulu. Misalnya pergi ke Malaysia, Singapura, atau Thailand yang merupakan destinasi wisata cukup hits di Asia Tenggara.

Sebentar lagi akan ada libur panjang, anak-anak libur sekolah. Bila keinginan Anda ingin terwujud, ikuti tips liburan keluarga ke luar negeri berikut :

1. Lakukan Perencanaan Liburan Secara Matang

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin liburan sekeluarga lancar ke luar negeri adalah susun rencana secara matang. Tanpa adanya rencana, bagaimana bisa terlaksana.

Apalagi Anda adalah orang sibuk dan membawa anak-anak yang juga hanya bisa berlibur saat musim liburan, rencana itu sudah harus ada. Apa saja rencana yang perlu disusun?

• Negara yang dituju dan impian keluarga

• Jadwal keberangkatan

• Itinerary selama berlibur di negara tersebut

• Jangan lupa siapkan dokumen-dokumen penting untuk melancarkan keberangkatan, seperti paspor, visa hingga SIM.

• Sudah vaksin, karena beberapa maskapai memang mewajibkan penumpangnya untuk vaksin Covid-19.

• Dan berapa budget yang Anda miliki untuk berlibur bersama keluarga

2. Pesan Tiket dengan Tepat dan Bijak

Lalu tips liburan keluarga ke luar negeri selanjutnya adalah pemesanan tiket. Jika memang ingin liburan di high session, lebih rutin lagi mengecek promo yang ada.

Tapi jika memang enggan berburu tiket promo, bisa melakukan perjalanan di luar high session dan mengikuti jadwal promo dari maskapai.

Anda juga bisa rutin cek aplikasi booking, biasanya memang ada promo khusus yang hadir.

3. Pilih Transportasi dan Penginapan yang Aman dan Nyaman

Karena Anda membawa anak-anak untuk liburan, maka dari itu harus memilih transportasi aman dan nyaman ketika berada di negara yang dituju.

Misalnya menggunakan kereta bawah tanah, kereta cepat, bus, atau bisa menyewa mobil sendiri jika memiliki SIM Internasional.

Jangan lupa, pilih penginapan yang aman juga untuk dihuni bersama keluarga. Bisa sewa hostel atau apartemen. Asalkan anak-anak juga nyaman untuk beristirahat.

4. Packing dengan Baik dan Serapi Mungkin

Ini penting untuk tips liburan keluarga ke luar negeri dan tidak boleh terlewat. Anda harus bisa packing dengan cerdas dan serapi mungkin.

Bawaan baju dan barang untuk satu keluarga memang sangat banyak. Agar nanti tidak terlalu berat bagasinya hingga harus membayar mahal, pastikan bawa baju yang paling dibutuhkan, dilipat dengan baik dan efisien.

Barang-barang tambahan lainnya, jangan terlalu berlebih. Jika perlengkapan mandi terlalu besar bungkusnya, taruh ke wadah khusus traveling. Sekarang sudah ada di e-commerce.

5. Bawa Perlengkapan Darurat

Meski terlihat Anda, pasangan dan anak-anak sehat selama keberangkatan, perlu membawa obat-obatan sebagai perlengkapan darurat.

Membawa P3K adalah tips liburan keluarga ke luar negeri yang cukup penting. Karena Anda juga tidak tahu apa yang akan terjadi di sana. Sedia payung sebelum hujan, lebih baik persiapkan dulu agar tidak mencari-carinya ketika dibutuhkan.

Perlengkapan darurat di sini meliputi obat batuk, demam, sakit kepala, obat masuk angin, perban, obat untuk luka luar dan lainnya.

6. Pertimbangkan Memilih Tempat Wisata yang Family Friendly

Membawa anak untuk berwisata memang menyenangkan, maka pilihlah tempat wisata yang tepat dan ramah bagi keluarga sehingga bisa bersenang-senang bersama.

Karena jika hanya orang dewasa yang menikmatinya, belum tentu anak-anak juga suka.

Tips liburan keluarga ke luar negeri, berikut beberapa tempat wisata yang kami rekomendasikan untuk sekeluarga :

• Taman hiburan, contoh Disneyland yang sangat cocok dikunjungi oleh satu keluarga.

• Bisa juga ke pantai untuk bermain air, jalan-jalan santai di tepi pantai hingga bermain pasir.

• Menikmati keindahan alam yang ada di negara tujuan. Tapi tentu saja harus aman untuk anak-anak.

• Berwisata budaya. Tujuannya untuk mengenalkan budaya setempat kepada anak-anak.

• Datang ke tempat wisata bersejarah. Ini juga rekomendasi wisata untuk dikunjungi keluarga. Anak-anak bisa menambah pengetahuan tentang sejarah.

• Bisa juga mengunjungi museum atau galeri untuk memperkenalkan kesenian.

7. Selalu Siapkan Camilan Selama Perjalanan

Kemudian tips liburan keluarga ke luar negeri selanjutnya, Anda harus menyiapkan camilan selama perjalanan. Anak-anak terkadang tidak betah jika berada di jalan dalam waktu lama.

Mereka akan tantrum dan rewel. Bila itu terjadi, bisa mengganggu penumpang lainnya selama di pesawat atau kendaraan publik di sana. Maka, agar anak-anak tidak rewel, bawa camilan.

Bisa camilan berupa snack atau sandwich. Intinya yang bisa dibawa-bawa dan tidak makan tempat. Jadi, ketika mereka sudah mulai bosan di kendaraan, bisa memakan camilan tersebut

8. Jangan Dibawa Stres

Dan tips terakhir yang harus Anda lakukan adalah jangan dibawa stres. Jika ingin liburannya lancar, jangan memaksakan diri hingga membuat Anda stres dan tidak menikmati liburannya.

Bagaimana cara menghindari stres ketika sedang liburan bersama dengan keluarga dan anak-anak?

• Selalu bepergian dengan perut kenyang, karena ketika lapar memang mudah stres.

• Lakukan persiapan lebih awal ketika akan mengunjungi suatu tempat agar tidak gugup.

• Istirahat yang cukup setelah melakukan aktivitas di tempat wisata.

• Jangan terlalu keras menahan. Meski sedang hemat, belilah barang yang menurut Anda suka dan sangat berguna.

• Jika tidak ingin antre, lakukan reservasi dulu apabila tempat tersebut membuka reservasi.

Tambahan juga untuk Anda, jika tidak ingin stres ketika sedang berlibur bersama keluarga, pastikan memiliki plan B. Bila nanti rencana awal tidak terlaksana, Anda sudah memiliki rencana lain sebagai penggantinya.

Liburan itu tujuannya adalah menghilangkan rasa penat dan stres, sejenak beristirahat dari rutinitas harian. Maka dari itu, selagi ada waktu, nikmati liburan bersama keluarga. Terapkan tips liburan keluarga ke luar negeri agar rencana Anda tidak berantakan.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *