4 Fakta Menara Eiffel Paris yang Katanya Sulit Dirobohkan

Menara Eiffel Paris disebut juga sebagai destinasi romantis di Prancis yang tidak pernah sepi mendapatkan kunjungan seluruh pasangan dari berbagai belahan dunia. Semuanya berlomba untuk mengambil foto di sana.

Nama lain dari bangunan ini adalah La Tour Eiffel, tingginya sendiri mencapai 324 mete. Kalau Anda bisa naik sampai ke atas, harus diakui pemandangannya sangat istimewa, Prancis tampak segalanya.

Ketika Anda sudah tiba di lokasi, cobalah lihat pasti ada banyak wisatawan bermadu kasih. Bukan hanya pacaran saja, tetapi ada beberapa memanfaatkannya untuk menyatakan perasaan ke seseorang.

Menariknya lagi, beberapa juga memanfaatkannya sebagai latar belakang prewedding. Harus diakui bahwa, mengambil gambarnya memang tidak pernah mengecewakan. Terlebih lagi kalau sore hari, rasanya semua elemen romantis sangat mendukung.

Ini Sejarah Menara Eiffel Paris

Awal mula pembangunan Landmark Prancis ini terjadi pada masa keemasan setelah memenangkan peperangan melawan Rusia. Sekitar tahun 1870-1914, hampir semua negeri barat mendapatkan kemakmuran sehingga mudah membangun apa saja.

Pada masa ini pula seluruh seniman berlomba agar karya mereka dapat diterima, termasuk seniman dengan minat arsitektur. Tidak heran bila beberapa bangunan seperti, Champs Elysees dapat terbangun.

Sementara itu pada tahun 1889 Pemerintah Paris sendiri menetapkan sebagai pekan raya yang mengharuskan mereka memiliki monumen. Hal ini sebagai salah satu upaya mereka dalam bersaing dengan Inggris.

Karena, inggris sendiri selalu berhasil dalam memamerkan apa saja, termasuk mesin manufaktur. Dari sini sayembara dimulai dan Gustave Eiffel berhasil memenangkannya pada tanggal 12 Juni 1886.

Pemerintah Paris sendiri melihat sebuah masa depan cerah dengan bangunan tersebut. Apalagi dalam proses pembuatannya mengenakan baja kuat sehingga bertahan lama. Tetapi, awal pembangunannya timbul polemik.

Menara Eiffel Paris pada waktu itu membutuhkan dana sekitar 5 juta franc. Hanya saja pemerintah menyanggupi 1,5 juta Franc. Tetapi dananya tidak kunjung cair, akhir Gustav memutuskan untuk mencari dana sendiri.

Suhu mulai memanas ketika beberapa orang muali berpendapat mengenai bangunan tersebut. Mereka menganggap jelek dan kurang berkompeten. Hingga akhirnya 22 November 1886, bangunan itu dibangun sesuai rencana awal.

Setelah selesai, semua orang merasa bangga termasuk penduduk Paris. Bahkan, kerajaan Inggris meminta waktu khusus untuk berkunjung dan melihatnya secara langsung. Sampai sekarang Menara Eiffel Paris masih jadi kebanggaan.

Fakta Menarik dari Menara Eiffel

Untuk membangunan sebuah Landmark tersebut, Gustav membutuhkan waktu 2 tahun, 2 bulan, 5 hari dan memakai sekitar 7500 ton besi, mereka juga memakai 2,5 juta palu keling.

Tetapi, apakah Anda tahu bahwa ada beberapa fakta menarik mungkin, Anda belum ketahui selama ini mengenai Menara Eiffel Paris, apa saja itu? Kami akan membahasnya di bawah ini.

1. Ada Sebuah Apartemen dan Bunker Militer

Perlu diketahui bahwa ada sebuah apartemen yang ada di Landmark ini. Ketika membangunnya, Gustav sengaja menambahkan ruangan tersebut sebagai apartemen pribadi. Jadi, hanya dia sendiri yang bisa akses.

Konon tempat tersebut digunakan untuk menyambut berbagai tamu penting yang datang dan ingin melihat secara langsung bagaimana Menara Eiffel Paris. Salah satunya adalah Thomas Alfa Edison yang sempat berkunjung.

Sekarang, apartemen tersebut sudah dibuka untuk umum. Wisatawan bisa masuk dan menikmati semua yang ada di dalam, bagaimana tertarik untuk melihatnya? Saran kami booking terlebih dulu agar tidak kehabisan.

Harus diakui keliling menara ini sangat diminati oleh semua orang dari berbagai kalangan. Pada musim liburan terlihat sangat penuh, sehingga solusinya adalah booking jauh-jauh hari agar mendapatkan waktu untuk tour.

Bila menurut ke sejarah yang tercipta, di sisi selatan terdapat sebuah bunker rahasia yang akan terhubung ke Ecolo Militaire. Disana terdapat sebuah terowongan cukup panjang, sehingga akses apapun menjadi dekat.

Bunker tersebut sampai sekarang masih berfungsi, tetapi bukan untuk militer melainkan, wisata. Jadi pemerintah setempat sudah merubahnya menjadi museum kecil. Saat akhir pekan pengunjungnya cukup banyak dii sini.

Selain itu, di lantai pertama ketika memulai tur pengunjung juga bisa melihat kantor pos. Lebih tepatnya berada di sebelah toko souvenir. Anda bisa mengirimkan berbagai macam surat ke berbagai wilayah.

Mengapa wisatawan harus mencoba masuk dan mengirimkan pos adalah mereka mempunyai kartu yang unik dan diseluruh dunia hampir tidak ada. Rasakan sensasi seru ketika masuk ke dalam bangunannya.

2. Hampir Diruntuhkan

Menara Eiffel Paris awalnya dibangun untuk World’s fair sehingga, seluruh dunia tahu bagaimana perkembangan industri Prancis. Bahkan dalam rencana keseluruhan, mereka menyebutkan bahwa akan merobohkannya setelah 20 tahun berdiri.

Tetapi, rencana tersebut gagal karena Gustav yang paham mengenai rencana tersebut memasang beberapa antena radio serta pemancar telegraf. Hal inilah yang membuat Pemerintah merasa Landmark tersebut sangat berguna.

Keinginan untuk merobohkannya datang dari Adolf Hitler, dimana pada perang dunia kedua mereka mampu menduduki Prancis dan akhirnya meminta menara tersebut dihancurkan. Sayangnya, hal itu tidak pernah terjadi.

Para pejuang Prancis tidak tinggal diam, saat Nazi ingin mengibarkan bendera. Mereka membalas dendam dengan memotong kabel lift, dengan begini tentara Jerman terpaksa harus naik anak tangga yang sangat melelahkan.

3. Bukan Gustav yang Mendesain

Ada fakta unik mengenai menara Eiffel Paris ini, dimana orang yang desain Landmark tersebut bukanlah Gustav melainkan Maurice Koeclin dan Emile Nouguier. Mereka berdua yang menggambarnya termasuk Patung Liberty.

Perusahaan Eiffel yang telah sukses dengan bangunan Landmarknya mendapatkan tender untuk membangun Patung Liberty. Akhirnya, Maureice Koeclin ditunjuk sebagai arsitek yang menggambarnya, sehingga bisa dikatakan mereka saudara.

4. Puncak yang Mengesankan

Puncak Menara Eiffel Paris memang sangat mengesankan, walau tidak semua orang berani untuk diajak pergi sana. Tetapi, kalau ada yang berani bagaimana? Tenang, pihak pengelola sudah menyediakan hadiah.

Lantai paling atas terdapat sebuah Bar yang berfungsi melihat pemandangan kota Paris yang tampak indah terutama, saat sore hari. Panoramanya benar-benar membuat mata sulit untuk berkedip, cantiknya luar biasa.

Melihat kondisi seperti ini, tidak heran kalau perawatannya sendiri membutuhkan uang yang tidak sedikit. Agar terlihat mengesankan setidaknya membutuhkan cat sekitar 60 ton, banyak sekali bukan?

Harus diakui keindahannya tiada tara, Rasa syukur pasti akan terus terucap saat Anda sudah melihat semua panoramanya dari atas. Benar-benar sulit diungkapkan dengan kata-kata, lalu berapa biaya masuk ke sini

Biaya Masuk ke Landmark Prancis

Untuk menikmati panorama Menara Eiffel Paris pihak pengelola sudah memberikan beberapa patokan harga, silahkan dicermati di bawah ini

1. Sampai Puncak : 14 – 17,5 Euro

2. Lantai 2 8,5 sampai 11 Euro

Satu catatan saat datang ke sini harus naik hingga puncak kalau tidak sangat rugi. Karena kota Paris terlihat sangat cantik dari lantai 2, apalagi paling atas walau ada perasaan takut.

Keindahan Landmark yang akan terus abadi karena, ikon ini bukan hanya sekedar gambar atau tulisan saja, melainkan semua perjuangan serta sejarahnya. Menara Eiffel Paris memang sulit ditandingi dengan bangunan lainnya.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *