Ingin Traveling ke Negeri Ginseng? Ini Contoh Itinerary 5D4N Korea Selatan

Solo traveling merupakan opsi liburan yang banyak dipilih traveler yang ingin menjelajah ke berbagai negara. Bila kamu tipe orang yang suka pengalaman menantang, maka melakukan perjalanan mandiri sedikit banyak mampu memberikan sensasi tersendiri. Ikut paket tour wisata memang lebih mudah dan praktis, tapi kamu harus memilih jasa tour yang berkualitas lebih dulu agar perjalanan tidak mengecewakan. Nah, kalau kamu ingin punya jadwal sendiri, contoh itinerary ke Korea Selatan 5 hari 4 malam berikut ini bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Itinerary ke Korea Selatan 5 Hari 4 Malam

Mungkin Pulau Jeju yang menawarkan keindahan alam terbaik hingga masuk daftar UNESCO membuat kamu tergoda setengah mati. Namun, kamu harus tahu bahwa biaya liburan ke Jeju tidak murah sehingga kamu perlu membuat kalkulasi sendiri. Bila kamu ingin liburan ke Korea Selatan pertama kali, tidak ada salahnya menjelajah kota Seoul lebih dulu. Dengan biaya yang murah pun, kamu bisa menikmati liburan ala solo backpacker berikut :

Hari pertama


Kamu bisa memilih jadwal penerbangan dari Jakarta ke Seoul dengan program promo yang disediakan maskapai penerbangan. Berburu promo tiket memang harus sabar dan memilih tanggal-tanggal sepi, misalnya musim dingin. Bila ingin menikmati musim panas, semi atau gugur di Seoul, kamu wajib rutin mengecek website maskapai penerbangan yang memberikan promo penerbangan murah.

Tiket pulang pergi paling murah bisa Rp4 jutaan saja, kecuali kamu memilih maskapai dengan tarif yang lebih mahal atau kelas bisnis. Bila ingin menghemat anggaran, manfaatkan momen promo akhir tahun atau periode tertentu. Jangan lupa untuk mengurus visa sebelum pergi ke Korea Selatan, ya! Butuh waktu 7 jam untuk terbang dari Soetta ke Incheon, kemudian kamu bisa istirahat dulu di hotel.

Baca juga: Contoh Itinerary Bangkok 4 Hari 3 Malam dengan Biaya Murah

Rata-rata harga kamar hotel bintang 2 bisa mencapai 700 ribuan per malam. Bila ingin mendapatkan harga lebih terjangkau, sebaiknya kamu menginap di hostel dengan tarif sewa 150-250 ribuan saja. Pada jam malam pertama di Seoul, kamu bisa berkunjung ke SMTown dan Starfield Coex Mall yang merupakan mall bawah tanah terbesar di Asia dengan Starfield Library yang populer.

Hari kedua

Namsan Tower
Namsan Tower

Mau pergi ke mana di hari kedua perjalanan ke Korea Selatan kali ini? Jangan lupa untuk pergi sarapan lebih dulu sebagai amunisi perut kamu. Sebagai solo backpacker, kamu bisa jajan di tepi toko atau pusat perbelanjaan yang menawarkan menu kuliner khas Korea Selatan seperti tteokbokki, gimbab, odeng, dan lain-lain. Harga jajanan mulai 2 ribu sampai 3 ribu won atau kurs rupiah sekitar 20-30 ribu rupiah.

Hari kedua bisa kamu habiskan di Vivaldi Park yang memukau pada musim gugur. Kamu bisa berfoto di antara kebun bunga dengan pemandangan Sungai Han yang mempesona. Rasanya bisa menghapus semua lelah yang telah kamu jalani dari Indonesia ke Korea Selatan.

Jangan lupa untuk mampir ke Namsan Tower bila kamu ingin menginjakkan kaki di landmark Seoul ala Liberty di New York. Kalau kamu punya gebetan yang sudah lama menjadi cem-ceman, kamu bisa membeli gembok dan mengikat nama kalian di Namsan Tower ini. Saat malam hari, kamu bisa berkunjung ke Gwangmyeong Cave yang masih ada di kota metropolitan Seoul, kok.

Hari Ketiga

Tidak akan lengkap rasanya berkunjung ke Korea Selatan tanpa mencoba pakai hanbok. Kamu bisa menyewa hanbok saat datang ke Istana Gyeongbokgung Palace yang menjadi landmark Korea Selatan. Sewa hanbok per 4 jam sekitar 20 ribu won atau 237 ribu rupiah saja, kecuali kamu berniat menyewa hanbok lebih lama bakal membayar uang di atas 300 ribuan.

Nikmati sensasi ala putri kerajaan saat napak tilas wisata sejarah di istana ini. Jangan lupa bayar tiket masuk ke istana yang terbilang murah hanya 3 ribu won untuk orang dewasa. Masuklah ke dalam museum di istana yang memamerkan koleksi kerajaan pada masa lalu, tapi kamu dilarang mengambil foto atau video selama berkunjung ke museum.

Selain Gyeongbokgung Palace, kamu bisa mampir ke Bukchon Hanok Village yang identik dengan syuting drama kerajaan Korea Selatan dan mampir ke Gwanghwamun Square. Kamu bisa naik subway dengan membayar biaya tiket mulai 1.200-1.500 won per sekali jalan.

Hari keempat

Liburan sudah hampir berakhir sehingga kamu perlu mencoba contoh itinerary ke Korea Selatan 5 hari 4 malam pada hari keempat. Ada baiknya kamu mulai eksplor daerah Itaewon, Hongdae, Gangnam, Myeongdong, dan Insadong untuk belanja oleh-oleh, menikmati kuliner, nongkrong di kafe, dan aktivitas kekinian lain.

Misalnya di Hongdae Street yang menawarkan area belanja baju dan kafe anak muda Seoul yang patut kamu kunjungi. Pastikan kamu tidak kalap belanja banyak barang supaya tidak perlu membayar bagasi terlalu banyak, ya! Bila ada teman yang nitip skincare atau make up ala Korea Selatan, kamu bisa beli di Myeongdong Street yang tidak pernah sepi sampai malam.

Hari kelima

Hari terakhir di Korea Selatan sudah tiba sehingga kamu harus segera beres-beres untuk persiapan pulang ke Indonesia. Bila jadwal penerbangan masih berjam-jam lagi, kamu bisa menghabiskan sisa waktu ada di seputaran kota Seoul, kok. Menikmati sungai cantik di tengah kota yang sudah diubah begitu instagramable sejak tahun 2005, kenapa tidak? Ya, Cheonggyecheon Stream bisa membuat salah satu foto kenangan kamu di Seoul yang tidak terlupakan.

Saatnya kembali ke tanah air dengan pergi ke bandara Incheon lebih awal dan menikmati momen terakhir kamu berada di Korsel. Contoh itinerary ke Korea Selatan 5 hari 4 malam bisa saja berbeda tergantung rencana liburan kamu, lho! Bila kamu tipe orang yang tidak mau ribet, maka bisa mengikuti jadwal paket tour Korea yang tidak kalah murah.

Pastikan mengurus perlengkapan ke Korea Selatan jauh hari mulai dari dokumen, pengajuan visa, asuransi perjalanan, dan lain-lain. Jangan lupa untuk membawa modem internet yang memudahkan kamu mengakses internet anti lelet tanpa perlu beli SIM Card begitu tiba di Seoul. Tetap terhubung dengan orang-orang di rumah dengan jaringan internet yang aman dan stabil, maka perjalanan liburan kamu bakal lebih seru.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *