14 Daftar Makanan Khas Kanada dengan Cita Rasa yang Menggoda

Selain objek wisatanya terkenal seperti air terjun Niagara, belum banyak yang tahu jika makanan khas Kanada juga memiliki cita rasa yang menggugah selera. Makanan tersebut terdiri dari banyak cita rasa, baik itu manis maupun gurih.

Jika dibandingkan dengan Jepang atau Korea, mungkin makanan dari negara ini kurang begitu dikenal di Indonesia. Hal itu wajar karena perbedaan kulturnya cukup kentara antara Benua Amerika dan juga Benua Asia.

Meski begitu, tidak ada salah untuk kita mengenal satu per satu kuliner asal Kanada karena ada beberapa penganan yang sedikit mirip dengan negara kita. Untuk itu, mari ikuti pembahasan terkait kuliner Kanada berikut!

Daftar Makanan Khas Kanada Penggugah Selera

Sebagai negara terluas kedua di Amerika Utara, tentu Kanada menawarkan beragam sisi kehidupan, termasuk dalam hal kuliner. Berikut ini adalah beberapa makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kanada:

1. Tortiere

Makanan khas Kanada pertama dan sudah cukup populer di beberapa negara adalah Tortiere. Bahan utama dari makanan ini adalah daging babi atau daging sapi yang sudah diberi bumbu rempah khas Kanada.

Dari segi bentuk, makanan ini sepintas mirip dengan pie apel, namun untuk rasanya sangat dominan ke arah gurih karena bumbu khas yang dicampurkan. Satu yang pasti, jika tidak ada halangan untuk memakan daging babi, maka patut mencobanya.

2. Bagel

Salah satu makanan khas Kanada yang juga terkenal di negara Eropa adalah Bagel. Kue ini berbentuk seperti donat, namun dengan ukuran sedikit lebih kecil. Adapun topingnya juga hampir sama dengan donat.

Beberapa di antaranya adalah coklat, almond, meses, selai, dan sebagainya. Untuk bahan pembuatannya juga dari tepung terigu dan ragi yang sudah dikukus. Bagel sendiri banyak ditemukan di pedagang-pedagang jalanan di Kanada.

3. Couscous

Meski terhitung dari Kanada, namun Couscous awalnya diperkenalkan oleh imigran Arab dan Afrika. Makanan ini akhirnya kian menyebar seiring berkembangnya keturunan-keturunan mereka di negara tersebut.

Couscous sendiri merupakan salah satu makanan khas Kanada berupa olahan nasi dengan rasa unik. Hal itu berkat campuran daging sapi atau kambing serta beberapa sayuran dalam proses pembuatannya.

4. Nanaimo Bars

Nanime Bars adalah kudapan manis yang dihidangkan di akhir jamuan atau sebagai penutup. Jika dilihat, bagiannya terdiri dari beberapa lapis yang masing-masing adalah crunchy, icing butter vanilla, dan ditaburi lelehan coklat.

Kombinasi dari lapisan-lapisan tersebut membuat makanan ini terasa nikmat sebagai sebuah dessert. Bagi Anda penyuka makanan manis, dijamin tidak akan menyesal menikmati Nanaimo Bars, terutama saat berkunjung ke Kanada.

5. Shish Taouk

Shish Taouk adalah makanan khas Kanada selanjutnya yang memiliki bentuk seperti sate. Tidak hanya bentuknya saja, makanan ini memang menggunakan daging ayam sebagai bahan utama pembuatannya.

Nantinya, potongan daging ayam akan dimasukkan ke dalam roti pita dan ditusuk menggunakan tusukan sate. Setelah itu, tusukan tersebut akan ditambahkan juga dengan sayuran acar dan juga hummus.

6. Kraft Dinner

Kraft Dinner merupakan makanan khas Kanada paling populer saat ini, yaitu berupa olahan makaroni dan keju yang dilelehkan menjadi satu. Perpaduan tersebut menghasilkan rasa Kraft Dinner dengan cita rasa lezat.

Di Amerika, makanan ini disebut juga dengan Mac and Cheese. Itulah kenapa Kraft Dinner juga sering disebut dengan Mac and Cheese kanada. Jika Anda sedang berada di Kanada, jangan sampai melewatkan Kraft Dinner ini untuk dicicipi.

7. Poutine

Sudah ada sejak tahun 1950-an, Poutine kini menjadi makanan populer di negara Kanada. Poutine sendiri merupakan kentang goreng dengan lelehan keju di atasnya. Sementara bagian toping berupa daging dan saus.

Banyak restoran di Kanada menyediakan Poutine sebagai hidangan sehingga Anda tidak akan kesulitan jika ingin mencicipinya. Selain itu, ada juga Festival Poutine yang diadakan di berbagai kota setiap tahun.

8. Split Pea Soup

Split Pea Soup adalah sup kacang polong bercampur daging dengan kuah yang gurih karena perpaduan rempah khas Kanada. Sup ini sering kali dimasak oleh orang-orang pada saat cuaca sedang dingin.

Jika ingin lebih lengkap, sup ini juga bisa ditambahkan dengan potongan wortel serta jagung. Gurihnya daging bercampur kuah segarnya akan membuat hari Anda semakin sempurna kala menyantapnya di waktu yang tepat.

9. Butter Tart

Saat pertama kali melihat kue ini, Anda mungkin akan mengira jika butter tart tidak ada bedanya dengan pie susu. Kue ini terbuat dari lapisan kulit pastry yang renyah, sementara di bagian tengahnya terdapat krim manis.

Untuk menemukan kue ini, Anda bisa mencarinya di berbagai kedai kopi Kanada. Sejumlah toko roti juga banyak yang menjualnya. Dengan rasa manisnya, kue ini bisa menjadi hidangan penutup yang sangat pas.

10. Beavertails

Beavertails adalah makanan khas Kanada dengan rasa manis karena diberi toping berupa nutella, manisan, gula, atau aneka toping lainnya. Penamaan Beavertails pada makanan ini karena bentuknya menyerupai ekor berang-berang.

Sejarah awal Beavertails adalah kue yang hanya dibuat dengan resep turun temurun dari keluarga Graham Hooker. Akan tetapi, sejak tahun 1978 makanan ini mulai banyak dikenal di seluruh penjuru Kanada.

11. Bannock

Makanan khas Kanada berupa Flatbeard ini pertama kali muncul pada awal abad ke-18. Selain mengenyangkan, penganan ini juga sangat mudah untuk ditemukan sehingga siapa saja bisa mengonsumsinya.

Untuk membuat Bannock, dibutuhkan bahan-bahan seperti tepung gandum, baking powder, gula, susu dan juga air. Pastikan Anda mencobanya jika sedang berwisata ke negara paling utara di Benua Amerika tersebut.

12. Bouili

Bouili bisa dibilang sebagai sup dengan isian berupa potongan daging sapi dilengkapi sayur seperti wortel, lobak, kentang, hingga kubis. Secara umum, sup ini tidak memiliki resep pasti untuk memasaknya.

Setiap orang memiliki kreativitasnya sendiri dalam memasak bouili sehingga rasanya akan berbeda-beda. Meski begitu, ciri khas isi daging sapi dan sayur tetap tidak berubah meskipun berbeda pemasaknya.

13. Pie Berry Saskatoon

Saskatoon adalah salah satu kota yang menjadi nama makanan khas Kanada. Pie Saskatoon memiliki cita rasa manis dengan balutan kacang almond yang membuatnya masuk sebagai kandidat pie terbaik.

Menyantapnya di pagi atau sore hari saat sedang bersantai akan membuat hidup Anda semakin menyenangkan. Pie ini memiliki besar seukuran piring dengan bagian atas dibuat anyaman yang indah saat sudah matang.

14. Tire d’érable sur la neige

Makanan khas Kanada terakhir adalah Tire d’érable sur la neige atau sebuah permen dengan sirup maple. Proses pembuatannya adalah dengan menuangkan sirup maple pada parutan es yang sudah disiapkan dalam satu takaran khusus.

Suhu dingin pada parutan es tersebut membuat sirup maple yang dituangkan segera mengeras di atasnya. Anda hanya perlu mencari stik kecil dan menggulung larutan sirup maple tersebut menjadi permen.

Kini, Anda sudah mengenal beberapa makanan yang berasal dari Kanada sehingga saat berkunjung ke negara tersebut bisa mencicipinya. Bahkan, makanan khas Kanada seperti Bagel sudah banyak di Indonesia.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *