Contoh Itinerary Nepal 9 Hari, Agar Liburanmu semakin Menyenangkan!

Berbicara tentang Nepal, pasti yang terlintas di dalam pikiran banyak orang adalah pegunungan Himalaya. Traveling ke Nepal sendiri selalu identik dengan konsep wisata adventure sehingga siapapun akan merasa tertantang untuk menikmatinya. Buat kamu yang mau liburan ke Nepal perlu mengetahui contoh itinerary Nepal.

 

Nepal sendiri memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata, apalagi jika kamu menyukai konsep wisata petualangan. Tidak ada salahnya memasukkan Nepal ke dalam salah satu list liburanmu. Tentunya ada banyak pengalaman seru yang akan menyambut kedatanganmu di tempat ini.

Contoh Itinerary Nepal Lengkap 9 Hari  

Sebelum berangkat liburan ke Nepal dan mengunjungi berbagai tempat menarik dan bersejarah yang ada di negara tersebut, sebaiknya kamu melakukan beberapa persiapan. Salah satunya adalah dokumen seperti paspor dan menukarkan rupiah dengan USD.

 

Jadi begitu tiba di bandara Nepal bisa langsung ditukar. Atau kalau mau cara yang lebih simpel tinggal ambil uang di ATM dengan logo Visa. Untuk itinerary ke Nepal sendiri kamu bisa menjadikan ulasan berikut sebagai salah satu referensi, simak baik-baik ya!

Hari 1 (Jakarta – Transit Kuala Lumpur – Kathmandu)

Dari Jakarta kamu bisa berangkat pagi dan transit di Kuala Lumpur. Kamu akan tiba di Kathmandu sekitar jam 2 siang dan bisa langsung check ini di hotel yang direkomendasikan. Sorenya kamu bisa menuju Thamel, pusatnya backpacker untuk eksplor dan menikmati makan malam.

Hari 2 Menjelajahi Kathmandu

Menjelajahi Kathmandu dilakukan sejak pagi dengan mengunjungi Pasupathinath Temple, salah satu kuil Hindu yang disucikan di dunia. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan bagaimana prosesi pemandian jenazah dan pembakaran jenazah.

 

Contoh itinerary Nepal city tour selanjutnya adalah mengunjungi Boudhanath Stupa yang lokasinya ada di pusat kota. Di tempat ini suasananya sangat tenang dan kontras dengan hiruk pikuk kota. Stupa Budha sendiri berada di tengah dan berdiri megah diantara The Eye of Buddha pada keempat sisinya.

 

Perjalanan lanjut ke Swayambunath Stupa yang dikenal sebagai salah satu yang tertua di Nepal. Di dalam stupa ini terdapat beberapa kuil dan dari atas bangunan bisa terlihat Kathmandu Valley dengan jelas.

 

Sore hari perjalanan langsung menuju ke Kathmandu Durbar Square, sebuah alun-alun yang dikelilingi kompleks kuil, istana serta halaman yang luas. Diantaranya adalah Kumari Ghar yang menjadi tempat tinggal Kumari serta Hanuman Dhoka Palace.

Hari 3 (Kathmandu – Pokhara)

Pagi hari berangkat menuju Pokhara dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. Di sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati keindahan alam pegunungan dan sungai di sekitarnya. Sore hari kamu sudah tiba di hotel dan malamnya bisa menjelajahi pusat kota sambil mencari makan malam.

Hari 4 (Pokhara – Sarangkot)

Contoh Nepal hari ke-4 adalah traveling ke Phewa Lake pada pagi hari. Danau dengan latar belakang pegunungan ini merupakan ikon wisata Pokhara. Kamu bisa menikmati keindahan alam di tempat ini dengan menyewa kapal kecil dan singgah ke Barahi Temple di tengah danau.

 

Tujuan selanjutnya adalah Devi’s Fall, sebuah air terjun alami yang sangat unik karena tidak terlihat kemana aliran air terjun tersebut mengalir. Sementara di seberangnya terdapat Gupteswar Mahadev Cave, sebuah goa yang di dalamnya terdapat arca Shiva. Sorenya langsung menuju ke Sarangkot.

Hari 5 (Sarangkot – Pokhara – Kathmandu)

Pagi hari bisa menyaksikan sunrise di Sarangkot View Point hanya dengan berjalan kaki. Pada pukul 10.00 siap meninggalkan Sarangkot menuju ke Kahtmandu melalui Pokhara. Di perjalanan bisa singgah ke Manakamana Temple menggunakan cable car dengan medan yang cukup ekstrem.

 

Dari atas ketinggian kamu bisa menikmati pemandangan alam di sekitarnya yang luar biasa indah. Meskipun cukup memicu adrenalin, namun perjalanan dengan cable car selama 9 menit tersebut akan menjadi pengalaman yang berkesan. Malam harinya sudah tiba kembali di Kathmandu dan check in hotel.

Hari 6 Kathmandu Valley

Pada pagi hari tujuan wisatanya adalah Bhaktapur Durbar Square. Selain menjadi square utama, tempat ini juga sangat direkomendasikan karena di dalamnya terdapat kompleks temple dan juga square. Siang dan sorenya menuju ke Patan Durbar Square yang lokasinya sedikit tersembunyi.

Hari 7 Kathmandu: Mountain Flight dan Cultural Dinner

Persiapan di pagi hari menuju ke Tribhuvan International Airport untuk menikmati mountain flight dan mengelilingi Pegunungan Himalaya. Setiap penumpang mendapatkan window seat dan berkesempatan masuk cockpit untuk menyaksikan pemandangan hingga puncak Everest.

Pada malam harinya tour dilanjutkan dengan makan malam menu khas Nepal sambil menikmati pertunjukan tari.

Hari 8 (Kathmandu – Kuala Lumpur)

Pagi hingga siang hari adalah kesempatan untuk berbelanja di wilayah Thamel. Beberapa souvenir khas Nepal bisa dibeli, salah satunya adalah pashmina. Beberapa perlengkapan naik gunung juga tersedia dengan kualitas bagus dan harga murah, apalagi kalau kamu pintar menawar harga.

 

Pada sore hari langsung menuju ke bandara. Penerbangan menuju ke Kuala Lumpur dan akan tiba pada malam hari.

Hari 9 (Kuala Lumpur – Jakarta) 

Paginya kamu bisa melanjutkan penerbangan menuju ke Jakarta. 

 

Pastinya contoh itinerary Nepal di atas bisa kamu jadikan referensi sebelum berangkat liburan ke Nepal. Agar liburanmu semakin menyenangkan, persiapkan segala sesuatunya dengan maksimal ya, termasuk kondisi kesehatan akses internet dan uang sakunya!

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *