Tidak hanya di Amerika, Warteg asal Indonesia Sudah Tersebar di Beberapa Negara

Sebagai orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan Warteg atau singkatan dari Warung Tegal, adalah warung makan khas Indonesia yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Dengan pilihan menu yang beragam, harga terjangkau, serta suasana yang hangat dan ramah, warteg telah menjadi favorit bagi banyak orang di dalam negeri. Tidak hanya di Indonesia, kelezatan cita rasa Nusantara juga berhasil menarik minat di luar negeri. Berikut adalah beberapa warteg Indonesia yang telah meramaikan dunia kuliner internasional   

1. Monggo Moro, Jepang

Tepatnya berada di daerah Shin Okubo, Tokyo, Jepang. Warteg yang bernama Monggo Moro ini sudah berdiri sejak 2019. Disini menyajikan beberapa menu khas indonesia dan terpajang dalam etalase bertingkat, Makanan yang ditawarkan berupa tempe orek, ikan balado, ayam cabe hijau, dan lain lain. Untuk harga makanan di tempat ini berkisar antara 800 hingga 2500 yen.

2. Warteg Gembul, Korea Selatan

Bagi kalian yang sedang berada di Korea Selatan dan rindu akan cita rasa dan suasana Warteg, Terdapat Warteg Gembul yang berada di Busan. Warteg yang didirikan oleh seorang influencer bernama Yannie Kim ini menyajikan ayam bakar, aneka pepes, hingga nasi goreng. Harga yang harus dibayar untuk menikmati hidangan di tempat ini sekitar 7.000 hingga 25.000 won

3. Warteg Bahari, Korea Selatan

Selain di Busan, terdapat juga Warteg Bahari di kota Gwangju. Warteg ini didirikan oleh orang Tegal yang tinggal di negeri Ginseng tersebut. Menu yang ditawarkan berupa ayam kalasan, ikan lele, dan nasi goreng. Harga yang harus dibayar untuk menikmati makanan di dua tempat tersebut berkisar antara 7.000 hingga 25.000 won.

4. Warung Tegal, Arab Saudi

Arab Saudi, sebagai negara dengan budaya dan kuliner yang unik, memiliki restoran dan tempat makan yang menyajikan masakan Arab dan internasional, tak terkecuali masakan Indonesia. Di daerah Ash Shaikh Muhammed Ibn Jabir, distrik AR Rihab, Jeddah. Terdapat Warteg dengan nama Warung Tegal. Menu yang tersedia pun sangat persis dengan yang ada di Indonesia. Diantaranya, tempe orek, sayur sop, hingga rendang. Untuk dapat menikmati makanan di tempat tersebut kalian hanya perlu merogoh kocek 15 hingga 50 riyal. 

 

5. Java Village, Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, kuliner Indonesia umumnya diwakili oleh restoran-restoran Indonesia yang menyajikan berbagai hidangan khas Indonesia seperti nasi goreng, rendang, sate, mie goreng, dan lainnya. Meskipun warteg mungkin belum tersebar secara luas di Amerika Serikat, tetapi di kawasan Elmhurst, Queens, New York. Terdapat satu restoran dengan konsep warteg dengan nama Java Village. Diketahui, pemiliknya berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Bernama Dewi. Oleh karenanya bintang utama dari menunya adalah makanan khas Jawa di warungnya. Harga yang perlu dibayar berkisar antara 10 hingga 40 dolar AS.

6. Waroeng Adji, Belanda

Kehadiran warteg di Belanda menjadi daya tarik bagi warga Indonesia yang merindukan cita rasa tanah air, serta warga lokal dan turis asing yang penasaran dengan masakan khas Indonesia. Anda dapat menemukannya di Johan Huizingalaan 264, 1065 JM Amsterdam, Belanda, bernama Waroeng Adji. Tempat ini sudah berdiri sejak 1996 dan sangat populer di kalangan turis Turki dan Maroko. Waroeng Adji menawarkan hidangan berupa nasi kuning, nasi rames, cendol, dan udang balado. Untuk harga makanan warteg di Belanda anda dapat membayar dengan harga 10 sampai 40 euro.

7. Restoran Nusantara, Jerman

Di kota-kota besar seperti Berlin, Frankfurt, atau Munich, Anda dapat menemukan beberapa restoran atau warung makan yang menyajikan hidangan seperti nasi goreng, mie goreng, rendang, sate, dan hidangan khas lainnya. Beberapa tempat makan ini mungkin menawarkan suasana yang mirip dengan warteg, dengan harga terjangkau dan suasana yang sederhana. Salah satunya berada di Turmstr.18,10559 Berlin, Jerman. Tempat makan  dengan nama Restoran Nusantara ini didirikan oleh mantan atlet pebulu tangkis Indonesia asal Tegal, Jawa Tengah, bernama Bram Fernardin. Di Restoran Nusantara yang terletak di Berlin ini Anda dapat menikmati ayam goreng, tempe orek, gado-gado, hingga rendang. Untuk harga makanan Indonesia terutama warteg di tempat ini dapat anda dapatkan dengan harga 8 hingga 30 euro.

 

Kehadiran warteg yang ada di belahan bumi lainnya tidak hanya memuaskan kerinduan ekspatriat atau pelancong asal Indonesia akan makanan khas tanah air, tetapi juga menjadi jendela bagi dunia untuk mengenal keanekaragaman kuliner dan budaya Indonesia. Agar bisa menikmati kuliner Indonesia lainnya yang ada di luar negeri dengan nyaman. Manfaatkan layanan penyewaan modem dari JavaMifi agar perjalanan Anda di negara lain bisa tetap aman berkat internet lancar. 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *