JavaMifi – Keanekaragaman kebudayaan peninggalan leluhur yang dimiliki Indonesia sudah banyak yang diketahui dan diakui keindahannya oleh dunia. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kita budaya bangsa ini mendapat pengakuan dan dikenal oleh dunia. Mereka tidak hanya mengetahui tapi malah ada yang mempelajari budaya Indonesia. Beberapa budaya Indonesia yang sudah mendunia, antara lain :

  1. Batik Hasil kebudayaan kita yang satu ini sempat menjadikan ketegangan dengan Malaysia untuk diakui sebagai budaya asli mereka namun akhirnya batik dinobatkan sebagai budaya asli Indonesia oleh UNESCO. Dengan pengakuan oleh PBB ini semakin mengukuhkan posisi batik sebagai hasil kebudayaan Indonesia dan semakin membuat kepopuleran batik meningkat dan meluas hingga ke seluruh dunia. Para pemimpin dunia kerap kali kedapatan menggunakan batik pada acara-acara kenegaraan tertentu dan saai ini kaum milenial juga semakin menyukainya.
  2. Tari Saman Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo di Aceh yang menampilkan gerak tepuk tangan gerakan-gerakan lainnya tanpa adanya pergeseran dan liak-liuk anggota tubuh lain dan kaki. Tarian ini ditampilkan ketika merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat daerah setempat yang syairnya menggunakan campuran bahasa Arab dan bahasa Gayo. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa tari berasal dari daerah Gayo di Aceh Tenggara yang dikenalkan dan dikembangkan oleh seorang ulama yang bernama Syekh Saman. Tarian ini sering dipentaskan ditingkat dunia.

Baca Juga:

Icon Wisata Terpopuler di Indonesia

Kunjungi Tempat Wisata Populer di Kota Malang

Tanpa Ribet dan Mudah, Kini JavaMifi Bisa Dipakai di Indonesia

  1. GamelanGamelan merupakan salah satu alat musik tradisional yang sudah jarang dinikmati oleh anak milenial sekarang. Sayangnya generasi sekarang tidak banyak yang mau mempelajari dan memperdalam musik gamelan yang merupakan hasil budaya Indonesia. Tapi justru hal yang berbeda di luar negeri, gamelan ternyata dianggap alat music yang menarik cukup popular di beberapa belahan negara lain. Di Amarika, Jepang dan Singapura alat musik gamelan mulai diajarkan kepada anak dalam permainan dan bahkan di New Zealand gamelan telah menjadi mata pelajaran tetap.
  2. Tari Barong dari Bali  Bali merupakan daerah kunjungan turis yang terkenal sampai mancanegara maka tidak heran bila tari barong menjadi terkenal di dunia. Barong sendiri adalah tarian dari Bali yang sudah ada sejak dahulu kala yaitu mulai dari peradaban kebudayaan pra hindu. Barong di adat bali adalah sebagai lambang kebaikan dan da pula rangda yang merupakan simbol kejahatan maka tarian Barong ini adalah menggambarkan pertarungan antara Barong simbul kebaikan melawan dan ragna sebagai simbul kejahatan.

     

  3. Wayang Wayang merupakan budaya Indonesia yang berupa pertunjukan kisah dan tokoh pewayangan yang dibawakan oleh Dalang dan diiringi dengan gamelan dan sinden. Wayang ini biasanya menceritakan sebuah kisah di masa lampau baik Ramayana maupun Mahabarata. Wayang sendiri banyak ditawarkan sebagai cinderamata kepada wisatawan didaerah wisata. Saat berlibur keIndonesia  banyak turis asing membawa pulang wayang sebagai cenderamata dan membuat wayang semakin dikenal dunia. 
  4. Sendratari Ramayana Sendratari Ramayana adalah pertunjukan yang merupakan perpaduan seni tari dan drama yang di kemas dalam suatu panggung di komplek Candi Prambanan, Yogyakarta untuk membawakan sebuah cerita Ramayana. Cerita Ramayana bercerita tentang perjuangan dan cinta Rama dalam menyelamatkan Sinta yang diculik oleh raja alengka bernama rahwana dan juga berisi tentang kebaikan dalam melawan angkaramurkaan.

 

Beberapa budaya Indonesia diatas telah mendapatkan perhatian dari dunia internasional, maka sudah sepantasnya kita berbangga hati dengan budaya kita dan yang paling penting adalah kita mengetahui dan menjaga budaya ini sebagai warisan luhur hasil cipta dan karsa nenek moyang bangsa Indonesia

 

 

Mobile Wifi JavaMifi

Untuk kamu yang hobi travelling menjelajah Indonesia untuk melihat semua budaya nya, modem portable dari JavaMifi bisa menjadi alternatif  untuk bisa terus terkoneksi jaringan internet yang stabil dan menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia. Info lebih lanjut bisa kunjungi website nya JavaMifi.

Jangan lupa, untuk terus mengecek blog JavaMifi untuk aneka informasi penting dan seru lainnya.

News, Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *