8 Tips Traveling Aman dan Nyaman saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Untuk para traveler, traveling akan selalu menyenangkan untuk dilakukan. Selain sebagai sarana relaksasi dan rekreasi, traveling juga menawarkan pengalaman serta pengetahuan yang berbeda saat mengunjungi suatu tempat. Maka, tidak heran jika seseorang melakukan traveling karena ingin mendapatkan experience yang berguna baginya. Baca juga tips penting saat traveling.

Bulan Ramadhan bukan menjadi alasan untuk menghentikan berbagai aktivitas yang biasa dilakukan, termasuk traveling. Traveling tetap bisa dilakukan dengan aman dan nyaman jika dipersiapkan dengan baik tanpa menghilangkan esensi dari Ramadhan itu sendiri. Agar traveling kamu tetap aman dan nyaman, simak tips traveling aman dan nyaman saat berpuasa di bulan Ramadhan. 

1. Perencanaan yang Matang

Segala hal akan lebih aman dan nyaman ketika dilakukan dengan persiapan yang matang, begitu juga dengan traveling di bulan Ramadhan. Dibanding dengan melakukan traveling di luar bulan puasa, traveling ketika bulan puasa membutuhkan tenaga ekstra karena memerlukan persiapan-persiapan yang matang dari sekedar itinerary biasanya. 

Menjaga Kondisi Fisik saat Traveling selama Ramadan

Mulai dari mempersiapkan fisik yang sehat, traveling ke lokasi yang ramah muslim, membawa obat pribadi, pakaian yang nyaman, hingga jarak perjalanan yang ditempuh menjadi hal-hal yang patut diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik. Tahap perencanaan ini sangat penting karena perjalananmu akan ditentukan oleh seberapa siap perencanaan yang kamu lakukan agar semuanya berjalan dengan lancar.

2. Sahur dengan Makanan Bergizi

Ketika sedang traveling, tentu akan mengeluarkan banyak tenaga. Untuk menunjang aktivitas kamu sebelum traveling, makanlah makanan yang bergizi ketika sahur seperti buah-buahan, sayur, atau kacangan-kacangan.

Menjaga Kondisi Fisik saat Traveling selama Ramadan

Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang berprotein dan berkarbohidrat tinggi seperti dada ayam, daging sapi, telur, atau makanan laut. Tidak lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin atau suplemen sehingga tubuh kamu tambah kuat.

3. Bawa Perlengkapan Ibadah

Selain mempersiapkan perencanaan yang matang dan badan yang fit, selama traveling pastikan kamu juga membawa perlengkapan ibadah agar ibadah puasa kamu semakin bermakna.

Menjaga Kondisi Fisik saat Traveling selama Ramadan

Bawalah perlengkapan ibadah seperti sajadah, sarung, mukena dan lain-lain. Jadi, kamu bisa tetap traveling dengan have fun tanpa meninggalkan ibadah.

4. Memakai Pakaian yang Nyaman

Ketika hendak traveling, gunakanlah pakaian yang nyaman yang sesuai musim atau tempat wisatanya. Jika kamu mengunjungi gunung, kamu wajib mengenakan pakaian yang tebal, jika kamu mengunjungi area seperti perkotaan, gunakanlah pakaian yang kasual dan nyaman.

Menjaga Kondisi Fisik saat Traveling selama Ramadan

Meskipun begitu, tidak lupa juga untuk membawa payung atau jas hujan untuk menghindari cuaca yang tiba-tiba berubah.

5. Gunakan Transportasi yang Nyaman

Perjalanan menuju ke lokasi traveling akan tidak terasa jika menggunakan transportasi yang nyaman. Menggunakan moda transportasi yang nyaman dapat mengurangi rasa lelah selama di perjalanan sehingga kamu bisa memaksimalkan energi kamu ketika sedang traveling.

Menjaga Kondisi Fisik saat Traveling selama Ramadan

Pilihlah moda transportasi yang memilih fasilitas yang lengkap yang mampu menunjang perjalanan traveling kamu dan lebih cepat ke tempat tujuan, sehingga kamu tetap bisa beristirahat di perjalanan dengan nyaman. Jika kamu berencan untuk melakukan solo backpacker, simak tips hemat dan bebas solo backpacker.

6. Jangan Melakukan Aktivitas Berat

Terkadang selama traveling, terdapat lokasi yang memiliki wahana atau kegiatan yang memerlukan aktivitas fisik yang kuat. Namun, ketika sedang melaksanakan ibadah umrah, aktivitas di lokasi liburan tentu akan memakan banyak energi.

Menjaga Kondisi Fisik saat Traveling selama Ramadan

Maka dari itu, ketika sedang traveling jangan melakukan aktivitas yang berat. Pilihlah kegiatan wisata yang tidak terlalu melelahkan agar kamu tidak kekurangan cairan (dehidrasi) yang berpotensi membatalkan puasa.

7. Jangan Bawa Banyak Barang

Menyambung dari poin yang di atas, ketahanan tubuh saat puasa menjadi sangat vital. Oleh karena itu, kamu harus menjaga tubuh kamu agar tidak gampang kelelahan saat sedang berpuasa. 

Menjaga Kondisi Fisik saat Traveling selama Ramadan

Maka dari itu, jangan membawa terlalu banyak barang. Bawalah barang-barang yang diperlukan yang sifatnya esensial seperti dompet, smartphone, obat pribadi, dan lain-lain. Simak dulu perlengkapan yang wajib dibawa saat traveling. Kamu bisa membawanya dalam satu ransel atau istilah kerennya backpacker yang dapat membuat kamu menjelajahi berbagai tempat dengan fleksibel.

8. Bawa Camilan untuk Berbuka

Saat sedang asik traveling, kita cenderung jadi lupa waktu bahkan lupa bahwa kita sedang berpuasa. Di kondisi lain, keberadaan takjil atau camilan untuk berbuka bisa jadi langka jika lokasi yang kita kunjungi jarang terdapat toko atau penjual makanan. 

Menjaga Kondisi Fisik saat Traveling selama Ramadan

Bawalah kurma, camilan, roti, snack, kue, atau makanan kecil lainnya untuk membatalkan puasa. Selain untuk membatalkan puasa, camilan ini juga bisa berfungsi untuk mengganjal perut atau mengganti energi yang hilang selama traveling.  

Itulah tips traveling aman dan nyaman saat berpuasa di bulan Ramadhan. Selain melakuan tips-tips di atas, ada baik kamu memiliki koneksi internet yang nyaman juga. Maka dari itu, gunakan Global Wifi. Global Wifi ini adalah modem internet luar negeri yang mampu menangkap sinyal lebih dari 200 negara. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi dengan modem internet lain yaitu bisa tethering hingga 5 device, internet yang unlimited, dan cara pemakaiannya yang cukup mudah yaitu hanya scan QR code, internet langsung connect. Baterainya pun dapat bertahan hingga 13-15 jam. Ditambah, kamu tidak perlu melakukan deposit di awal. Jika kamu mengalami kendala, customer support kami siap siaga selama 24 jam.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan e-SIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet. Cara menggunakannya pun cukup mudah, tinggal scan QR dan internet langsung connect. 

Selain itu, terdapat cara baru yang lebih simple untuk scan QR Code. Jika kamu pengguna iOS 17, kamu bisa memanfaatkan fitur terbaru tanpa harus memiliki 2 device untuk foto QR Code atau print QR Code-nya. Caranya yaitu ke setting > cellular > add SIM > Use QR Code > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Untuk android sendiri, fitur tersebut sudah ada di Android 13 ke atas. Karena terdapat berbagai merk android, secara garis besar caranya seperti berikut ini. Setting > Connections > SIM manager > Add e-SIM > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Terdapat juga 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024. Ke luar negeri makin praktis, tinggal scan langsung connect.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik travelling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *