Yuk cari tahu Budaya Betawi !

Sebagai salah satu suku di Indonesia Betawi mempunyai beragam tradisi yang unik. Masyarakat Betawi mayoritas bertempat tinggal di Jakarta dan sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Selain bertempat tinggal di Jakarta sebagian lainnya ada di pinggiran kota seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang. Betawi memiliki kekayaan kuliner tradisionalnya dan ragam budayanya yang unik dan masih terjaga hingga sekarang. Berikut beberapa budaya Betawi untuk menambah khasanah informasi kamu.

 

  1. Ondel-Ondel

    Siapa yang tidak kenal ondel-ondel yang merupakan boneka raksana ikon masyarakat Betawi. Dari berbagai sumber Ondel-ondel sudah memiliki sejarah yang Panjang sejak abad ke 16. Ondel-ondel sering dijadikan sebagai bentuk pertunjukan yang ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat Betawi. Boneka ini terbuat dari anyaman bambu dengan dicat warna biru dan merah pada bagian wajahnya. Cat warna biru melambangkan ondel-ondel laki-laki sedangkan warna merah melambangkan ondel-ondel perempuan.

  2. Kerak telor


    Kerak telor merupakan makanan asli Betawi dengan berbahan dasar beras ketan putih, kelapa muda parut yang disangrai, telur ayam/bebek dengan diberi bumbu agar gurih. Kerak telor banyak dijajakan terutama saat acara Pekan Raya Jakarta pasti banyak penjual kerak telor yang berkumpul dan menjajakan dagangan mereka. Kuliner yang satu ini ini memang sudah melekat erat dengan budaya Betawi yang bermukim di Jakarta. Makanan ini memiliki filosofi sebagai sisi kehidupan manusia yang mengalami perubahan lingkungan secara alamiah juga sebagai perlambang pergaulan yang harmonis.Saat ini kerak telor tidak hanya di jumpai di Jakarta tetapi sudah sampai ke daerah-daerah lain di Jawa.

  3. Lenong


    Kebudayaan khas Betawi ini berupa lantunan Gambang Kromong yang disertai dengan lawakan tanpa plot cerita. Sampai saat ini Lenong masih berkembang dan merupakan ciri khas berupa banyolan dari rangkaian cerita yang tidak berkaitan. Di masa kini lenong memainkan cerita-cerita di kehidupan sehari-hari sedangkan jaman dulu di awal perkembangannya lenong memainkan cerita-cerita tentang kerajaan. Pertunjukkan ini menggunakan sebuah panggung yang dengan sejumlah dekorasi pendukung. Seringkali dahulu pertunjukan lenong memainkan lagu pembukaan berirama cepat untuk mengundang penonton dating dan dimainkan juga lagu-lagu hiburan untuk para penonton. Sedangkan sekarang dengan informasi yang mudah tersebar maka pertunjukan lenong sudah dipenuhi penonton sejak awal.

  4. Tanjidor


    Kata Tanjidor memang tidak asing sebagai bagian dari budaya Betawi yang awalnya adalah musik betawi yang dimainkan oleh orang-orang yang ingin mempersembahkan pertunjukkan untuk menir-menir Belanda. Dalam perkembangannya tanjidor kini dikenal sebagai sebuah kesenian yang berbentuk orkes, yang dikembangkan oleh masyarakat Betawi yang tinggal di daerah Bekasi dan Karawang yang sering dipentaskan untuk mengarak pengantin dan menyambut tamu agung.

  5.  Silat Betawi


    Silat Betawi merupakan salah satu jens pencak silat khas Indonesia yang masih banyak ditekuni hingga saat ini. Jurus ini awalnya diperkenalkan oleh seorang Tionghoa yang bernama Lie Ceng Oek dan jurus tersebut diberi nama silat Bie Sie, namun akhirnya berubah menjadi silat Beksi karena logat masyarakat Betawi saat itu. Silat Betawi pernah menjadi alat perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah di jaman pra kemerdekaan. Dahulu mereka yang mempunyai ilmu silat yang tinggi  sangat disegani oleh banyak orang dan akan dipanggil dengan sebutan jawara. Para jawara selain mahir silat juga dibekali ilmu agama, karena kekuatan bukan hanya melalui ketahanan fisik, namun juga kekuatan batin. Saat ini Silat Betawi banyak sebagai pelengkap upacara pernikahan dan pentas budaya.

 

Itulah beberapa budaya Betawi yang masih bertahan hingga kini ditengah gempuran modernisasi dan masyarakat Betawi yang semakin terpinggirkan oleh beragamnya warga ibukota

 

Mobile Wifi JavaMifi

Untuk kamu yang hobi travelling menjelajah Indonesia untuk melihat semua budaya nya, modem portable dari JavaMifi bisa menjadi alternatif  untuk bisa terus terkoneksi jaringan internet yang stabil dan menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia. Info lebih lanjut bisa kunjungi website nya JavaMifi.

Jangan lupa, untuk terus mengecek blog JavaMifi untuk aneka informasi penting dan seru lainnya.

News, Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *