Jalan-jalan ke Shanghai Ini Rekomendasi Tempat Wisata Menarik

Punya rencana jalan-jalan ke Shanghai, ada baiknya mengumpulkan referensi tempat tujuan yang akan dikunjungi. Sebab kota ini sangat besar, ada banyak objek di dalamnya yang menarik dan ikonik dengan Asian Culture.

Tema liburan sangat beragam saat Anda sampai di kota besar ini. Mulai dari wisata sejarah, budaya, wisata modern dan sebagainya. Penentuan tujuan bebas, bisa berdasarkan tema, berdasarkan jarak dan lokasi. Paling penting adalah tahu mana saja obyek wisata yang menarik.

9 Rekomendasi Tujuan Jalan-jalan ke Shanghai

Membuat itinerary atau tujuan kunjungan wisata sangat penting sebelum berangkat liburan. Tujuannya untuk menghemat budget, tenaga serta memaksimalkan waktu yang ada. Berikut 9 rekomendasi tempat paling menarik untuk jalan-jalan ke Shanghai.

1. Nanjing Road

Nanjing Road atau dikenal dengan Nanjing Lu adalah pusat perbelanjaan utama Shanghai dan salah satu area paling sibuk. Area ini sangat padat penuh dengan para pedestrian.

Setiap hari besar seperti perayaan natal dan tahun baru, tahun baru cina, paskah, para wisatawan banyak merayakannya di lokasi Nanjing Road. Suasana perayaan semakin menarik karena ada pesta kembang api.

Pada hari biasa, Nanjing Road berbias lampu berwarna warni seperti pelangi. Nanjing Road itu terdiri atas 2 bagian, yaitu Nanjing Road Barat serta Timur. Nanjing Road juga merupakan penghubung 2 lokasi wisata utama Shanghai yaitu People’s Square dan Bund.

2. Xintiandi Area

Jalan-jalan ke Shanghai belum lengkap jika tidak berbelanja. Xintiandi merupakan kawasan surga belanja dan tempat hiburan malam. Dibangun oleh Shui on Land, kawasan ini berasal bangunan rumah Cina kuno atau disebut dengan shikumen.

Anda bisa menikmati segala sesuatu berbau tradisional dari bermacam makanan, toko buku, hiburan, café. Sering juga digelar pameran mobil di kawasan ini, menjadikan Xintiandi merupakan salah satu lokasi hiburan penting di Cina.

Arsitektur sekitarnya sangat memanjakan mata. Anda dapat merasakan nuansa Cina kuni era 1920-an namun berpadu padan dengan bangunan abad 21. Suasana yang tidak ditemukan di lokasi lain.

3. French Concession Region

French Concession Region juga perlu masuk daftar tujuan saat jalan-jalan ke Shanghai. Seperti namanya, kawasan ini membuat pengunjung serasa mengunjungi Eropa yaitu Prancis. Banyak bangunan serta restoran bergaya Eropa.

Pengaruh arsitektur Prancis tersebut dikarenakan Cina khususnya Shanghai pernah jadi daerah jajahan. Tepatnya di Huaihai Road, nuansa kekuasaan penjajahan masa lalu sangat kental terasa.

Area French Concession Region memiliki dua distrik, yaitu Distrik Luwan dan Distrik Xuhui. Distrik Luwan terkenal sebagai surganya para pecinta shopping juga sebagai letak dari Xintiandi dan Tian Zi Fang yaitu tempat shopping dan makan populer untuk para turis mancanegara.

Sementara distrik Xuhui memiliki Stadium Shanghai yang terkenal. Stadium ini sangat ikonik san menarik untuk latar belakang foto selfie Anda. French Concession Region milik Shanghai ini juga dikenal sebagai ‘Paris of the East’.

4. Yu Garden atau Yuyuan Garden

Yu Garden harus masuk rencana jalan-jalan ke Shanghai Anda. Taman bernilai sejarah ini sudah berusia kurang lebih 400 tahun. Menjadi taman paling mewah dan terbaik yang ada di Anren Street 132, Kota Tua, dekat dengan Chenghuangmiao.

Taman dengan luas 2 hektar ini mempunyai desain indah dengan gaya Suzhou. Desain ini terlihat dari beberapa bagian taman, diantaranya Grand Rockery, Inner Garden, Lotus Pool, Heralding Spring Hall (Dianchun), sampai Ten Thousand Flower Tower (Wanhua). Lokasinya bisa dijangkau dengan naik kereta lewat stasiun Shanghai Metro.

5. The Bund

Tempat yang wajib Anda kunjungi saat jalan-jalan ke Shanghai berikutnya adalah The Bund. Berasal dari bahasa hindi yang berarti tanggul, waduk, atau dermaga. Dari sini Anda dapat melihat indahnya pemandangan gedung menjulang tinggi, dermaga, serta kota yang ada di sekitarnya.

The Bund memiliki bangunan-bangunan dengan arsitektur paling baik di dunia. Berbagai gaya arsitektur bangunan ada disini. Mulai dari yang klasik, gaya romawi, Italia hingga era Renaissance.

Satu hal paling menarik adalah terdapat tembok untuk menahan banjir sepanjang 1700 meter. Tembok penghalang banjir ini dijuluki ‘the lovers wall’ karena menjadi spot bagus di Shanghai bernuansa romantis.

6. Jade Buddha Temple

Kuil akan menjadi pelengkap destinasi saat jalan-jalan ke Shanghai. Kuil ini berdiri tahun 1882 menjadi tempat ibadah umat budha berfaham buddhisme Mahayana. Terapat dua buah patung giok budha, patung budha tengah duduk setinggi 1,95 meter dan berat 3 ton, serta patung-patung budha lain yang merupakan sumbangan dari Myanmar.

Kuil ini sempat dihancurkan ketika lengsernya dinasti Qing, kemudian tahun 1928 berhasil dibangun kembali untuk melindungi 2 patung giok buddha tersebut. Sarat dengan nuansa religi, namun kuil ini terbuka bagi siapa saja.

7. Shanghai Pearl Tower

Shanghai Pearl Tower merupakan ikon yang wajib jadi latar foto saat jalan-jalan ke Shanghai. Pengunjung harus membeli tiket lebih dahulu, serta melalui pemeriksaan ketat seperti ketika berada di bandara.

Terdapat lift yang mengantarkan Anda naik. Sesampainya di lantai 117 (bagian bulatan atas tower), Anda dapat menyaksikan langsung kecantikan Kota Shanghai menggunakan teropong. Untuk menggunakan teropong Anda harus memasukkan koin terlebih dahulu.

Terdapat juga penjaja souvenir bertema Shanghai Tower di sekitar lokasi. Jadi bisa langsung membawa pulang cinderamata yang Anda beli dari area sekitarnya.

8. Shanghai Ocean Aquarium

Obyek wisata ini memiliki aquarium sejumlah 4 lantai vertikal ke dalam tanah. Anda dapat melihat berbagai jenis hewan air, mulai dari ikan, kura-kura, hiu, buaya, sampai angsa. Pengunjung juga dapat melihat proses ikan bertelur hingga dewasa.

Kebanyakan akuarium seperti Sea World Indonesia berada di atas tanah, namun Shanghai Ocean Aquarium di bawah tanah. Jadi pengunjung memerlukan lift untuk turun ke bawah tanah.

Jalan-jalan ke Shanghai Anda semakin berkesan disini sebab ada banyak souvenir untuk dibawa pulang. Lokasi ini cocok untuk mengajak liburan anak-anak sebab penuh dengan edukasi.

9. Nanjing East Road dan West Road

Nanjing East Road Pedestrian Street lebih tepatnya. Merupakan area padat oleh pejalan kaki. Sisi kanan dan kiri banyak terdapat toko serta mall yang menjadi salah satu tujuan orang berlibur yaitu belanja.

Saat jalan-jalan ke Shanghai, Anda dapat berbelanja sekaligus wisata kuliner di Nanjing East Road. Beberapa tempat yang populer adalah Lao Da Fang dengan masakan ikannya, toko The Old Phoenixes yang berusia 1,5 abad, Shao Wan Sheng toko bermacam jenis wine berkualitas.

Kemudian ada juga Cai Tong De toko obat herbal sejak era Dinasti Qing pada tahun 1882. Dan Duo Yun Pavilion yang menjual karya seni antik seperti lukisan-lukisan dan kaligrafi.

Sementara Nanjing West hanya punya jalur kendaraan bermotor saja. Sepanjang area terdapat mall yang menawarkan merk-merk internasional seperti Louis Vuitton, Gucci, dan sebagainya.

Selain itu Nanjing West Road terdapat banyak penjual bawang KW. Lokasinya ada di 580 Nanjing West Road, namanya Shanghai Fake Market. Inilah yang menjadi salah satu magnet wisatawan mancanegara.

Sangat menarik memilih China sebagai tujuan berlibur sebab menawarkan berbagai pengalaman tidak terlupakan. Maka penting destinasi saat jalan-jalan ke Shanghai.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *