13 Rekomendasi Makanan Halal di Korea Enak dan Murah

Mencari makanan halal di Korea tidak sulit. Meski bukan Negara mayoritas muslim, namun Korea Selatan sudah sangat terbuka bagi wisatawan beragama Islam. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi saat traveling ke negeri ginseng tersebut.

Meski daging babi di negeri Ginseng merupakan bahan yang cukup umum dimanfaatkan sebagai menu hidangan, namun banyak juga masakan murni tanpa daging tersebut. Bahkan kebanyakan menggunakan sayuran atau ikan.

Agar lebih mudah menemukannya, Anda bisa menggali informasi resto atau kawasan mana saja yang menyediakan makanan ramah muslim. Bisa dari liputan khusus, review vloger atau sosial media.

13 Rekomendasi Makanan Halal di Korea

Jika digali lagi sebetulnya banyak makanan khas Korea Selatan berbahan dasar sayur-sayuran dan daging yang halal. Tapi mungkin tidak banyak yang tahu apa nama makanan tersebut. Berikut rekomendasinya.

1. Ayam tandoori

Ayam tandoori merupakan menu yang nikmat dan menggugah selera. Ayam tandoori atau juga sering disebut Tandoori Murgh sebetulnya adalah makanan khas dari India. Bahan utamanya ayam berpadu dengan beberapa bumbu serta campuran yogurt.

Makanan halal di Korea ini bisa ditemukan di restoran India bernama Wazwan yang terletak di seberang Masjid pusat Seoul. Restoran ini secara khusus menyajikan menu makanan yang ramah muslim khususnya dari Timur Tengah dan Asia Tenggara seperti Indonesia.

2. Naan

Naan sangat direkomendasikan bagi muslim yang sedang traveling ke Korea Selatan. Naan adalah sejenis roti terbuat dari campuran roti dipanggang dalam oven. Biasanya disajikan atau disantap bersama ayam Tandoori fungsinya sebagai pengganti nasi.

Meski menggunakan ragi sebagai pengembang, namun masih dalam batasan halal. Tidak menggunakan bahan mengandung alkohol. Naan juga bisa Anda jumpai ketika berkunjung ke restoran yang sama yaitu Wazwan.

3. Bibimbap

Kali ini giliran makanan khas Korsel yaitu Bibimbap. Pecinta Drama Korea tentu tidak asing dengan menu makanan ini. Yaitu makanan berbahan dasar campuran daging serta sayuran kemudian disiram minyak wijen.

Sayuran yang digunakan sangat beragam, seperti jamur, timun, taoge, hingga wortel. Untuk mendapatkan bibimbap berlabel halal, Anda bisa datang ke Restoran Hanok di Mokmyeoksanbang.

Restoran ini juga menyajikan menu makanan halal di Korea lain yang berbahan dasar sayuran segar. Jaminan halal sebab dari cara pengolahannya tidak menggunakan peralatan maupun campuran bahan yang diharamkan.

4. Sup kacang pedas

Sup kacang pedas merupakan makanan halal di Korea lainnya yang dapat dinikmati ketika berada di Korsel. Bahan utamanya kacang diberi bumbu sedemikian rupa sehingga menjadi sup dengan rasa pedas.

Dipastikan halal mulai dari cara memasak, tidak ada campuran bahan dari daging apapun serta tanpa alkohol. Sup kacang pedas ini bisa Anda dapatkan di restoran Shabana. Tersedia juga makanan vegetarian untuk Anda yang menghindari daging.

5. Saengseon Gui

Saengseon Gui adalah makanan halal di Korea berbahan dasar ikan, tepatnya ikan makarel. Saengseon gui dalam bahasa Indonesia artinya ikan panggang, namun saat memasak ternyata ikan makarel tidak dipanggang melainkan digoreng.

Ikan berasal dari tangkapan nelayan yang langsung didistribusikan melalui pasar ikan. Kemudian pengolahannya masih dalam keadaan segar dan baik sehingga idak menghasilkan bau amis saat dipanggang. Menariknya, Saengseon Gui bisa ditemui sebagai street food.

6. Maeuntang

Maeuntang merupakan menu tradisional yang sangat recommended bagi pelancong muslim. Maeuntang berbahan dasar ikan direbus dengan bumbu sedemikian rupa dan memiliki rasa pedas.

Maeuntang menjadi makanan halal di Korea yang cocok disantap pada musim dingin karena penyajiannya menggunakan hotplate untuk menjaganya tetap hangat. Maeuntang menjadi salah satu menu favorit sebab selain menghangatkan juga kaya akan gizi.

7. Sundubu Jjgae

Sundubu jjgae terbuat dari tahu dengan kuah dan bumbu pedas. Rasa pedasnya masih wajar untuk lidah kebanyakan orang Asia termasuk Indonesia. Menu satu ini banyak dijajakan resto tradisional.

Selain citarasa pedas, sedap, kaya protein, menu satu ini juga cukup terjangkau. Paling penting adalah, tidak menggunakan kaldu dari lemak daging. Jadi aman bagi pengunjung muslim.

8. Doenjang Jjgae

Doenjang jjgae merupakan sajian kuliner berkuah berisi rebusan sayur dan makanan laut atau seafood. Sayuran yang digunakan sangat beragam seperti lobak, caisim, jamur, wortel dan sebagainya yang menjadikan tampilannya penuh warna.

Menu satu ini memiliki citarasa gurih, segar dan pastinya kaya protein vitamin. Anda bisa menemukannya di tenda-tenda saat malam hari. harganya juga cukup terjangkau sebab bukan merupakan menu mewah ala resto berkelas.

9. Tuna kimbab

Tuna kimbab adalah sejenis sushi yang berasal dari Jepang. Tuna digulung dengan sushi ini bisa menjadi hidangan utama makan siang. Rasanya otentik, harganya cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Salah satu makanan halal di Korea ini bahkan populer juga di tanah air. Saat ini banyak boot makanan menjual menu-menu khas Korsel seperti ini. Di negeri asalnya sendiri menu ini tidak sulit ditemui.

10. Haemul Pajeon

Haemul pajeon bentuknya mirip pancake. Berasal dari tepung gandung sebagai bahan utama, namun terdapat campuran bahan laut atau seafood. Kemudian dipan, menggunakan panci anti lengket seperti martabak.

Makanan halal di Korea satu ini banyak dijumpai pada berbagai perayaan hari besar. Jika Anda mengunjungi negeri Ginseng bertepatan dengan perayaan atau festival tertentu akan sangat mudah menemukannya sebagai street food.

11. Tteokbokki

Tteokbokki, nama satu ini tentu tidak asing lagi terutama bagi penggemar K-drama. Di Indonesia sendiri juga banyak boot menjual jenis kudapan fenomenal ini. Sering disebut juga dengan kue beras, sebab bahan dasar utamanya memang dari tepung beras.

Bentuknya potongan persegi panjang, direbus bersama dengan kuah pedas berwarna orange kemerahan. Jika Anda berkunjung ke resto ala Korsel di tanah air, menu ini biasa disajikan sebagai welcome snack.

Tteokbokki sendiri merupakan camilan yang sering dijual di pinggir jalan. Jadi selama berkunjung di Korsel Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan. Sangat mudah menemukan Tteokbokki sebagai cemilan penunda lapar.

12. Hobakjuk

Hobakjuk sejenis bubur menggunakan labu sebagai bahan dasarnya. Cita rasanya manis gurih, coco untuk menu sarapan sebelum Anda melanjutkan aktifitas traveling menjelajah seluruh tempat menarik.

Hobakjuk merupakan salah satu menu kaki lima, terjangkau, ramah untuk lidah kebanyakan orang. Hobakjuk bisa disantap mulai dari balita hingga lansia, dan paling penting tanpa campuran bahan-bahan haram dalam pembuatannya.

13. Jjampong

Makanan halal di Korea selanjutnya yang enak adalah Jjampong. Berupa mie yang dicampur seafood seperti cumi dan udang. Pengolahannya menggunakan kuah pedas, aromatic kaya rempah asli.

Sensasi pedas, asam, manis menjadikan menu satu ini cocok disantap saat malam hari. Harganya terjangkau dan mudah ditemui terutama jika Anda sedang berada di kawasan pinggir kota.

Korsel semakin maju dari segi pariwisatanya. Inilah yang menjadi alasan mengapa Negara ini semakin terbuka terhadap pendatang terutama yang beragama Islam. Sehingga tidak sulit menemukan makanan halal di Korea.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *