Daftar Wisata Sejarah Penang Malaysia Warisan Kolonial Inggris

Penang Malaysia termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai kota yang berhasil melestarikan warisan kolonial Inggris. Warisan tersebut sudah ada sejak abad ke 18 dan masih tetap terjaga sampai sekarang.

Lokasi kota ini sangat strategis yaitu berada di Selat Malaka jadi perantara utama antara Barat dan Timur. Banyaknya pernikahan antara imigran Cina dengan penduduk Melayu membawa peran penting.

Karena dari hasil pernikahan tersebut meninggalkan warisan seperti makanan, budaya, pakaian serta arsitektur. Banyak tempat memiliki ciri Cina seperti rumah-rumah besar, dermaga, kuil, aula dan tempat lainnya.

Anda akan menemukan banyak hal menarik ketika mengunjungi Penang Malaysia. Simak informasi tentang Penang yang akan membuat Anda semakin tertarik mengunjungi kota ini.

Keunikan Kota Penang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Kota Penang Malaysia memiliki keunikan sangat kental dengan sejarah peninggalan kolonial Inggris. Anda pasti akan merasakan sensasi berbeda ketika mengunjungi kota ini dengan segudang keunikan di antaranya berikut ini.

1. Lukisan di tembok

Beberapa seniman terkenal disana seperti Louise Low, Louis Gan, Tang Yeok Khang bersama Ernest Zacharevic dan Natthapon Muangkliang. Memiliki andil dalam menampilkan kehidupan pada tembok George Town.

Mural sangat unik dapat dijadikan sebagai latar belakang foto dan terkesan nyata. Anda akan menemukan banyak sekali mural atau lukisan di tembok yang akan menambah keindahan kota tersebut.

2. Rumah nenek moyang

Datang ke Penang Malaysia rasanya kurang lengkap jika Anda tidak mengunjungi Lorong Bangkok. Lorong ini merupakan wilayah hunian paling indah dengan 42 rumah deret dibangun oleh pengusaha Teochew tahun 1928.

Pengusaha tersebut sengaja datang ke Penang untuk membangun rumah yang diwariskan kepada keturunannya. Jadi jangan heran jika dalam deretan rumah tersebut masih saudara dari nenek moyang mereka.

3. Membuka kapsul waktu

Mengunjungi Penang membuat Anda seakan membuka kapsul waktu sehingga bisa memahami budaya dimasa lalu. Kunjungi House of Yeap Chor Ee Opens in New Windows memiliki 4 lantai.

Straits Chinese Jewellery Museum menyimpan banyak koleksi batu delima, giok dan juga nilam. Anda bisa juga mengunjungi P. Ramlee Gallery dimana ada banyak koleksi pribadi sebagai legenda perfilman yang ada di Malaysia.

Museum Terkenal di Penang untuk Wisata Edukasi dan Sejarah

Termasuk dalam kota yang berhasil menjaga warisan kolonial Inggris ternyata Penang Malaysia juga memiliki banyak museum. Bagi wisatawan yang mengajak anak-anak berlibur, mengunjungi museum menjadi pilihan terbaik untuk wisata edukasi.

Anak-anak bisa belajar sejarah secara langsung sehingga menumbuhkan rasa penasaran dan ingin belajar. Setidaknya ada 3 museum terkenal di Penang yang direkomendasikan untuk para wisatawan.

1. Colonial Penang Museum

Museum yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak adalah Colonial Penang Museum. Museum ini memberikan gambaran tentang bagaimana kota Penang pada masa kolonial.

Digambarkan jelas keadaan kota sekitar abad 18 hingga abad 20 dengan sangat detail dan menarik. Anda bisa belajar bagaimana pengaruh Inggis terhadap daerah koloni yang berada di kawasan Timur.

2. Penang House of Music

Berbeda dengan Colonial Penang Museum, Penang House of Music ini adalah museum tentang warisan musik. Jadi di Penang sendiri memiliki sejarah panjang soal warisan musik yang kaya dan beragam.

Anda bisa mengeksplor tentang periode terbaik musik di kota ini pada era 40-an sampai 70-an. Digambarkan bagaimana cara orang-orang pada era tersebut menikmati musik dengan cara sederhana.

3. Wonderfood Museum

Salah satu tempat unik di Penang Malaysia adalah Wonderfood Museum yaang merupakan museum makanan. Namun makanan yang ditampilkan bukan asli melainkan miniaturnya.

Setidaknya ada lebih dari 100 miniatur makanan khas Malaysia yang sangat mirip dengan aslinya. Anda bisa belajar tentang makanan lokal Malaysia serta memberikan edukasi tentang dampak buruk makanan bagi lingkungan.

Kuliner Favorit di Kota Penang Malaysia Jangan Dilewatkan

Mengunjungi sebuah tempat baru rasanya ada yang kurang jika Anda tidak mencoba wisata kuliner di tempat itu. Termasuk jika mengunjungi Penang Malaysia, Anda bisa mencicipi berbagai kuliner favorit yang ada di kota tersebut.

Jika Anda belum pernah datang ke Penang dan bingung ingin mencoba kuliner apa. Tidak ada salahnya simak beberapa rekomendasi kuliner khas Penang yang cukup populer dikalangan wisatawan berikut ini.

1. Penang Assam Laksa

Tahukah Anda cara terbaik mendapatkan kuliner khas Penang yaitu dengan mendatangi kedai-kedai kaki lima. Biasanya kedai tersebut berada di sekitar jalan, salah satunya Penang Assam Laksa.

Makanan ini sebenarnya adalah mie kuning atau mie putih dengan kuah kaldu ikan dan asam. Tidak jarang juga disajikan dengan bihun dan memiliki ciri khas kaya akan rasa.

2. Penang Rojak

Bagi penggemar rujak buah makanan satu ini jangan sampai Anda lewatkan karena bumbunya berbeda. Olahan bumbu berbasis pasta udang, taburan bubuk kacang dan potongan youtiao sangat menarik untuk dicoba.

Salah satu tempat yang menyediakan Penang Rojak dan direkomendasikan yaitu Kedai Tan Swee Hoe Rojak Stall. Kedai ini selalu ramai dikunjungi jadi jangan heran jika Anda harus antri untuk bisa merasakan kuliner Rojak satu ini.

3. Nasi Kandar

Makanan lain khas Penang Malaysia adalah Nasi Kandar yang dipopulerkan oleh pedagang Muslim India. Pada dasarnya Nasi Kandar adalah nasi yang disajikan dengan berbagai lauk pauk.

Sangat mirip dengan warteg yang ada di Indonesia dan pengunjung bisa memilih sendiri lauknya. Masakan disana diolah mirip seperti kari jadi sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

Waktu Terbaik Mengunjungi Penang untuk Menyaksikan Berbagai Festival

Sebagai wisatawan yang ingin mengunjungi sebuah kota atau negara lain sebaiknya Anda mengetahui tentang waktu terbaik. Karena setiap daerah memiliki iklim dan musim berbeda sehingga harus bijak menentukan waktu berkunjung.

Perlu Anda ketahui Penang Malaysia memiliki iklim hujan hutan tropis dimana suhu rata-rata harian sekitar 28 derajat celcius. Bulan kering sekitar Desember hingga Maret dan biasanya sangat panas sedangkan bulan basah antara Mei sampai November.

Jika Anda datang pada bulan Maret maka bisa melihat Penang Wold Music Festival dan Penang Island Jazz Festival pada bulan Desember. Untuk Penang Floral Festival biasanya diadakan pada bulan Mei dan Juni yang cukup menarik wisatawan.

Festival tersebut diadakan di Penang Botanic Gardes dan akan ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sementara George Town Festival biasanya dirayakan selama sebulan penuh dengan berbagai pertunjukan kelas dunia dan komunitas lintas budaya.

Untuk lebih tepatnya kapan festival tersebut digelar sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu sebelum berangkat. Juga dijadikan sebagai referensi untuk menentukan jadwal liburan bersama keluarga besar.

Jangan khawatir soal transportasi ketika berada di kota tersebut karena Anda bisa memanfaatkan transportasi umum disana. Seperti disediakan bus ulang-alik gratis untuk para wisatawan yang memiliki 19 perhentian.

Tersedia juga becak yang bisa dikayuh untuk menyusuri gang-gang sempit George Town memberikan pengalaman berbeda. Jika ingin menggunakan becak ini sebaiknya negosiasikan dulu harganya agar mendapat harga terbaik.

Anda juga bisa menyewa sepeda disana untuk menikmati perjalanan santai menyusuri kota tersebut. Banyak tempat penyewaan sepeda tersedia jadi jangan khawatir pasti mudah untuk menemukannya.

Berbagai keunikan menyusuri kota yang dikenal dengan warisan peninggalan kolonial Inggris. Membuat Anda akan merasakan sensasi liburan berbeda di Penang Malaysia sekaligus belajar sejarah.

Itinerary, Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *