10 Tips Jalan Jalan ke Eropa Tanpa Tour Agar Hemat dan Menyenangkan

Melakukan jalan jalan ke Eropa tanpa tour menjadi pilihan yang banyak dicoba traveler. Mungkin sebelumnya kita telah mengenai perjalanan memakai jasa tour. Tapi apabila ingin dilakukan pribadi sebenarnya bisa dirasakan.

Berkaitan dengan liburan destinasi Eropa sebenarnya menjadi impian setiap golongan masyarakat. Bahkan orang Indonesia masih menjadikannya sebagai pilihan tertinggi. Penyebabnya karena menawarkan beragam wisata yang paling menarik.

Benua biru sebenarnya dikenal memiliki negara dan wisata berkualitas tinggi. Disebabkan oleh banyaknya pilihan, mungkin akan kesulitan melakukan pertama kali. Apalagi traveling sendirian dikatakan memiliki banyak tingkat kesulitan.

Jalan jalan ke Eropa tanpa tour menjadi alternatif bagus untuk dicoba traveler. Terutama apabila ingin berusaha mandiri dan mencoba pengalaman berbeda. Pastinya akan menjadi pilihan bagus untuk Anda lakukan segera.

Meski begitu perlu diketahui tidak semua orang akan sukses melakukan traveling tanpa jasa tour. Terlebih jika belum ada pengalaman menuju wilayah jauh. Termasuk jika memiliki rasa takut apabila pengeluarannya tinggi.

Supaya tidak terdapat masalah, ada beberapa persiapan perlu dilaksanakan oleh calon traveler. Misalnya mengenai ketentuan agar selalu menyenangkan. Belum lagi supaya bisa bekerja dengan baik dari awal sampai akhir traveling.

tips jalan ke eropa

Tips Jalan Jalan ke Eropa Tanpa Tour Agar Hemat dan Menyenangkan

Untuk melakukan traveling Eropa nihil masalah dan tetap hemat, bukannya terlalu sulit dicoba. Melainkan ada tips tersendiri bisa Anda laksanakan. Tentu mampu mendukung agar kegiatan liburan menjadi semakin menyenangkan.

1. Merencanakan dengan Matang

Mencoba untuk merencanakan dengan matang menjadi kunci utama kenapa liburan berjalan lancar. Pastinya kita akan mempertimbangkan banyak hal dengan matang. Misalnya budget, lama waktu berkunjung sampai destinasi kunjungan.

Sebelum jalan jalan ke Eropa tanpa tour, disarankan mengurutkan semua kota. Terutama supaya bisa didatangi satu per satu secara urut. Tentunya pengeluaran untuk perjalanan menuju tempat tersebut menjadi lebih hemat.

Karena spot wisata Eropa besar, dibutuhkan 2-3 hari untuk satu kota. Jadi, perlu memastikan apabila jadwal dan budget telah siap. Jangan lupa memilih musim terbaik sesuai dengan kenyamanan dan biaya.

2. Menentukan Destinasinya

Salah satu tahap perencanaan penting lainnya adalah mencoba menentukan destinasinya. Mungkin banyak orang bermimpi menuju Paris, London, Roma atau Berlin. Tapi beragam kota tersebut menjadi destinasi wisata yang mahal.

Inilah alasan kenapa jalan jalan ke Eropa tanpa tour disarankan mencari destinasi alternatif. Wilayah Eropa timur seperti Polandia, Rumania, Bulgaria atau Hongaria pilihannya. Apalagi setiap negara tersebut paketnya lengkap.

Tapi kalau ada keterbatasan dana, pilih saja satu kota dari Eropa. Misalnya Naples, Karpathos, Dubrovnik atau Albufeira menjadi pertimbangan. Pastikan sudah mengeceknya lewat internet dan mengetahui perkiraan budgetnya.

3. Mengajukan Visa

Tahapan mengajukan visa penting dilakukan sebelum jalan jalan ke Eropa tanpa tour. Saat ini yang banyak dilakukan turis adalah apply visa Schengen. Nantinya bisa mengunjungi 26 negara Eropa dengan bebas.

Pastikan negara kunjungan masuk daftar pada visa yang dibuat. Saat ini terdapat beberapa kantor khusus dipakai mengurus visa dengan mudah. Jangan lupa mengurus sejak lama karena prosesnya mencapai 15 harian.

4. Memesan Tiket Pesawat dan Hotel

Untuk kelancaran jalan jalan ke Eropa tanpa tour, memesan tiket pesawat dan hotel diwajibkan. Tiket pesawat sekitar 5-7 jutaan saat low season. Kalau sedang high season, tiket menjadi lebih mahal.

Sementara itu untuk hotel sendiri pastikan dekat pusat kota tapi terjangkau. Kriteria hotel semacam ini dengan mudahnya menjangkau setiap fasilitas kota. Hasilnya bisa melaksanakan rencana liburan secara fleksibel dan menyenangkan.

5. Makan di Tempat yang Tepat

Anda sebagai wisatawan ingin hemat, disarankan agar makan di tempat yang tepat. Biasanya kalau mengunjung pusat kota, selalu tertarik dengan banyak restoran. Tapi harus diketahui pada tempat tersebut harganya mahal.

Inilah alasan kenapa perlu menjauh dari pusat kotanya dan menemukan lebih jauh. Tentunya semakin murah sehingga makan lebih banyak sekalipun tidak bermasalah. Bahkan terasa nyaman dan rasanya bisa tetap nikmat.

6. Mempelajari Bahasa Singkat

Sebelum berkunjung, jangan lupa agar mempelajari bahasa singkat terutama orang lokal. Sebenarnya orang Eropa banyak yang sudah lancar berbahasa Inggris. Tapi ada juga beberapa negara yang kurang pandai bahasa Inggris.

Inilah penyebab jalan jalan ke Eropa tanpa tour perlu menyiapkan belajar bahasa lokal. Tentunya tidak perlu mempelajari terlalu banyak dan rumit. Tidak masalah sekedar permisi, maaf, terima kasih dan halo.

Mencoba mengetahui kata sapaan dapat dijadikan rekomendasi. Selain menjadi ramah, kemudian dapat membuka komunikasi dengan penduduk lokal. Bahkan bisa meminta bantuan lebih mudah karena memahami beberapa arti katanya.

7. Siapkan Transportasi

Saat jalan jalan ke Eropa tanpa tour jangan lupa agar selalu menyiapkan transportasi. Berhubungan dengan transportasi, sebenarnya pilihannya sangat banyak. Inilah alasan kenapa bisa mengunjungi tempat apapun dengan mudah.

Tapi harus memastikan apabila menggunakan transportasi yang mudah dipahami. Termasuk dengan tempat menetap sekaligus memiliki biaya yang terjangkau. Sesuaikan waktu kunjungannya sehingga tidak mengeluarkan biaya berlebihan.

8. Mengambil Free City Map

Selalu mengambil free city map menjadi langkah cerdik bagi wisatawan. Tidak sedikit orang yang merasa malu apabila bertanya pada orang lokal. Jika ditambah internetnya buruk, harus memastikan memiliki city map.

Setiap turis yang jalan jalan ke Eropa tanpa tour, bisa mengambilnya gratis. Umumnya Anda ambil saat mengunjungi kafe, restoran atau hotel. Saat mengunjungi bandara maupun stasiun lokal juga bisa mengambilnya.

9. Mencari Sim Card

Melakukan jalan jalan ke Eropa tanpa tour tentunya disarankan mencari Sim card. Hal ini dilakukan apabila ingin menggunakan internet pada smartphone. Apalagi penting dipakai untuk mengakses GPS maupun akses internet.

Tidak menutup kemungkinan internet bisa dipakai untuk menghubungi keluarga di rumah. Terlebih apabila perjalanan yang dilakukan tersebut sendirian. Tentu bisa menghubungi orang terdekat dan memberikan kabar dan kondisi terbaru.

Sebenarnya SIM card dapat diperoleh dari bandara sehingga tidak kesulitan mencarinya. Memang ada banyak tempat menyediakan WiFi gratis, tapi bukan menjadi andalan. Terutama apabila menuju daerah yang tanpa jaringan WiFi.

10. Mengontak Pihak KBRI

Mencoba untuk mengontak pihak KBRI termasuk sebagai ketentuan yang perlu dilakukan. Hal ini disebabkan pihak KBRI dapat membantu segala aktivitas kita. Terutama apabila sedang menemukan kondisi darurat tidak diinginkan.

Pihak kedutaan membuat kita tenang saat jalan jalan ke Eropa tanpa tour. Jangan langsung panik apabila menemukan masalah dalam liburan. Anda dapat meminta bantuan dan KBRI bisa membantu dengan baik.

Jadi, pastikan sebelumnya mencatat maupun menghafal nomor KBRI. Kalau perlu ketahui dulu alamatnya supaya dapat dikunjungi saat masa darurat. Kebanyakan dari KBRI bisa memberikan bantuan 24 jam sehingga dapat membantu.

Pastikan apabila mengingat dan menyiapkan setiap tips sebelum melakukan wisata Eropa. Terlebih termasuk jauh sehingga jangan sampai ada kesalahan. Anda perlu mengetahui beragam persiapan penting sehingga lancar eksplorasi.

Apalagi jika berusaha untuk melakukan liburan bersama keluarga maupun teman. Pastinya perlu selalu berkegiatan dengan tepat tanpa mengalami kesulitan. Tentu manapun tempat yang dikunjungi, dijamin mampu dikenang dengan baik.

Apabila terdapat peraturan dan ketentuan baru, jangan lupa mencari informasi lengkap. Tujuannya agar dapat diikuti dan tidak bermasalah setelah sampai. Lalu jalan jalan ke Eropa tanpa tour dapat bekerja maksimal.

Itulah tadi tips jalan jalan ke Eropa untuk kamu yang baru pertama kali liburan .Pastikan kamu juga menyediakan fasilitas internet yang stabil selama jalan-jalan di sana ya. Global Travel wifi dari Javamifi bisa jadi pilihan tepat agar kamu tetap punya koneksi internet lancar dan bisa diandalkan selama traveling.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *