Jalan-jalan ke Beijing, Jangan Lewatkan Destinasi Fenomenal Ini

Jalan-jalan ke Beijing tentu jadi agenda liburan menyenangkan. Kebudayaan dan kepercayaan masyarakatnya begitu kental, memberikan sensasi tak terlupakan. Iklim yang juga berbeda dari Indonesia menjadi pelengkap suasana liburan.

Beijing merupakan salah satu kota besar dan populer. Sering disebut dan menjadi latar pembuatan film Asia. Hal ini tentu mengundang rasa penasaran khususnya bagi para traveler untuk mengeksplornya.

10 Destinasi Wajib saat Jalan-jalan ke Beijing

Menyusun itinerary sebelum liburan sangat penting supaya waktu lebih efisien. Masih pemula sebagai traveler? Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini adalah 10 tempat paling populer dan direkomendasikan untuk semua level traveler.

1. Taman Beihai atau Beihai Park

Jalan-jalan ke Beijing, pertama yang perlu Anda kunjungi adalah Taman Beihai. Taman ini memiliki pemandangan sangat indah. Pada musim tertentu, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam taman dan area sekitarnya berselimut kabut, membuat suasana kian mempesona.

Pembangunan Taman Beihai ini dilakukan pada masa pemerintahan Dinasti Yuan. Luas areanya mencapai 70 hektar. Terdapat danau mengelilingi Taman dengan sebuah pulau di tengahnya.

Di pulau tersebut berdiri megah sebuah pagoda. Dibangun oleh kaisar dengan maksud untuk menghormati para leluhur. Paket komplit jika Anda bekunjung kesini, bisa mendapatkan spot foto ikonik khas negeri tirai bambu.

2. Stadion Nasional Bird Nest

Stadion paling megah dan menjadi kebangsaan nasional ini disebut juga dengan Bird Nest. Nama Bird Nest disematkan karena bentuk tiang-tiang penyangga stadion menyerupai sarang burung.

Bird Nest menjadi salah satu landmark yang wajib dikunjungi saat Anda jalan-jalan ke Beijing. Karena keunikannya tersebut, Bird Nest sebagai Stadion nasional dinobatkan sebagai salah satu dari 10 bangunan paling unik di dunia.

Tiang penyangga yang menyerupai sarang burung bukan hanya berfungsi untuk menonjolkan sisi estetika. Tetapi juga menunjang faktor keamanan karena dirancang mampu menahan gempa bumi berskala 8 skala Richter.

3. Taman Jingshan

Taman Jingshan juga menjadi tempat wajib dikunjungi saat Anda jalan-jalan ke Beijing. Salah satu keunikannya adalah terdapatnya 5 buah paviliun persembahyangan tersebar di puncak bukit sekeliling Taman Jingshan.

Dahulu kala pavilion tersebut merupakan lokasi beribadah para Kaisar. Area taman dipenuh dengan berbagai tanaman bunga serta buah-buahan. Tanaman buah ini dimaksudkan sebagai persembahan kaisar kepada permaisuri.

Taman Jingshan dibangun pada masa Dinasti Jin, mempunyai luas sekitar 58 hektar. Anda pasti akan merasa nyaman ketika liburan kemarin, sebab udaranya sangat sejuk, terutama selama bulan Mei.

4. Istana Musim Panas (Summer Palace)

Istana Musim Panas diakui sebagai situs warisan dunia yang harus dilindungi (UNESCO). Maka wajib masuk daftar tujuan jalan-jalan ke Beijing Anda. Areanya dipenuhi bukit-bukit hijau, luasnya mencapai 300 hektar, dikelilingi danau yang memiliki pulau kecil di tengahnya.

Menurut cerita masyarakat setempat pulau tersebut merupakan tempat dewa naga bersemayam yang melindungi warga berada. Pada tahun 1750 tempat ini digunakan sebagai kediaman keluarga kerajaan pada masa-masa akhir pemerintahan Dinasti Qing.

Jika anda berkunjung ke tempat Istana Musim Panas jangan heran jika ada lebih dari 3000 barang peninggalan sejarah yang dibuat langsung oleh tangan manusia. Selain indah pemandangannya, Istana Musim Panas juga menjadi wisata sejarah penuh filosofi.

5. Tembok Besar China

The Great Wall atau Tembok Besar Cina sudah tentu wajib masuk daftar pertama rencana jalan-jalan ke Beijing. Bangunan dengan panjang kira-kira 8.800 km tersebut masuk dalam salah satu keajaiban dunia.

Tembok Besar Cina membentang luas dari timur sampai barat wilayah Cina. Dahulu kala berfungsi sebagai benteng pertahanan pasukan Cina dari serangan musuh. Salah satu ujung tembok besar Cina langsung mengarah ke Laut Bohai. Ini menjadi salah satu poin menarik disini.

6. Taman Tiantan

Taman Tiantan terletak di Distrik Chongwen populer sebagai The Temple of Heaven. Nama tersebut disematkan karena Taman Tiantan adalah tempat sembahyang atau pemujaan dewa dewi yang ada di langit.

Desain bangunan sangat unik dan cantik, setiap sudutnya presisi, penuh warna kebudayaan serta kepercayaan masyarakat setempat. Bangunan taman dibatasi tembok panjang, dimana bagian utara menyimbolkan surga sementara bagian selatan menyimbolkan bumi ini.

Taman ini sering menggelar berbagai atraksi khas Negeri Tirai bambu setiap tahunnya. Jadi jika ingin menyaksikan atau mengenal seni kebudayaan terutama tari-tarian dan opera bisa datang kesini saat jalan-jalan ke Beijing.

7. Danau Shichahai

Danau Shichahai merupakan danau buatan dengan luas kurang lebih 147 hektar. Salah satu daya tariknya adalah pemandangan sunrise maupun sunset yang tampak jelas. Menghadirkan suasana romantis menjelang malam hari.

Danau Shichahai cukup fenomenal, udara sekitarnya sejuk, banyak terdapat penjual aneka souvenir. Anda bisa mendapatkan berbagai cinderamata untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Tidak sedikit juga pengunjung yang menyempatkan diri memancing layaknya warga lokal.

8. Istana Terlarang

Istana Terlarang disebut juga the Forbidden City. Merupakan peninggalan Dinasti Ming dan Qing, dua dinasti paling besar yang ada di Cina. Luasnya kurang lebih 70 hektar dengan jumlah ruangan di dalamnya mencapai 9900 yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Sekitar lokasi Istana Terlarang dapat Anda temukan taman dan sungai. Hawa sejuk dan pemandangan mempesona membuat betah berada lebih lama di dalamnya. Anda bisa menikmati setiap sudut penuh nilai seni sekaligus sejarah.

Tiang-tiang penyangga istana ini terbuat dari kayu tua dan mengeluarkan bau wangi. Ini juga jadi daya tarik wisatawan. Istana ini bahkan jadi salah satu judul film kolosal, maka wajib masuk list kunjungan saat Anda jalan-jalan ke Beijing.

9. Gedung Teater Nasional

Gedung Teater Nasional atau National Grand Theatre menjadi salah satu ikon Beijing yang populer karena keunikan bentuk bangunannya. Berbentuk setengah telur dikelilingi oleh danau buatan.

Air danau memantulkan bayangan gedung, membuat bangunan seolah mengambang. Di dalam National Grand Theatre ini, anda dapat menyaksikan berbagai macam pertunjukkan mulai dari drama, ballet, pertunjukkan tari, maupun opera.

Saat tidak digelar pertunjukkan apapun, anda masih dapat menikmati pameran karya seni memanjakan mata serta kemegahan arsitekturnya. Pastinya National Grand Theatre jadi latar belakang foto menarik dan kaya gaya arsitektur unik.

10. Taman Xiangshan

Taman ini juga perlu masuk daftar kunjungan saat jalan-jalan ke Beijing. Menjadi salah satu dari 10 taman paling besar di Cina. Berada di sebelah barat kota Beijing, kira-kira 20 km. Taman Xiangshan berada setinggi 500 meter, mempunyai pemandangan alam mempesona, banyak pepohonan dan perbukitan.

Seperti tema pertamanan Cina pada umumnya, terdapat paviliun yang ikonik. Sebagian besar areanya penuh tanaman bunga dan pepohonan. Semua musim menjadi waktu ideal berkunjung.

Selama musim semi, pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan alam penuh bunga. Saat musim dingin tiba, pepohonan tertutup salju jadi salah satu fenomena menakjubkan sekaligus cocok untuk latar belakang selfie.

Beijing menjadi salah satu kota tujuan wisata yang ramai oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Seakan tidak ada habisnya mengeksplor setiap sudut kota ini karena selalu menghadirkan cerita tersendiri. Jangan heran jika Anda menemukan tempat dan cerita baru saat jalan-jalan ke Beijing.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *