5 Tips Menggunakan Wifi Public saat di Bandara Luar Negeri

Menggunakan wifi bandara saat hendak bepergian ke luar negeri atau sedang dalam perjalanan kembali ke Indonesia merupakan solusi terbaik. Namun, Anda juga harus tahu seperti apa pemakaian yang aman sehingga tidak membahayakan perangkat dan datanya.

Rata-rata semua Bandara Internasional di luar negeri maupun Indonesia sudah menyediakan layanan koneksi internet gratis. Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan komunikasi dengan keluarga maupun teman di Indonesia asalkan koneksi dan jaringannya lancar.

Tips Menggunakan Wifi Bandara

Kami memiliki lima tips menggunakan wifi di bandara secara aman dan tepat untuk perangkat Anda. Selalu berhati-hati untuk melakukan berbagai hal, terutama bukan di negara sendiri, termasuk dalam memperhatikan lima hal dalam penggunaan wifi ini:

  1. Cermati Nama Hotspot

Jangan dulu senang jika di bandara ada banyak sekali koneksi internet nirkabel tanpa password. Pastikan Anda hanya menggunakan layanan internet yang disediakan langsung oleh pihak airport untuk menghindari kemungkinan pencurian data dan sebagainya.

Hindari nama-nama wifi bandara ilegal dan aneh untuk mengamankan berbagai data penting dalam perangkat. Terlebih, jika Anda mengkoneksikan internet nirkabel tersebut ke laptop yang memiliki banyak data penting terkait pekerjaan maupun pendidikan.

Hindari juga penggunaan internet bebas di tempat umum untuk melakukan transaksi, seperti transfer uang atau melakukan pembayaran lainnya. Upayakan menggunakan koneksi internet publik hanya untuk melakukan komunikasi, internetan biasa, dan sebagainya.

Menggunakan jaringan internet nirkabel di tempat umum artinya Anda terkoneksi ke satu jaringan secara massal. Meskipun tidak pasti terjadi, namun tetap harus waspada terhadap kemungkinan tindakan pencurian berbagai informasi penting dari perangkat Anda.

Tindakan kejahatan pencurian sejumlah uang digital maupun data penting bisa disebabkan dua hal. Pertama, memang ada siber pemasang wifi bandara dengan tujuan mengambil data para pengunjung dengan alasan jelas atau hanya iseng belaka.

Kedua, alasan lainnya bisa jadi karena memanfaatkan kesempatan, padahal tidak ada niat buruk sebelumnya. Apapun alasannya, tugas Anda sebagai pemilik perangkat adalah menjaga keamanan perangkat dari koneksi internet di airport.

  1. Menonaktifkan Koneksi Otomatis dari Handphone

Periksa pengaturan pada perangkat, baik handphone, tablet, laptop, apapun itu yang Anda biarkan menyala selama di airport. Biasanya secara sadar atau tidak, pada bagian Pengaturan, terdapat penyambungan otomatis ketika ada wifi di berbagai tempat umum.

Koneksi otomatis ini tentunya bermaksud untuk memudahkan penggunaan internet nirkabel dimana saja. Namun, negatifnya adalah Anda tidak bisa menyaring berbagai nama wifi bandara yang terpercaya atau tidak karena koneksinya sudah dilakukan otomatis.

Baiknya, sebelum tiba di bandara negara mana saja, nonaktifkan terlebih dahulu pengaturan ini. Untuk menghindari berbagai hal tidak menyenangkan sebaiknya koneksikan sendiri ke internet nirkabel secara manual sehingga Anda bisa menilai keamanannya lebih dulu.

Jangan terbuai dengan penawaran menarik terkoneksi ke internet gratis, tetapi justru mengancam keselamatan dan keamanan perangkat. Menonaktifkan koneksi otomatis, selain mengamankan perangkat dari peretas, juga mengamankan dari serangan malware.

Beberapa aplikasi mungkin akan terupdate otomatis atau melakukan pencarian data otomatis setelah terkoneksi ke sambungan internet nirkabel. Sekalipun koneksi wifi bandara ini sangat membantu, namun sebaiknya dipertimbangkan positif negatifnya.

Terutama jika Anda berada di bandara luar negeri, dimana bahasanya tidak mudah dipahami. Jika terjadi peretasan akan sulit dikembalikan ke pengaturan normal, terutama jika peretas berasal dari negara yang jauh dengan kemampuannya yang andal.

Sekalipun terkoneksi ke jaringan internet nirkabel di tempat umum, usahakan tidak perlu membuka aplikasi yang sifatnya pribadi. Contoh, hindari membuka mbanking, apalagi sampai melakukan transaksi atau sekadar memeriksa saldo tabungan Anda.

  1. Pasang Perangkat Keamanan

Fasilitas wifi bandara ini tentunya menjadi solusi terbaik untuk para pelancong, baik yang tujuannya berlibur atau menyelesaikan urusan pekerjaan dan bisnis. Jika rasanya sulit untuk menghentikan koneksi internet di tempat publik, maka Anda bisa memasang VPN.

VPN atau aplikasi yang berguna untuk membuat koneksi internet menjadi privat ini bisa membantu keamanan perangkat Anda. Jadi, jaringan internet yang Anda gunakan tidak bisa membaca siapa saja pengguna VPN yang menggunakan koneksi internet mereka.

Dengan begitu maka keamanan data dan berbagai informasi penting lainnya pada perangkat juga ikut aman. Tentu ini adalah sebuah antisipasi, bukan berarti setiap menemukan koneksi internet nirkabel, artinya ada oknum jahat yang ingin mencuri data atau kejahatan lainnya.

Namun, tidak ada salahnya melakukan pengamanan ganda terhadap perangkat sendiri, terlebih jika Anda sering menggunakannya. Dengan menggunakan VPN, setidaknya saat terpaksa mengakses m banking dengan wifi bandara, Anda merasa lebih aman.

Meskipun demikian, sebisa mungkin hindari akses mbanking dan berbagai transaksi lainnya jika dirasa tidak terlalu mendesak. Untuk pemilihan VPN sendiri, Anda tetap harus melakukan riset apakah app yang digunakan menjual atau menyalahgunakan data atau tidak.

Sebab, seprivasi apapun koneksi Anda terbaca oleh jaringan pemberi internet gratis, namun akan selalu ada celah bagi pihak VPN menemukan data Anda. Jadi, jangan sampai niat mengamankan koneksi dengan VPN ternyata berakhir dengan kesalahan lainnya.

Bandara menjadi tempat transit dalam dan luar negeri dengan moda transportasi udara. Waktu tempuh lebih cepat terkadang membutuhkan waktu tunggu lebih lama, bahkan bisa 24 jam. Penggunaan wifi bandara memang sangat membantu selama proses menunggu.

Selain bisa menikmati sajian makanan khas dari berbagai negara, Anda juga bisa bebas internetan tanpa khawatir selama tahu koneksinya berkualitas baik. VPN memiliki peran penting membantu keamanan, selebihnya Anda sendiri harus riset tentang VPN-nya.

  1. Matikan File dan Printer Sharing

Matikan Pengaturan berbagai file dan printer secara otomatis dari perangkat, baik handphone, tab, laptop, dan sebagainya. Biasanya kita abai terhadap pengaturan ini karena menganggapnya bukan hal serius, padahal ada risiko besar mengancam keamanan gawai.

Sebelum terkoneksi dengan berbagai wifi bandara, sekalipun menurut Anda koneksinya paling aman, sebaiknya matikan pengaturan berbagi ini. Utamanya matikan pengaturan pada perangkat yang memuat banyak data serta informasi penting terkait pekerjaan dan bisnis.

Dengan mematikan pengaturan berbagi tersebut, Anda menghindari kemungkinan pemindahan data ke jaringan secara sengaja maupun tidak. Jika tiba-tiba muncul pop up notifikasi meminta konfirmasi berbagi, langsung tolak apabila Anda tidak merasa perlu.

Seringkali ketika muncul pop up, kita enggan membaca dan merasa dengan klik Ok saja sudah cukup, asal pop up nya hilang. Padahal, seperti ini potensi bahayanya cukup mengintai, disarankan agar dibawa lebih dahulu apa isi pop upnya, baru putuskan tutup atau tidak.

Akan ada banyak orang yang menggunakan wifi bandara, ini artinya Anda tidak pernah tahu sekian banyak perangkat itu milik siapa saja. Mewaspadai perangkat dari oknum tidak bertanggung jawab kapan dan dimana saja tentu menjadi hal wajib.

Pengaturan untuk mematikan perintah berbagi file dan printer pada tiap perangkat tentu berbeda-beda. Namun, tidak jauh bahwa semuanya bermula dari Pengaturan, selebihnya Anda bisa mengulik sendiri dimana lokasinya dan seperti apa penerapannya.

Tips, jika harus berbagi file maka sebaiknya setelah urusan selesai, langsung matikan izin untuk mengirim dan menerima file tersebut. Anda bisa mengaktifkan kembali pengaturan berbagi itu ketika memang waktunya tepat dan memang ada kebutuhan berbagi.

  1. Gunakan Global Wifi dari Javamifi

Terakhir, sebuah tips paling aman dalam memanfaatkan wifi bandara koneksikan perangkat Anda ke Global Wifi dari Javamifi. Javamifi sudah mendukung koneksi dan jaringan internet di sebanyak 200 negara dunia, sehingga tidak perlu takut dengan keamanannya.

Terlebih dahulu Anda bisa membeli di Indonesia dan memanfaatkannya dengan lebih nyaman serta aman dimana saja, termasuk di airport. Beruntungnya, perangkat ini bisa digunakan oleh sebanyak 5 perangkat sekaligus sehingga mudah untuk berbagi.

Dibandingkan wifi publik, Javamifi menjamin keamanan koneksi internet Anda lebih tinggi. Tidak perlu khawatir juga harus mereset VPN sebagai alat bantu keamanan yang belum tentu aman juga jika Anda keliru melakukan riset dan keliru memasang app.

Beda halnya dengan Javamifi, layanan internet nirkabel yang bisa diakses selama apapun asalkan paketnya aktif. Jika terdapat kendala, Anda bisa gunakan wifi bandara sejenak untuk menghubungi customer service Javamifi dengan layanannya selama 24 jam.

Javamifi ini bisa dibeli atau di rental langsung di Bandara Soekarno Hatta dan mendukung penggunaan internet di berbagai negara lainnya. Ada banyak layanan yang ditawarkan, mulai dari global wifi, travel e sim, travel sim, juga global wifi khusus Indonesia.

Sebelum membeli global wifi, pastikan Anda menentukan nama negara sesuai daerah yang akan dikunjungi. Sekalipun ratusan negara sudah mendapatkan dukungan koneksi internet dari Javamifi, namun memastikan kembali tentu bukan hal sulit untuk dilakukan.

Berkeliling dunia sekalipun tidak menjadi kendala berarti selama Anda bisa berkomunikasi tanpa batas dengan keluarga dan teman di Indonesia. Salah satu keuntungan penggunaan global wifi dari Javamifi sebagai wifi bandara adalah keamanannya lebih terjamin.

 

 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *