Contoh Itinerary Cappadocia 3 Hari 2 Malam yang Ramah Kantong

Salah satu destinasi wisata yang sangat populer di negeri Turki adalah Cappadocia. Untuk harga tiket pesawat ke Cappadocia sendiri saat ini sekitar Rp3,8 juta rupiah. Destinasi ini memiliki beragam atraksi dan hiburan yang bisa kamu jadikan daftar kegiatan selama berlibur.

Perlu diketahui, wilayah Cappadocia membentang sejauh dari Kayseri Barat hingga ke Aksaray. Di sini, ada banyak sekali kegiatan wisata populer yang bisa dinikmati para wisatawan, salah satu kegiatan favorit wisatawan ialah menaiki balon udara.

Bagi kamu yang hendak berlibur ke Cappadocia tanpa ribet menyusun rencana perjalanan dulu, kamu bisa memesan paket wisata ke Turki dari agen travel. Akan tetapi, jika kamu ingin bepergian sendiri ke sini, berikut contoh itinerary Cappadocia 3 hari 2 malam.

Setelah tiba di Cappadocia pada pagi hari, kamu bisa check-in ke hotel terlebih dulu. Adapun untuk kisaran harga hotel termurah di sini yaitu sekitar Rp160.000 per malamnya. Kemudian, saat pukul 9.30 pagi waktu setempat kamu bisa mulai melakukan perjalanan. 

Perlu diketahui kalau ada beberapa wilayah destinasi yang tidak terdapat jaringan internet. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu sediakan mifi atau modem internet karena bisa untuk beberapa device sekaligus. Daripada harus membeli SIM internasional yang harganya mahal.

Di Cappadocia ada beberapa pilihan tur, seperti Red Tour, Green Tour, serta Blue Tour yang bisa dikunjungi per harinya. Untuk Red Tour sendiri kegiatan pada hari pertama adalah mengunjungi wilayah utara Cappadocia. Berikut rinciannya:

Contoh Itinerary Cappadocia Red Tour Hari Pertama

 

1. Kunjungan ke Museum Goreme Open-Air 

Museum Goreme Open-Air 

Museum ini merupakan museum di ruangan terbuka terbesar di dunia lho! Uniknya, museum ini terdiri dari gua-gua. Di sini, kamu juga bisa melihat berbagai gereja kuno yang berasal dari abad 10 hingga 12 masehi.

Terdapat sekitar 14 gereja yang di antaranya, yaitu Snake Church, St. Basil Church, dan yang lainnya. Selain itu, ada banyak kisah-kisah dari Injil yang juga digambarkan di dinding gereja. Untuk biaya tiket masuk ke museum Goreme yakni sekitar Rp100.000 saja.

2. Keliling Tur ATV

Selanjutnya, kamu bisa mengikuti Tur ATV selama dua jam yang akan membawamu melewati perbukitan, lembah, dan bukit pasir. Di sini, kamu akan melewati beberapa tempat yaitu Lembah Rose, Lembah Cinta, dan Lembah Sword. Kisaran biaya tur ini sekitar Rp700.000 per orang.

3. Jalan-Jalan di Sekitar Pasabag (Monk’s Valley)

Pasabag merupakan lembah anggur kecil yang berada di Cappadocia serta beberapa fairy chimneys (cerobong asap peri). Destinasi cerobong asap ini termasuk lokasi yang terkenal di Cappadocia. Berdasarkan informasi yang kami himpun, untuk harga tiket masuk ke area ini yaitu sekitar Rp20.000 rupiah.

4. Mendaki ke Lembah Devrent

Lembah Devrent merupakan sebuah lembah yang memiliki banyak batu berbentuk mirip hewan, seperti unta, ular, lumba-lumba, dan anjing laut. Devrent Valley ini juga disebut sebagai Imaginary Valley. Sebab, pengunjung seolah bisa berimajinasi saat berada di lokasi ini. 

Contoh Itinerary Cappadocia Green Tour Hari Kedua

Di hari kedua, kamu bisa mengambil paket Green tour yang mencakup area lebih luas di barat daya Cappadocia. Beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan di wilayah ini di antaranya mengunjungi Lembah Ihlara, Pigeon Valley, menikmati matahari terbenam, dan naik balon.

1. Naik Balon Udara di Barat Daya Cappadocia

Contoh Itinerary Cappadocia
Contoh Itinerary Cappadocia

Seperti informasi sebelumnya, salah satu destinasi wisata paling terkenal di sini adalah wisata balon udara. Para wisatawan diizinkan untuk terbang rendah dengan menaiki balon udara. Tentunya, hal ini membuat para wisatawan dapat menikmati keindahan lanskap seutuhnya. 

Untuk biaya naik balon udara sendiri yakni berkisar antara Rp2,4 juta hingga Rp3,1 juta. Menyesuaikan durasinya mulai dari 45 menit sampai 1 jam. Nah, waktu yang tepat untuk menaiki wahana ini adalah sekitar pukul 5.00 atau 5.30 waktu setempat. 

2. Mendaki ke Lembah Ihlara

Berikutnya, kamu akan mendaki di lembah sepanjang 16 km yang diapit oleh tebing-tebing tinggi di lembah Ihlara. Di sini, ada sekitar 50 gereja kuno yang dibangun di dalam gua-gua. Untuk biaya mendaki di lembah Ihlara cukup murah, yaitu sekitar Rp 20.000 rupiah.

3. Mendaki ke Lembah Pigeon

Kegiatan menarik selanjutnya adalah mendaki ke tempat yang menggabungkan Lembah Pigeon dan Lembah Cinta. Di lembah ini, kamu bisa melihat formasi batuan bergelombang yang dihiasi rumput-rumput panjang dan bunga-bunga yang mekar.

4. Menikmati Matahari Terbenam di Kastil Uchisar

Salah satu lokasi yang paling berkesan untuk menyaksikan matahari terbenam adalah di Kastil Uchisar. Kastil Uchisar dibangun di atas batu yang menjulang setinggi 60 meter. Area di sekitar kastil pun dipenuhi dengan formasi batuan fairy chimneys yang populer.

Contoh Itinerary Cappadocia Blue Tour Hari Ketiga

Di hari terakhir kamu bisa menjelajahi daerah yang jarang dikunjungi dengan paket wisata Blue Tour. Beberapa tempatnya, yaitu:

1. Kunjungan ke Kota Bawah Tanah Derinkuyu

Derinkuyu
Derinkuyu

Terdapat lusinan bahkan ratusan kota bawah tanah yang tersebar di Cappadocia. Salah satu yang terbesar adalah di Kota Derinkuyu. Lokasi ini memiliki tangga yang sempit dan langit-langit rendah karena berada di bawah tanah.

Di Derinkuyu terdapat 18 lantai dengan kedalaman 60 meter yang bisa menampung sekitar 20.000 orang, bahan makanan, dan juga hewan ternak. Akan tetapi, untuk wisatawan hanya dibuka 8 lantai. Untuk tiket masuknya sendiri yaitu sekitar Rp100.000 per orang. 

2. Keliling Mustafapasa

Terakhir, kamu bisa keliling ke desa kecil bernama Mustafapasa. Di sini kamu bisa menemukan beberapa toko, seperti toko karpet yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Turki. Untuk harganya bervariasi mulai dari sekitar Rp500.000.

Kira-kira itulah contoh itinerary cappadocia yang bisa dijadikan sebagai referensi. Setelah puas keliling Cappadocia kamu bisa kembali ke Turki saat sore hari. Kemudian, bersiap-siap untuk melakukan perjalanan pulang ke bandara. Bagaimana? Sangat menarik bukan Contoh Itinerary Cappadocia di Turki ini.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *