Bisakah Liburan ke Luar Negeri Tanpa Visa? Cek Daftar Negaranya

Liburan ke luar negeri tanpa visa saat ini menjadi informasi yang sering dicari oleh orang-orang yang hobi jalan-jalan ke luar negeri. Biasanya, visa menjadi surat izin masuk ke sebuah negara.

Tapi sebagian orang pasti merasa mengurus birokrasi menjadi aktivitas buang-buang waktu dan menyebalkan. Oleh karena itu, negara-negara yang mengecualikan visa sangat sering dikunjungi oleh beberapa orang.

Alasan sebuah negara tidak memberlakukannya adalah untuk memperluas pariwisata serta perdagangan. Dengan begitu, lebih banyak turis mengunjungi negara tersebut tanpa terhambat sistem birokrasi.

Hubungan diplomatik dengan negara lain juga menjadi lebih ramah. Meski begitu ada beberapa alasan dan kebijakan lain tentang pemberlakuan visa. Penasarankan tentang liburan ke luar negeri tanpa visa?

Liburan ke Luar Negeri Tanpa Visa Asia

Sejumlah negara di dunia memiliki kebijakan masing-masing tentang pemberlakuan izin tinggal dalam negaranya, termasuk beberapa negara Asia. Apalagi berlibur tanpa mengurus visa akan menjadi semakin menyenangkan dan praktis.

1. Jepang

Siapa yang tidak ingin mengunjungi negeri matahari terbit ini? Keindahan alamnya menjadi salah satu pesona kenapa Jepang layak dikunjungi untuk tujuan liburan. Selain itu, kulinernya juga cocok untuk lidah Indonesia.

Jepang juga menjadi salah satu negara dengan kemajuan teknologi paling canggih. Anda akan takjub dengan beberapa pelayanan kafe, resto, hingga tempat umum lain dimana pelayanannya sudah memakai mesin.

2. Hong Kong

Liburan tanpa visa selanjutnya bisa Anda nikmati di Hong Kong. Anda bisa mengunjungi banyak tempat menarik serta kuliner khas Hong Kong yang terkenal.

Jika ingin menikmati keindahan kotanya, bisa mengunjungi Victoria Park, Temple Steet Night Market, Disneyland, Tsim Sha Tsui Promenade, dan lainnya. Selain itu bila ingin liburan dengan tenang, kunjungi Pulau Lantau.

3. Thailand

Thailand merupakan negara paling umum dikunjungi turis Indonesia karena keunikan negaranya. Anda bisa liburan ke luar negeri tanpa visa dan berliburan selama 30 hari di Thailand.

Anda bisa mengunjungi Bangkok sebagai tempat menarik di tengah kota. Mulai dari makanan, fashion, hingga hiburan lain ada di Bangkok. Chiang Mai bisa menjadi pilihan setelahnya karena memiliki suasana tenang.

4. Malaysia

Bila tidak ingin jauh-jauh, Malaysia bisa menjadi pilihan liburan tanpa visa. Harga tiket pesawatnya lebih murah dan lebih banyak promo mendukung perjalanan ke negara Malaysia.

Liburan ke Luar Negeri Tanpa Visa Eropa

Selain Asia, ada beberapa negara Eropa yang tidak memberlakukan sistem visa bagi turis Indonesia. Pada negara Eropa, hanya berlaku selama 30 hari sejak kedatangan. Bila ingin tahu, berikut daftar negaranya.

1. Belarusia

Belarusia atau Republik Belarus bisa menjadi destinasi liburan ke luar negeri tanpa visa negara Eropa. Karena Belarusia menawarkan keindahan alam, kemudian ada banyak kastil bersejarah dengan arsitektur indah.

Dengan begitu, jika ingin melakukan wisata sejarah maka Belarusia bisa menjadi tempat yang tepat. Misalnya Kastil Mir serta Kastil Nesvizh yang resmi menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Penyuka seni dapat mengunjungi Minsk selaku ibu kota Belarusia yang memiliki banyak galeri seni, museum, serta taman. Kota Vitebsk juga kerap menampilkan festival seni internasional tahunan setiap musim panas.

2. Serbia

Serbia merupakan negara Eropa yang menarik dikunjungi karena sejarahnya. Pusat peradaban manusia di Serbia sangat lengkap, mulai dari situs arkeologi hingga kebudayaan Serbia menunjukkan betapa indahnya negara tersebut.

Liburan tanpa visa ke Serbia bisa menjadi alternatif. Tempat wisatanya lengkap, mulai dari religi, sejarah, alam, kuliner, semuanya lengkap. Ada juga wisata festival tahunan internasional di Serbia.

3. Turki

Keseruan berwisata di Turki bagi para turis Indonesia menjadi pengalaman liburan paling menarik. Salah satunya Hagia Sophia sebagai tempat bersejarah penuh kebudayaan. Ada juga Topkapi Palace dan kota tua Istanbul.

Turki juga menawarkan keindahan alam seperti pantai Antalya menakjubkan, megahnya Gunung Ararat, lembah Cappadocia yang memungkinkan para wisatawan menaiki balon udara guna menikmati keindahan alamnya.

Liburan ke Luar Negeri Tanpa Visa Amerika

Benua Amerika tidak mau ketinggalan tentang kebijakan perizinan tinggal sementara ini. Berbeda dengan Eropa, ada negara Amerika yang memperbolehkan kunjungan turis tanpa visa selama 90 hari. Berikut daftar negaranya.

1. Brasil

Momen menarik yang bisa Anda dapatkan di Brasil adalah keindahan salah satu pantai pasir putihnya yaitu Pantai Copacabana. Selain itu, bila ingin berwisata hutan maka hutan Amazon bisa mejadi pilihan.

2. Peru

Liburan ke luar negeri tanpa visa Peru bisa dilakukan selama 183 hari. Kunjungi wisata Machu Pichu sebagai tempat situs arkeologi Inca atau lembah Valle Sagrado sebagai tempat suku Inca tinggal.

3. Haiti

Haiti merupakan negara Karibia yang kaya akan buaya serta sejarah unik. Misalnya Kota Tua Milot dekat dengan Istana Sans-Souci yaitu istana eninggalan zaman kolonial era Raja Henri Christope.

4. Chile

Anda bisa berkunjung ke Chile selama 90 hari tanpa visa. Santiago bisa menjadi mengunjungi Chile. Di sana banyak tempat wisata seperti Plaza de Armas, Istana Moneda dan Bukit San Cristobal.

5. Ekuador

Liburan tanpa visa ke Ekuador bisa dilakukan selama 90 hari. Ekuador bisa menjadi destinasi wisata karena memiliki pilihan wisata beragam, seperti sejarah, kesenian, budaya, alam, dan lainnya.

6. Dominika

Dominika atau Republik Dominika hanya bisa dikunjungi selama 21 hari. Namun Dominika menyuguhkan pantai yang indah, pegunungan hijau, serta hutan hujan tropis menakjubkan. Budaya suku Karibianya juga unik untuk diulik.

7. Kolombia

Liburan 90 hari di negara Kolombia bisa diperpanjang hingga 180 hari jika mengunjungi dalam kurun satu tahun. Negara Amerika Latin ini memiliki banyak tempat yang layak guna mengisi waktu liburan.

Liburan ke Luar Negeri Tanpa Visa Afrika

Benua Afrika memberlakukan dua sistem yaitu tanpa visa dan Visa on Arrival. VoA yaitu jenis visa yang bisa diproses di negara tujuan. Jika ingin mengunjungi tanpa visa, berikut daftar negaranya.

1. Gambia

Gambia memberlakukan liburan ke luar negeri tanpa visa seama 90 hari namun membutuhkan sertifikat internasional vaksin. Hal tersebut merupakan pencegahan keselamatan masyarakat sekaligus wisatawan sendiri.

Gambia memiliki wisata pantai, taman nasional, pasar seni dan kerajinan tangan, serta buaya lokal menarik. Dengan demikian, Gambia bisa menjadi detinasi liburan yang menawarkan pengalaman menarik.

2. Maroko

Liburan di Maroko bisa mencapai 90 hari. Diantaranya bisa mengunjungi Marrrakesh, Casablanca, kota sejarah Fes, kota penuh pantai Essoauira, atau pegunungan Atlas. Anda juga bisa mengunjungi Gurun Sahara di Maroko.

3. Namibia

Berbeda dengan tepat lainnya, liburan tanpa visa Namibia hanya berlaku selama 30 hari. Namun Namibia menawarkan keindahan alam bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota tersebut.

4. Rwanda

Sama dengan Gambia, Rwanda memberlakukan sertifikat internasional vaksin bagi para turis Indonesia yang ingin berkunjung. Total liburan yang bisa dinikmati di Rwanda adalah 90 hari.

Selama itu, berlibur di Rwanda akan menjadi sangat menyenangkan karena menyuguhkan keindahan alam berupa bentangan alam. Banyaknya satwa liar menajdikan Rwanda memiliki banyak taman satwa yang bisa dikunjungi turis.

Informasi mengenai benua serta negara tanpa visa di atas merupakan negara yang kerap dikunjungi turis Indonesia. Liburan ke luar negeri tanpa visa membuat waktu berwisata semakin simpel dan efisien.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *