8 Panduan Umrah untuk Keluarga

Di dalam ayat suci Al-Qur’an, Allah SWT memerintahkan umatnya untuk berlomba dalam kebaikan. Hal ini bisa berupa berbaik kepada sesama dan beribadah sebanyak-banyak untuk mendapat ridho dan rahmat dari-Nya. Akan lebih baik, jika ibadah dilakukan bersama-sama bisa dengan pasangan atau keluarga. Salah satu ibadah yang dapat dilakukan bersama dengan keluarga yaitu umrah.

Melakukan umrah bersama keluarga akan menjadi pengalaman yang berharga. Selain meningkatkan iman dan taqwa, umrah bersama keluarga juga menambah keharmonisan rumah tangga. Namun, berbeda dengan umrah mandiri yang bisa dilakukan dengan mudah, umrah bersama keluarga akan membutuhkan tenaga serta persiapan yang ekstra. Simak kiat mandiri ala backpacker 4 hari 3 malam.

Bila kamu hendak melakukan ibadah umrah bersama keluarga, berikut merupakan 8 panduan umrah untuk keluarga.

1. Selaraskan Niat Umrah dengan Keluarga

Sebelum melakukan perjalanan yang jauh, maka diperlukan niat yang teguh untuk melakukannya. Begitu juga dengan melakukan ibadah umrah. Terlebih lagi, kamu akan melakukan ibadah umrah bersama dengan keluarga.

panduan umrah

Setelah diniatkan, niat tersebut harus diselaraskan dengan anggota keluarga lainnya. Komunikasikan niat untuk umrah sekeluarga agar semua anggota memiliki niat yang sama. Kesamaan niat ini akan mewujudkan impian kamu untuk bisa beribadah umrah dengan keluarga.

2. Menyiapkan Dana yang Memadai

Niat yang baik saja tidak cukup jika tidak dilakukan dengan persiapan yang matang dari segi materi. Siapkan budget yang memadai mulai dari akomodasi, biaya agen travel, dana untuk belanja, dan sebagainya. Karena umrah membutuhkan biaya yang besar, kamu bisa memulainya dengan menabung sejak dini agar semua biaya sudah dicover dengan baik.

panduan umrah

Atau untuk menghemat biaya, kamu bisa memilih paket-paket umrah untuk keluarga dari agen travel umrah. Dengan biaya paket umrah untuk keluarga ini, kamu lebih dimudahkan dalam urusan administrasi, biaya akomodasi, serta penginapan selama di Tanah Suci. Jadi, kamu tidak usah ribet untuk mengurus hal-hal lain seperti visa, izin MOFA, penginapan, dan lainnya. Jangan lupa untuk mengunjungi 8 rekomendasi tempat bersejarah yang wajib dikunjungi saat umrah.

3. Mempersiapkan Kesehatan Fisik

Sebelum melakukan perjalanan yang jauh, kesehatan fisik menjadi hal yang penting karena kaitannya dengan ketahanan tubuh. Terlebih lagi, kegiatan ibadah umrah membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan serangkaian ibadah yang memerlukan fisik yang kuat. Kamu bisa mempersiapkan fisik yang kuat dengan melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan meminum vitamin atau suplemen agar tubuh kamu semakin bugar.

panduan umrah

Selain kesehatan tubuh sendiri, kamu juga harus memeriksa kondisi kesehatan anggota keluarga lainnya. Lakukan medical check-up di lembaga kesehatan terdekat untuk memastikan seluruh anggota keluarga baik-baik saja. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penurunan tingkat kesehatan dan daya tahan tubuh yang berkurang selama dalam perjalanan atau ketika tiba di Mekkah.

4. Melengkapi Semua Dokumen

Seperti yang sudah diketahui, untuk pergi ke luar negeri diperlukan izin dan paspor untuk masuk ke sebuah negara. Entah itu izin tinggal, kerja, atau pun ibadah. Semua izin tersebut memiliki persyaratan-persyaratan tersendiri agar izin untuk melakukan aktivitas tersebut diizinkan oleh pemerintahan negara yang bersangkutan.

panduan umrah

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, pastikan kamu dan seluruh anggota keluarga kamu sudah mengantongi izin masuk, izin umrah, dan paspor yang yang masih berlaku minimal 6 bulan. Simak juga syarat & cara bikin visa umrah, beserta biayanya. Begitu juga dengan izin umrah yang diterbitkan oleh otoritas umrah di Arab Saudi atau yang disebut muasasah. Namun, jika kamu menggunakan agent umrah, kamu cukup mengisi data formulir. Sisanya diurus oleh agent umrah yang kamu pilih dalam mengurus izin umrah.

5. Memilih Waktu Umrah yang Tepat

Perbedaan antara haji dengan umrah yaitu haji hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu, sedangkan umrah bebas dilakukan kapan saja selama mampu untuk menjalankannya. Kelonggaran waktu pada ibadah umrah memberikan kesempatan bagi siapapun untuk menjalankannya. Maka tidak jarang, banyak warga Indonesia berkunjung ke Mekkah tiap tahun untuk melaksanakan ibadah umrah.

panduan umrah

Namun, kamu harus memastikan bahwa tiap anggota memiliki waktu yang kosong. Hal ini dikarenakan kegiatan setiap anggota berbeda-beda satu sama lain, contohnya seperti pasangan kamu harus bekerja, jadwal sekolah anak yang masih masuk sekolah, dan terbentur dengan aktivitas orang tua. Untuk itu, kamu memilih waktu yang tepat untuk menyelaraskan waktu dengan aktivitas anggota keluarga yang lain. Kamu bisa memilih waktu ibadah umrah saat libur sekolah anak-anak, libur akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan setelah musim haji, atau ketika bulan Ramadhan. 

6. Jangan Lupa untuk Vaksin Meningitis

Salah satu persyaratan wajib untuk umrah yakni melakukan vaksin meningitis. Hal ini dikarenakan kawasan Timur Tengah merupakan salah satu kawasan endemik meningitis. Perlu kamu ketahui, meningitis merupakan peradangan pada selaput otak yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyakit ini perlu diwaspadai karena beresiko menimbulkan komplikasi berbahaya seperti gangguan pendengaran, masalah penglihatan, hingga kerusakan otak. 

panduan umrah

Untuk kamu yang memiliki anak usia lebih dari 2 tahun, maka wajib untuk mendapatkan suntik vaksin meningitis. Kamu juga bisa mendapatkan vaksin ini dengan mendatangi kantor Kesehatan Pelabuhan  

7. Menggunakan Agent Umrah yang Terpercaya

Selain melakukan hal-hal yang perlu dipersiapkan seperti yang disebutkan di atas, ketika melakukah umrah bersama keluarga sangat disarankan untuk menggunakan jasa agen travel yang terpercaya. Berbeda jika kamu melakukan umrah sendirian, kamu bisa melaksanakan umrah dengan mandiri. Namun, karena yang melakukan umrah bukan kamu seorang diri, maka kenyamanan serta keamanan menjadi hal yang penting. Oleh karena itu, gunakanlah agent umrah yang sudah berpengalaman dalam menangani pelaksanaan ibadah umrah.

panduan umrah

Karena tidak jarang, banyak sekali agent umrah yang tidak dapat diandalkan dan berpotensi menjadi sarana penipuan. Kamu dapat mengetahui ciri-ciri agen travel umrah terpercaya yaitu dengan melihat bukti dan pengalaman agent tersebut dalam mengelola keberangkatan umrah maupun haji dalam jangka waktu yang lama. Dengan begitu, kamu bisa melaksanakan ibadah umrah bersama keluarga dengan aman, nyaman, dan penuh berkah tanpa adanya indikasi penipuan.

8. Data Internet Selama Ibadah Umrah

Di zaman yang serba digital ini, kehadiran internet menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-sehari bahkan ketika sedang melaksanakan ibadah umrah. Selain sebagai alat untuk komunikasi, dengan adanya internet kamu dapat mencari informasi, navigasi, hiburan, serta sebagai alat penunjang untuk melaksanakan ibadah umrah dengan mengakses Al-Qur’an dan doa-doa secara online.

panduan umrah

Pilihlah provider internet yang mampu menangkap sinyal di Mekkah dan mampu tethering hingga 5 device sekaligus. Maka dari itu, gunakan Global Wifi Umrah. Global Wifi Umrah merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. Global Wifi Umrah dapat menjangkau lebih dari 200 negara. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi Umrah yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi internet dengan teman kamu. Ditambah, Global Wifi Umrah memiliki kuota internet yang unlimited dan sinyal yang kuat sehingga momen menonton konser kamu tidak terganggu dengan notif kuota internet habis atau sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global Wifi Umrah ini yaitu cara penggunaannya yang mudah. Cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan e-SIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet. Untuk cara penggunaan e-SIM di Android dan iOS dapat dilihat di sini. Kamu juga bisa melihat 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *